Hari ini: Kamis, 04 Maret 2021
Minggu, 20 September 2020, 19:30 WIB

Jangan Dibiarkan, Ketahui 7 Cara Mengobati Demam pada Anjing

Jangan Dibiarkan, Ketahui 7 Cara Mengobati Demam pada Anjing

Ada begitu banyak penyebab, dan gejala yang menyebabkan demam pada anjing. Yuk keetahui 7 cara pengobatannya agar tidak berangsur-angsur parah

Demam pada anjing terjadi ketika suhu tubuh mereka tiba-tiba melonjak naik melebihi batas maksimalnya, yaitu melebihi 39 derajat celcius.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa gunakan alat pengukur suhu atau merasakan nafas dari anjingnya langsung. Apabila panas dan kering, dia mungkin demam.

Ada beberapa penyebab dan cara mengatasi anjing demam yang harus diketahui pemiliknya, baik yang sudah berpengalaman maupun pemula.

Karena, demam pada anjing tidak mudah untuk disembuhkan dengan obat-obatan saja.

Penyebab Demam pada Anjing

Penyebab Demam Pada Anjing

Infeksi, bengkak penyakit dan berbagai kondisi dapat menyebabkan anjing demam, karena tubuh mereka tidak mampu untuk melawan bakterinya. Berikut ini berbagai penyebab anjing demam dari internal maupun eksternal.

1. Infeksi

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri, jamur dan virus merupakan faktor utama terjadinya demam pada anjing. Untuk mengetahuinya, kamu harus mengingat rekam jejak penyakit anjing peliharaan kamu.

Apakah mereka pernah terserang penyakit sehingga meninggalkan infeksi pada tubuhnya? Karena, infeksi bisa terjadi dimana saja pada tubuh anjing, termasuk ginjal, paru-paru, otak, kulit, telinga, bahkan saluran kemih.

Baca Juga: Lucu Banget! Ini 8 Jenis Anjing Kecil nan Imut yang Cocok Kamu Pelihara Di Rumah

2. Over Dosis Obat

Ingat kapan terakhir kali kamu memberikan obat pada anjing kesayangan kamu? Seberapa banyak dosis obat yang kamu berikan pada dia?

Obat hewan apapun, termasuk anjing, bila diberikan secara berlebihan dapat membuat sistem imun dalam tubuhnya melemah meskipun tujuan kamu memberikan mereka obat adalah untuk mengobati penyakit tertentu.

3. Vaksinasi

Ketika pertama kali kamu memutuskan untuk memelihara anjing, kamu harus memberikan vaksinasi yang dilakukan oleh dokter hewan untuk menjaga mereka dari berbagai penyakit, termasuk rabies.

Demam pada anjing yang disebabkan oleh vaksinasi adalah satu hal yang normal terjadi. Hal ini terjadi karena adanya interaksi antara vaksin dan sistem imun alami dalam tubuh anjing.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG ANJING?
Cari info Anjing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Racun

Racun yang menyebabkan anjing kamu demam bisa datang dari manapun, termasuk obat-obatan, tanaman, dan pengawet makanan. Apabila racun ini sudah masuk ke dalam tubuh anjing, secara otomatis suhu tubuh dia akan naik melebihi batas umum.

5. Tubuhnya Luka

Layaknya seorang manusia, anjing yang tubuhnya terkena benturan, tusukan, dan pukulan dari benda anjing dapat menyebabkan demam rendah. Kalau kamu melihat hal ini terjadi, sebaiknya jangan panik yang berlebihan. Karena, kamu hanya perlu mengobati luka tersebut.

Gejala Demam pada Anjing

Gejala Demam Pada Anjing

Anjing tidak bisa memberi tahu pada majikannya bahwa tubuh mereka sedang demam. Dia hanya bisa memberikan beberapa tanda-tanda yang dikenal sebagai gejala anjing demam.

Beberapa gejala yang bisa kamu ketahui adalah sebagai berikut.

  1. Kehilangan selera makan
  2. Batuk, bahkan sampai muntah
  3. Lesu
  4. Telinga, dan hidung panas kering
  5. Gemetaran
  6. Stress

Cara Mengobati Demam pada Anjing

Cara Mengobati Demam Pada Anjing

Anjing yang suhunya sudah melebihi 39 derajat celcius sudah dianggap tidak wajar. Perlu beberapa tindakan yang harus dilakukan oleh pemiliknya agar panas tersebut cepat turun dan anjing bisa beraktivitas kembali seperti semula.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membantu menurunkan panas pada anjing.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Anjing yang Wajib Kamu Kenali Biar Makin Akrab!

1. Beri Air Minum Secukupnya

Ketika anjing demam, nafsu makan dia akan turun sehingga badannya lemas dan butuh lebih banyak waktu untuk tidur. Kondisi seperti ini seringkali diabaikan oleh pemilik anjing dengan tidak memberikan dia air minum yang cukup.

Padahal, air minum yang cukup dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh anjing untuk melawan panas demam yang dideritanya.

Selain itu, air juga dapat membantu mereka tetap terhidrasi meskipun nafsu makan menurun dan lemas.

2. Oleskan Air pada Bulu Anjing

Saat kamu melihat anjing kesayangan kamu demam, kamu perlu melakukan tindakan cepat untuk membantu mereka segera merasa nyaman dengan kondisi tubuhnya.

Mengoleskan air pada bulu anjing dianggap efektif oleh beberapa dokter hewan untuk membantu menurunkan panas demam yang diderita oleh anjing hingga suhu normal di bawah 39 derajat celcius.

3. Lakukan Pemeriksaan Fisik dan Obati Luka Anjing

Seperti yang telah disebutkan pada 5 penyebab anjing demam, salah satunya dikarenakan adanya pukulan, tusukan, atau goresan yang melukai tubuh anjing.

Kalau kamu melihat adanya tanda-tanda luka ini, obatilah luka tersebut sesuai dengan jenis lukanya. Namun, bila kamu tidak yakin, segera bawalah ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Berikan Obat Penurun Panas

Layaknya seorang manusia, anjing pun memiliki obat-obatan sesuai dengan gejala penyakitnya. Demam adalah salah satu sakit yang diderita oleh anjing tapi masih terdapat obat untuk menanganinya.

Dogydol Dog adalah salah satu obat penurun panas anjing yang efektif dan mudah ditemukan di toko hewan atau marketplace di Indonesia.

Baca Juga: Tak Hanya Mulut Berbusa! Inilah Ciri-Ciri Anjing Rabies yang Perlu Diwaspadai

5. Berikan Anjing Waktu Istirahat yang Cukup

Memang benar bahwa anjing merupakan hewan yang membutuhkan rutinitas bermain dan jalan-jalan agar mereka terhindar dari stress. Namun, aktivitas tersebut dia butuhkan bukan pada saat dia sakit.

Justru, ketika anjing kesayangan kamu sakit, kamu harus memberikan waktu istirahat yang lebih banyak daripada waktu istirahat ketika tubuh mereka sehat dan bugar.

6. Jangan Pernah Memberikan Obat Manusia pada Anjing Demam

Salah satu kesalahan yang dipikirkan oleh pemelihara anjing pemula adalah pemberian obat manusia pada anjing yang dianggap sebagai suatu hal yang wajar.

Ingatlah bahwa kandungan dan dosis yang terkandung di dalam obat manusia sama sekali berbeda dengan kandungan dan dosis yang terkandung di dalam obat anjing.

Jadi, jangan pernah sesekali memberi obat manusia pada anjing, ya.

7. Bawalah ke Dokter Hewan

Artikel ini dibuat untuk memberi tahu kamu apa saja penyebab, gejala, dan penanganan terbaik mengatasi demam pada anjing.

Bukan untuk menggantikan resep dan rekomendasi dari dokter hewan yang lebih ahli di bidangnya.

Jika kamu merasa tidak sanggup menurunkan panas demam yang diderita anjing peliharaan kamu, sebaiknya bawalah dia ke dokter hewan terdekat dan kepercayaan kamu untuk mendapatkan penanganan yang jauh lebih tepat.

Seperti itulah penyebab, gejala dan penanganan demam pada anjing. Harapannya, setelah membaca artikel ini kamu jauh lebih paham bagaimana cara merawat anjing dengan benar agar dia tidak mudah demam dan terserang penyakit yang lebih serius lainnya.

Tetap jaga anjing kesayangan kamu sehat dan bugar. Karena, anjing adalah salah satu anggota keluarga yang harus kamu sayangi dan lindungi.

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://dokterhewan.co.id/detailpost/jika-anjing-anda-demam-lakukan-ini
  • https://pets.webmd.com/dogs/high-fever-in-dogs
  • https://www.akc.org/expert-advice/health/dog-fever-and-temperature/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar