Hari ini: Jumat, 30 Juli 2021
Jumat, 27 November 2020, 16:00 WIB

Apakah Boleh Anjing Diberi Makan Buah? Ini Penjelasan Lengkapnya

Apakah Boleh Anjing Diberi Makan Buah? Ini Penjelasan Lengkapnya

apakah anjing boleh memakan buah? - dogtime

Banyak yang berpendapat bahwa anjing tidak boleh memakan buah? Apa benar? Temukan jawaban dan informasi lengkapnya di artikel berikut ini

Anjing merupakan hewan peliharaan yang cukup digemari di Indonesia. Banyak komunitas pecinta anjing yang sering bertemu untuk saling berkenalan. Bahkan ada beberapa taman yang dikhususkan untuk pecinta anjing untuk saling bertemu.

Selain aktivitas yang diperuntukan untuk anjing agar badannya tetap sehat, ada beberapa faktor lain untuk membuat badannya selalu bugar. Salah satunya adalah nutrisi yang tepat dibutuhkan oleh anjing peliharaan. 

Banyak yang mengira anjing adalah hewan karnivora atau pemakan daging, faktanya anjing adalah hewan omnivora yang juga membutuhkan nutrisi dari tumbuh-tumbuhan.

Ini menjadi kontroversi karena ada beberapa asumsi yang mengatakan bahwa anjing tidak boleh diberi makan sayuran atau buah.

Nah, daripada bingung apakah anjing boleh memakan buah atau tidak, mending langsung ikutin terus infromasinya berikut ini.

Apakah Anjing Boleh Makan Buah?

Apakah Anjing Boleh Makan Buah?
apakah anjing boleh makan buah? - president pet

Seringkali pemilik anjing ingin memanjakannya dengan berbagi makanan atau camilan favorit, lagipula jika aman dikonsumsi bagi manusia mengapa tidak kita kasih anjing kesayangan kita. 

Meskipun banyak sekali makanan manusia yang aman untuk anjing, namun beberapa dari deretan tersebut ternyata tidak cocok untuk diberikan untuk anjing dengan tanda kutip bisa jadi makanan tersebut adalah makanan yang berbahaya. 

Banyak yang bertanya apakah anjing boleh memakan buah-buahan atau sayuran? Seperti yang udah kita sebutkan di atas, bahwa anjing adalah hewan omnivora.

Jadi jawabannya boleh. Namun ada catatan tersendiri untuk beberapa buah yang harus kamu hindari. Tidak semua buah yang kamu bisa makan boleh diberikan untuk anjing, karena sistem pencernaan anjing dengan manusia itu berbeda.

Ini adalah peran penting buat kamu untuk mempelajari buah apa saja yang boleh diberikan untuk anjing dan buah mana sayang dilarang untuk diberikan.

Pada artikel ini, kami juga akan memberikan informasi mengenai deretan buah yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan untuk anjing. 

Buah yang Diperbolehkan Untuk Anjing

Buah Yang Diperbolehkan Untuk Anjing
buah yang diperbolehkan untuk anjing - the farmers dog

Tidak semua buah-buahan dan sayuran bisa kamu suguhkan ke anjing peliharaanmu. Mereka memang membutuhkan nutrisi dari buah-buahan, namun tidak sebanyak nutrisi yang dibutuhkan manusia.

Jadi memberi makan buah pada anjing tidak boleh sembarangan. Berikut daftar buah yang diperbolehkan untuk anjing.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apel

Memberikan apel sekali sehari mungkin tidak akan memberikan masalah pada anjingmu, asal kamu memberikannya dengan irisan-irisan kecil. Apel bisa jadi cemilan yang bagus untuk anjingmu.

Pastikan saat memberi apel kamu sudah membuang bijinya, karena biji apel mengandung sedikit sianida dan menimbulkan resiko tersedak.

Manfaat apel untuk anjing: Apel dapat membersihkan gigi dan menyegarkan nafas atau bau mulut pada anjing.

Pisang

Kamu juga boleh memberikan buah yang satu ini. Bukan hanya kera atau monyet saja yang dapat diberikan pisang, namun anjing pun bisa kamu berikan pisang sebagai camilan.

Jangan lupa membuka kulit pisang terlebih dahulu sebelum memberikannya ya. Ini bisa kamu jadikan cemilan saat kamu sedang beraktivitas di luar bersama anjing kesayanganmu.

Manfaat pisang untuk anjing: Pisang bagus untuk pencernaan anjing, serta untuk kesehatan jantung dan ototnya.

Blackberry

Blackberry juga cukup aman jika kamu ingin memberikan ada anjing sebagai cemilan. Jangan lupa untuk memotong blackberry dalam gigitan-gigitan kecil.

Pilihlah blackberry yang manis, karena mungkin anjing tidak akan terlalu suka dengan rasa asam.

Manfaat blackberry untuk anjing: Blackberry memiliki sifat anti bakteri yang baik untuk mendukung kesehatan mulut.

Pepaya

Untuk memenuhi nutrisinya, kamu juga boleh memberikan anjing peliharaanmu dengan buah pepaya. Ini bisa menjadi camilan yang enak dan sangat bermanfaat untuk kesehatan anjing asalkan kamu tidak memberi  makan kulit dan bijinya ya.

Manfaat pepaya untuk anjing: Membantu untuk memberikan nutrisi untuk jantung, kekebalan tubuh serta pencernaan pada anjing.

Semangka

Tidak ada yang lebih menyegarkan saat kita menyantap semangka di tengah panasnya matahari di siang hari. Anjing peliharaanmu pun juga akan setuju. Kamu boleh memberikan semangka asal tidak dengan kulit dan bijinya. Karena kedua hal itu tidak bisa dicerna dengan mudah untuk anjing.

Manfaat buah semangka untuk anjing: Buah semangka tinggi akan likopen dan antioksidan yang tinggi. Ini bisa bermanfaat untuk melindunginya dari kerusakan sel.

Kamu bisa melihat artikel kami yang lainnya tentang buah yang boleh dimakan untuk anjing.

Daftar Buah-buahan yang Tidak Boleh Diberikan untuk Anjing

Buah Yang Dilarang Untuk Anjing
buah yang dilarang untuk anjing - dog time

Meskipun banyak sekali daftar buah yang boleh dimakan, tapi kamu harus berhati-hati untuk menghindari buah-buahan ini ya. Sebagai pemilik yang bertanggung jawab, sudah seharusnya kamu meneliti terlebih dahulu buah-buahan yang ingin kamu berikan walaupun tidak ada di daftar artikel ini.

Buah yang tidak diperbolehkan adalah:

  • Ceri
  • Jeruk Bali
  • Anggur
  • Jeruk Lemon
  • Jeruk Nipis
  • Plum

Saat kamu memberikan buah-buahan ini walaupun tidak ada di daftar buah yang boleh dimakan anjing, kamu juga harus waspada efek setelah anjingmu mengkonsumsinya. Jika ada efek negatif yang dirasakan, sebaiknya kamu jangan memberikan buah tersebut di kemudian hari.

Apabila artikel ini bermanfaat buat kamu, jangan lupa di share ke teman-teman atau komunitasmu ya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://tails.com/blog/2018/05/24/can-dogs-eat-fruit/
  • https://www.akc.org/expert-advice/nutrition/fruits-vegetables-dogs-can-and-cant-eat
  • https://www.thesprucepets.com/what-fruits-can-dogs-eat-4685023

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar