Hari ini: Minggu, 17 Oktober 2021
Jumat, 01 Oktober 2021, 10:00 WIB

7 Cara Mengobati Anjing Muntah Paling Ampuh Beserta Penyebabnya

7 Cara Mengobati Anjing Muntah Paling Ampuh Beserta Penyebabnya

cara mengobati anjing muntah - free wallpaper

Cara mengobati anjing muntah dapat dilihat terlebih dahulu dari bentuk muntahnya, setelah itu kamu baru ikuti cara mengobati anjing muntah berikut ini.

Halo, sobat pintar. Kali ini Petpi ingin memberikan informasi tentang cara mengobati anjing muntah.

Pasti ada diantara kalian mengalami kondisi dimana hewan peliharaan muntah, tidak mau makan, dan bingung obat apa yang boleh diberikan kepadanya, padahal saat itu sebagai pemilik tidak bisa begitu saja asal memberikan obat tanpa adanya resep dari dokter hewan.

Lalu bagaimana cara pemilik untuk mengatasi anjing yang muntah? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Saja Penyebab Anjing Muntah?

Penyebab Anjing Muntah
penyebab anjing muntah - pixabay

Sebelum sobat pintar tahu cara mengobatinya, kalian harus tahu dahulu bahwa muntah itu bisa disebabkan oleh banyak faktor dan tidak semua mengindikasikan anjing mengidap penyakit parah.

Misalnya ketika mereka memuntahkan makanannya kembali, hal ini bisa karena hewanmu terlalu banyak makan atau makan terlalu cepat.

Lalu, Petpi yakin kalian juga pernah melihat ketika anjing memakan rumput dan tidak lama mereka memuntahkan kembali semua rumput tersebut.

Itu merupakan satu hal wajar, hal tersebut adalah cara bagi hewan untuk membersihkan saluran pencernaan mereka dari benda asing.

Selain itu, ada juga muntah yang memang mengindikasikan anjing sedang sakit, misalnya :

  1. Muntah cacing, hal ini bisa saja terjadi pada anjing ketika mereka terinfeksi cacing dan sudah masuk taraf parah. Jika kalian pernah menemukan hewan peliharaan mengalami ini, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan medis.
  2. Muntah cairan, untuk yang satu ini sebenarnya ada beberapa macamnya, misalnya :
  • Apabila muntahannya berwarna kuning, hal ini disebabkan oleh cairan asam lambung yang tinggi. Biasanya ini dikarenakan anjing tidak makan dalam waktu yang lama atau karena memang memiliki masalah pada lambung. Terkadang muntah kuning juga memiliki kemungkinan jika anjing sedang terserang virus.
  • Apabila cairan yang dimuntahkan berwarna putih dan seperti ada busanya, biasanya karena keracunan. Apalagi jika disertai dengan kejang-kejang, segera bawa anjing kalian ke dokter hewan.
  • Apabila cairan muntahan tersebut disertai dengan warna merah, kalian juga harus segera membawanya ke dokter hewan. Dikuatirkan jika terjadi luka pada bagian pencernaan atau bisa juga karena anjing kalian mengalami panas dalam.

Bagaimana Cara Mengobati Anjing yang Muntah?

Cara Mengobati Anjing Muntah
cara mengobati anjing muntah - proud dog mom

Sobat pintar, bila anjing peliharaan muntah ada baiknya untuk tidak terlalu panik. Karena ketika kalian menjadi histeris, hal tersebut malah akan membuatmu tidak dapat berpikir dengan baik dan membuat anjingmu ikut merasa resah. 

Perlu diingat, jika anjing merupakan hewan yang memiliki kepekaan tinggi. Apalagi jika sudah sangat terikat dengan pemiliknya.

Nah, berikut ini adalah cara mengobati anjing muntah. Namun, perlu diketahui jika ini hanya bisa diberikan apabila gejalanya tidak parah dan hanya sesekali terjadi :

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Puasakan Anjing

Banyak yang menyarankan untuk mempuasakan anjing terlebih dahulu selama 12 jam atau 24 jam. Tujuannya agar organ pencernaannya beristirahat sementara, karena jika kalian memaksa anjing makan padahal dia habis muntah.

Makanan tersebut akan dimuntahkan kembali olehnya. Jika dirasa sudah melewati masa puasa, baru kalian dapat mencoba memberikannya makanan sedikit demi sedikit.

2. Berikan Air Gula Hangat

Cara mengobati anjing muntah yang satu ini sebenarnya masih banyak pro dan kontranya di kalangan dog lovers, karena seperti yang kita tahu jika gula (glukosa) tidak baik untuk hewan.

Namun, sebenarnya cara ini cukup membantu mengembalikan stamina anjing yang lemas selepas muntah.

Cara membuatnya mudah, sobat hanya tinggal melarutkan gula pasir, gula jawa atau madu dengan air hangat.

Kemudian kalian minumkan ke anjing, bila anjing tidak mau minum sendiri bisa diberikan menggunakan pipet obat.

3. Minumkan Air Kelapa Muda

Sudah bukan rahasia lagi jika air kelapa muda memang menjadi obat mujarab untuk beberapa keluhan dan ternyata bisa digunakan juga untuk anjing.

Berikan secukupnya saja hingga hewan peliharaan kalian terlihat lebih segar dan mau makan serta minum sendiri. Biasanya air kelapa muda digunakan oleh para pemilik ketika anjing mereka mengalami keracunan atau pun dehidrasi parah. 

4. Bawa Ke Tempat Yang Sejuk Atau Ruang Terbuka

Tujuan cara mengobati anjing muntah dengan membawanya ke tempat yang lebih sejuk adalah untuk menurunkan suhu tubuh anjing.

Karena bisa saja dia muntah dikarenakan udara panas yang menyebabkan panas dalam tubuhnya meningkat.

Jadi, tidak ada salahnya untuk memindahkannya ke ruangan dengan pendingin atau ke kamar mandi.

5. Berikan Yogurt

Pemberian yogurt juga disarankan apabila anjing terindikasi mengalami infeksi pencernaan yang diakibatkan oleh bakteri.

Seperti yang diketahui jika yogurt mengandung bakteri baik dan pastinya akan membantu pencernaan anjing terbebas dari bakteri jahat.

6. Beri Air Mineral

Berikan air mineral untuk mengembalikan staminanya, karena setelah muntah anjing pasti merasa lemas dan malas bergerak.

Cara memberikannya cukup letakkan air minum pada wadah dan didekatkan pada anjing, bila dia tidak mau minum sendiri kalian bisa menggunakan pipet atau suntikan yang telah dibuang jarumnya.

7. Berikan Makanan yang Berbau Amis

Cara mengobati anjing muntah yang terakhir ini dilakukan untuk mengembalikan nafsu makannya yang hilang.

Untuk pemberian makan, usahakan anjing kamu sudah dipuasakan terlebih dahulu sementara waktu sebelum diberikan. Lalu, cobalah memberikan makanan yang memiliki aroma kuat, seperti :

  • Raw food (makan mentah) bisa berupa daging sapi atau ayam.
  • Hati ayam yang telah direbus.
  • Makanan kaleng khusus anjing.
  • Kuning telur, namun untuk yang satu ini beberapa menyarankan menggunakan kuning telur ayam kampung mentah dan dicampur dengan sedikit madu.

Petpi hanya ingin memastikan satu hal pada sobat sekalian, apabila anjing kamu mengalami muntah dengan rentang waktu yang dekat secara terus menerus.

Sebaiknya segera bawa dia ke dokter hewan, karena bisa saja anjingmu terkena atau terinfeksi virus yang dapat berbahaya jika tidak segera mendapatkan penanganan medis. 

Nah, sobat pintar. Bagaimana informasi mengenai cara mengobati anjing muntah yang Petpi berikan kali ini? Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://dokterhewan.co.id/detailpost/pet-lovers-cobalah-pahami-gejala-muntah-kuning-pada-anjing
  • https://ideaksi.com/obat-anjing-muntah-dan-tidak-mau-makan/
  • https://www.tonfeb.com/2016/09/10-cara-mangatasi-muntah-pada-hewan-kucing-anjing.html

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar