Hari ini: Senin, 15 April 2024
Minggu, 23 Oktober 2022, 11:00 WIB

Jangan Asal, Inilah 12 Jenis Sayur-sayuran yang Boleh Dimakan Anjing

Jangan Asal, Inilah 12 Jenis Sayur-sayuran yang Boleh Dimakan Anjing

sayur-sayuran ini boleh dimakan anjing - the spruce pets

Apakah anjing boleh memakan sayur? Jika kamu ingin tahu jawabannya, segera simak ulasan jenis sayur yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh anjing berikut

Sayuran menjadi salah satu makanan manusia yang juga bisa diberikan kepada hewan peliharaan kesayangan yang salah satunya adalah anjing.

Secara alami, memang ada beberapa jenis sayur yang boleh dimakan anjing, tetapi ternyata ada juga sayur-sayuran yang dilarang untuk dikonsumsi hewan tersebut, lho.

Nah, bagi Sobat Pintar yang ingin tahu jenis sayur apa saja yang boleh diberikan untuk anjing sebagai camilan atau pelengkap, maka bisa simak ulasannya berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Bolehkah Anjing Memakan Sayur?

Anjing Boleh Memakan Sayur
anjing boleh memakan sayur - love your dog

Beberapa ahli menyatakan bahwa anjing boleh memakan sayur, bahkan disarankan untuk mengonsumsinya. Pasalnya, sayuran memiliki kandungan nutrisi serta gizi yang penting bagi kesehatan hewan peliharaan tersebut.

Kamu bisa mengolah makanan berserat untuk anjing ini dalam bentuk irisan kecil, potong dadu, atau disajikan dalam hidangan masakan.

Manfaat dari sayuran yang diberikan pada anjing akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mulut dengan baik, serta membuat bulunya lebih berkilau dan sehat.

Namun, seperti memberikan buah-buahan untuk anjing, porsi sayur yang diberikan kepada mereka harus secukupnya alias tidak boleh berlebihan, ya.

Dalam sehari, kamu cukup berikan beberapa porsi kecil saja dengan cara dimasak atau dicampurkan dengan makanan anjing lainnya.

Apa Saja Jenis Sayur yang Boleh Dimakan Anjing?

Jenis Sayuran Yang Boleh Diberikan Untuk Anjing
jenis sayuran yang boleh diberikan untuk anjing - Great Pet Care

Agar tidak salah dalam memberikannya, berikut ini ada beberapa jenis sayur yang boleh dimakan anjing peliharaan, yaitu:

1. Brokoli

Kalau kamu ingin memberikan brokoli pada anjing, maka berikan dalam jumlah sedang atau porsi yang pas karena dapat menyebabkan gas berlebih.

Brokoli termasuk jenis sayur yang dapat dinikmati oleh sebagian anjing. Jika kamu memberikannya dalam porsi kecil, maka vitamin dan serat yang ada didalamnya mampu membantu pencernaan serta peradangan.

Tidak hanya itu saja, brokoli juga bisa menjaga gigi anjing kesayangan tetap sehat dan terhindar dari penyakit mulut, lho.

2. Bayam

Apa anjing boleh makan sayur bayam? Ya, apabila anjing peliharaan kamu memiliki masalah peradangan dan kardiovaskular, kamu dapat memberikan bayam sebagai bagian dari diet seimbangnya.

Menariknya, bayam tak hanya bisa diberikan kepada anjing sakit saja, tetapi dapat diberikan kepada anak anjing karena kalsium yang ada didalamnya sangat baik untuk mendukung struktur tulang.

Adapun manfaat dari bayam yang bisa diberikan pada anjing, seperti zat besi, kalium, serat, vitamin K, A dan B6.

3. Kembang Kol

Jenis sayur yang boleh dimakan anjing berikutnya adalah kembang kol. Sayuran ini memiliki sumber vitamin C yang bagus dan mengandung banyak vitamin K, B6, folat, kolin, antioksidan dan fitonutrien.

Selain itu, kembang kol memiliki sumber serat larut yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan mereka ketika diberikan dalam jumlah porsi yang pas.

Sama halnya dengan brokoli, sayuran ini juga bisa membantu membersihkan gigi anjing hingga mengurangi risiko penyakit, salah satunya peradangan.

4. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu sayuran yang bisa dimakan anjing. Jenis sayuran yang satu ini memiliki sumber vitamin A, K, C, B1, B2, folat, zat besi dan tembaga.

Namun, berikan asparagus dalam dosis kecil saja, ya. Soalnya, jika kamu memberikannya secara berlebihan, maka dapat membuat kotoran anjing menjadi berwarna hijau.

5. Mentimun

Anjing juga boleh diberikan mentimun sebagai camilannya, karena sayuran ini mengandung silika, fitonutrien, kalsium, folat, kalium, magnesium, vitamin A, B1, B6, C dan D yang baik untuk tubuhnya.

Jika anjing peliharaan kamu memiliki masalah bau mulut, kandungan fitokimia dalam mentimun bisa membunuh bakteri dalam mulutnya, lho.

Selain itu, mentimun memiliki kandungan air, enzim, serta rendah kalori, sehingga cocok diberikan pada anjing saat cuaca panas.

6. Selada

Anjing Boleh Diberikan Selada
anjing boleh diberikan selada - dog time

Perlu kamu tahu bahwa semua jenis selada sangat baik untuk anjing, lho. Selada yang memiliki warna gelap dan berdaun kaya akan nutrisi serta kandungan air tinggi.

Tapi, jangan biarkan anjing peliharaan kamu makan selada setiap hari karena akan menyebabkan diare.

Sebelum diberikan pada anjing, kamu dapat memotong kecil selada seukuran gigitannya supaya mereka mudah saat mengkonsumsinya.

7. Kacang Hijau

Kacang hijau menjadi jenis sayur yang aman untuk anjing berikutnya, baik dalam keadaan segar maupun beku.

Kalau anjing peliharaan kamu memiliki masalah berat badan, maka menambahkan kacang hijau dan kibble kering akan membuat bentuk tubuh anjing tetap terjaga.

Pasalnya, kacang hijau terkenal sebagai sayuran yang menjaga kadar lemak darah serta menawarkan berbagai manfaat kardiovaskular, vitamin A, C, K dan mangan.

8. Labu

Jangan salah, labu itu memiliki manfaat untuk menjaga sistem pencernaan yang ada pada anjing, lho.

Kalau anjing peliharaanmu memiliki perut yang sensitif, mudah diare atau sembelit, maka labu mampu meringankan rasa sakit yang ada pada perut hewan peliharaan tersebut.

Selain itu, labu memiliki kandungan vitamin A, antioksidan, meningkatkan kesehatan jantung, serta mengatur gula darah.

9. Wortel

Tak hanya untuk kelinci, wortel juga bisa dikonsumsi dan diberikan pada anjing, lho. Kandungan beta karoten yang terkandung didalamnya bagus untuk mata serta kulitnya.

Selain itu, wortel memiliki kandungan vitamin A, C, K, tinggi serat, kalium, serta antioksidan yang dapat mencegah timbulnya kanker.

Sebagai camilan rendah kalori, wortel bisa kamu sajikan dalam potongan kecil supaya mudah dikunyah dan mencegah anjing tersedak.

10. Ubi Jalar

Ubi jalar termasuk ke dalam sayuran sehat yang boleh dimakan anjing karena memiliki kandungan vitamin A, C, B6 dan B5.

Bahkan, ubi jalar pun kaya akan serat, magnesium, kalium, antioksidan serta nutrisi anti-peradangan.

Sayuran ini bermanfaat untuk menjaga pencernaan tetap baik, namun harus kamu berikan dalam porsi kecil saja, ya.

11. Seledri

Anjing boleh memakan seledri sebagai campuran makanan mereka, karena sayuran ini bermanfaat bagi kesehatan jantung serta menjadi penyegar nafas anjing.

12. Buncis

Buncis apakah boleh untuk anjing? Tentu saja, karena sayur ini memiliki kandungan serat serta rendah kalori.

Kamu bisa mencincang atau mengukus buncis sebelum diberikan pada anjing supaya mudah dalam proses pengolahan dalam tubuhnya.

Jenis Sayur Apa Yang Tidak Boleh Untuk Anjing?

Bawang-bawangan Tidak Boleh Dimakan Anjing
bawang-bawangan tidak boleh dimakan anjing - dog time

Biar lebih ekstra hati-hati, kamu tidak boleh hanya mengetahui jenis sayur yang boleh dimakan anjing saja, tetapi cari tahu juga jenis sayur yang dilarang untuk anjing konsumsi.

Berikut beberapa jenis sayur yang tidak boleh untuk anjing, yaitu:

1. Jamur

Jamur tidak boleh diberikan pada anjing karena akan membahayakan bagi kesehatan tubuhnya. Apalagi jamur liar yang memiliki kandungan racun.

Walaupun ada jamur yang aman dikonsumsi bagi manusia, namun sayuran ini tidak boleh kamu berikan pada anjing, ya.

2. Kentang

Sayuran yang tidak boleh dimakan anjing berikutnya adalah kentang. Pasalnya, kentang mentah dapat terasa kasar pada perut, sehingga mengganggu sistem pencernaan hewan peliharaan ini.

Meskipun begitu, kamu boleh memberikan kentang kalau hanya sesekali saja dalam porsi yang kecil. Jika ingin memberikan kentang pada anjing, kamu harus mencuci, mengupas dan memasaknya dulu, ya.

Selain itu, hindari kentang tumbuk dengan tambahan bumbu lainnya apalagi jika sudah diberikan campuran yang mengandung susu, mentega dan bahan lainnya.

3. Bawang

Semua jenis bawang-bawangan, seperti bawang merah, bawang putih hingga bawang daun tidak boleh diberikan pada anjing.

Sebab, tanaman ini termasuk ke dalam keluarga Allium yang beracun bagi sebagian hewan peliharaan, termasuk anjing.

Kalau anjing mengkonsumsi bawang, maka dapat menyebabkan sel darah merah dalam tubuhnya menjadi pecah. Tak hanya itu, anjing juga bisa mengalami diare, muntah, dan sakit perut.

4. Tomat

Bagian hijau pada tomat tidak boleh diberikan pada anjing karena memiliki zat beracun bernama solanin. Sehingga, hindari sayuran ini dan jangan sesekali memberikannya pada hewan peliharaan kamu.

Sobat Pintar, itulah tadi ulasan lengkap dari beberapa jenis sayur yang boleh dan tidak boleh dimakan sebagai camilan dan pelengkap makanan untuk anjing peliharaan di rumah.

Sebagai pemilik yang baik, tentu kamu harus mengetahuinya dengan baik supaya kesehatan anjing peliharaan kamu tetap terjaga, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://gerava.com/10-jenis-sayuran-yang-aman-dimakan-oleh-anjing/
  • https://www.ekor9.com/sayuran-dan-buah-buahan-yang-boleh-dan-tidak-boleh-dimakan-anjing/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, serangga, dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar