Hari ini: Jumat, 27 Januari 2023
Sabtu, 03 September 2022, 23:00 WIB

Cherry Eye Pada Anjing: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Cherry Eye Pada Anjing: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

cherry eye pada anjing - gahanna animal hospital

Kelopak mata yang bengkak merupakan salah satu gejala dari cherry eye. Sebelum terlambat, ketahui segera tentang penyakit cherry eye pada anjing berikut ini

Sobat Pintar, apakah kamu pernah melihat mata anjing bengkak dan memiliki benjolan pada bagian kelopaknya? Jika iya, kamu harus tahu bahwa masalah kesehatan tersebut dinamakan cherry eye.

Ya, cherry eye merupakan sebuah gangguan mata yang sering dialami oleh anjing dan kucing. Biasanya keadaan ini memancing perhatian kamu sebab kelopak mata anjing yang terlihat membengkak dan berwarna merah, mirip seperti buah cherry.

Walaupun masuk dalam penyakit biasa, keadaan mata ceri ini tentu saja tetap membutuhkan perhatian dan perawatan khusus supaya tidak berlanjut semakin parah yang mengakibatkan kerusakan permanen pada mata anjing.

Lalu, apakah itu cherry eye dan bagaimana cara menyembuhkannya? Jika kamu ingin tahu lebih dalam tentang penyakit cherry eye pada anjing, maka langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa Itu Cherry Eye?

Mata Ceri Pada Anjing
mata ceri pada anjing - meredith corp

Dikutip dari VCA Hospital, cherry eye merupakan istilah untuk keadaan keluarnya selaput mata ketiga atau bisa dikatakan juga dengan membran niktitans yang berada pada kelopak mata di bagian bawah.

Seperti yang kamu ketahui jika kelopak mata ketiga memiliki fungsi menjadi pelindung mata tambahan dan memiliki kandungan kelenjar khusus yang bisa menghasilkan air mata.

Di mana kelenjar yang terdapat di kelopak mata ketiga ini akan melekat secara khusus di area tertentu pada sudut area bagian dalam mata. Nah apabila perlekatan tersebut melemah, maka akan terjadilah cherry eye pada anjing.

Kucing dan anjing merupakan hewan peliharaan yang paling sering menderita sakit cherry eye. Tetapi, ada sebagian ras anjing tertentu atau dari faktor genetik yang paling rentan terkena penyakit mata ceri ini.

Dikutip dari PDSA, cherry eye banyak ditemukan pada beberapa anjing ras berikut:

  • Bullmastiff,
  • Pug,
  • Shih Tzu,
  • Cocker Spaniel,
  • Great Dane,
  • Beagle,
  • French Bulldogs, dan
  • British Bulldogs.

Oleh karena itu, jika kamu adalah pemilik anjing salah satu ras di atas ada baiknya lebih waspada terhadap sakit mata ceri ini, ya.

Apa Gejala Cherry Eye pada Anjing?

Kelopak Mata Anjing Bengkak
kelopak mata anjing bengkak - the pet hospitals

Dikutip PDSA, gejala dari cherry eye pada anjing ini biasanya ditandai dengan munculnya bengkak merah di salah satu maupun kedua sudut mata anjing. Pembengkakan tersebut sangat terlihat jelas, sehingga kamu sangat mudah untuk mengetahui jika anjing sedang menderita cherry eye.

Apabila anjing kamu menunjukkan ketidaknyamanan, mata yang memerah dan terdapat benjolan merah seperti buah cherry, sebaiknya kamu langsung pergi ke dokter hewan untuk melakukan konsultasi dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Hal ini dikarenakan pembengkakan ini tidak akan sembuh dengan sendirinya jika tidak mendapatkan perawatan dan pengobatan dari dokter. Jangan pula kamu biarkan kondisi tersebut, karena apabila tidak segera diobati maka infeksi mata ini bisa menyebar dan merusak penglihatan pada anjing.

Apa Penyebab Cherry Eye pada Anjing?

Benjolan Di Kelopak Mata Anjing
benjolan di kelopak mata anjing - the pet hospitals

Sebetulnya penyebab infeksi mata pada anjing hampir mirip dengan manusia. Namun, terdapat berbagai faktor utama yang mengakibatkan anjing terkena cherry eye, yaitu:

  • Luka atau goresan pada kornea;
  • Parasit;
  • Benda asing, bulu anjing atau biji rumput dan lainnya;
  • Kotoran seperti debu;
  • Iritasi dari shampo dan sabun;
  • Jamur atau fungus;
  • Bakteri seperti lyme disease, canine ehrlichiosis, leptospirosis dan canine brucellosis; serta
  • Virus seperti canine influenza, hepatitis, herpes, dan distemper. 

Selain beberapa penyebab di atas, ada beberapa masalah lainnya yang akan tampak menyerupai gejala infeksi mata ceri pada anjing, seperti:

  • Tumor;
  • Keracunan;
  • Kekurangan vitamin;
  • Mata yang kering;
  • Masalah pada saluran air mata; dan
  • Glaucoma.

Bagaimana Cara Mengobati Cherry Eye Pada Anjing?

Pengobatan Cherry Eye Pada Anjing
pengobatan cherry eye pada anjing - the pet hospitals

Mata anjing bengkak sebenarnya sering terjadi dan bukan menjadi masalah besar. Namun, hal itu hanya berlaku jika bengkak yang terdapat pada mata anjing tidak membesar dan bisa hilang dalam waktu singkat.

Keadaan cherry eye wajib langsung ditangani sebab jika kamu menundanya, penyakit mata ini akan semakin parah dan bisa meningkatkan resiko kerusakan pada selaput mata ketiga dan kelenjar mata anjing.

Ada beberapa cara mengobati mata ceri pada anjing yang bisa kamu pilih dan lakukan, antara lain:

1. Melakukan Kompres Air Hangat

Untuk mengobati mata anjing bengkak yang tidak terlalu parah secara alami, kamu bisa mengompresnya secara rutin menggunakan air hangat. Lakukan hal ini selama beberapa hari sampai bengkak pada mata anjing yang sakit bisa hilang total.

Namun, jika mata anjing terus bengkak dalam waktu lama, bahkan bengkaknya semakin besar, ini mengindikasikan bahwa anjing kamu terkena cherry eye dan kamu harus segera memberikan penanganan khusus.

2. Memberikan Obat Tetes Mata / Suntikan Antibiotik

Pengobatan untuk kasus cherry eye ringan dan sedang adalah dengan memberikannya obat tetes mata atau suntikan antibiotik steroid sebanyak 4 kali selama satu minggu.

Tetapi, tentu saja kamu harus melakukan konsultasi terlebih dulu ke dokter hewan karena dokter akan melihat keadaan kornea mata anjing apakah ada goresan atau tidak.

3. Melakukan Operasi

Untuk kasus cherry eye yang telah bengkak dan membesar, bahkan hingga infeksi dan terluka, maka mau tidak mau anjing kamu harus melakukan operasi untuk bisa mengembalikan lagi kelenjar yang sudah keluar ke keadaan semula serta menghindari hal-hal tidak diinginkan yang bisa merusak lebih parah penglihatan anjing kamu.

Pada umumnya, ketika melakukan pengobatan melalui jalur operasi akan dilakukan dengan dua cara, yakni:

  • Mengangkat atau membuang kelenjar bila kasus mata ceri sudah di tingkat kronis atau parah. Namun tindakan ini mungkin menyebabkan anjing menderita mata kering, sehingga selama hidupnya harus diberikan obat tetes mata yang melembabkan.
  • Menyelamatkan kelenjar dengan mengembalikannya ke posisi semula (reposisi). Dikutip dari VCA Hospitals, fungsi kelenjar akan kembali normal pasca operasi. Namun, terdapat 5 sampai 20% anjing akan mengalami kejadian berulang, sehingga harus menjalani tahap operasi kembali.

Kabar baiknya, anjing yang terkena penyakit cherry eye bisa sembuh melalui operasi meskipun tidak dalam waktu yang singkat. VCA Hospital melansir, tahap penyembuhan setelah operasi cherry eye ini bisa memakan waktu yang cukup lama hingga kelenjar pada mata anjing tersebut bisa berfungsi dengan normal kembali.

Apakah Cherry Eye Pada Anjing Bisa Dicegah?

Pencegahan Cherry Eye Pada Anjing
pencegahan cherry eye pada anjing - the spruce pets

Melansir dari PetMD, keadaan mata anjing bengkak sebelum menjadi mata ceri masih bisa kamu cegah dengan melakukan beberapa langkah pencegahan, seperti:

1. Rutin Memperhatikan Pupil Mata Anjing

Sebagai pemilik yang baik, kamu bisa saja mencegah mata ceri dengan rutin melakukan pemeriksaan pada bagian pupil mata anjing peliharaan kamu tersebut. Pupil mata anjing yang sehat memiliki ukuran yang sama dengan warna mata cerah, bebas kerak dan terdapat warna putih di sekitar iris matanya.

2. Rajin Memeriksa Kelopak Mata Anjing

Kemudian, kamu juga harus memeriksa bagian kelopak matanya supaya terhindar dari gejala mata ceri yang bengkak dan lainnya. Kelopak mata anjing yang sehat memiliki warna merah muda, bukan merah atau putih.

3. Menjaga Kebersihan Mata Anjing

Selain itu, perhatikan pula kesehatan serta kebersihan mata anjing peliharaanmu, ya. Misalnya, melakukan grooming rutin hingga memangkas rambut yang tumbuh di sekitar mata anjing.

4. Memberikan Makanan Bergizi

Untuk makanan anjingnya pun mesti kamu perhatikan dengan rutin memberikan makanan yang berkualitas yang sehat dan baik untuk mata anjing. Berikan makanan bergizi seperti ikan salmon, telur, wortel, ubi jalar matang atau sudah dimasak dan makanan lainnya.

Dengan melakukan beberapa langkah pencegahan di atas, tentunya tindakan ini akan membantu menghemat biaya pengobatan tanpa operasi. Namun sayangnya, pencegahan 100% pada cherry eye hampir tidak mungkin untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan penyakit ini dapat berkembang kapan saja dan penyebabnya bisa saja kamu tidak diketahui.

Para pemilik anjing hanya dapat berharap cukup beruntung untuk segera mengetahui kondisi ini saat melihat kelopak mata hewan peliharaan yang memerah dan anjing seperti terganggu oleh hal tersebut sehingga dapat terdeteksi lebih awal.

Untuk masalah penyakit cherry eye ini memang biasa terjadi pada anjing. Tetapi, kamu tidak perlu begitu khawatir. Apabila anjing langsung mendapatkan perawatan yang tepat, maka anjing masih memiliki peluang untuk sembuh seperti sedia kala dan bisa beraktifitas seperti biasanya. 

Sobat Pintar, itulah dia ulasan mengenai gejala, penyebab, dan cara mengobati cherry eye pada anjing yang harus kamu ketahui sebagai pemilik anjing.

Setelah membaca artikel di atas, kamu jadi tahu kan bahwa kondisi cherry eye yang menyebabkan mata anjing bengkak memang sering ditemukan pada hewan peliharaan yang satu ini.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi dan lakukan saja penanganan secepatnya supaya kondisi yang mereka alami bisa segera sembuh dan anjing kesayanganmu tersebut akan kembali sehat serta beraktivitas seperti biasa.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://anjingdijual.com/thread/1537/apa-itu-cherry-eye-pada-anjing-dan-bagaimana-mengobatinya
  • https://okdogi.com/sakit-mata-anjing/
  • https://pdhbvet.com/folicular-ophthalmitis-cherry-eye/
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/ratna-ramadhani/penyakit-cherry-eye-pada-anjing-c1c2/5

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar