Hari ini: Kamis, 29 Juli 2021
Minggu, 13 Desember 2020, 10:00 WIB

Bulu Mengkilap! Ini Jenis dan Manfaat Vitamin untuk Anjing yang Beragam Faedahnya

Bulu Mengkilap! Ini Jenis dan Manfaat Vitamin untuk Anjing yang Beragam Faedahnya

vitamin untuk anjing - the smart canine

Ada berbagai manfaat vitamin untuk anjing, seperti untuk kesehatan tubuh, bulu, dan pemulihan pascasakit. Lalu bagaimana konsumsi vitamin anjing yang baik?

Untuk mendukung tumbuh kembangnya, tentunya makanan anjing berkualitas tinggi sudah mutlak Sobat Pintar pilih dan berikan ke peliharaan kesayangan untuk menjaga kesehatannya.

Melansir pernyataan Dr. Ryan Llera dan Dr. Cheryl Yuill dalam laman VCAHospitals.com, ada enam nutrisi utama yang harus terkandung dalam makanan anjing sehari-hari.

Di antaranya air, protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Keseluruhan nutrisi ini penting sebagai bagian utama dari makanan anjing guna mendukung fungsi tubuh bekerja dengan baik.

Agar perkembangan anjing kian baik, bahkan sebagian pemilik menambahkan suplemen berupa vitamin dan mineral pada makanan peliharaan mereka, lho.

Lalu apakah hal ini perlu Sobat Pintar lakukan? Dan kira-kira, apa saja jenis dan manfaat vitamin untuk anjing yang memang benar-benar mereka perlukan?

Nah untuk menjawab rasa penasaran kamu, kali ini PetPi bakal ulas mengenai vitamin untuk anjing dan tips memberikannya apabila memang diperlukan.

Kenali Jenis dan Manfaat Vitamin untuk Anjing yang Penting untuk Tumbuh Kembangnya

Manfaat Vitamin Untuk Anjing
Jenis vitamin untuk anjing - ark vets

Buat kamu, mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk vitamin untuk manusia yang sangat mudah sekali ditemukan di pasaran.

Vitamin adalah senyawa organik yang diperlukan untuk menopang kehidupan. Sebagian besar vitamin tersedia secara alami melalui makanan dan sebagian lagi didapat melalui suplemen tambahan.

Sama seperti manusia, ada pun hewan peliharaan juga membutuhkan vitamin dalam kadar tertentu, lho.

Misalnya saja seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan kolin yang manfaatnya sudah PetPi ulas sebagai berikut.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Vitamin A

Vitamin A atau beta carotene sudah umum kamu kenal sebagai jenis vitamin yang berfungsi membantu indera penglihatan agar berfungsi optimal.

Selain itu, manfaat vitamin untuk anjing ini adalah untuk mendukung proses pertumbuhan, perkembangan janin, membantu fungsi kekebalan, dan sel tubuh.

2. Vitamin B

Lalu ada juga kumpulan vitamin B yang terdiri dari sejumlah jenis vitamin yang memiliki peranan besar untuk kesehatan anjing peliharaan, seperti:

  • Tiamin (vitamin B1) yang berfungsi mengatur energi dan metabolisme karbohidrat. Jenis vitamin ini juga berfungsi mengaktifkan saluran ion dalam jaringan saraf.
  • Riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), dan kobalamin (vitamin B12) akan membantu memfasilitasi fungsi enzim.
  • Piridoksin (vitamin B6) bertanggung jawab untuk pembentukan glukosa dan sel darah merah. Vitamin ini juga membantu fungsi sistem saraf, regulasi hormon, respon imun, sintesis niacin, dan aktivasi gen.
  • Asam pantotenat (vitamin B5) membantu metabolisme energi.
  • Asam folat (vitamin B9) berperan dalam metabolisme asam amino dan nukleotida. Vitamin ini juga membantu sintesis protein mitokondria.

3. Vitamin C

Kemudian manfaat vitamin untuk anjing ini sangat penting sebagai antioksidan. Vitamin C akan menyaring radikal bebas yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Anjing sebenarnya dapat mensintesis vitamin C sendiri dari livernya. Namun semakin bertambahnya usia, mungkin suplemen tambahan juga diperlukan.

Makanya vitamin C sangat direkomendasikan sebagai jenis vitamin untuk anjing tua untuk tetap menjaga kondisi kesehatannya.

4. Vitamin D

Vitamin D merupakan jenis vitamin yang umumnya bukan didapat melalui makanan, melainkan dihasilkan secara alami melalui sinar matahari, lho.

Fungsi vitamin D adalah menyeimbangkan mineral, seperti fosfor dan kalsium yang berperan dapat pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat.

5. Vitamin E

Vitamin E berperan sebagai sistem pertahanan anjing peliharaan terhadap kerusakan oksidatif. Jenis vitamin yang larut dalam lemak ini juga membantu fungsi sel dan metabolisme lemak.

Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan degenerasi mata dan otot. Selain itu dapat juga mempengaruhi sistem reproduksi pada anjing.

6. Vitamin K

Jenis vitamin yang larut dalam lemak lainnya adalah vitamin K, yang umum ditemukan pada sayur-sayuran yang berdaun dan berwarna hijau.

Vitamin K berfungsi sebagai zat pembeku dalam darah yang memiliki peranan dalam mengaktifkan kemampuan darah anjing dalam menggumpal.

7. Kolin

Terakhir ada kolin yang merupakan komponen penting dari membran sel fosfolipid dalam tubuh.

Jenis vitamin anjing ini dapat mendukung fungsi hati dan otak yang sehat. Asupan kolin juga  sebagian lagi sering digunakan untuk perawatan anjing dengan gangguan epilepsi.

Rekomendasi Merek Vitamin Anjing Terbaik untuk Bulu dan Kesehatan

Ada banyak jenis vitamin anjing yang bisa kamu temukan di pet shop, misalnya vitamin bulu anjing untuk memperindah penampilan yang umumnya diperoleh melalui minyak ikan.

Sebagai alternatif minyak ikan, banyak pemilik anjing menggunakan suplemen untuk manusia, seperti pemberian Scott Emulsion untuk anjing.

Padahal terdapat berbagai merek vitamin anjing yang diformulasikan khusus, sehingga aman untuk tubuh mereka seperti yang PetPi rekomendasikan berikut ini.

1. Dermatrix

Vitamin Untuk Anjing
Dermatrix - shopee

Dermatrix merupakan merek vitamin untuk anak anjing hingga anjing dewasa yang kaya akan kandungan asam lemak esensial yang penting untuk kesehatan kulit dan bulu.

Kandungan omega-3, omega-6, dan omega-9 yang terkandung dalam Dermatrix berasal dari sumber tanaman dan ikan yang aman dikonsumsi anjing peliharaan.

Selain memperindah bulu, Dermatrix juga dapat mengurangi kerontokan bulu anjing. Harga Dermatrix berkisar antara Rp200.000 - Rp250.000 untuk kemasan botol berisi 30 tablet.

2. Virbac Nutri-Plus Gel

Vitamin Untuk Anjing Paling Sehat
Virbac nutri-plus gel - tokopedia

Virbac Nutri-Plus Gel ini bisa dibilang menjadi vitamin anjing serbaguna yang memiliki berbagai kegunaan dan harganya relatif terjangkau.

Nutri-Plus Gel sering direkomendasikan oleh dokter hewan sebagai vitamin anjing sakit untuk membantu mempercepat proses pemulihan, misal setelah operasi.

Selain itu, Nutri-Plus Gel juga mengandung nutrisi yang berfungsi meningkatkan nafsu makan anjing sehingga cocok untuk kamu yang menginginkan mereka cepat gemuk tapi tetap sehat.

Harga Nutri-Plus Gel terbilang cukup terjangkau, di mana kamu bisa mendapatkannya seharga Rp300.000 untuk kemasan 120.5 gr dan Rp30.000 untuk kemasan 15 gr.

3. Kennels’ Favorite Pastilles Biotin

Merk Vitamin Terbaik Untuk Anjing
Kennel's favourite pastilles biotin - tokopedia

Salah satu variannya, yakni Kennels’ Favorite Pastilles Biotin paling banyak dicari karena cocok dikonsumsi oleh semua jenis dan umur anjing.

Jika anjing peliharaan memiliki masalah kulit kering dan bulu rontok, kandungan biotin atau vitamin H di dalamnya memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan kulit sekaligus bulu.

Selain itu juga, biotin juga berfungsi dalam membantu metabolisme anjing. Harga Kennels’ Favorite Pastilles Biotin berkisar antara Rp65.000 - Rp75.000 untuk kemasan 135 gr.

Apakah Anjing Peliharaan Membutuhkan Suplemen Vitamin dan Mineral?

Vitamin Untuk Anjing
Apakah anjing membutuhkan vitamin? - aspca

Melansir ASPCA.org, asupan vitamin dalam jumlah yang minim masih diperlukan oleh anjing untuk mendukung fungsi metabolisme dalam tubuhnya.

Pemberian yang minim ini didasarkan fakta bahwa sebagian besar vitamin tidak dapat disintesis dalam tubuh dan anjing umumnya sudah mendapatkan asupan vitamin yang cukup melalui makanannya.

Bagi anjing peliharaan yang mengonsumsi makanan pabrikan berlabel "lengkap dan seimbang", mungkin sudah tidak lagi memerlukan asupan suplemen tambahan berupa vitamin dan mineral.

Terlebih beberapa makanan ini sudah disesuaikan dengan tahapan perkembangan anjing, sehingga tentu nutrisi yang terkandung di dalamnya sudah mencukupi kebutuhannya, lho.

Sebaliknya bagi anjing peliharaan yang diberikan makanan buatan sendiri, mungkin masih memerlukan beberapa asupan suplemen untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral mereka.

Kumpulan Tips Memilih dan Memberikan Vitamin Anjing Secara Aman

Vitamin Untuk Anjing Sehat
Tips memilih vitamin untuk anjing - pet life today

Menurut Dr. Susan Wynn, seorang ahli gizi hewan seperti dilansir dari laman AKC.org menjelaskan bahwa pemberian vitamin harus disesuaikan dengan asupan makanan yang diberikan.

Anjing yang diberikan makanan pabrikan terkadang masih memerlukan asupan suplemen tambahan.

Terlebih apabila anjing tersebut memiliki beberapa kondisi khusus, misalnya jenis ras anjing tertentu, terdapat gangguan kesehatan khusus, atau usianya sudah tua.

Tentu jenis vitamin bulu anjing agar penampilannya tetap terjaga hingga vitamin untuk anjing tua untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap prima bisa dipertimbangkan.

Namun, cara terbaik dalam memilih vitamin untuk anjing sudah tentu adalah dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan untuk mengetahui kondisi peliharaanmu.

Kemudian jangan memberikan vitamin untuk manusia untuk anjing. Hal ini untuk meminimalisir risiko kandungan zat aditif di dalamnya yang mungkin berbahaya untuk anjing.

Dokter hewan pun kebanyakan memilih asupan vitamin untuk anjing dari sumber alami, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang dipadukan dengan makanan sehari-hari mereka, lho.

Setelah membaca ulasan di atas, Sobat Pintar makin sadar akan pentingnya nutrisi yang cukup untuk anjing peliharaan.

Maka dari itu, penting untuk selalu memberikan asupan makanan anjing berkualitas dan perhatian yang cukup demi terpenuhi segala kebutuhannya. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Sabtu, 03 Oktober 2020, 19:00 WIB
Update pada: Minggu, 13 Desember 2020, 10:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://okdogi.com/vitamin-anjing/
  • https://vcahospitals.com/know-your-pet/nutrition-general-feeding-guidelines-for-dogs
  • https://www.akc.org/expert-advice/nutrition/vitamins-dogs-need-healthy-lifestyle/
  • https://www.aspca.org/pet-care/dog-care/dog-nutrition-tips
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar