Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Sabtu, 21 Agustus 2021, 12:00 WIB

Apakah Anjing Bisa Haid? Yuk Cari Tahu Jawabannya Disini!

Apakah Anjing Bisa Haid? Yuk Cari Tahu Jawabannya Disini!

apakah anjing bisa haid - k9 of mine

Apakah anjing bisa haid dan bagaimana tanda-tanda yang ditunjukkan? Sebelum memeliharanya, kamu perlu mengetahuinya. Berikut informasinya selengkapnya

Sobat Pintar, pernahkah kamu bertanya apakah anjing bisa haid? Jawabannya adalah iya, pastinya anjing betina ya. Mereka akan mengalami haid atau menstruasi ketika beranjak dewasa dan sudah siap untuk beranak.

Hal ini lebih dikenal dengan sebutan loop atau siklus estrus. Anjing betina akan melalui beberapa fase saat berada dalam masa haid, salah satunya adalah estrus.

Dalam fase tersebut, biasanya terjadi peningkatan dan penurunan terhadap hormon estrogen secara signifikan. Kemudian, ovarium akan melepas sel telur yang matang.

Lalu, berapa lama anjing betina mengalami menstruasi? Bagaimana ini bisa terjadi dan apa yang harus kamu lakukan ketika siklus tersebut datang? Simak pembahasan berikut ini.

Tahapan Masa Haid Pada Anjing Betina

Tahapan Masa Haid Pada Anjing
tahapan masa haid pada anjing - found animals

Saat memutuskan merawat anjing, itu tidak cukup dengan memberikan makanan dan lokasi yang nyaman saja. Kamu perlu memperhatikan beberapa hal seperti kondisi hewan peliharaan, untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan rutin di klinik hewan.

Nah, apalagi jika anjing yang kamu pelihara berjenis kelamin betina. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, anjing betina itu juga memiliki siklus haid atau loop meskipun fasenya tidak sama dengan manusia.

Banyak pemilik anjing pemula yang terkadang mengabaikan pertanyaan apakah anjing bisa haid ini, padahal kondisi ini sangat penting untuk diketahui karena jika kamu salah langkah dalam menanganinya dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan si anjing itu sendiri.

Supaya kamu bisa lebih memahami kondisi mereka, berikut ini PetPi jabarkan penjelasan tentang masa haid atau menstruasi pada anjing betina yang terbagi dalam 4 tahapan, yaitu:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Proestrus

Tahapan awal dimulai dengan anjing betina menstruasi (vagina mengeluarkan darah). Namun ada juga beberapa anjing yang mengalami menstruasi saat dalam fase estrus.

Umumnya masa proestrus hanya berlangsung selama 9 hari dan ditandai dengan beberapa hal, mulai dari vulva yang membengkak hingga muncul bercak-bercak darah.

Jadi, jangan terlalu khawatir karena siklus ini normal terjadi pada anjing betina. Mereka juga akan segera membersihkan noda darahnya sendiri sebelum mengotori rumah.

Inilah saatnya anjing betina akan bersikap lebih agresif dan banyak menolak anjing jantan yang mendekat.

2. Estrus

Pada fase ini bercak darah akan berkurang dan berubah warna menjadi agak kuning, itu tandanya mereka siap memasuki masa kawin. Tapi ada juga beberapa anjing yang masih mengeluarkan darah pada fase estrus hingga akhir. 

Paling cepat fase estrus akan berlangsung selama 3 hari dan 21 hari paling lama. Pada kebanyakan anjing betina, rata-rata fase ini hanya berlangsung selama 9 hari saja. 

Pada saat inilah masa subur anjing betina yang dimana mereka akan terlihat sangat menarik bagi anjing jantan, dan mereka juga tidak akan menolak ketika diajak kawin olehnya.

Kemudian hanya perlu 2-3 hari setelah masa kawin untuk sel telur yang sudah matang dikeluarkan dari ovarium (ovulasi).

3. Diestrus

Diestrus merupakan masa kehamilan atau istirahat bagi anjing betina. Maka dari itu kamu perlu membawanya ke klinik hewan untuk melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan anjing.

Masa ini akan jadi fase istirahat jika anjing betina tidak hamil, dimana ditandai dengan normalnya bentuk vulva dan hilangnya bercak darah.

4. Anestrus

Ini adalah fase perbaikan rahim dimana tidak ada perubahan hormonal maupun perilaku seksual pada anjing betina. Untuk memasuki loop yang baru dibutuhkan waktu selama 90-150 hari. Untuk mengetahui normal tidaknya siklus loop yang dialami anjing, kamu dapat mengajaknya ke dokter hewan.

Tiap jenis anjing mengalami siklus haid pertama yang berbeda-beda. Tapi biasanya anjing yang berukuran lebih kecil akan mengalami siklus haid ketika memasuki usia 6 bulan.

Sedangkan untuk anjing yang berukuran lebih besar akan mengalami siklus haid pertama ketika berusia 2 tahun.

Apa Saja Tanda Anjing Haid?

Tanda Anjing Haid
tanda anjing haid - petco

Haid atau menstruasi merupakan siklus berulang yang terjadi dalam sistem reproduksi anjing berjenis kelamin betina. Ada beberapa tanda pada anjing betina saat akan memasuki masa haid.

Sebagai pemilik, kamu harus cepat mengidentifikasi siklus tersebut melalui tanda yang muncul. Sehingga kamu dapat menentukan waktu yang tepat saat anjing ingin kawin ataupun melakukan upaya pencegahan ketika anjing tidak ingin dikawinkan.

Berikut beberapa tanda haid pada anjing:

  • Perubahan mood atau perilaku pada anjing betina dapat diindikasikan sebagai tanda-tanda haid. Dalam kondisi ini, anjing betina akan lebih agresif dan mudah marah karena perubahan mood yang dialaminya.
  • Banyak anjing jantan di sekitarnya yang menaruh perhatian lebih pada anjing betina. Ini karena saat haid mereka akan mengeluarkan bau yang menarik perhatian si pejantan. Jadi, ketika kamu melihat ada banyak anjing jantan yang mulai mendekat, ini merupakan salah satu tanda siklus loop.
  • Kondisi lain yang menjadi tanda haid pada anjing betina adalah aktivitas menyelipkan ekor.
  • Ketika anjing mengalami siklus loop, akan muncul gejala fisik seperti puting membengkak.
  • Perubahan selera makan. Anjing betina akan mengalami masalah pada selera makan yang tidak biasa.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anjing Haid?

Cara Mengatasi Anjing Haid
cara mengatasi anjing haid - wamiz

Selama anjing mengalami siklus loop, janganlah panik dalam menghadapinya. Mungkin hal ini adalah pengalaman baru bagimu apalagi jika kamu masih pemula.

Oleh karena itu, berikut ini PetPi akan memberikan tips singkat mengenai apa saja yang dapat dilakukan saat anjing mengalami menstruasi, yang diantaranya adalah:

  • Memberikan perhatian ekstra karena anjing tidak hanya mengalami perubahan fisik tapi juga mental. Berikan perhatian ekstra pada anjing kamu seperti mengelusnya hingga mereka merasa nyaman, memberikannya mainan baru, dan juga bisa mengajaknya ngobrol. Jangan memaksa anjing melakukan kegiatan berat, dan biarkan saja ketika mereka ingin tidur.
  • Selalu menemani anjing saat beraktivitas di luar rumah, jangan biarkan mereka sendirian. Karena saat mengalami siklus haid, banyak anjing jantan yang akan mendekati anjing betina dan mengajaknya kawin. Walaupun kamu ingin mengajaknya jalan-jalan, jangan lupa untuk memasang tali kekang supaya kamu bisa menahannya saat mereka hendak melarikan diri ketika dihampiri anjing jantan.
  • Sebaiknya kamu tidak membawa mereka ke tempat pameran anjing. Karena aroma yang dikeluarkan anjing betina saat masa haid akan menarik penciuman anjing jantan.

Nah, bagaimana? dengan memahami artikel ini, semoga dapat menjawab pertanyaan seputar apakah anjing bisa haid. Sebagai pemilik anjing yang baik, kamu wajib untuk selalu memperhatikan kondisi siklus haid tersebut ya, Sobat Pintar.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://paw.id/blog/ask-vets/care-and-health/mengenal-loop-atau-menstruasi-pada-anjing-betina
  • https://www.halodoc.com/artikel/berapa-lama-masa-menstruasi-pada-anjing-betina

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar