Hari ini: Senin, 01 Maret 2021
Selasa, 02 Februari 2021, 10:15 WIB

Profil Anjing Akita Inu, Ras Anjing Hachiko yang Setia Banget!

Profil Anjing Akita Inu, Ras Anjing Hachiko yang Setia Banget!

anjing akita inu - wikipedia

Tertarik untuk memelihara anjing akita inu? Sebelum memilihnya, ketahui dulu profilnya yang satu ini supaya tahu bagaimana sifat dan cara merawatnya!

Tertarik untuk pelihara anjing akita inu? Mau tahu lebih dalam tentang anjing ini supaya makin yakin buat milihnya?

Anjing yang berasal dari Jepang ini memang cukup populer karena penampilannya yang terlihat kuat dan bertenaga. Meskipun pemberani, mereka cenderung bersikap tenang dan jarang menggongong.

Mereka juga terkenal karena kesetiaan terhadap pemilik dan tidak terlalu galak terhadap orang asing yang belum pernah mereka jumpai sebelumnya.

Kalau kamu benar-benar mempertimbangkan anjing akita inu sebagai hewan peliharaan, simak profil lengkap anjing ini!

Sejarah Anjing Akita Inu

Sejarah Anjing Akita Inu
sejarah anjing akita inu - japan daily

Pertama, yuk kita belajar sejarah singkat dari ras anjing yang satu ini! Jadi, anjing akita inu berasal dari pegunungan di Jepang utara, tepatnya di prefektur Akita di mana anjing ini mendapatkan namanya.

Sebagai salah satu ras asli Jepang tertua, awalnya mereka digunakan untuk membantu manusia berburu. Sekarang, mereka lebih sering dijadikan hewan peliharaan di rumah atau sebagai anjing polisi.

Ketika Perang Dunia 2, ras anjing ini hampir punah karena tidak ada makanan untuk mereka. Apalagi, banyak orang-orang Jepang yang kelaparan sehingga terpaksa memakan mereka untuk bertahan hidup.

Untunglah berkat upaya beberapa orang yang membebaskan anjing akita inu di pegunungan terpencil, populasi mereka terselamatkan dan menjadi salah satu ras anjing populer di dunia.

Kisah anjing akita yang paling terkenal tentu saja tentang Hachiko, seekor anjing yang begitu setia kepada pemiliknya. Bahkan, terdapat patung Hachiko untuk mengenang kesetiaannya yang menunggu pemiliknya di depan stasiun tanpa tahu pemiliknya telah meninggal dunia.

Buat kamu yang belum tahu, kata inu di belakang akita memiliki arti anjing dalam Bahasa Jepang!

Ciri-Ciri Fisik Anjing Akita Inu

Ciri Fisik Anjing Akita Inu
ciri fisik anjing akita inu - the gate

Penampilan fisik anjing akita inu mencerminkan kemampuan adaptasinya terhadap cuaca dingin. Tak heran jika mereka benar-benar menyukai salju dan udara dingin.

Anjing Akita Inu memiliki mantel ganda yang tebal pada kulitnya seperti anjing Siberian Husky. Biasanya mereka berbulu pendek walaupun ada beberapa jenis yang memiliki bulu panjang.

Mereka memiliki warna bulu antara lain cokelat kekuningan, merah, putih, dan lain sebagainya.

Kepala mereka terlihat sedikit seperti beruang dengan telinga berbentuk segitiga yang mengikuti lengkungan leher. Mata Akita tergolong kecil dan berwarna gelap.

Oh iya, kamu perlu tahu kalau jenis anjing Akita Inu berbeda dengan American Akita, ya! Akita Inu yang asli Jepang berpostur lebih kecil dari saudaranya dari Amerika.

Sifat Anjing Akita Inu

Sifat Anjing Akita Inu
sifat anjing akita inu - petfood

Akita Inu memiliki paras yang good-looking. Mereka termasuk ras anjing yang cerdas, berani, dan cenderung keras kepala. Mereka lumayan dominan, spontan, dan mandiri. Walaupun terlihat kuat, mereka tipe anjing yang tenang dan pendiam.

Karena kecerdasan yang dimiliki, anjing ini terlihat untuk sering terlihat berpikir dulu sebelum bereaksi terhadap sesuatu. Kamu sebagai pemilik mungkin akan merasa kesulitan untuk menebak jalan pikirannya.

Mereka tidak terbiasa hidup berkelompok, sehingga mereka mungkin tidak terlalu ramah kepada hewan peliharaanmu yang lain. Sifatnya yang pendiam membuat kita tidak sadar kalau ia tengah mempersiapkan serangan kepada hewan atau orang yang dianggap ancaman.

Sifat anjing akita inu yang sulit membuatnya tidak direkomendasikan untuk pemula. Kamu butuh kesabaran dan keterampilan untuk membuatnya patuh dan bisa dikendalikan. Ingat, anjing ini memiliki sifat dominan yang cukup besar.

Ketika kamu berhasil melatihnya, Akita Inu akan menjadi peliharaan yang sangat setia dan dapat diandalkan. Bahkan konon katanya di Jepang, ibu-ibu berani meninggalkan anak-anaknya di bawah pengasuhan anjing ini.

Hal lain yang perlu kamu ketahui adalah sifat serius yang dimiliki anjing ini. Mereka sangat posesif terhadap makanan dan mainan miliknya.

Kalau kamu ingin memiliki anjing Akita Inu di rumah, sebaiknya kamu tidak memelihara hewan jenis lain apalagi yang berkelamin sama.

Merawat dan Melatih Anjing Akita Inu

Merawat Anjing Akita Inu
merawat anjing akita inu - japantravel

Anjing Akita Inu bisa dibilang tidak memerlukan perawatan yang susah. Kamu cukup menyikatnya setiap hari untuk mengatasi kerontokan dan menjaga bulunya terlihat rapi.

Kamu tidak perlu memandikannya setiap hari, cukup setiap beberapa bulan ditambah pemotongan kuku dan pemeriksaan telinga seperti jenis anjing lainnya.

Karena keras kepala dan mandiri, Akita Inu termasuk anjing yang susah untuk dilatih. Mereka butuh dibimbing sejak dini dengan pelatihan yang konsisten dan tegas.

Mereka perlu mengenal orang lain dan hewan yang berbeda sejak kanak-kanak sehingga bisa belajar untuk mengendalikan agresivitas dan dominasinya.

Akita Inu juga tidak membutuhkan banyak latihan. Jalan-jalan setiap hari dengan sesekali berlari sudah cukup untuknya. Gunakan tali ketika mengajaknya keluar rumah karena mereka bisa menyerang hewan lain.

Kamu boleh memilih untuk memeliharanya di dalam rumah atau membiarkannya di halaman. Jika kamu memilih opsi kedua, sediakan halaman berpagar dengan ukuran yang layak sehingga dia bisa berlari dan berolahraga sesuka hati.

Harga Anjing Akita Inu

Harga Anjing Akita Inu
harga anjing akita inu - visitakita

Kalau kamu bertanya apakah ada anjing Anjing Akita Inu dijual, jawabannya ada. Tapi, kamu harus merogoh kocek yang lumayan dalam!

Dilansir dari hewanpeli.com, harga anak anjing Akita Inu yang lahir di Indonesia bisa mencapai 10 sampai 15 juta. Kalau sudah resmi teregistrasi, harganya bisa mencapai 25 juta!

Kamu juga bisa mengimpornya dari Thailand dengan biaya sekitar 15 sampai 30 juta, tergantung apakah anjing tersebut sudah teregistrasi atau belum.

Masih belum cukup mahal? Kamu bisa mengimpornya dari Amerika Serikat dengan harga terendah 30 juta!

Itulah tadi profil lengkap anjing akita inu sebagai bahan pertimbanganmu sebelum memutuskan untuk memelihara mereka. Kalau masih bingung, coba dibaca kesimpulan di bawah ini.

Akita itu cocok untukmu yang mencari anjing berukuran besar dengan penampilan seperti serigala, memiliki bulu tebal, terlihat elegan dan kalem, jarang menggonggong, serta tidak terlalu bergantung terhadap pemiliknya.

Mereka tidak cocok untukmu yang khawatir ia bisa menjadi agresif kepada orang atau hewan asing, berwatak keras dan dominan, serta sangat posesif terhadap makanannya.

Jadi, apakah anjing akita inu adalah anjing yang cocok untukmu?

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Akita_(dog)
  • https://hewanpeli.com/harga-jual-beli-anjing-akita-inu/
  • https://www.dogzone.com/breeds/akita-inu/
  • https://www.yourpurebredpuppy.com/reviews/akitas.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar