Hari ini: Selasa, 19 Oktober 2021
Senin, 19 Juli 2021, 16:00 WIB

Ini Dia 6 Jenis dan Merk Makanan Anjing Kampung yang Disukai

Ini Dia 6 Jenis dan Merk Makanan Anjing Kampung yang Disukai

makanan anjing kampung - beritagar

Memelihara anjing kampung pastinya juga harus memberikan makanan yang bergizi. Berikut ini adalah daftar makanan anjing kampung yang disukainya

Sobat pintar, pastinya kamu sudah tahu bahwa anjing yang dapat dipelihara banyak sekali jenisnya. Secara garis besar, anjing dibagi menjadi dua kategori anjing ras dan anjing mongrel.

Jenis anjing mongrel biasanya dikenal dengan anjing kampung dan banyak dipelihara oleh manusia.

Tentu saja banyak yang bertanya apakah makanan anjing kampung sama dengan anjing ras lainnya? Apakah ada makanan khusus untuk anjing kampung? Mari Petpi jelaskan satu persatu. 

Jenis Makanan Anjing Kampung

Makanan Anjing Kampung
makanan anjing kampung - alcornpets

Pada dasarnya makanan untuk anjing kampung dengan yang ras tidaklah berbeda jauh. Karena pada dasarnya mereka satu jenis dan membutuhkan nutrisi yang tidak terlalu berbeda.

Walaupun, mungkin ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari dan harus diberikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing anjing. 

Lalu apa saja makanan anjing kampung yang bisa diberikan? Berikut ini adalah jenisnya: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Daging

Jenis makanan dari daging-dagingan seperti daging sapi atau ayam pun bisa kamu berikan. Pemberiannya pun juga bisa dalam keadaan matang ataupun mentah.

Tapi, jika ingin memberikan mentah ada baiknya daging yang jelas masih segar dan berkualitas. Sehingga anjing tetap dalam keadaan sehat.

Kamu juga perlu memperhatikan porsi yang diberikan, di mana ada baiknya tidak terlalu berlebihan dan sesuaikan dengan ukuran tubuh si anjing.

Kamu juga bisa memberikan daging sapi atau ayam secara bergantian agar anjing kampung kesayangan dan tidak bosan dan tetap lahap ketika makan. 

2. Nasi

Kelebihan dari anjing kampung ketika dipelihara adalah tidak begitu pemilih dalam urusan makanan. Di mana nasi memang menjadi salah satu jenis makanan anjing murah yang bisa dipilih.

Tapi kebanyakan owner anjing kampung memberikan nasi dengan makanan tambahan seperti daging ataupun jeroan seperti hati ayam, jantung dan lain sebagainya yang sudah direbus.

Kamu juga harus sesuaikan porsinya dengan kebutuhan anjing agar tidak terjadi obesitas. 

3. Umbi-umbian

Pemberian umbi-umbian seperti singkong atau ubi juga bisa diberikan kepada anjing kampung kesayangan.

Tapi pemberiannya sendiri untuk snack atau camilan saja, sehingga tidak dapat diberikan terlalu banyak. Tentu saja penyajian lebih baik direbus karena lebih lunak dan mudah untuk dicerna anjing kampung. 

4. Tahu

Mungkin salah satu makanan anjing kampung alternatif yang satu ini jarang sekali diberikan, tapi kebanyakan anjing kampung suka dengan tahu.

Sama seperti umbi-umbian, kebanyakan tahu juga dijadikan camilan saja untuk anjing kampung. Banyak yang percaya bahwa memberikan tahu kepada anjing dapat membuat bulu mereka tidak rontok karena adanya kandungan vitamin E.

Walaupun hingga sekarang belum ada penelitian lebih lanjut, tapi tahu aman sekali untuk diberikan kepada anjing. 

5. Wortel

Wortel juga bisa diberikan kepada anjing kampung sebagai makanan tambahan. dalam wortel terdapat vitamin yang bagus untuk kesehatan mata.

Cara memberikannya pun mudah dapat dipotong-potong kecil terlebih dahulu atau langsung diberikan tanpa direbus.

Tapi, sobat jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu. Banyak owner yang percaya pemberian wortel ini dapat memperhalus bulu dan membuatnya mengkilap. 

6. Makanan Anjing Kemasan

Nah, mungkin untuk makanan yang satu ini paling umum diberikan untuk jenis apapun, bahkan anjing kampung juga sangat disarankan menggunakan pakan jenis ini.

Makanan anjing kemasan baik basah maupun kering dapat kamu temukan di petshop terdekat dengan berbagai merk. Tentu saja, kamu bisa memilih sesuai dengan kesukaan si anjing dan ramah kantong. 

Merk Dog Food Terbaik untuk Anjing Kampung

Dog Food Untuk Anjing Kampung
Dog Food Untuk Anjing Kampung - PetPintar

Walaupun banyak yang beranggapan anjing kampung tidaklah sekeren anjing ras, pada kenyataannya tidak begitu. Anjing kampung pun sama pintarnya dengan anjing ras, selama sebagai owner kamu bisa memberikan pelatihan yang baik dan benar.

Jika kamu memang ingin memberikan pakan dalam bentuk dog food kering atau basah, di bawah ini ada beberapa jenis merk makanan anjing kampung kemasan yang bisa dipilih, yaitu: 

1. Royal Canin 

Top brand dog food yang satu ini sering kali dipilih oleh pemilik anjing, baik itu anjing ras ataupun kampung. Kamu dapat memilih Royal Canin yang memiliki kandungan sesuai dengan kebutuhan si anjing.

Dalam merk yang satu ini, ada sekiranya 50 nutrisi yang dibutuhkan oleh anjing. Pastikan bahwa kamu memilih jenis yang tepat, karena Royal Canin memiliki beberapa varian. Harganya sendiri terbilang mahal, karena 1,5 kg Royal Canin rata-rata sekitar Rp 180 ribuan. 

2. Proplan 

Brand yang satu ini sering menjadi pilihan bagi owner anjing kampung atau ras. Karena kandungan nutrisi yang ada pada dog food Proplan mampu menjaga bulu anjing agar tidak rontok.

Bahkan juga bisa menjadi opsi makanan anjing kampung agar cepat gemuk. Untuk harganya lebih murah dari Royal Canin, yaitu sekitar Rp 50 ribuan per kilogramnya. 

3. Science Diet 

Untuk jenis dogfood yang satu ini sering digunakan untuk membantu anjing mendapatkan tubuh sehat dan proporsional. Science Diet sendiri memang sangat disarankan bagi anjing yang memang mengalami berat badan berlebih.

Tidak hanya itu saja, kandungan yang ada pada dogfood ini terbilang lebih sehat dibandingkan dengan brand lainnya. Harganya sekitar Rp 140 ribuan per kilogram. 

4. Classic 

Bagi kamu yang ingin memberikan pakan murah tapi tetap berkualitas, dapat memilih Classic. Pakan yang satu ini cukup disenangi oleh pecinta anjing.

Ukurannya yang kecil dan memiliki beberapa varian menjadi alasan yang membuat mereka memberikan kepada anjing kesayangan. Harga dari 1 kg dog food Classic hanyalah sekitar Rp 30 ribuan rupiah saja. 

5. Bolt 

Merk yang satu ini mungkin terbilang baru dan cocok bagi kamu yang ingin memberikan pakan kering dengan harga yang miring.

Walaupun terbilang murah, kualitas dari pakan ini tidak kalah baik dari yang brand top lainnya karena memang mengandung nutrisi yang cukup untuk anjing kampung kesayangan. 1 kilogram dogfood Bolt rata-rata dijual sekitar Rp 20 ribuan saja. 

Nah, Sobat pintar itulah beberapa makanan anjing kampung terbaik yang mungkin bisa dipilih. Walaupun anjing kampung tidak sepopuler anjing ras, tapi mereka tetap makhluk hidup yang harus disayangi.

Apalagi mereka juga memiliki sifat yang ramah serta setia kepada pemiliknya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hewany.com/makanan-anjing/
  • https://www.cekaja.com/info/makanan-anjing-terbaik-dan-harga

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar