Hari ini: Selasa, 16 April 2024
Sabtu, 27 Agustus 2022, 23:30 WIB

Parvo Pada Anjing: Gejala, Penularan, dan Cara Menyembuhkannya

Parvo Pada Anjing: Gejala, Penularan, dan Cara Menyembuhkannya

virus parvo pada anjing - gannett

Sering melihat anjing kamu muntah disertai diare? Bisa saja ia terinfeksi parvo. Sebelum terlambat, segera ketahui tentang virus parvo pada anjing berikut

Sobat Pintar, apakah kamu tahu bahwa ada satu virus yang terkenal mematikan bagi anjing? Ya, namanya Parvo. Bibit penyakit yang satu ini merupakan virus yang berbahaya dan paling sering menyerang anjing berusia muda.

Virus parvo pada anjing ini juga dikenal dengan sebutan CPV (Canine Parvovirus) dan pertama kali ditemukan pada tahun 1967. Hingga saat ini, virus menular ini dengan sangat cepat menjadi sebuah ancaman serius untuk kesehatan anjing karena sangat sulit dimusnahkan, bisa bertahan lama pada lingkungan, dan harus dimusnahkan dalam jumlah banyak pada anjing yang sudah terinfeksi.

Lantas, apakah virus parvo bisa sembuh? Untuk itu, yuk mari simak bersama-sama ulasan dari gejala, penularan, dan cara menyembuhkan virus parvo (muntaber) pada anjing seperti berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Gejala Virus Parvo Pada Anjing

Gejala Anjing Parvo
gejala anjing parvo - daily record

Infeksi virus parvo di anjing sangatlah berbahaya sebab bisa menyerang sel yang membelah secara cepat di dalam usus dan sumsum tulang. Sesudah sumsum tulang anjing terpengaruh, maka jumlah sel darah putih di dalamnya akan menurun, resiko menjadi meningkat dan menurunnya sistem kekebalan tubuh. 

Saat sel pada usus terinfeksi, lapisan usus akan rusak dan tubuh anjing tidak lagi bisa mencerna makanan dan menyerap nutrisi dengan baik. Efeknya anjing akan mengalami diare parah, dehidrasi, muntah dan mual. Virus parvo ini umumnya mengakibatkan diare sampai berbau busuk dan berdarah yang sangat buruk dibandingkan kotoran anjing pada umumnya. 

Ketika penyakit ini menyerang anjing kesayangan mu, maka anjing akan dehidrasi dan sangat lemah. Selain itu, anjing pun bisa mengalami sepsis, yakni infeksi didalam darah yang bisa terjadi saat dinding usus tidak bisa bertindak menjadi penghambat terhadap bakteri. 

Kemudian, kamu harus tahu jika gejala awal pada virus parvo yang menyerang anjing ini akan menimbulkan:

  • Gejala neurologis, contoh kurangnya koordinasi;
  • Nafsu makan anjing menurun;
  • Depresi;
  • Bulu kasar;
  • Anemia;
  • Demam tinggi;
  • Berat badan menurun;
  • Dehidrasi;
  • Diare hingga berdarah; dan
  • Muntah;

Penularan Virus Parvo Pada Anjing

Anjing Tertular Virus Parvo
anjing tertular virus parvo - pixabay

Virus parvo bisanya sangat sering hinggap pada anak anjing, namun anjing dewasa pun bukan tidak mungkin juga bisa tertular penyakit yang satu ini bila tidak divaksinasi. Seekor anjing yang memiliki sistem kekebalan tubuh terganggu sebab keadaan medis lain pun memiliki resiko terkena infeksi CPV ini. 

Selain itu, seekor anjing bisa terinfeksi virus parvo sesudah mencium, bersentuhan atau mengkonsumsi partikel mikroskopis dari tinja anjing yang sudah terkontaminasi. Lalu, virus tersebut akan masuk dalam sistem tubuh anjing dari hidung atau mulut. Kemudian, diperlukan hampir 3 sampai 7 hari hingga penyakit tersebut menjadi aktif di tubuh anjing. 

Pada beberapa hari, virus parvo akan ditemukan pada kotoran anjing yang sedang sakit. Di titik tersebutlah hal itu bisa menulari hewan lainnya. Gejala umum tidak lagi akan muncul selama beberapa hari. Namun, virus tersebut selalu ada pada kotoran anjing saat ia sakit dan beberapa minggu sesudah anjing sembuh. 

Partikel dari virus parvo ini pun bisa bertahan di tanah maupun lingkungan luar ruangan sampai 7 bulan dan bisa lebih lama pada iklim dingin, sebab virus bisa bertahan di suhu beku. Apabila partikel itu terkena bulu atau kaki anjing dan lalu tertelan, maka anjing tersebut bisa terinfeksi kembali. 

Apakah anjing parvo menular ke kucing? Ya, karena meskipun anjing tidak bisa tertular FPV (Feline Parvovirus) dari kucing, tetapi anjing bisa menularkan penyakit CPV (Canine Parvovirus) pada kucing. Terkadang, CPV di anjing pun bisa mengakibatkan penyakit yang sangat parah pada kucing.

Untuk mencegah penularan pada kucing atau anjing lainnya, infeksi virus parvo ini harus langsung diobati. Hal ini dikarenakan virus mematikan ini juga dapat ditularkan oleh hewan lain, manusia, serta semua benda yang bersentuhan langsung dengan kotoran hewan yang terjangkit parvo.

Kemudian, jika kamu melihat ada indikasi bahwa anjing kamu memiliki gejala seperti di atas, maka berikutnya penting untuk mengetahui cara untuk menyembuhkan anjing parvo seperti di bawah ini.

Cara Menyembuhkan Virus Parvo Pada Anjing

Cara Mengobati Anjing Parvo
cara mengobati anjing parvo - pixabay

Apabila kamu mendapati berbagai gejala infeksi virus parvo pada kucing atau anjing kamu, ada baiknya untuk segera membawanya ke dokter hewan agar diperiksa dan mendapatkan perawatan yang tepat sesuai dengan keadaannya.

Langkah pertama yang sangat penting dan harus kamu lakukan lebih dulu yaitu berkonsultasi dengan dokter hewan tentang keadaan anjing mu seperti munculnya gejala pada anjing. Hal tersebut harus dijadikan prioritas karena gejala dan efek yang ditimbulkan pada anjing terinfeksi virus ini sangat berat.

Biasanya langkah selanjutnya yang dilakukan oleh dokter yaitu mencegah anjing dehidrasi yang sangat berakibat berbahaya bahkan bisa mengakibatkan kematian. Memberikan cairan infus adalah tahap pertama untuk mencegah terjadinya keadaan dehidrasi ini.

Cairan infus bisa diberikan bertahap melalui mulut dan memang bila tidak bisa maka akan diberikan secara intravena yang dosis dan takarannya sudah disesuaikan dengan keadaan diare pada anjing. Tidak hanya diare saja, infeksi pun bisa mengakibatkan gejala panas pada anjing.

Selanjutnya gejala yang harus dicegah terjadi atau diminimalisir yaitu keadaan anjing yang muntah dan mual. Kondisi muntah dan mual ini pastinya bisa memperparah dehidrasi sehingga menjadi perhatian khusus oleh dokter. Gejala dari virus parvo ini bisa ditangani dengan cara memberikan beberapa dosis obat anti muntah dan mual.

Lalu pada diagnosis dan perawatan medis yang dilakukan, biasanya dokter hewan akan memberikan suntikan antibiotik sebagai cara untuk mengobati anjing yang terserang virus parvo. Sebagian jenis antibiotik yang umumnya diberikan untuk anjing yang terinfeksi virus ini adalah metronidazole, enrofloxacin, timentin, dan cefoxitin.

Walaupun tidak langsung bisa menyembuhkan virus parvo pada anjing, namun memberi antibiotik ini bisa mencegah menularnya infeksi mikroorganisme lain yang bisa memperparah keadaan anjing tersebut.

Umumnya, anjing parvo akan sembuh ketika sudah melewati masa kritis selama 1-5 hari. Dimana pada hari ke-6/7, kamu akan melihat kemajuan dari proses penyembuhannya seperti pup yang sudah mulai mengeras dan nafsu makan yang kembali normal.

Kemudian, apabila kamu hendak memelihara anjing atau kucing baru, tunggu minimal 12 bulan setelah anjing yang pernah terinfeksi parvo tersebut sembuh total. Seperti yang sudah dijelaskan, virus ini dapat bertahan lama dan menular melalui udara.

Selain itu, rutinlah mencuci peralatan anabul kesayanganmu seperti kandang, lantai dan area bermainnya dengan pemutih. Menurut laman AnjingKita, bahan pemutih itu terkenal ampuh membunuh berbagai macam virus, lho.

Sobat Pintar, demikianlah ulasan tentang gejala, penularan, dan cara menyembuhkan parvo pada anjing yang sangat berbahaya dan bisa berujung kematian bagi anabul kesayangan.

Untuk itu, bagi kamu para pemilik anjing tentu saja harus rutin mengecek kesehatan secara berkala serta peka akan keadaan anjing peliharaanmu, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/cara-mengobati-anjing-yang-terkena-virus-parvo
  • https://pdhbvet.com/infeksi-parvovirus/
  • https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-tentang-virus-parvo-yang-bisa-menyerang-anjing-dan-kucing

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar