Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Selasa, 06 Oktober 2020, 16:00 WIB

Jangan Salah Urus, Begini Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk yang Benar Buat Kamu Para Pemula!

Jangan Salah Urus, Begini Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk yang Benar Buat Kamu Para Pemula!

Anjing peliharaan kamu melahirkan anaknya? Jangan khawatir tidak bisa mengurusnya, yuk lihat cara merawat anjing tanpa induk yang benar berikut ini 

Memiliki suatu peliharaan membuat kebahagiaan tersendiri di rumah untuk para hewan. Dengan adanya hewan peliharaan, suasana stres yang kita miliki seperti bisa disembuhkan olehnya karena melihat hewan lucu yang selalu bisa menemani kapanpun.

Apalagi jika kamu memiliki anjing di rumah yang dikenal sebagai hewan yang setia kepada pemiliknya, pasti tingkat kebahagiaannya akan meningkat.

Saat mempunyai hewan peliharaan, kita tentu juga menginginkan anjing kita mempunyai keturunan. Karena semakin banyak keturunannya maka kita juga akan semakin bahagia melihat anjing-anjing imut dan lucu.

Namun dalam kenyataannya terkadang mempunyai anjing yang baru lahir tidak sebahagia itu ya. Jika kita tidak mengerti merawatnya maka anjing tersebut bisa saja tidak tumbuh dengan baik.

Nah, buat kamu yang sedang memiliki anak anjing yang baru lahir dan belum memahami sepenuhnya apa saja yang wajib kita perhatikan, apalagi jika induknya sudah tidak mau mengurusnya.

Kamu bisa simak terus informasi yang akan PetPi berikan untuk cara merawat anjing yang benar. Yuk langsung saja baca artikel di bawah ini.

Cara Merawat Anak Anjing Baru Lahir Tanpa Induk

Cara Merawat Anak Anjing

Merawat anakan anjing adalah hal yang cukup menyenangkan, walaupun begitu kamu juga harus merawatnya dengan penuh tanggung jawab selaku pemiliknya.

Terkadang indukan anjing mempunyai masalah saat melahirkan, ada juga kasus beberapa indukan yang tidak mau merawat anaknya. Maka dari itu kamu sebagai pemilik wajib merawatnya dengan baik, berikut cara merawat anak anjing yang tanpa induk.

Persiapkan Kandang yang Nyaman Bagi Anjing

Hal pertama yang mesti kamu siapkan saat merawat anak anjing adalah memberikan tempat khusus atau kandang yang nyaman baginya.

Kamu bisa membuat kandang dari tempat sederhana, berikanlah kotak tanpa atap di tempat yang teduh dan berikan alas lembut seperti kain bekas yang masih layak dipakai untuk menghangatkan tubuhnya.

Jauhkan dari benda-benda berbahaya yang bisa menyakiti dirinya semisal, barang yang mudah pecah, kabel listrik, bahan kimia dan bahan-bahan yang mudah terbakar.

Berikan tempat yang hangat dan mudah dibersihkan, sehingga kamu bisa lebih mudah dalam melakukan perawatan kandang yang kamu buat tadi. Dengan memiliki kandang yang terbaik, anak anjing akan merasa nyaman dan lebih tenang untuk tinggal.

Membersihkan Anak Anjing

Walaupun anak anjing yang baru lahir sudah pasti bersih, namun kamu tetap harus memperhatikan kebersihannya mulai dari ujung kuku, gigi, mata hingga bulu pada tubuhnya dengan rutin. Kamu bisa melakukan pengecekan kebersihan pada anjingmu setidaknya seminggu sekali.

Siapkan peralatan untuk memandikannya seperti handuk, sisir bulu khusus anjing, pengering bulu, air hangat dan ember. Mandikan anak anjingmu dengan perasaan lembut, usapkan air hangat pelan-pelan.

Sebaiknya jangan berikan shampo anjing karena anak anjing masih sensitif terhadap detergen yang bersifat basa, apalagi jika air masuk ke dalam matanya.Jangan lupa keringkan dengan pengering bersuhu hangat. Dengan membersihkan badannya dengan rutin, kamu berarti telah menjaga kenyamanannya.

Berikan Makanan yang Berkualitas

Walaupun anjing yang kamu pelihara masih anakan, kamu juga wajib memberikan makanan yang berkualitas dan bergizi. Berikan makanan dengan tekstur yang lunak untuk membantu mereka dalam proses pencernaannya.

Banyak makanan basah untuk anak anjing yang bisa kamu dapatkan di petshop terdekat ko.

Usahakan kamu memberi makanan untuk anak anjing yang bebas dari zat pewarna, perisa dan zat pengawet terlalu banyak. Beberapa anjing biasanya suka alergi dengan makanan yang ditambahkan bahan-bahan tadi.

Akan lebih berbahaya jika kamu memberikannya pada anjing kecil yang masih rentan terhadap penyakit.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG ANJING?
Cari info Anjing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Berikan Belaian yang Lembut

Cara merawat anak anjing selanjutnya adalah kamu bisa memberikan sentuhan atau belaian hangat dan lembut untuk si puppy.

Di umur yang masih sangat kecil ini, ia sangat membutuhkan belaian kasih sayang dari induknya, namun karena induknya tidak mau merawatnya kamu bisa menggantikan perannya sementara.

Merawat anjing yang berumur 1 bulan dengan kasih sayang akan memberikan ikatan tersendiri dengan anjing tersebut sehingga dia akan terus ingat kebaikan majikannya.

Anak anjing yang berumur 1 bulan adalah makhluk yang rapuh , sama dengan anak manusia yang masih kecil, memberikan belaian kasih sayang akan menjadi nilai yang paling berharga untuknya.

Jika kamu ingin memeluknya pastikan belai lembut dengan satu tangan tetap di dadanya untuk melindungi rasa trauma, tekanan dan rasa kaget yang ia takuti.

Vaksinasi untuk Anak Anjing

Sebagai pemilik, kamu juga harus melakukan vaksinasi awal sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit yang bisa saja menyerangnya. Dikarenakan dia tidak dirawat oleh induknya, kamu harus mewaspadai penyakit yang bisa menyerang pada umur-umur awal kelahirannya.

Konsultasikan vaksinasi yang terbaik untuknya yang sesuai dengan umurnya.

Pastikan untuk mendapatkan vaksinasi dari penyakit cacingan yang sangat berbahaya untuk anak anjing, tanyakan juga kepada dokter hewan untuk vaksin rabies apakah perlu untuk anak anjing yang masih kecil.

Jika memang belum saatnya, berikan vaksin rabies pada waktu yang tepat. Jangan lupa meminta vitamin untuk daya tahan tubuhnya dan untuk meningkatkan nafsu makannya.

Berikan Mainan untuk Dia Bergerak

Cara merawat anak anjing yang terakhir adalah berikan mainan untuk kegiatan olahraganya. Kamu bisa memberikan mainan khusus anjing yang bisa membuatnya lebih bergerak aktif atau melatih organ-organ yang ada pada tubuhnya.

Seperti contoh, kamu bisa berikan mainan yang memungkinakan untuk digigit, atau kamu bisa memilih mainan bola dan tulang-tulangan yang lunak untuk mereka melatih giginya. Yang pasti berikan mainan dari bahan dasar yang aman untuk hewan peliharaan.

Jika sudah agak mulai besar, kamu bisa berikan ruang yang cukup untuknya bermain. Kamu bisa manfaatkan pekarangan rumah yang agak luas dan latihlah dia untuk mengambil barang yang kamu berikan.

Kegiatan ini sangat penting, selain melatih kecerdasannya, kegiatan bermain ini juga bisa melatih sosialisasinya terhadap lingkungan sekitar yang lebih luas, sehingga jika nanti anjing kita diajak jalan keluar rumah atau bertemu dengan anjing lainnya, ia tidak menjadi anjing yang penakut.

Sekian informasi mengenai cara merawat anak anjing yang baru lahir. Informasi ini sudah PetPi rangkum dari beberapa sumber terpercaya. Semoga dengan adanya informasi ini, kamu sudah tidak perlu bingung bagaimana cara merawat anak anjing ketika ditinggal induknya.

Bagi para pemula, cara ini cocok buat kamu terapkan pada anak anjing peliharaanmu.

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://dokterhewan.co.id/detailpost/tips-merawat-anak-anjing-tanpa-induk
  • http://www.vetstreet.com/care/puppy-basics-101-how-to-care-for-your-new-dog
  • https://pets.thenest.com/taking-care-puppy-its-mother-10816.html#:~:text=Bottle%20Feeding,upset%20your%20puppy's%20digestive%20tract.
  • https://www.thesprucepets.com/how-to-care-for-puppies-1117475
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar