Hari ini: Senin, 26 Februari 2024
Senin, 09 Januari 2023, 15:30 WIB

Apakah Anjing Boleh Makan Coklat? Inilah Fakta dan Jawabannya!

Apakah Anjing Boleh Makan Coklat? Inilah Fakta dan Jawabannya!

anjing tidak boleh makan coklat - RD

Coklat akan berakibat fatal jika tertelan oleh anjing, maka dari itu kamu harus simak ulasan dari kenapa anjing tidak boleh makan coklat berikut ini

Sobat Pintar, kali ini PetPi akan membahas tentang makanan anjing berbahaya yaitu coklat. Perlu kamu ketahui bahwa coklat itu ternyata tidak baik apabila dikonsumsi oleh anjing

Nah jika ditanya apakah anjing boleh makan coklat? Jawabannya adalah tidak boleh, karena ketika memakannya anjing kesayanganmu tersebut bisa mengalami keracunan, lho.

Lantas, bagaimana jika anjing makan coklat sedikit dan adakah cara mengatasi yang terlanjur mengkonsumsi coklat? Jika kamu penasaran, simak jawaban selengkapnya di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Kenapa Anjing Tidak Boleh Makan Coklat?

Alasan Anjing Tidak Boleh Makan Coklat
alasan anjing tidak boleh makan coklat - centennial animal hospital

Perlu kamu ketahui bahwa pada coklat terdapat senyawa theobromine, yang mana zat ini adalah senyawa yang bisa membuat coklat terasa pahit apabila dikonsumsi manusia.

Namun, hal ini berbeda halnya jika anjing yang memakannya, sebab senyawa ini bisa berubah menjadi racun alami ketika dikonsumsi oleh anjing. Kenapa senyawa theobromine ini berbahaya untuk anjing? Sebab, sistem pencernaan mereka tidak bisa mencerna zat tersebut dengan baik.

Pencernaan dari hewan berbulu yang satu ini membutuhkan waktu sekitar 17 jam hanya untuk mencerna atau mengurai theobromine. Hal inilah yang membuatnya berbahaya, sebab bila zat tersebut terlalu lama mengendap di saluran pencernaan anjing maka bisa menimbulkan racun.

Bahayanya lagi, kandungan zat ini akan menjadi lebih parah jika yang tidak sengaja mengkonsumsi coklat ini adalah induk yang saat itu sedang menyusui karena kemungkinan besar anak-anak anjing juga bisa keracunan.

Maka dari itu, jawaban dari kenapa anjing tidak boleh makan coklat adalah karena adanya senyawa yang terkandung dalam coklat yaitu methylxanthines (theobromine dan kafein) adalah zat berbahaya tidak hanya pada anjing tetapi untuk seluruh hewan peliharaan.

Kedua zat yang terdapat pada kandungan coklat tersebut bisa memicu detak jantung lebih cepat, tekanan darah menjadi tinggi dan menyebabkan kerusakan pada otak serta saraf.

Apakah Semua Coklat Berbahaya Bagi Anjing?

Jenis Coklat Berbahaya Untuk Anjing
jenis coklat berbahaya untuk anjing - petbutler

Di bawah ini ada beberapa jenis dari coklat yang perlu kamu hindari karena memiliki kandungan theobromine dari yang tertinggi sampai yang terendah, yaitu :

  • Bubuk kakao;
  • Susu coklat;
  • Roti isi coklat; dan
  • Coklat hitam.

Setelah kamu mengetahui coklat apa saja yang berbahaya untuk kesehatan anjing peliharaanmu, diharapkan kamu bisa lebih peduli dan tidak menaruh sembarangan makanan dan minuman apapun yang mempunyai kandungan coklat di dalamnya.

Sebab jika sampai anjing tidak sengaja makan coklat meski hanya sedikit, maka gejala paling ringan dari anjing keracunan coklat yang akan terjadi adalah diare atau mencret, dan muntah.

Biasanya akan muncul gejala setelah beberapa jam coklat tersebut dikonsumsi. Bahkan jika anjingmu mengkonsumsi terlalu banyak sekitar 40 hingga 50 mg per bobot tubuhnya, hal paling buruk yang bisa terjadi adalah kematian.

Jadi, PetPi harap kalian bisa menjadi seorang pemilik anjing yang bertanggung jawab pada kesehatan serta keselamatan hewan peliharaanmu. Jangan sampai karena kamu ceroboh anjing kesayanganmu menjadi sakit ataupun mati.

Apa Saja Ciri-ciri Anjing yang Keracunan Coklat?

Tanda Anjing Keracunan Coklat
tanda anjing keracunan coklat - onlinefirstaid

Sesedikit apapun coklat yang dikonsumsi oleh anjing tentunya akan mempunyai efek tersendiri, apalagi jika anjing peliharaan kamu terlalu banyak memakan coklat.

Biasanya dalam kurun waktu selama 2-6 jam setelah mengkonsumsinya maka akan muncul gejala pada anjing tersebut.

Berikut ini adalah ciri-ciri anjing keracunan coklat yang paling sering terlihat, yaitu :

  • Anjing akan terlihat gelisah dan mondar-mandir.
  • Ada pula yang membuat gerakan tidak menentu atau berlebihan.
  • Biasanya anjing akan muntah dan juga diare.
  • Produksi liur pada anjing akan mengalami penurunan drastis.
  • Nafas dari anjing menjadi terengah-engah.
  • Tubuhnya akan tremor atau bergetar dengan kencang.
  • Detak jantung dan tekanan darahnya menjadi tinggi.

Di beberapa kasus, dampak buruk dari anjing keracunan coklat yang paling parah adalah bisa menimbulkan serangan jantung, kejang, gagal jantung hingga berujung kematian.

Bagaimana Cara Mengatasi Anjing Makan Coklat?

Mengatasi Anjing Yang Memakan Coklat
Mengatasi anjing yang memakan coklat - LoveToKnow Pets

Setelah mengetahui alasan dibalik kenapa anjing tidak boleh makan coklat beserta ciri-cirinya, maka selanjutnya kamu harus tahu juga cara mengatasinya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ketika kamu mengetahui bahwa anjingmu tidak sengaja makan coklat maka kamu harus segera merawatnya. Sebab, ketika dia memakan terlalu banyak coklat tentunya akan berbahaya dan berakibat fatal.

Berikut dibawah ini adalah beberapa cara yang harus kamu lakukan apabila anjingmu sudah terlanjur makan coklat, antara lain :

1. Cari tahu sudah seberapa banyak cokelat yang dimakan anjing

Pastikan jika kamu sudah mengetahui secara detail berapa banyak coklat yang tertelan dan jenis dari coklat tersebut. Sebab, berbekal informasi yang kamu miliki ketika menghubungi dokter hewan maka mereka bisa memberikan masukan sesuai dengan info yang diberikan.

Selain itu, kamu harus tahu ada beberapa coklat yang benar-benar berbahaya dan jenis coklat yang tidak terlalu menimbulkan efek mematikan seperti coklat susu atau coklat putih.

Tidak hanya itu saja, kamu juga harus berhati-hati apabila mau memberikan anjing camilan berupa kue yang menggunakan coklat sebagai bahan dasarnya, karena tentu efeknya pun akan tetap berbahaya.

Dosis dari theobromine yang bisa membuat fatal adalah 9-18 mg/450 gram coklat. Bahkan, beberapa brand coklat ternama itu juga ada yang mengandung 390 mg/ons atau sekitar 251,20 gram lho. Sedangkan, pada coklat putih atau coklat susu biasanya hanya mengandung sekitar 44 mg/ons atau sekitar 28,34 gram.

2. Segera lakukan langkah penanganan pertama

Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya ketika kamu sudah melihatnya memakan coklat adalah segera hubungi dokter hewan yang kerap kamu datangi. Mintalah bantuan atau saran bagaimana cara pertolongan pertama anjing makan coklat sebelum nantinya kamu membawa hewan peliharaan tersebut ke dokter.

Biasanya jika yang dia konsumsi hanya sedikit, dampaknya hanyalah sekedar diare atau masalah pencernaan lainnya. Tetapi, jika masalah pencernaan ini nantinya tidak segera diatasi tentu akan muncul penyakit lain karena hal tersebut.

Perlu PetPi tekankan sekali lagi bahwa kamu harus tahu jika efek samping dari anjing yang terlanjur makan coklat tentunya akan berbeda-beda pada setiap individunya, baik itu ringan ataupun berat.

3. Jika sudah parah, langsung bawa ke dokter hewan

Segera bawa anjing ke dokter hewan karena mereka adalah orang-orang yang dapat memberikan penanganan darurat pada anjing yang keracunan coklat.

Pada umumnya, dokter hewan akan membantu anjing untuk muntah terlebih dahulu, tetapi biasanya hal ini hanya bisa dilakukan apabila coklat yang tertelan tersebut kurang dari 1 jam.

Sementara itu, jika anjing tersebut sudah terlalu lama dari waktu pertama kali menelan coklatnya, maka mau tidak mau nantinya akan disarankan agar anjing kesayanganmu tersebut untuk sementara dirawat inap.

Adakah Cara Mencegah Anjing Makan Coklat?

Pencegahan Anjing Makan Coklat
pencegahan anjing makan coklat - daily paws

Walaupun coklat yang tidak sengaja termakan oleh anjingmu hanya dalam jumlah kecil dan tentunya tidak akan menyebabkan timbulnya masalah kesehatan yang serius, tapi tetap saja kamu sebagai pemilik dari anjing tersebut tidak boleh sembarangan memberi coklat pada anjing.

Oleh karena itu, kamu bisa menerapkan beberapa hal dan langkah pencegahan di bawah ini supaya anjing kesayanganmu tidak memakan coklat, yaitu :

  • Pertama pastikan jika seluruh coklat yang ada di rumah sudah kamu simpan pada tempat aman dan tentunya tidak dapat dijangkau oleh anjing kesayanganmu.
  • Apabila di rumah ada anggota keluarga yang hobi makan coklat, katakanlah padanya untuk menaruh coklat tersebut di tempat yang jauh dari jangkauan dan ingatkan pula bahwa tidak boleh memberikan coklat pada anjing.
  • Berikutnya memang sebaiknya kamu mengajarkan kepada anjing perintah "leave it" atau "tinggalkan". Karena cara ini nyatanya sangat efektif dalam mencegah anjing sembarangan makan.
  • Terakhir adalah dengan membiasakan anjing untuk tinggal di dalam kandang, ini merupakan salah satu cara paling aman agar anjing tidak mengkonsumsi makanan yang bukan untuknya ataupun benda yang berbahaya.

Sobat Pintar, demikianlah akhir dari ulasan apa yang terjadi jika anjing makan coklat hingga cara mengatasi dan mencegahnya. Gimana, menarik bukan ulasan kali ini?

Semoga dengan membaca artikel di atas, dapat membantu kalian semua yang sedang mencari jawaban terkait pertanyaan seputar pemberian coklat pada anjing peliharaan.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://binatangmu.com/apakah-anjing-boleh-makan-coklat/
  • https://www.halodoc.com/artikel/bolehkah-anjing-peliharaan-makan-coklat

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar