Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Senin, 05 Juli 2021, 20:30 WIB

Kaya Manfaat! Ini Jenis Buah-Buahan yang Boleh Dimakan Anjing untuk Camilannya

Kaya Manfaat! Ini Jenis Buah-Buahan yang Boleh Dimakan Anjing untuk Camilannya

buah yang boleh dimakan anjing - the spruce pets

Selain makanan anjing pada umumnya, kamu bisa berikan jenis buah yang boleh dimakan anjing sebagai camilan dan kaya manfaat, misal vitamin. Apa sajakah itu?

Apakah Sobat PetPi tahu kalau ternyata ada berbagai buah yang boleh dimakan oleh anjing peliharaan?

Sebagaimana dilansir melalui laman PetMD, anjing merupakan hewan omnivora yang artinya mereka memperoleh nutrisi dari kombinasi makanan hewani dan nabati, lho.

Selain memberikan makanan anjing (dog food) berkualitas, kamu sebagai pemilik anjing juga bisa memberikan buah-buahan sebagai camilan yang kaya nutrisi dan manfaat.

Namun di samping itu, nyatanya juga terdapat beberapa buah yang tidak boleh untuk anjing karena bersifat racun dan membahayakan untuk mereka.

Informasi Lengkap Jenis Buah yang Boleh Dimakan Anjing Beserta Manfaatnya

Jenis Buah Yang Boleh Dimakan Anjing
Daftar buah yang boleh dimakan anjing - dog is world

Sebagaimana kamu ketahui, buah-buahan menjadi sumber alami bagi sebagian besar vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Hal yang sama juga berlaku pada anjing peliharaan.

Lalu bagaimanakah dengan pola konsumsinya? Pemberian buah-buahan yang boleh dimakan anjing menurut PetMD sebaiknya adalah 10% dari total kebutuhan mereka.

Ini berarti, buah-buahan hanya bersifat sebagai camilan di mana kamu bisa berikan sebagai selingan makanan anjing atau camilan, dan hanya diberikan dalam jumlah terbatas serta waktu tertentu.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah jenis buah-buahan yang aman dan boleh diberikan untuk anjing peliharaan.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Semangka

Jenis buah yang mengandung 92% kandungan air ini cocok diberikan pada anjing, terutama saat cuaca panas di musim kemarau agar tubuh mereka tetap terhidrasi dengan baik.

Semangka juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan potasium.

Sebelum memberikannya pada anjing, sebaiknya buah terlebih dulu biji pada semangka. Hal ini untuk menghindari risiko anjing tersedak dan terjadi penyumbatan pada ususnya.

2. Melon

Sama halnya seperti semangka, buah melon juga memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Terlebih pada jenis melon kuning terdapat kandungan vitamin A dan beta karoten.

Vitamin A berfungsi dalam merawat indera penglihatan anjing, sementara beta karoten memiliki peranan penting untuk menurunkan risiko kanker dan kerusakan sel tubuh.

Buah yang bermanfaat untuk anjing ini juga mengandung nutrisi lain, seperti vitamin B6, vitamin C, serat, folat, niasin, dan potasium.

3. Apel

Apel tergolong cukup mudah untuk ditemukan, kan? Buah yang rasanya enak ini kaya akan antioksidan dan kandungan vitamin C yang bermanfaat bagi asupan makanan anjing.

Buang biji dan bagian tengah apel terlebih dulu karena mengandung senyawa sianida yang berbahaya bagi anjing. Kupas juga kulitnya untuk mengurangi risiko tersedak saat memberikan apel untuk anjing.

4. Pir

Memiliki bentuk hampir serupa, pir juga bisa dijadikan camilan yang enak serta mengandung banyak nutrisi, seperti mineral tembaga, vitamin C, vitamin K, dan serat.

Bahkan memakan buah pir diklaim dapat mengurangi risiko kanker hingga 50%, lho. Sama halnya dengan apel, buang terlebih dulu biji dan bagian tengah pir karena mengandung senyawa sianida.

5. Stroberi

Cita rasanya yang masam menjadi salah satu tanda bahwa stroberi kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya. Buah yang boleh dimakan anjing ini pula tinggi kandungan serat.

Maka dari itu, manfaat stroberi bagi anjing bisa membantu melancarkan sistem pencernaannya karena mengandung kandungan serat yang tinggi.

Manfaat stroberi lainnya adalah mengandung enzim khusus yang dapat menjaga dan memutihkan gigi anjing saat mereka memakannya.

6. Pisang

Dalam jumlah yang mencukupi, pisang bisa jadi camilan rendah kalori yang dibutuhkan oleh anjing. Buah ini pula tinggi akan kandungan potasium, vitamin B6, vitamin C, biotin, tembaga, dan serat.

Berikan pisang dalam jumlah aman pada anjing dikarenakan buah ini tinggi akan kandungan gula. Buang kulit pisang dan potong kecil untuk memudahkan anjing dalam memakannya.

7. Beri

Berbagai jenis buah beri, seperti raspberry, cranberry, dan blackberry bisa diberikan sebagai camilan anjing dalam jumlah terbatas.

Buah beri memiliki kandungan antioksidan dan fitokimia tinggi yang dibarengi dengan kandungan gula dan kalori yang cukup rendah.

Jangan berikan buah beri liar, karena berpotensi berbahaya dan beracun bagi anjing peliharaan.

8. Mangga

Mangga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin hingga mineral. Buah dengan cita rasa manis dan sedikit asam ini kaya akan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E.

Buah yang boleh untuk anjing ini pula memiliki kandungan potasium, beta karoten, dan alfa karoten. Buang kulit mangga untuk mencegah anjing tersedak saat memakannya.

9. Jeruk

Menurut dokter hewan, jeruk juga bisa dikonsumsi oleh anjing walaupun aroma citrus yang cukup kuat mungkin membuat mereka enggan untuk mendekat.

Jeruk menjadi sumber alami untuk vitamin C, potasium, dan serat. Kupas dan buang kulit jeruk dan sebaiknya buang terlebih dulu bijinya.

10. Kurma

Apakah anjing boleh makan kurma? Kurma tergolong buah yang mengandung banyak kandungan nutrisi, terutama serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, potasium, dan kalsium.

Dikarenakan kandungan gula yang cukup tinggi pada kurma, sebaiknya buah ini diberikan sesekali saja pada anjing untuk mencegah risiko dan masalah kesehatan lainnya.

Hindari Jenis Buah yang Tidak Boleh Dimakan Anjing Berikut Ini

Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Anjing
Hindari buah-buah ini untuk makanan anjing - dog nutrition

Di samping daftar buah yang aman dan bermanfaat seperti di atas, ada pula beberapa golongan buah yang tidak boleh dimakan anjing cara cenderung berbahaya bagi mereka.

Buah-buahan ini bukan hanya bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan, namun juga bisa berakibat pada berbagai masalah kesehatan apabila diberikan dalam jangka waktu lama.

Adapun beberapa jenis buah yang dilarang untuk anjing peliharaan dan sebaiknya kamu hindari, di antaranya:

  • Alpukat; tergolong jenis buah tinggi lemak serta beberapa bagian mengandung senyawa persin yang beracun dan dapat menyebabkan muntah dan diare pada anjing.
  • Tomat; bagian hijau buah ini mengandung senyawa solanin yang beracun bagi anjing dan dapat menyebabkan masalah perut dan sistem pencernaan.
  • Anggur dan kismis; buah dan olahannya ini sama sekali tidak boleh dikonsumsi oleh anjing karena sangat beracun dan dapat menyebabkan gagal ginjal akut.
  • Ceri; bagian sekitar bijinya mengandung senyawa sianida yang dapat menghambat transportasi oksigen dalam darah. Gejala keracunan sianida ditandai dengan pupil mata membesar, kesulitan bernapas, dan gusi memerah.

Tips Menambahkan Buah-Buahan Sebagai Camilan Anjing Peliharaan

Sekarang kamu sudah paham mengenai jenis buah-buahan yang aman dan berbahaya bagi anjing, kan?

Karena hanya berfungsi sebagai camilan saja, kamu mungkin tidak bisa setiap hari memberikan buah pada anjing peliharaan. Sekali atau dua kali seminggu bisa jadi waktu yang tepat.

Selain itu, PetPi juga hendak memberi tahu beberapa tips dalam menambahkan buah-buahan sebagai camilan anjing peliharaan sebagai berikut.

  • Cuci bersih buah-buahan yang hendak diberikan pada anjing untuk membersihkan sisa pestisida dan kotoran lainnya yang masih menempel.
  • Berikan hanya buah segar dan hindari buah kalengan yang memiliki tinggi kandungan gula dan bahan yang tidak cocok untuk pencernaan anjing.
  • Potong kecil dan buang terlebih dulu bagian buah-buahan, seperti kulit dan biji yang berbahaya sekaligus mengurangi risiko tersedak.
  • Buah bisa diberikan dalam banyak variasi, seperti diberikan langsung, dalam keadaan dingin, dibuat jus, atau dicampur dalam makanan anjing.
  • Berikan buah-buahan baru pada anjing dalam porsi sedikit untuk memperhatikan efek samping, seperti muntah, diare, dan gangguan pencernaan terlebih dulu.
  • Jika tidak menunjukkan gejala gangguan pencernaan, boleh meningkatkan porsi buah-buahan yang diberikan pada anjing.
  • Jika menemukan gejala gangguan pencernaan, hentikan pemberian buah dan hubungi dokter hewan apabila diperlukan.

Demikianlah pembahasan mengenai kumpulan jenis buah yang boleh dimakan anjing, beberapa buah yang dilarang, dan juga tips dalam memberikannya.

Selain dari buah-buahan, ada pula jenis sayuran yang boleh dimakan anjing seperti labu kuning, ubi jalar, bayam, hingga buncis yang bisa kamu berikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Kamis, 29 Oktober 2020, 16:00 WIB
Update pada: Senin, 05 Juli 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.akc.org/expert-advice/nutrition/fruits-vegetables-dogs-can-and-cant-eat/
  • https://www.petmd.com/dog/nutrition/evr_multi_healthy_snacks
  • https://www.petmd.com/dog/slideshows/nutrition/10-best-fruits-and-vegetables-dogs
  • https://www.thesprucepets.com/what-fruits-can-dogs-eat-4685023

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar