Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Minggu, 27 Juni 2021, 16:00 WIB

6 Cara Melatih Anjing Buang Air di Kamar Mandi Agar Lebih Disiplin

6 Cara Melatih Anjing Buang Air di Kamar Mandi Agar Lebih Disiplin

Cara Melatih Anjing Buang Air di Kamar Mandi - top dog tips

Cara melatih anjing buang air di kamar mandi memang butuh waktu dan harus dilakukan secara konsisten. Berikut tips untuk melatihnya dengan benar

Sobat pintar, memiliki anjing baru memang perlu banyak pekerjaan yang harus kamu lakukan, mulai dari mempersiapkan kandang, membeli makanan, dan tidak penting juga mengajarkan untuk BAK atau BAB di pada tempatnya.

Nah, disini Petpi akan membahas bagaimana cara melatih anjing buang air di kamar mandi, hal itu memang gampang - gampang susah, karena harus konsisten dalam melakukannya. 

Mungkin untuk beberapa kali anjing peliharaan kamu tersebut masih sering BAK atau BAB di rumah sembarangan. Hal ini sangat wajar, karena anjing harus adaptasi lingkungan barunya.

Pada kesempatan kali ini, Petpi akan memberikan beberapa panduan untuk membuat kamu bisa melatih anjing peliharaan kamu tersebut cepat untuk BAK atau BAB di kamar mandi. 

Panduan Melatih Anjing Buang Air di Kamar Mandi

Cara Melatih Anjing Buang Air Di Kamar Mandi
Cara Melatih Anjing Buang Air di Kamar Mandi - purrfect n pawsome
Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Bawa Keluar Secara Teratur

Tindakan pertama kali yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin untuk mengajak Anjing kamu tersebut keluar ke kamar mandi secara konsisten.

Prosesnya harus dilakukan setiap jam dan tunggu beberapa menit untuk melihat apakah melakukan buang air atau tidak. Hal ini penting untuk diperhatikan, sekaligus mengajarkan untuk tidak BAB/BAK sembarangan. 

Tahap ini memang butuh proses yang tidak sebentar, karena beberapa anjing ada yang beradaptasi dengan cepat dan tidak, sehingga kamu sendiri harus sabar melakukannya.

Terkadang butuh waktu seminggu atau bahkan berbulan-bulan. Tergantung juga dari seberapa sering kamu mengajaknya untuk sebatas melatihnya pergi untuk buang air ke toilet. 

Tidak lupa apabila peliharaan kamu tersebut berhasil melakukannya untuk memujinya, karena sudah melakukan buang air pada tempat yang benar. 

2. Melihat Tanda-Tandanya

Ada beberapa tanda yang membuat kamu harus sigap dan langsung mengajaknya ke kamar mandi untuk kebutuhan BAB atau BAK tersebut.

Biasanya Anjing kamu sering berputar dan mondar mandir, melakukan endusan ke tanah, pergi ke tempat yang sering mereka pergunakan, merengek atau menggonggong, dan berjongkok. 

Setiap tanda-tanda tersebut harus kamu pahami secara menyeluruh agar bisa mengajak hewan kesayangan kamu itu tidak buang air sembarangan.

Dengan mengenali beberapa reaksi yang ditimbulkan itu membuat kamu bisa langsung mengajaknya ke kamar mandi. Hal ini sangat penting untuk dipahami secara menyeluruh. 

Biasanya reaksi ini muncul ketika Anjing terbangun dari tidur siang, sehabis makan, dan setelah ditinggalkan dalam waktu lama misalnya pagi hari. Nah beberapa waktu itu harus kamu lihat dan mengerti agar anjing kamu tidak buang air sembarangan. 

3. Tempat dan Jalan yang Sama

Untuk melatih agar Anjing agar cepat BAB atau BAK ke kamar mandi, cara yang bisa dilakukan dengan memperhatikan tempat dan jalan untuk mengajaknya keluar tersebut.

Hal ini untuk memberikan daya ingat kepada si Anjing untuk mengetahui tempat buang airnya. Tindakan ini sangat membantu kamu dan peliharaan kamu tersebut untuk buang air. 

Usahakan mencari jalan yang pintunya terlihat oleh kamu, sehingga jika mereka lewat kamu dapat mengecek dan mengatasinya secara menyeluruh.

Tindakan ini sangat penting sekali untuk dilihat dan diperhatikan, sehingga membuat kamu bisa membantu anjing peliharaan tidak buang air sembarangan dan harus konsisten melakukannya. 

Itulah cara melatih anjing buang air di kamar mandi yang bisa kamu terus lakukan agar mendapatkan hasil maksimal. 

4. Selalu Temani

Tidak lupa untuk menemani dan melakukan hal ini ke kamar mandi bersama dengan kamu, karena dengan demikian membuat Anjing bisa lebih santai atau tenang.

Karena ada beberapa anjing yang terlalu bersemangat dan juga terlalu takut melihat tempat barunya. Sehingga jika kamu temani, membuat mereka lebih santai untuk melakukannya.

Sementara kamu bisa melakukannya dengan membiarkan anjing kamu untuk melihat beberapa tempat barunya. Sebab bagi anjing dunia baru itu penuh dengan pemandangan yang luas, mendengar suara baru, dan bau yang berbeda-beda.

Adanya kehadiran kamu tersebut akan membantu mendorongnya untuk bisa melakukannya secara lebih mudah. 

Mungkin untuk beberapa saat kamu harus melakukannya secara sabar, konsisten, dan tidak mudah emosi. Pada bagian ini peliharaan kamu tersebut harus butuh waktu yang tidak sebentar menghadapi panggilan alamnya itu.

Dengan demikian kamu terus melakukan pengawasan dan bisa mencermatinya secara keseluruhan. 

5. Tidak Lupa Ajak Bermain

Jika kamu sering melakukan aktivitas ini ke kamar mandi, setelah melakukannya untuk tidak melupakan mengajak peliharaan kamu tersebut bermain. Lakukan beberapa kegiatan seperti berjalan-jalan keluar dan bermain dalam durasi waktu yang relatif lama.

Hal ini untuk mencegah anjing kamu beranggapan kalau sering mengajak ke kamar mandi itu akan mengurangi waktu bermainnya. 

Memang kamu harus bisa membagi waktunya dan luangkan waktu untuk melatihnya tersebut, sehingga membuat kamu bisa memperhatikannya. Tindakan ini juga bagian untuk mendekatkan kamu bersama anjing peliharaan kesayangan kamu tersebut.

Selebihnya juga untuk mengajak Anjing kamu itu mengenali dunia barunya dan bertahap melakukannya. 

6. Mengurangi Waktu Bertahap

Apabila kamu sudah rutin melakukannya secara bertahap, maka penting untuk memperhatikannya menyeluruh. Karena jika BAB atau BAK tidak dilakukan oleh peliharaan kamu tersebut, maka bawa kembali ke tempat ia berada.

Mengurangi durasi atau waktunya ini akan sangat penting untuk dilakukan, karena harus memperhatikan kualitas bukan kuantitas. 

Tindakan ini memang butuh waktu, setelah rutin untuk melakukannya kamu harus bisa melihatnya secara keseluruhan.

Karena apabila kamu tidak menguranginya akan berdampak dan ketergantungan, sehingga harus benar-benar menguranginya dengan jelas. Jangan sampai kamu membiarkannya dan berdampak kedepannya. 

Sobat pintar, itulah beberapa cara melatih anjing buang air di kamar mandi yang bisa kamu lakukan dan perhatikan keseluruhan. Hal ini butuh proses yang tidak sebentar dan harus memperhatikannya. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.wikihow.com/Memberikan-Latihan-Toilet-Bagi-Anak-Anjing
  • https://www.halodoc.com/artikel/bagaimana-cara-mengajarkan-toilet-training-pada-anjing
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar