Hari ini: Senin, 08 Maret 2021
Sabtu, 06 Februari 2021, 19:30 WIB

Ternyata Begini Penyebab Anjing Susah Makan dan Memilih Makanan yang Dia Makan!

Ternyata Begini Penyebab Anjing Susah Makan dan Memilih Makanan yang Dia Makan!

Penyebab anjing susah makan - unsplash

Bingung kenapa makanan yang kamu berikan tidak dimakan? Jangan khawatir, ternyata ini penyebab anjing susah makan yang harus diketahui

Hampir semua anjing biasanya akan melahap makanan apa saja tanpa ragu-ragu sedikitpun. Namun terkadang, anjing peliharaan kita yang biasanya antusias ketika diberikan makanan, kini berubah drastis ketika makanan diletakkan di tempatnya.

Mungkin sebagian pemilik anjing pasti pernah mengalaminya. Bisa jadi memang ada sesuatu yang membuat anjing kamu tidak mau makan dan malah menjauhinya.

Anjing peliharaan kita yang tidak mau makan memang cukup membuat kita repot dan berpikir keras. Jika ia tidak makan, maka bisa saja tubuhnya rentan terkena penyakit.

Anjing juga tidak akan selincah biasanya dan dapat membuat kita berpikir yang negatif. Sebagai pemilik anjing sudah pasti kita akan khawatir tentang masalah ini.

Nah untuk mengetahui masalahnya, PetPi di sini akan membantu kamu dalam memberikan informasi penyebab anjing susah makan dan memilih-milih makanan.

Mengetahui penyebabnya akan menjadi langkah pertama untuk memberikan solusi terhadap masalah ini. Berikut ini adalah penyebab anjing tidak mau makan yang bisa jadikan analisa untuk mengatasinya.

Kenapa Anjing Tidak Mau Makan?

Penyebab Anjing Susah Makan
Penyebab anjing susah makan - unsplash

Pastinya ada beberapa penyebab anjing susah makan yang bisa kita pahami. Dengan mengetahuinya, kamu diharapkan bisa segera mengatasi masalah dan memberikan perawatan yang tepat bagi anjing kesayangan kamu. Yuk simak informasinya lebih lanjut.

Gangguan Pada Mulut dan Giginya

Hal pertama yang kamu harus cari tau penyebabnya adalah pada bagian mulut dan gigi. Masalah yang terjadi pada mulut bagian dalam biasanya menyebabkan nafsu makan anjing kesayanganmu menurun.

Hal itu sudah pasti karena akan mengganggu proses pencernaan ketika ia makan makanannya. Anjing pasti akan cenderung menghindari dari perasaan yang mengganggunya.

Gangguan mulu biasanya disebabkan karena infeksi pada jaringan mulut, sariawan dan luka lainnya. Selain pada bagian mulutnya, terkadang juga terdapat masalah pada bagian gigi anjing. Dari kedua masalah ini, anjing pasti akan menurunkan nafsu makannya.

Jika kamu menemukan masalah yang terjadi pada anjingmu, segeralah periksa ke dokter hewan apakah ada hal yang membahayakan bagi kesehatan tubuhnya.

Baca Juga: Hati-hati, Ini yang Wajib Kamu Waspadai Jika Anjing Banyak Minum Berlebihan!

Radang Lambung

Hal selanjutnya yang menyebabkan anjing susah makan adalah radang pada lambungnya. Radang pada lambung akan menimbulkan luka yang muncul pada sebagian atau seluruh dinding lambung karena terkikisnya lapisan dinding lambung.

Penyakit ini bisa membuat lambung merasakan sakit yang luar biasa seperti maag pada manusia. Saat terkena radang lambung, bisa saja perutnya mengalami pendarahan di dalam.

Penyakit ini sangat bisa mengakibatkan penurunan nafsu makan anjing kesayangan kita, karena ketika makanan masuk ke lambung, bisa saja akan malah membuat perutnya makin sakit.

Apabila kamu mencurigai radang lambung pada anjing peliharaanmu, kamu wajib periksakan ke dokter hewan terdekat agar bisa diberikan obat untuk penyembuhannya. Bila dibiarkan terlalu lama, hal ini bisa sangat berbahaya untuk anjingmu.

Konstipasi di Usus

Konstipasi di usus atau yang biasa disebut dengan sembelit adalah keadaan dimana fungsi usus mengalami penurunan sehingga menghambat kotoran untuk dibuang. Dalam jangka yang panjang, kotoran anjing tersebut dapat menumpuk dan menjadi benih kanker usus.

Ini adalah salah satu penyakit yang membuat anjing mengalami perubahan perilaku dari yang tadinya periang beralih menjadi pemurung.

Jika kamu menemukan anjing yang kesulitan dalam membuang air besar, maka kamu wajib mewaspadai penyakit ini. Hal tersebut mengindikasikan ada masalah pada pencernaannya terutama pada ususnya.

Untuk menyembuhkan penyakit ini, kamu harus segera periksakan anjingmu ke dokter hewan. Nantinya dokter hewan akan memberikan obat khusus untuk menyembuhkannya.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG ANJING?
Cari info Anjing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Kehamilan pada Anjing

Kehamilan Pada Anjing
kehamilan menyebabkan anjing sulit makan - unsplash

Penyebab anjing susah makan selanjutnya bisa saja disebabkan karena kehamilan pada anjing kamu yang dapat membuatnya kehilangan nafsu makan.

Apabila anjing kamu positif hamil, biasanya saat masa kehamilannya dia akan merasakan nafsu makan yang turun naik. Ada masanya dimana dia sedang tidak nafsu makan, namun bukan berarti anjingmu tidak mau makan sama sekali ya.

Hal ini harus kamu ketahui, karena jika penyebabnya kehamilan akan ada kemungkinan penurunan nafsu makan. Nah, apabila dia benar-benar tidak mau makan sama sekali, hal ini yang perlu kamu waspadai.

Perilaku seperti ini sangat membahayakan anjingmu dan calon anaknya nanti. Sebaiknya segera periksakan ke dokter hewan terdekat agar bisa mengetahui penyebab pastinya dia tidak mau makan.

Pilihan Makanan Anjing yang Kurang Menarik

Terkadang bukan hanya masalah yang terdapat pada dirinya saja, namun ada hal-hal lain diluar fisiknya yang menyebabkan anjing tidak mau makan.

Cara mengetahuinya apabila ia memang tidak mau makan makanan anjing yang disajikan bisa dengan cara menyediakan variasi makanan lain.

Bila anjing kamu hanya tidak suka dengan makanan awal yang kamu berikan, pasti makanan yang lain yang kamu berikan akan dilahap habis dengannya.

Hewan pun juga akan memilih makanan yang enak baginya. Jadi jangan heran jika ada sebuah makanan yang tidak cocok dengannya. Selalu hindari makanan tersebut jika tidak ingin nafsu makannya menurun.

Baca Juga: Lucu Banget! Ini 8 Jenis Anjing Kecil nan Imut yang Cocok Kamu Pelihara Di Rumah

Anjing Mengalami Stres

Penyebab anjing susah makan yang terakhir adalah masalah psikologis pada dirinya. Salah satu yang mungkin muncul karena penurunan nafsu makan dalam kadar yang bervariasi.

Penyebab stress memang beragam, seperti tidak cocoknya ia dengan lingkungan sekitar, atau bisa saja ia mengalami kekerasan dari siapapun. Untuk membuat anjing kamu mulai nafsu makan kembali, maka kamu bisa memindahkannya sementara ke lingkungan yang lebih nyaman baginya.

Dengan begitu, kamu bisa sedikit memberikannya suasana baru yang lebih tenang agar ia mulai kembali beradaptasi dengan lingkungan baru.

Harapannya, supaya dia bisa mendapatkan kepercayaan pada lingkungan barunya untuk meningkatkan kembali nafsu makan yang selama ini tidak terpenuhi.

Nah, itulah dia sedikit informasi tentang penyebab anjing susah makan yang bisa membuat kita mencari tau cara meningkatkan nafsu makan anjing sehingga ia kembali sehat dan gemuk kembali.

Jika diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter hewan, jangan sesekali kamu menundanya, karena hal itu bisa menyebabkan anjing peliharaanmu jatuh sakit. Sekian dari PetPi, semoga informasi ini bermanfaat!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Sabtu, 05 September 2020, 16:30 WIB
Update pada: Sabtu, 06 Februari 2021, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/penyebab-anjing-tidak-mau-makan
  • https://petcube.com/blog/dog-not-eating/
  • https://pets.webmd.com/dogs/guide/dog-not-eating-possible-causes-and-appetite-solutions#1
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar