Hari ini: Senin, 15 April 2024
Senin, 17 Oktober 2022, 17:30 WIB

Sebelum Menyesal, Kenali 8 Ciri-ciri Anjing Mau Mati Berikut

Sebelum Menyesal, Kenali 8 Ciri-ciri Anjing Mau Mati Berikut

ciri-ciri anjing yang mau mati - Country Living Magazine

Apakah anjing tua kamu senang menyendiri akhir-akhir ini? Hati-hati, itu adalah tanda anjing yang akan mati. Sebelum terlambat, kenali ciri-cirinya disini.

Sobat Pintar, apakah kamu sedang memelihara anjing yang sudah memasuki umur tua? maka kamu sudah harus bersiap ketika ditinggalkan mereka apalagi jika mereka sudah mencapai umur 7-15 tahun atau bahkan lebih.

Seperti yang kamu tahu jika anjing itu adalah hewan yang sangat setia dan menyenangkan. Tentu saja, sebagai orang yang merawatnya pasti akan was–was ketika anjing menunjukan beberapa perubahan fisik.

Nah agar kamu lebih tegar ketika waktunya tiba, PetPi akan memberikan penjelasan akan ciri–ciri anjing mau mati yang mungkin perlu kamu ketahui di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa Saja Ciri Ciri Anjing Mau Mati?

Anjing Yang Mau Mati Terlihat Lemas
anjing yang mau mati terlihat lemas - rover

Banyak yang belum sadar bahwa anjing yang akan meninggalkan kita selama–lamanya itu ternyata sudah memberikan beberapa tanda-tanda yang khas, lho.

Nah dengan mengenalinya, maka kamu dapat mempersiapkan diri dan juga dapat memberikan terbaik agar anjing bisa bahagia hingga akhir hayatnya.

Sebelum menyesal ketika anjing mati mendadak dan tidak bisa mengucapkan selamat tinggal, maka ketahui segera ciri-ciri anjing mau mati berikut ini, seperti:

1. Kesulitan Bernafas

Ciri pertama yang harus kamu perhatikan adalah dari pernapasannya. Ketika anjing akan mati, ia akan menarik napas panjang dan menghembuskan sangat pendek.

Umumnya dalam satu menit, ia akan menarik napas sebanyak 22 kali. Kemudian secara perlahan akan berkurang, hingga 10 kali tarikan selama 1 menit.

Kemudian, ketika anjing yang kesulitan bernafas sudah sekarat, maka ia akan menarik napas panjang dan bagian dadanya akan membesar seperti balon dan kamu akan melihat bagian paru–parunya akan mengecil.

Jika kamu sudah melihat kondisi ini, biasanya anjing sudah dinyatakan meninggal dan detak serta nafasnya pun sudah berhenti.

2. Menyendiri dan Mencari Tempat Gelap

Kebanyakan ciri anjing yang akan mati adalah sering mencari tempat yang gelap. Hal ini sendiri masih menjadi misteri kenapa mereka mencari tempat gelap.

Tapi, dapat dipastikan anjing akan menyendiri karena tidak ingin ketahuan sang pemilik karena akan meninggalkan selama–lamanya.

3. Mengalami Gangguan Pencernaan

Ketika anjing sudah mau mati, maka ciri selanjutnya adalah ia akan kehilangan nafsu makan akibat pencernaannya terganggu. Bahkan, mereka akan secara perlahan tidak akan mau minum juga, lho.

Dimana ini akan memperlambat fungsi hati dan ginjal hingga akhirnya kedua organ tersebut tidak bekerja sama sekali dan organ pencernaannya pun juga akan ikut berhenti.

Sebelum seluruh organ penting berhenti, kamu akan menemukan kondisi dimana hidung dan mulutnya akan kering karena dehidrasi. Karena kehilangan nafsu makan, maka biasanya anjing juga akan muntah.

Tapi, muntah yang dikeluarkan bukan dalam bentuk makanan melainkan hanya berupa cairan berwarna kuning atau hijau. Hal ini terjadi karena perutnya kosong dan empedunya sudah tidak dapat berfungsi dengan baik.

4. Kesulitan Bergerak dan Tidak Responsif

Kamu juga harus memperhatikan gerakan dari anjing kesayangan. Kerja otot dari anjing yang mau mati akan melemah. Dimana bisa menyebabkan kejang karena anjing kekurangan glukosa.

Kemudian, anjing pun akan terlihat kurang merespon, saat dipanggil pun juga akan lama untuk menyadarinya. Anjing yang akan mati juga biasanya sudah tidak bisa merasakan sakit.

Anjing yang sudah mau mati juga akan terlihat suka berjalan, bahkan akan sulit sekali berdiri. Ketika berjalan maka ia akan terlihat sempoyongan dan lemah.

Sedihnya lagi, ada juga kemungkinan bahwa anjing akan kehilangan kesadaran sebelum akhirnya meninggalkan kamu selamanya.

Jika memang anjing sudah lama sakit, maka semakin lama akan terlihat kurus dan juga tidak ingin bergerak.

5. Tidak Bisa Mengontrol Buang Air

Anjing Tua Yang Sudah Mau Mati
anjing tua yang sudah mau mati - today

Ciri lainnya dari anjing yang akan mati adalah dengan melihat dari kebiasaannya saat buang air. Hal ini karena kontrol akan kandung kemih dan usus juga tidak ada.

Menjelang masa akhir hidupnya, anjing akan buang air kecil atau besar tanpa bisa mengontrolnya.

Hal ini akan terjadi meski anjing kesayangan sudah dilatih buang air. Terkadang pada saat tidur, anjing pun akan mengompol.

Selain buang air kecil yang sudah tidak dapat dikontrol, volume yang dikeluarkan pun juga sudah jauh berkurang.

6. Diare dan Kotoran Berbau Busuk

Tidak hanya itu saja, ada tanda lainnya dari anjing yang akan mati yaitu mereka juga akan mengeluarkan kotoran dalam kondisi yang tidak baik.

Contohnya, ada beberapa kasus anjing yang mau mati akan terkena diare dan baunya busuk dengan disertai kemungkinan kamu  juga akan mencium bau darah atau bahkan ada darahnya.

Kemudian, ketika anjing sudah meninggal, maka kotoran dan air seni akan keluar untuk terakhir kalinya. Hal ini disebabkan karena seluruh kontrol terhadap tubuh telah tiada.

7. Kulit Anjing Kering Akibat Dehidrasi

Kulit anjing yang akan meninggal juga mengalami perubahan drastis, salah satunya adalah terlihat kering. Apabila kamu cubit, maka kulit tidak akan kembali ke kondisi awal.

Tanda anjing mau mati ini terjadi karena ia mengalami dehidrasi. Gusi dan bibir pun akan terlihat pucat, terkesan memutih. Apabila kamu tekan, warna tidak akan kembali ke warna yang seharusnya yaitu merah muda.

8. Tidak Banyak Bergerak dan Tidur Terus

Tanda lain jika anjing anjing sudah mau mati adalah dari aktivitasnya yang juga sangat berubah. Dimana anjing yang akan mati biasanya akan lemas, lebih banyak tidur, dan jadi malas bergerak. Bahkan mereka tidak akan bergerak.

Hal ini sendiri karena tubuh dari anjing sudah tidak mau berkompromi lagi. Karena anjing sudah tidak ada energi lagi yang disebabkan tidak bisa makan serta minum. Sehingga mereka memilih tidur.

Dengan ciri yang sudah disebutkan, kamu jadi bisa tahu bahwa anjing memberikan tanda ketika akan mati. Meski kamu tidak menyadarinya, tapi hal ini sudah pasti akan terjadi. Apalagi jika kamu memelihara anjing yang sudah tua.

Karena kondisi ini sudah tidak dapat dihindari lagi. Anjing mati memang bisa memberikan kesedihan sendiri bagi kamu. Tapi, setidaknya dengan mengetahui cirinya, kamu akan mempersiapkan diri.

Sobat pintar, demikianlah ulasan mengenai ciri-ciri anjing mau mati. Semoga dengan adanya informasi ini, dapat membantu kamu untuk menemani anjing kesayangan hingga akhir.

Dengan menemani anjing hingga akhir hidupnya, maka akan mengurangi rasa sedih dan penyesalan serta kamu juga bisa mengucapkan selamat tinggal dengan baik untuk terakhir kalinya.

Pada akhirnya, setidaknya anjing kesayangan kamu akan merasa lebih tenang karena pemiliknya telah memberikan yang terbaik selama hidupnya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://dokterhewan.co.id/detailpost/mengenali-ciri-ciri-anjing-yang-akan-mati
  • https://id.wikihow.com/Mengenali-Ciri%E2%80%90Ciri-Anjing-yang-Akan-Mati
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar