Hari ini: Sabtu, 27 Februari 2021
Sabtu, 24 Oktober 2020, 16:00 WIB

Kenapa Anjing Sering Menjilati Cakarnya? Ini 5 Alasannya

Kenapa Anjing Sering Menjilati Cakarnya? Ini 5 Alasannya

alasan kenapa anjing menjilati cakarnya - the bark

Pernah lihat anjing sering menjilati cakarnya sendiri? Hal itu dilakukan bukan tanpa sebab, berikut adalah alasan kenapa anjing sering menjilati cakarnya

Para pemilik anjing, pasti pernah melihat anjing kesayangannya melakukan suatu hal secara terus menerus. Salah satu contohnya adalah saat dia sering menjilati cakarnya. Banyak yang beranggapan hal ini adalah suatu kebiasaan yang dilakukan sama anjing.

Namun, ada juga yang beranggapan bahwa ini bukanlah kebiasaan alami dari anjing. Banyak juga yang berasumsi bahwa saat anjing sering menjilati cakarnya (paw) ini adalah pertanda anjing mengalami masalah pada kakinya.

Nah, kira-kira kamu percaya yang mana nih?

Daripada mengira-ngira, kali ini PetPi akan kasih tau kamu alasan kenapa anjing sering menjilati cakarnya atau kakinya (paw) Yuk simak informasinya agar tidak salah sangka.

Kenapa Anjing Sering Menjilati Kakinya?

Alasan Anjing Menjilati Kakinya
Ini alasan kenapa anjing menjilati kakinya - american kennel club

Terkadang menjilati kakinya terlalu sering menjadi kebiasaan yang adiktif yang sulit untuk di atas. Anjing yang menjilati kakinya secara berlebihan biasanya mempunyai ciri-ciri seperti ada noda pada bulu kakinya.

Hal ini yang sebenarnya harus kamu hindari karena ini bisa menjadi kebiasaan yang negatif pada anjing.

Kakinya Nyeri

Anjing yang menjilati kakinya biasanya memiliki masalah yang cukup serius. Ada dua kemungkinan, saat ia hanya menjilati satu kaki saja, itu menandakan bahwa salah satu cakarnya mengalami rasa sakit atau iritasi.

Kemungkinan ada masalah seperti luka karena pecahan beling, di gigit serangga, atau tertancap duri

Namun saat kamu melihat ia sering menjilati dan dalam bersamaan berjalan pincang, itu yang harus kamu segera atasi. Kemungkinan hal ini terjadi karena masalah yang lebih dalam pada kakinya, seperti keseleo, otot tertarik, dan beberapa jenis peradangan atau bahkan patah tulang.

Segera konsultasikan ke dokter hewan terdekat.

Baca Juga: Begini Cara Menggunting Kuku Anjing, Dilakukan Sendiri di Rumah Secara Aman!

Alergi atau Infeksi Jamur

Jilatan yang sering memang sering dikaitkan dengan alergi yang kronis. Namun ini bisa kamu telusuri dari makanan, bahan kimia furniture di rumahmu, karpet dan masih banyak lagi yang bisa kamu analisa.

Nah biasanya saat anjing kamu baru saja selesai main di rerumputan, lalu dia mulai menjilati kakinya, itu bisa jadi karena dia alergi rerumputan yang disebabkan oleh pestisida.

Nah, yang kedua jika kamu mencurigai bahwa anjingmu terkena infeksi jamur, biasanya itu disebabkan oleh pola makan yang buruk. Terkadang pengobatan paling sederhana bisa kamu lakukan, seperti mengobati bulu yang rontok dan mengganti makanan anjing yang yang kamu berikan.

Konsultasikan dengan dokter untuk menanggulangi penyakit ini.

Anjingmu Bosan

Ada hal yang bisa bikin kamu tenang, karena tidak semua anjing yang menjilati kakinya mempunyai masalah serius. Terkadang anjing juga mengalami kebosanan, sehingga aktivitas menjilati zakarnya hanyalah kegiatan iseng belaka.

Mungkin, dia jarang sekali diajak jalan keluar rumah dan berlari-lari di lapangan. Seringkali anjing yang mempunyai kebiasaan seperti ini, biasanya anjing yang hanya berdiam diri di rumah dan di kandangnya.

Maka dari itu cara mengatasinya cukup sederhana, ajaklah dia keluar rumah secara rutin.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG ANJING?
Cari info Anjing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Ketidakseimbangan Hormonal

Kenapa Anjing Menjilati Cakarnya?
Ketidakseimbangan hormonal - dr marty becker

Ketika seekor anjing tidak memiliki keseimbangan hormon, maka mereka menghasilkan terlalu banyak kortisol atau tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Akibatnya, ini bisa meningkatkan kerentanan anjing pada masalah kulit.

Masalah kulit yang paling sering adalah bintik merah, kebotakan dan kerontokan pada bulu anjing. Terlalu sering menjilati bintik merah ini akan mengakibatkan kebotakan pada bagian yang mengalami infeksi.

Kutu atau Caplak

Ini adalah hal yang mungkin paling sering kamu curigai saat anjing sering menjilati kuku kakinya.

Kutu dan Caplak membuat rasa gatal yang menyebabkan anjing terus menerus menjilati dan seperti mengunyah sesuatu. Kondisinya akan semakin parah jika ditambah anjing milikmu alergi terhadap kutu.

Kamu harus segera mengatasinya dengan obat kutu yang bisa kamu temukan di pet shop terdekat. Jika hewan peliharaan kamu juga alergi terhadap produk pembersih kutu, kamu harus segera mengkonsultasikannya dengan dokter hewan kesayangmu.

Ingat ya jangan dibiarkan!

Itulah dia beberapa alasan kenapa anjing seringkali menjilati pawnya atau kukunya secara terus menerus. Dengan informasi ini, diharapkan kamu bisa lebih mengerti lagi apa yang tidak bisa dikatakan oleh peliharaanmu.

Semoga artikel ini bisa mengedukasi mu, dan jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pethelpful.com/dogs/Why-is-my-dog-licking-its-paws
  • https://www.akc.org/expert-advice/health/why-does-my-dog-lick-and-chew-his-paws/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar