Hari ini: Kamis, 11 Agustus 2022
Sabtu, 23 Juli 2022, 19:00 WIB

Wajib Tahu! Ini 7 Jenis Anjing Bulu Keriting yang Menarik untuk Dipelihara

Wajib Tahu! Ini 7 Jenis Anjing Bulu Keriting yang Menarik untuk Dipelihara

anjing bulu keriting - pixabay

Apakah kamu pecinta anjing yang menginginkan jenis yang unik? Mungkin 7 jenis anjing bulu keriting ini bisa menambah koleksi hewan peliharaan kamu di rumah.

Sobat Pintar, anjing bulu keriting kerap menjadi spesies anjing paling favorit bagi pencintanya di seluruh belahan dunia. Hal tersebut disebabkan oleh bulunya yang keriting dianggap mempunyai tampilan yang lebih unik dibandingkan dengan yang berbulu lurus.

Selain itu, spesies anjing ini juga terkenal akan kemampuan berenang nya yang handal. Tetapi dengan karakter dan ukuran tubuh yang berbeda-beda, untuk merawatnya tentu saja perlu perhatian ekstra agar bulunya tetap berkilau dan sehat.

Lantas, apa saja jenis anjing yang berbulu keriting? Untuk itu, yuk mari simak ulasan PetPi tentang jenis anjing dengan bulu keriting berikut ini.

Berbagai Jenis Ras Anjing Bulu Keriting

Spesies Anjing Bulu Keriting
spesies anjing bulu keriting - pixabay

Anjing dengan bulu keriting tidak hanya terlihat lucu dan menggemaskan saja. Jenis anjing yang berbulu keriting ini biasanya banyak ditemukan di negara Portugal.

Tidak hanya itu saja, garis keturunan sang induk betina yang melahirkan anakan, besar kemungkinan juga akan menurunkan genetik bulu keritingnya, lho.

Nah, daripada kamu semakin penasaran, di bawah ini adalah beberapa jenis anjing berbulu keriting yang menarik untuk dipelihara.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Anjing Pudel (Poodle)

Poodle Bulu Keriting
poodle bulu keriting - pixabay

Mungkin hampir semua pecinta anjing yang ada di dunia ini akan mengatakan bahwa poodle merupakan jenis anjing bulu keriting yang paling populer.

Dikutip dari The Spruce Pets, anjing ini terkenal juga dengan kecerdasannya, penurut dan senang bermain, sehingga menjadikan sangat cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Disamping itu, poodle juga memiliki bulu keriting yang sangat lebat sehingga untuk memeliharanya akan membutuhkan perawatan ekstra agar penampilannya tetap rapi dan bulu-bulunya tidak kusut.

Berbicara tentang bentuk fisiknya, poodle mempunyai tubuh yang tingginya sekitar 42 cm dengan berat badan hanya 21 kg. Ia juga memiliki beberapa variasi warna bulu yaitu hitam, putih, coklat dan abu-abu.

2. Anjing Pumi

Pumi Bulu Keriting
pumi bulu keriting - AKC

Pumi adalah salah satu spesies anjing penggembala yang asalnya dari Hungaria. Pumi mempunyai rata-rata tinggi 47 cm dan berat badan hanya 15 kg saja.

Nah, apabila dibandingkan dengan beberapa jenis anjing bulu keriting lainnya, spesies pumi bisa dikatakan lebih unik karena ia memiliki kombinasi bulu yang bergelombang dan keriting.

Saat ia baru lahir, bulu anak anjing pumi akan tampak lurus dan bergelombang yang kemudian lama-lama akan berubah menjadi keriting seiring dengan pertambahan usianya.

Jika kamu memelihara anjing spesies ini, sebaiknya dalam satu minggu sekali kamu perlu memandikan dan menyisir bulunya. Hal ini dilakukan agar bulunya tetap mengkilap.

3. Anjing Bichon Frise

Anjing Mungil Bulu Keriting
anjing mungil bulu keriting - pixabay

Untuk Sobat Pintar yang ingin sekali memelihara anjing kecil putih berbulu keriting menggemaskan, kamu bisa menjadikan bichon frise ini pilihan yang tepat.

Bichon Frise memiliki bentuk fisik yang sangat kecil dengan tinggi hanya 22 cm dan berat 4,5 kg. Sangat kecil, bukan? Untuk bulunya sendiri, ia mempunyai bulu keriting yang lembut seperti kapas. 

Kamu juga tidak perlu khawatir untuk perawatan bulunya karena bulu dari ras Bichon Frise itu sangat pendek sehingga mudah dibersihkan. Hanya saja kamu harus berhati-hati saat mengajaknya keluar karena bulunya yang berwarna putih ini sangat cepat kotor.

4. Anjing Air Portugal (Portuguese Water Dog)

Anjing Berbulu Keriting Dari Portugal
anjing berbulu keriting dari portugal - pixabay

Anjing yang punya bulu keriting selanjutnya adalah anjing air Portugal. Jenis anjing ini memiliki silsilah yang unik dan harus kamu ketahui. Ia terkenal menjadi jenis anjing yang sangat pintar berenang.

Dikutip dari Rover, zaman dahulu anjing portuguese ini dibiakan untuk membantu dan menemani para nelayan dari negara Portugal yang ingin berlayar menggunakan perahu. Uniknya lagi, bulu dari anjing jenis ini tidak bisa basah ketika terkena air.

Untuk perawatannya, karena ia memiliki jenis bulu keriting yang sangat lebat maka ras anjing ini memerlukan perawatan yang rutin agar bulunya tetap bagus dan aman dari penyakit.

5. Anjing Irish Water Spaniel

Anjing Berbulu Keriting Dari Irlandia
anjing berbulu keriting dari Irlandia - AKC

Irish adalah jenis anjing bulu keriting dari Irlandia. Anjing ini memiliki tubuh yang paling tinggi dari seluruh spesies yang spaniel yang ada di belahan dunia. Jika dilihat dari penampilannya, irish mempunyai bulu keriting coklat dengan ekor yang kecil, mirip seperti ekor tikus.

Berbicara tentang karakternya, anjing ini terkenal dengan pergerakannya yang aktif sehingga direkomendasikan sekali untuk kamu yang senang berpetualang dan berpergian ke luar.

Tetapi, sayang sekali populasi dari anjing irish sekarang sudah sangat langka di alam liar. Sehingga sangat tidak mungkin kamu untuk memeliharanya dan jika memungkinkan pun pasti harganya sangat mahal.

6. Anjing Bologna (Bolognese)

Anjing Pintar Berbulu Keriting
anjing pintar berbulu keriting - AKC

Spesies anjing bolognese ini mempunyai berat badan hanya 10 pon sehingga ia masukan ke dalam golongan toy breed dan menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai anjing peliharaan keluarga.

Ras anjing pendamping dengan bulu keriting ini mempunyai watak tenang dan memiliki sikap yang manis kepada anak-anak serta memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi ketika melihat hal-hal baru.

Bukan hanya itu saja, ras Bolognese juga diberikan otak yang pintar sehingga sangat mudah menerima perintah dan latihan tertentu. Sifatnya yang sangat patuh menjadikan ia masuk ke golongan anjing yang kurang aktif.

7. Anjing Kerry Blue Terrier

Anjing Besar Berbulu Keriting
anjing besar berbulu keriting - AKC

Spesies ini digolongkan menjadi anjing pekerja berbulu keriting yang berasal dari Irlandia. Anjing ini sangat mudah kamu kenali sebab ia memiliki bulu keriting dengan warna keabu-abuan.

Ras terrier hijau sudah terkenal dengan kecerdikannya. Ia menjadi hewan yang sangat cerdas, memiliki banyak akan dan dapat membantu untuk menggembalakan ternak. 

Kelebihan lain yang dimilikinya yaitu ia sangat setia dan selalu ingin melindungi pemiliknya. Tidak heran lagi bila karakternya ini dapat menjadikannya sebagai hewan agresif jika melihat orang lain atau hewan lain yang dianggap membahayakan.

Sobat Pintar, demikianlah ulasan mengenai jenis anjing bulu keriting, jika kamu tertarik untuk memilikinya, jangan lupa untuk merawat bulunya dengan benar agar tetap bagus ya!  

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hewandankita.blogspot.com/2020/06/16-ras-anjing-bulu-keriting-dan-ikal.html
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/budi-28/anjing-keriting-c1c2/5
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom.) Binus University 2013 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, ikan dan juga hewan peliharaan lainnya.

Ingin bekerja sama dengan PintarPet? Hubungi saya disini.

Komentar