Hari ini: Kamis, 28 Oktober 2021
Kamis, 08 Juli 2021, 20:30 WIB

Ketahui 7 Ciri-ciri Anjing Sehat untuk Memastikan Mereka Aman dari Penyakit

Ketahui 7 Ciri-ciri Anjing Sehat untuk Memastikan Mereka Aman dari Penyakit

ciri - ciri anjing sehat - petpintar

Jangan panik ketika ada perubahaan pada anjingmu. Kenali 7 ciri-ciri anjing sehat secara fisik dan mental disini untuk memastikan mereka aman dari penyakit

Sebagai pemilik hewan peliharaan anjing, pasti kamu pernah merasa khawatir apakah anjing milikmu dalam keadaan baik-baik saja atau tidak. Karena, kamu mempunyai tanggung jawab yang cukup besar untuk selalu memperhatikan kesehatan fisik serta mental dari hewan berbulu yang satu ini. Sesekali waktu, ada baiknya kamu berusaha sebisa mungkin untuk rutin mengecek keadaan anjingmu.

Tanya kepada dirimu sendiri mengenai kesehatan fisik ataupun mental anjing, termasuk rasa bosan dan juga frustasi yang kemungkinan besar dimiliki oleh anjing peliharaan kamu. Walaupun anjing tidak bisa berbahasa seperti manusia, dia bisa memberikan tanda-tanda jika anjing peliharaanmu sedang dalam keadaan yang tidak baik-baik saja.

7 Ciri-ciri Anjing Sehat Secara Fisik Maupun Mental

Kesehatan bagi anjing dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu kesehatan mental dan juga kesehatan fisik. Dua kategori tersebut tidak bisa lepas satu sama lain.

Artinya, jika anjingmu memiliki kesehatan mental yang baik, kecil kemungkinan jika anjingmu memiliki masalah dengan kesehatan fisiknya. Untuk itu, ikutilah beberapa cara ini untuk mengetahui ciri-ciri anjing sehat atau tidak.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Ketahui Perilaku Anjing

Ciri Ciri Anjing Yang Sehat
ciri ciri anjing yang sehat - envato

Sebagai pemilik hewan anjing, pasti kamu sudah paham betul apa yang biasa dilakukan oleh anjing peliharaanmu. Buatlah sebisa mungkin untuk akrab dengan kebiasaan yang dimiliki oleh hewan peliharaanmu. Misalkan, reaksi yang ditunjukkan ketika kamu memberinya makan, atau waktu-waktu untuk buang air besar bagi si anjing ini.

Contoh lainnya adalah bagi sebagian anjing, anjing merupakan hewan yang rakus. Namun bagi jenis anjing lainnya, dapat dikategorikan sebagai hewan yang sangat memilih dalam hal makanan.

Ketika suatu saat anjing milikmu tidak mempunyai nafsu makanan padahal biasanya dia adalah hewan yang amat rakus, kamu patut untuk berspekulasi bahwa anjing milikmu sedang tidak baik-baik saja.

2. Kulit yang Sehat sebagai Tanda

Sama halnya dengan manusia, anjing dapat dikategorikan sebagai hewan yang sehat ketika memiliki kulit yang terlihat cerah. Secara rutin, periksalah kulit bagian luar milik anjingmu. Para ahli berpendapat jika kulit anjingmu terbebas dari bintik merah, bekas luka, dan juga halus, artinya anjingmu sedang dalam keadaan sehat.

Sebaliknya, jika terdapat kutil di beberapa bagian maupun terdapat koreng, kamu harus segera melakukan cek ke dokter hewan untuk mengetahui sesegera mungkin apa yang sedang terjadi kepada anjingmu. Yang terpenting, jika terdapat perubahan pada kulit anjingmu, bersegeralah untuk melakukan riset maupun bertanya kepada ahlinya.

3. Suhu Badan yang Normal

Suhu badan normal yang dimiliki anjing haruslah berkisar antara 38 sampai 39 derajat celcius. Walaupun suhu badan tersebut dikategorikan suhu yang lumayan panas, anjing memiliki metabolisme yang unik, sehingga suhu normal mereka dapat dikatakan menjadi tinggi. Namun, kamu tidak perlu khawatir.

Suhu yang tinggi tersebut tidak menjadi gejala demam. Justru, jika suhu jauh dibawah 38 derajat celcius atau jauh diatas 39 derajat celcius, kamu patut untuk khawatir. Dokter hewan pun berpendapat mengenai “Demam Anjing” dimana suhu jauh diatas normal dikarenakan infeksi. Jika demikian, segera bawa anjing milikmu untuk diperiksa ke dokter hewan terdekat.

4. Mata yang Sehat

Ciri Ciri Anjing Sehat
ciri ciri anjing sehat dari matanya - petpintar

Selain melakukan cek suhu badan, kamu juga bisa secara rutin melakukan cek terhadap mata milik anjingmu. Lakukan cek mata menggunakan jari jari telunjuk dan juga jempolmu, dengan cara membuka kedua mata anjing milikmu. Jika mata anjing peliharaanmu nampak bersinar dan tidak berair, berarti dia dalam kondisi ciri-ciri anjing yang sehat.

Namun, jika mata anjingmu nampak terlihat kuning, peradangan pada bola mata, dan juga bola mata tampak sayu, segera beritahukan kepada dokter hewan. Karena, ada kemungkinan kalau anjing milikmu sedang sakit atau mengalami alergi yang sedang terjadi di tubuhnya.

Jangan biarkan anjing peliharaanmu terlihat seperti ini, karena bisa saja ada penyakit berbahaya yang sedang terjadi padanya. Lakukanlah kunjungan ke dokter hewan terdekat.

5. Gusi Berwarna Pink

Ciri-ciri anjing sehat selanjutnya terdapat pada mulut anjing peliharaanmu. Pada dasarnya, gigi anjing yang sehat dapat dikatakan hampir sama dengan gigi manusia yang sehat. Jika kamu membuka mulut peliharaanmu ini, kamu dapat melihat warna gusi. Jika warna gusi milik anjingmu berwarna pink, maka anjingmu dapat dikatakan dalam keadaan yang sehat.

Namun, ketika terdapat noda berwarna abu kekuning-kuningan di bagian atas mulut anjing atau tercium bau tidak sedap keluar dari mulutnya, kamu harus segera berkunjung ke dokter hewan untuk menanyakan apa yang terjadi.

Cara merawatnya kamu perlu rajin menggosok gigi hewan peliharaanmu yang satu ini. Jika tidak, anjingmu akan gampang terkena penyakit di bagian mulut

6. Hidung Lembab Menandakan Sehat

Hidung dan penciuman merupakan hal yang sangat penting bagi anjing. Mengecek bagian hidung dari anjing tersebut juga merupakan hal yang sangat penting. Beberapa mitos menyebutkan jika hidung yang lembab merupakan ciri-ciri dari anjing yang sehat. Namun, para ahli berpendapat bahwa anjing yang sehat pun dapat memiliki hidung yang kering.

Kamu tidak perlu panik jika ternyata hidung anjing milikmu terasa bercampur antara kering dan juga lembab. Kamu hanya perlu memperhatikan jika terdapat semacam retakan di bagian hidung anjingmu, artinya anjingmu memiliki masalah dengan sistem imunnya. Segera periksakan ke dokter jika hal tersebut terjadi.

7. Periksalah Bagian Telinga dan Ekor

Terakhir, periksalah bagian telinga dan juga buntut milik anjingmu. Untuk telinga, periksalah bagian dalam telinga bagian kanan dan kiri tersebut. Jika kanal telinga terlihat gelap tanpa ada noda merah, artinya anjingmu sehat.

Untuk buntut, cek apakah bagian tersebut terlihat simetris antara bagian atas dan juga bagian bawahnya. Di bagian bawahnya, pastikan tidak ada lendir dan juga tidak terlihat bengkak. Jika kedua tersebut terjadi pada sebaliknya, segera bertanyalah kepada dokter hewan mengenai kondisi yang dialami oleh anjing peliharaanmu ini.

Itu dia 7 ciri-ciri anjing yang sehat dilihat dari kondisi fisik dan mentalnya tanpa harus rutin melakukan perawatan anjing di dokter hewan.

Namun, jika terjadi sesuatu pada mereka, ada baiknya untuk segera melakukan tindakan. Ketahui juga cara merawat anjing dengan benar agar fisik dan mentalnya terhindar dari segala macam penyakit.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Selasa, 18 Agustus 2020, 15:30 WIB
Update pada: Kamis, 08 Juli 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pets.webmd.com/dogs/guide/tips-better-dental-health-dogs#1
  • https://pets.webmd.com/dogs/high-fever-in-dogs#1
  • https://resources.bestfriends.org/article/dog-health-signs-healthy-dog
  • https://www.readersdigest.ca/home-garden/pets/10-ways-tell-if-your-dog-is-healthy/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar