Hari ini: Kamis, 26 Mei 2022
Selasa, 18 Januari 2022, 10:00 WIB

Anjing Menggonggong Terus? Inilah 6 Alasan Dibaliknya!

Anjing Menggonggong Terus? Inilah 6 Alasan Dibaliknya!

penyebab anjing menggonggong - pixabay

Banyak penyebab ketika anjing mengonggong teruis menerus. Lebih baik ketahui alasan anjing menggonggong dan cara mengatasinya dengan benar berikut ini

Sobat Pintar, menggonggong menjadi perilaku yang wajar dilakukan anjing. Alasan anjing menggonggong ini pun beragam.

Jika kamu menemukan anjing yang tidak berhenti menggonggong sehingga mengganggu ketenangan di rumah, maka kamu harus cari tahu penyebabnya. 

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda dapat memberi penangan untuk anjing kesayangan mu. Selain itu, yang harus kamu tahu adalah menggonggong bisa memiliki banyak arti, namun tetap kamu harus melihat situasinya.

Nah, berikut ini ada beberapa penyebab yang harus kamu ketahui mengapa anjing terus menerus menggonggong dan juga cara mengatasinya.

Alasan Dibalik Anjing yang Sering Menggonggong

Alasan Dibalik Anjing Menggonggong
alasan dibalik anjing menggonggong - pixabay

Apabila anjing mempunyai pemicu khusus yang mengakibatkan ia terus menggonggong, misalnya ada orang asing yang berjalan di depannya atau ia merasa ada suara yang berisik, maka kamu bisa hilangkan rangsangan tersebut.

Gunakan stiker untuk menutup jendela atau tutup tirai bila rangsangan visual terjadi. 

Apabila anjing terus menggonggong ketika kamu ingin meninggalkan rumah, maka beri ia kegiatan untuk mengalihkan perhatiannya, seperti memberikan mainan atau makanan kesukaan anjing peliharaan mu.

Lalu, terdapat alasan dan cara lain saat anjing selalu menggonggong seperti berikut ini. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Teritorial

Alasan anjing menggonggong yang pertama adalah saat hewan atau orang lain masuk ke sebuah wilayah yang menjadi teritorial si anjing, hal tersebut sering sekali membuat anjing menggonggong secara berlebihan.

Ketika ancaman semakin mendekatinya, maka gonggongan nya akan semakin keras. Anjing kamu akan terlihat sangat agresif dan waspada saat ia menggonggong. 

2. Sedang Ketakutan

Sebagian anjing menggonggong pada sebuah objek bisa benda atau suara asing yang dapat menarik perhatiannya sehingga membuat mereka merasa terkejut.

Contohnya, mendengar alarm atau  Perilaku ini dapat terjadi kapan saja dan dimana saja tidak hanya dalam wilayah teritorialnya saja. 

3. Merasa Bosan

Seperti yang kamu ketahui jika anjing merupakan hewan yang emosional. Sehingga, jangan pernah kamu membiarkannya sendirian untuk jangka waktu yang lama, baik di halaman maupun di dalam rumah.

Anjing yang merasa sedih atau bosan juga akan sering menggonggong bahkan suaranya seperti menangis sebab ia merasa tidak sedang bahagia. 

4. Mengajak Bermain

Selanjutnya yaitu anjing yang sering menggonggong ketika hewan lain atau orang melintas di depannya itu menjadi bentuk ia sedang menyapa. Umumnya gonggongan yang gembira akan diiringi dengan ekornya yang bergoyang dan bahkan ia sampai melompat. 

5. Mencari Perhatian

Anjing terus menerus menggonggong bisa diartikan juga bahwa ia sedang menginginkan sesuatu hal, misalnya seperti bermain dengan kamu, jalan-jalan sore pergi keliling komplek, atau menginginkan cemilan kesukaannya. 

6. Gelisah Sebab Adanya Perpisahan

Alasan anjing menggonggong yang terakhir adalah anjing tersebut sedang dilanda kecemasan yang berlebihan karena ia akan berpisah atau ketika ia sedang sendirian.

Lalu, ia juga akan memperlihatkan tanda-tanda lainnya, seperti depresi, destruktif, mondar-mandir serta eliminasi yang tidak benar. 

Menggonggong secara berlebihan ini dilakukannya hanya untuk dapat mendengar suaranya sendiri. Selain itu, ia juga akan melakukan gerakan yang berulang-ulang, misalnya berputar-putar atau berlari di sepanjang gerbang. 

Cara Mengatasi Anjing Menggonggong Terus

Cara Mengatasi Anjing Menggonggong
cara mengatasi anjing menggonggong - pixabay

Salah satu cara untuk menenangkan anjing yaitu jangan berteriak sebab anjing akan menganggap jika kamu mengikutinya. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menghentikannya? Nah, berikut ini ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. 

1. Ajak Anjing Bersosialisasi

Seekor anjing mempunyai kepekaan kepada benda maupun orang yang baru ia kenal. Saat di luar rumah ia akan lebih sering menggonggong karena banyak melihat orang asing di hadapannya.

Cara yang bisa kamu lakukan agar ia tidak menggonggong yaitu jangan memanggil namanya dengan berteriak. Kamu bisa mendekatinya, lalu mengusap kepala nya dan coba arahkan ia untuk mengikuti kamu. Ajak anjing mu masuk ke dalam rumah dan berikan mainan atau cemilan yang ia sukai. 

Anjing akan menggonggong secara berlebihan ketika ia sedang merasa kesepian. Oleh karena itu, jangan kamu meninggalkannya sendirian terlalu sering, ya! 

2. Alihkan dengan Makanan Kesukaannya

Dikutip dari Human Society, anjing yang sering menggonggong dapat diartikan juga ia kelaparan. Gonggongan nya menjadi sebuah ungkapan bila ia ingin meminta makanan.

Tanda-tanda ia kelaparan yakni menggonggong dengan tidak terlalu keras dan terdapat jeda ketika ia sedang menggonggong.

Saat anjing menggonggong di sekitar rumahmu, ajak anjing mu masuk ke dalam rumah dan tutup pintu dan tirai agar ia tidak  menggonggong kembali.

Selain itu, kamu juga dapat memberikannya makanan kesukaan. Berikan di sela-sela anjing berhenti menggonggong. 

Dekatkan makanan yang ia sukai di hidungnya. Hal ini dilakukan untuk memberikannya apresiasi saat ia bisa berhenti menggonggong. Ulangi hal ini hingga anjing benar-benar dalam keadaan tenang. 

3. Buat Daftar Kegiatan Rutin

Apabila anjing dibuatkan jadwal kegiatan tertentu, seperti bermain, jogging dan lainnya. Hal tersebut bisa menolongnya untuk tidak terbiasa menggonggong.

Ia akan menjadi lelah dan bosan untuk menggonggong. Karena, tenaga dan fisiknya sudah sangat terkuras untuk seluruh kegiatan yang kamu jadwalkan untuk nya. 

Tetapi, untuk melakukan hal ini kamu harus mempertimbangkan kesehatan dan usia dari anjing peliharaan mu. 

4. Sediakan Waktumu untuk Bermain

Gonggongan anjing juga bisa diartikan menjadi sebuah alat untuk berkomunikasi antara anjing dengan pemiliknya, tetapi ada pula yang mengartikan bila anjing sedang ingin diperhatikan oleh kamu.

Apabila anjing melihat kamu akan pergi, maka ia akan terus menggonggong, itu menjadi pertanda jika ia sedang bosan. 

Jika kamu sudah pulang ke rumah, maka tidak ada salahnya untuk mengajaknya bermain. Sebab bagaimanapun anjing merupakan hewan yang emosional sehingga ia membutuhkan perhatian dari pemiliknya. 

Sobat Pintar, itu tadi beberapa alasan anjing menggonggong dan cara mengatasinya dengan benar. Hal ini harus segera kamu ketahui agar tidak bingung ketika nanti menghadapinya ya! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/emilia-nur-indarwati/cara-ampuh-menghentikan-anjing-menggonggong-c1c2/5
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/04/201700576/kenapa-anjing-menggonggong-terus-ini-6-penyebabnya?page=all
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar