Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Senin, 14 September 2020, 16:00 WIB

Bernutrisi Lengkap! Ini Makanan Anjing (Dog Food) Terbaik yang Tersedia di Pasaran

Bernutrisi Lengkap! Ini Makanan Anjing (Dog Food) Terbaik yang Tersedia di Pasaran

Mau anjingmu tetap sehat? Nah, berikut pilihan merek makanan anjing (dog food) terbaik berkualitas tinggi dengan nutrisi lengkap yang ada di pasaran.

Sebagai pemilik anjing, Sobat PetPi menginginkan anjing peliharaannya sehat dan panjang umur, kan?

Untuk mendapatkan hal ini salah satu langkah yang bisa kamu lakukan adalah memilih makanan anjing berkualitas yang memiliki nutrisi yang cukup untuk kebutuhan hariannya.

Anjing pada dasarnya merupakan hewan karnivora, namun sebagai hewan peliharaan kini anjing juga menjadi hewan pemakan segala alias omnivora, lho.

Melansir Dr. Leigh Davidson dari situs RSPCAPetInsurance.org.au menjelaskan bahwa sangat penting untuk memastikan makanan anjing lengkap dan seimbang untuk setiap tahap kehidupannya.

Bahkan kebutuhan makanan tiap anjing peliharaan bisa berbeda satu dengan lainnya, apalagi jika dia memiliki masalah kesehatan tertentu.

Maka dari itu, sebelum membahas pilihan makanan anjing berkualitas PetPi bakal ulas terlebih dulu beberapa nutrisi penting yang dibutuhkannya sebagai berikut.

Apa Saja Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan pada Makanan Anjing?

Makanan Anjing Terbaik

Nutrisi yang didapatkan dari makanan sangat dibutuhkan anjing sebagai sumber tenaga sekaligus membantu sistem metabolisme di masa pertumbuhannya.

Adapun nutrisi dari makanan anjing yang perlu Sobat PetPi adalah sebagai berikut.

  • Air: Selain bisa didapatkan melalui makanan, baik makanan kering (dry food) atau makanan basah (wet food), kamu juga harus memberikan air bersih setiap saat. Kekurangan 10% air pada tubuh anjing dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, sementara kekurangan 15% dapat berakibat kematian, lho.
  • Protein: Berfungsi membantu pertumbuhan, pemeliharaan, hingga perbaikan sel, jaringan, organ, enzim, hormon, dan antibodi dalam tubuh. Nutrisi ini bisa didapat melalui sumber hewani dan nabati, seperti ayam, daging, ikan, telur, dan sayur-sayuran.
  • Lemak: Memberikan energi dua kali lipat dari protein dan karbohidrat. Lemak juga berfungsi dalam penyerapan beberapa jenis vitamin dalam tubuh. Kekurangan asam lemak esensial (seperti asam linoleat), dapat menyebabkan penurunan pertumbuhan dan permasalahan kulit.
  • Karbohidrat: Berfungsi menyediakan energi bagi tubuh sekaligus berperan penting dalam proses reproduksi. Kebutuhan glukosa didapat melalui karbohidrat juga berfungsi sebagai penyuplai energi pada organ vital, seperti otak.
  • Vitamin: Pemberian vitamin dalam jumlah minimal umumnya dibutuhkan untuk membantu fungsi metabolisme. Kebanyakan vitamin umumnya tidak dapat diserap oleh tubuh anjing. Penting untuk melakukan konsultasi pada dokter hewan sebelum memberikan vitamin padanya.
  • Mineral: Nutrisi ini sangat penting untuk pembentukan struktur tulang dan gigi, serta menjaga keseimbangan cairan tubuh dalam melakukan reaksi metabolisme.

Pilihan Makanan Anjing Berkualitas yang Tersedia di Pasaran

Saat ini banyak merek makanan anjing pabrikan atau dog food dengan berbagai macam tipe. Misalnya makanan anjing kering (dry food) dan makanan anjing basah (wet food) dalam bentuk kalengan.

Selain itu ada pula jenis makanan anjing grain free atau tanpa komposisi biji-bijian yang dinilai "lebih baik" ketimbang makanan anjing yang mengandung grain.

Padahal menurut US Food and Drug Administration seperti dilansir dari PetMD.com, belum ada pernyataan pasti manakah di antara keduanya yang lebih baik dan patut dihindari.

Memperhatikan nutrisi seperti yang sudah diulas sebelumnya, berikut PetPi rangkum beberapa merek makanan anjing berkualitas yang bisa kamu temukan di pasaran saat ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Pro Plan

Pertama ada Pro Plan yang jadi salah satu merk dog food terbaik yang sangat disukai oleh anjing peliharaan. Walau harganya relatif mahal, namun kualitas yang diberikan Pro Plan cukup baik.

Banyak orang mengatakan bahwa tidak ada masalah pencernaan yang muncul setelah mengonsumsi Pro Plan. Tumbuh kembang anjing pun cukup terbentuk dengan merk dog food yang satu ini.

Terlebih Pro Plan diklaim dapat membantu anjing jadi lebih sehat, energik, dan tangguh. Selain itu komposisi nutrisinya juga dapat membantu merawat kulit, bulu, hingga struktur tulangnya.

2. Royal Canin

Siapa yang tidak mengenal Royal Canin? Merk dog food premium ini memang memiliki harga paling mahal, namun banyak mengandung nutrisi untuk kebutuhan harian anjing.

Royal Canin bukan hanya memiliki jajaran produk untuk memenuhi kebutuhan makanan harian anjing.

Ada pula produk kesehatan guna pemulihan pascaoperasi, seperti Royal Canin Veterinary Diet Recovery yang banyak direkomendasikan dokter hewan agar anjing cepat segera sehat kembali.

3. Pedigree

Makanan Anjing Paling Bagus

Kemudian ada Pedigree yang jadi merek makanan anjing berkualitas yang dikenal dengan harganya yang relatif terjangkau dan mudah ditemui, misal di minimarket.

Pedigree yang umum tersedia dalam bentuk makanan kering (dry food) ini mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh anjing peliharaan.

Misalnya seperti kandungan antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan guna mencegah penyakit, hingga omega-3 dan vitacoat yang dapat menyehatkan kulit dan mengkilapkan bulu.

4. Science Diet

Makanan Anjing Paling Berkualitas

Sebagai alternatif dari Royal Canin, dog food terbaik dari merk Science Diet juga bisa jadi pilihan karena dibuat dari bahan baku dengan kualitas premium dan terjamin nutrisinya.

Science Diet memiliki berbagai macam makanan anjing terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Baik berdasarkan umur, mulai dari puppy, dewasa, hingga usia lanjut, hingga dog food yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi berdasarkan kondisi kesehatan anjing, lho.

5. Alpo

Makanan Anjing Terbaik

Harganya yang relatif terjangkau membuat Alpo bisa dijadikan pilihan dog food terbaik sebagai alternatif Pedigree yang bisa kamu berikan pada anjing peliharaan.

Makanan anjing Alpo ini bisa dijadikan sumber protein yang diformulasikan dengan 23 macam vitamin dan mineral yang penting untuk tumbuh kembangnya.

Menurut banyak pemilik anjing, Alpo memiliki aroma dan rasa yang kuat sehingga sangat digemari oleh peliharaan mereka.

Bisakah Anjing Mengonsumsi Makanan Manusia?

Bolehkah Anjing Makan Makanan Manusia?

Selain melalui dari makanan pabrikan, beberapa pemilik anjing juga memberi rekomendasi untuk mengkombinasikannya dengan makanan yang umum dikonsumsi manusia.

Namun dalam pemilihan makanan manusia untuk dikonsumsi anjing, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi seperti pernyataan Dr. Leigh Davidson berikut ini.

  • Pilih jenis daging berkualitas yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Selain lebih bersih, beberapa daging yang dikhususkan untuk hewan terkadang mengandung tulang atau bahan pengawet yang berisiko.
  • Lakukan penanganan makanan sesuai dengan standar kebersihan pada umumnya, misalnya dengan proses pemasakan untuk mencegah infeksi bakteri berbahaya seperti kampilobakter atau salmonella.
  • Minta bantuan ahli gizi untuk merumuskan pilihan makanan alami untuk anjing peliharaan. Hal ini karena kebutuhan masing-masing anjing bisa berbeda, sesuai dengan kondisi kesehatannya.

Nah, itulah dia beberapa tips dan pilihan makanan anjing berkualitas yang bisa kamu praktikan guna menjaga kesehatan peliharaan.

Baik memberikan makanan anjing kampung atau ras anjing lainnya, tentu kamu harus memastikannya memiliki nutrisi yang cukup, ya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.aspca.org/pet-care/dog-care/dog-nutrition-tips
  • https://www.petmd.com/dog/nutrition/evr_multi_dry_versus_wet_food
  • https://www.rspcapetinsurance.org.au/pet-care/dog-care/what-should-feed-dog

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar