Hari ini: Jumat, 05 Maret 2021
Sabtu, 31 Oktober 2020, 19:30 WIB

Kenapa Anjing Selalu Mengendus Bokong Anjing Lain? Ini Jawabannya

Kenapa Anjing Selalu Mengendus Bokong Anjing Lain? Ini Jawabannya

kenapa anjing mencium bokong anjing lain - the spruce pets

Kamu sering melihat sifat hewan peliharaan mu yang buruk ini? Jangan salah sangka, ini ternyata alasan kenapa anjing mencium bokong anjing lainnya

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup populer di Indonesia. Sebagai pecinta anjing, kamu pastinya pernah melihat kebiasaan-kebiasaan yang dianggap negatif bagi sebagian orang.

Jika kamu sedang membawa anjingmu ke suatu tempat dan bertemu anjing lain, terkadang diantara mereka berdua akan mengendus salah satu bokong anjing lain.

Kebanyakan orang, menganggap ini adalah suatu kebiasaan yang aneh dari anjing.

Padahal, saat kita mengerti maksudnya, bisa jadi anjing mempunyai pandangan tersendiri melakukan hal tersebut. Nah, kali ini PetPi akan bahas kenapa anjing selalu mengendus bokong anjing lain saat pertemuan pertamanya?

Penasaran kan? Yuk ikuti terus informasinya.

Indera Penciuman Anjing yang Tajam

Mengapa Anjing Mengendus
Indera penciuman anjing yang tajam - iheart dogs

Sebelum kita membahas kenapa anjing sering mencium bokong anjing lain, lebih baik kita membahas terlebih dahulu tentang indera penciuman anjing yang tajam. Ini ada kaitannya dengan topik yang kita bahas.

Seperti kita ketahui, anjing ini mempunyai penciuman yang jauh lebih baik daripada manusia atau bahkan hewan lain. Menurut situs vcahospitals anjing memiliki indera penciuman yang 100.000 kali lebih sensitif dari manusia.

Karena sebagian besar hidung anjing terdiri dari 150 - 300 juta reseptor penciuman tergantung rasnya. Sedangkan manusia hanya memiliki 5 juta reseptor penciuman di setiap individunya.

Bukan hanya indera penciuman saja yang mempengaruhinya, namun anjing juga menggunakan otaknya lebih dari 30% untuk memproses hasil penciuman yang diterima dari reseptor tadi, sedangkan manusia hanya menggunakan 5% otak untuk memproses hal itu.

Mungkin manusia hanya bisa mencium aroma yang ia endus dan tidak bis amendeteksi apa-apa lagi. Jadi bau yang sebenarnya dicium oleh anjing bisa mendeteksi beberapa hal yang mungkin tidak bisa di deteksi oleh manusia bukan hanya aroma saja.

Sebagai contoh nyatanya saja, anjing bisa membantu tugas kepolisian apabila ada penyidikan yang yang tidak bisa manusia lakukan.

Misalnya menangkap tersangka kasus narkoba yang menyelundupkan barang-barang itu di suatu tempat yang mungkin tidak bisa manusia jangkau. Ini adalah manfaat dari memelihara dan melatih anjing sebagai asisten manusia.

Anjing Memiliki Organ Khusus di Hidungnya

Kenapa Anjing Mengendus Pantat Anjing Lain
Memiliki organ khusus di hidungnya - purely pets

Selain unggul reseptor pada indera penciumannya dan saat memproses pada otaknya, anjing juga mempunyai organ khusus yang membantunya mengenali atau memilih bau yang dia proses pada otaknya. Organ ini bernama organ Jacobson yang terletak di area moncongnya.

Area ini terdapat tepat di atap mulut anjing yang menyambung ke moncongnya. Organ ini terkoneksi langsung dengan otaknya yang akan memproses bau yang ia cium.

Namun bukan aroma yang dihasilkan dari bau yang ia cium, melainkan sesuatu yang lebih seperti semacam analisis kimiawi yang bisa membaca jenis kelamin, mood dari anjing lain, kesehatannya dan situasi-situasi lain.

Tapi Mengapa Ia Mengendus Bokong dari Anjing Lain?

Mengapa Anjing Mengendus Bokong Anjing Lain?
mengapa anjing mengendus bokong anjing lain? - pawp

Saat kita melihat hal ini, kita justru akan menghindarinya untuk tidak mencium bokong anjing lain. Padahal ini adalah sebuah fakta jika anjing berkomunikasi lewat indera penciuman yang baik.

Setiap anjing, memiliki kelenjar anus atau biasa orang sebut juga sebuah kantung yang terdapat pada anus. Kantung ini mengandung cairan yang terletak di antara otot sphincter internal dan eksternal anjing.

Nah, kantung yang berada di anusnya ini mengandung zat berminyak dengan bau yang cukup kuat yang dikeluarkan bersamaan dengan kotoran anjing untuk meninggalkan tanda baunya.

Inilah alasan kenapa anjing sering mengendus bokong orang lain, karena setiap anjing pasti mengeluarkan bau yang berbeda.

Inilah yang bisa diserap oleh reseptor dan organ jacobson tadi untuk di proses ke otak.

Anjing sama sekali tidak mencium aroma bau yang dihasilkan dari dubur masing-masing anjing, justru dia malah mengidentifikasi informasi yang terkandung dalam feromon yang diproduksi oleh kantung tersebut.

Dari situ anjing dapat menghasilkan informasi untuk memulai interaksi dengan anjing lainnya. Ia bisa mendapatkan informasi seperti mood anjing, kesehatan anjingnya, jenis kelamin dan masih banyak lagi.

Setelah itu barulah ia memulai untuk interaksi dengan anjing lainnya. Hal ini bisa dibilang menjadi komunikasi pertama yang dilakukan anjing saat bertemu dengan anjing lain.

Nah, kamu sudah tau kan alasan kenapa anjing sering mencium bokong anjing lainnya?

Jika sudah tau, jangan cegah ini terjadi, karena ini adalah hal alami yang dilakukan anjing untuk saling berkomunikasi. Bagikan artikel ini jika berguna buat teman-teman pecinta anjing ya. Semoga bermanfaat!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://dokterhewan.co.id/detailpost/sejumlah-fakta-penting-tentang-kelenjar-anus-anjing
  • https://animals.howstuffworks.com/pets/dogs-sniff-butts.htm
  • https://vcahospitals.com/know-your-pet/why-dogs-sniff-butts
  • https://www.mentalfloss.com/article/78946/why-do-dogs-sniff-each-others-butts
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar