Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Senin, 28 September 2020, 10:00 WIB

Begini Cara Memandikan Anjing Sendiri di Rumah, Murah Tak Perlu ke Salon!

Begini Cara Memandikan Anjing Sendiri di Rumah, Murah Tak Perlu ke Salon!

Tubuh anjing yang kotor tentu bikin risih, kan? Berikut PetPi ulas cara memandikan anjing, murah dan tanpa perlu ke salon yang bisa kamu lakukan sendiri.

Apakah kamu sedang atau berniat memelihara anjing? Sebagaimana diketahui, anjing adalah hewan yang aktif sehingga rentan kotor, misal saat mereka berguling-guling di pekarangan rumah.

Sama seperti hewan peliharaan lain, anjing perlu mandi untuk menjaga kebersihan dan higienitasnya. Hal ini juga dilakukan guna menghindari masalah kesehatan kulit, seperti jamur dan bakteri.

Namun tidak selamanya aktivitas memandikan anjing merupakan hal yang menyenangkan, lho. Terkadang anjing juga bisa berontak jika kamu menanganinya dengan tidak benar.

Maka dari itu, kali ini PetPi bakal mengulas cara memandikan anjing di rumah yang bisa kamu lakukan sendiri yang sudah dirangkum melalui berbagai sumber berikut ini.

Ini Rahasia Memandikan Anjing Peliharaan di Rumah Tanpa Perlu ke Salon

Cara Memandikan Anjing

Memilih melakukan grooming di salon kecantikan hewan jadi langkah praktis untuk menjaga kebersihan anjing peliharaanmu. Namun biayanya yang mahal, terkadang jadi penghalang, kan?

Namun kamu tidak perlu pusing, nih! Kali ini PetPi bakal ulas cara memandikan anjing di rumah yang bisa kamu lakukan sendiri.

Melansir dari laman DogTime.com, mandi sebulan sekali cocok untuk mayoritas anjing peliharaan. Namun pada beberapa jenis, aktivitas ini mungkin perlu rekomendasi dari dokter hewan terlebih dulu.

Makin penasarn bagaimana langkah-langkah memandikannya agar mereka tidak berontak? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Pilih Lokasi yang Sesuai

Memilih lokasi yang tepat untuk memandikan anak anjing perlu diperhatikan agar mereka tidak mudah kabur apabila mungkin memberontak saat kamu menanganinya.

Untuk jenis anjing kecil, Sobat PetPi bisa memandikannya di wastafel, bathtub, atau bak plastik yang bisa dilakukan di dalam rumah.

Sementara untuk anjing besar, akan cukup memadai apabila kamu memiliki halaman yang cukup luas. Namun sebelumnya kamu harus mempersiapkan segala perlengkapannya terlebih dulu.

Proses ini pun setidaknya membutuhkan dua orang atau lebih, di mana kamu bisa membagi tugas untuk memegang anjing, memberikannya shampo, hingga membilas dan mengeringkannya nanti.

2. Sikat Bulu Anjing Sebelum Mandi

Bulu anjing yang kusut akan rentan menahan air, sehingga akan menyebabkan kulitnya iritasi apabila tidak dibersihkan dengan baik.

Hal ini juga dalam kamu lakukan sembari mengecek apakah anjing terserang masalah kesehatan pada kulit mereka, misal anjing kutuan atau jamuran.

Sebelum memulai memandikan anjing, jangan lupa juga sumbat telinga mereka dengan kapas agar mencegah air masuk. Pasalnya telinga yang lembab bisa mendatangkan infeksi dan iritasi.

3. Gunakan Air Hangat

Kulit manusia lebih mudah beradaptasi dengan perubahan suhu. Berbeda dengan anjing, yang mana air yang terlalu panas ataupun dingin mungkin berisiko untuk kesehatannya.

Untuk memandikan anjing sebaiknya kamu menggunakan air hangat yang tidak lebih hangat daripada yang umum digunakan saat memandikan bayi.

Jika kamu menggunakan water heater, pastikan terlebih dulu dengan meneteskan air pada tangan. Sementara jika kamu mungkin merebusnya, tunggu air panas berangsur hangat, ya.

4. Ajak Bicara dengan Suara Tenang dan Meyakinkan

Berikan sentuhan personal adalah salah satu cara memandikan anjing yang cukup efektif. Di mana hal ini bisa kamu lakukan dengan mengajaknya berbicara dengan suara yang tenang.

Cobalah untuk meyakinkan anjing peliharaan Sobat PetPi kalau aktivitas mandi bukanlah suatu yang yang menyakiti dan menyiksa diri mereka.

Berikan pelukan lembut yang bisa kamu lakukan sembari memberikan shampo anjing dan membersihkan seluruh bagian tubuhnya.

Cara Memandikan Anjing Selanjutnya...

5. Gunakan Shampo Anjing

Shampo anjing berfungsi untuk menghilangkan bau tak sedap dari dari tubuh. Usapkan shampo ke tangan hingga berbusa dan usapkan ke seluruh bagian tubuh anjing.

Pada bagian yang kotor, beri pijatan halus yang dirasa cukup untuk dapat mengangkat kotoran yang menempel. Hindari mengusap shampo pada bagian sensitif, seperti mata, hidung, dan mulut.

Jangan pakai shampo orang dewasa, karena bisa membuat kulitnya kering dan mudah iritasi. Sebagai alternatif, kamu bisa memandikan anjing dengan shampo bayi yang formulasinya lebih lembut.

6. Bilas dan Keringkan Anjing

Bilas dengan air hangat yang sudah kamu persiapkan hingga semua sisa shampo hilang. Pasalnya, sedikit sisa shampo bisa menjadi penyebab iritasi kulit, lho.

Untuk cara mengeringkan anjing, kamu bisa terlebih dulu menggunakan handuk berbahan kain lembut untuk mengangkat semua sisa air yang menempel pada bulu.

Sobat PetPi juga bisa menggunakan bantuan hair dryer untuk mempercepat proses pengeringan bulu anjing. Gunakan tingkatan panas paling rendah yang tidak berbahaya bagi kulit anjing.

7. Berikan Hadiah

Cara memandikan anjing peliharaan yang terakhir adalah jangan lupa beri hadiah dan pujian yang membuatnya merasa senang dan tidak takut melakukan hal yang sama di masa mendatang.

Namun tak jarang anjing yang mungkin frustrasi, setelah mandi mereka akan menarik handuk atau berlari menjauh begitu saja.

Pada Umur Berapa Anjing Peliharaan Boleh Dimandikan?

Cara Memandikan Anjing Dengan Benar

Jika kamu memiliki anak anjing, sebaiknya memandikan mereka sedini mungkin untuk membiasakan hal ini agar menjadi tampak menyenangkan di mata mereka ke depannya.

Yang kemudian menjadi pertanyaan banyak kalangan, pada umur berapa anak anjing boleh dimandikan?

Melansir laman TheSprucePets.com, anak anjing seharusnya tidak mandi sebelum berusia 4 minggu. Hal ini dikarenakan mereka belum bisa mengatur suhu tubuh saat harus kontak langsung dengan air.

Beberapa kalangan lebih merekomendasikan memandikan anjing setelah berusia lebih dari 12 minggu.

Demikianlah ulasan mengenai cara memandikan anjing yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, dengan biaya yang murah dan mudah tentunya.

Selain metode yang sudah PetPi sebut di atas, apakah kamu juga memiliki cara tersendiri? Yuk, jangan ragu untuk tuliskan pendapatmu pada kolom komentar di bawah, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://dogtime.com/dog-health/general/129-bathing
  • https://www.cesarsway.com/how-to-bathe-your-dog/
  • https://www.thekennelclub.org.uk/getting-a-dog-or-puppy/general-advice-about-caring-for-your-new-puppy-or-dog/bathing-your-dog-or-puppy/
  • https://www.thesprucepets.com/how-to-bathe-a-puppy-2804775
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar