Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Kamis, 01 April 2021, 20:30 WIB

Jangan Khawatir, 10 Cara Menghilangkan Bau Anjing ini Sangat Ampuh

Jangan Khawatir, 10 Cara Menghilangkan Bau Anjing ini Sangat Ampuh

cara menghilangkan bau anjing - Petpintar

Merawat anjing memang menyenangkan. Tapi, mencium bau anjing yang menempel di baju tentu tidak tahan. Pahami 10 cara menghilangkan bau anjing berikut ini

Berurusan dengan bau hanyalah bagian dari pertunjukan kecil bagi pemilik hewan peliharaan. Dan meskipun kamu mungkin menyayangi anjing peliharaanmu seperti anggota keluarga, kamu mungkin kebingungan dengan cara menghilangkan bau anjing di rumah

Meskipun sebenarnya bau anjing tidak akan tercium jika kamu tahu bagaimana cara merawatnya, kadang anjing bisa menjadi bau karena mereka sedang sakit atau bermain ke suatu tempat yang membuat mereka kotor

10 Cara Menghilangkan Bau Anjing yang Dijamin Ampuh

Cara Menghilangkan Bau Anjing
cara menghilangkan bau anjing - dog struggles

Meskipun mungkin sulit untuk menghilangkan bau yang berhubungan dengan anjing, sangatlah mungkin untuk melakukannya dengan sedikit usaha dan pemikiran strategis yang baik untuk menghindari.

Jangan khawatir bila anjing peliharaan kamu muncul bau tidak sedap, cukup ikuti 12 langkah berikut untuk membantu cara menghilangkan bau anjing yang tidak sedap.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Sapu Pel Semua Lantai Keras Rumah Kamu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat mencoba membuat rumah tidak berbau adalah membuang semua kotoran lepas yang dihasilkan hewan peliharaan anda. Ini tidak hanya mencakup rambut dan kotoran yang mereka lacak di dalamnya, tetapi juga menjaga bulu mereka.

Karena, partikel rambut, bulu, dan debu sangat ringan, kamu harus sangat berhati-hati saat menanganinya. Sapu dengan lembut agar kamu tidak hanya menendang benda.

Sapu dengan lembut agar kamu tidak hanya menghilangkan benda di udara yang akan menyebar ke area lain di rumah kamu.

2. Sedot Menggunakan Penyedot Udara

Karpet kamu menyimpan banyak sekali rambut, debu, dan bulu. Jadi, sebaiknya kamu menyedot setiap inci persegi karpet di rumah kamu, termasuk karpet area mana pun.

Meskipun hampir semua penyedot debu akan membantu mengumpulkan beberapa benda bau yang bersembunyi di karpet, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli penyedot debu yang dirancang khusus untuk rumah dengan hewan peliharaan.

3. Gunakan Uap untuk Bersihkan Semua Karpet di Rumah Anda

Setelah anda menghilangkan semua bahan kering di karpet, kamu sebaiknya menggunakan pembersih uap sebagai cara menghilangkan bau anjing yang terperangkap di serat karpet. Tentu saja, kamu dapat meminta layanan pembersih karpet jika kamu mau.

Namun, pastikan saja bahwa mereka menggunakan bahan kimia yang ramah bagi hewan peliharaan. Kamu sebaiknya memindahkan anjingmu ke garasi atau halaman belakang rumah selama proses pembersihan karpet.

Pastikan juga semua karpet benar benar kering sebelum membiarkan anjingmu masuk kembali.

4. Cuci Semua Kain, Termasuk Bantal Sofa dan Sarung

Cara Membasmi Bau Anjing
Mencuci semua kain termasuk bantal sofa dan sarungnya - Petpintar

Hampir semua kain di rumahmu dapat menimbulkan bau, jadi cuci semua kain tersebut melalui mesin cuci. Kain ini juga termasuk sprei, selimut pada bantal sofa, bantal, dan apapun di rumahmu yang bisa dicuci dengan mesin.

 Selalu pastikan untuk mengeringkan sepenuhnya sebelum mengembalikan ke tempatnya.

Jangan lupa juga untuk mengingat bahwa pakaianmu juga bisa mulai berbau seperti anjing kamu. Jadi, sebaiknya cuci semua pakaian di rumah selama proses pembersihan, terutama jika kamu menghadapi masalah bau yang serius.

Ini tidak hanya akan membantu rumahmu tetap wangi, tetapi juga memastikan juga jika kamu sendiri tidak akan bau ketika meninggalkan rumah.

5. Cuci Tempat Tidur Anjingmu

Tempat tidur hewan peliharaan kamu kemungkinan merupakan benda paling bau di seluruh rumah, karena tempat tidurnya akan penuh dengan rambut, bulu, kotoran, air liur, dan juga urin.

Sebagian besar tempat tidur anjing yang bagus dapat dicuci dengan mesin, jadi kamu hanya perlu melepas penutupnya dan menjalankanya melalui mesin cuci.

Setelah kamu mencuci penutup dan memasangkannya kembali, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk merawat penutup dengan pengusir noda. Hal ini dilakukan untuk menjaga kasur tersebut lebih bersih dan wangi.

6. Biarkan Udara Segar Masuk

Meskipun ini bukan obat ajaib, membiarkan udara segar masuk di luar rumah akan membantu cara menghilangkan bau anjing. 

Mulailah dengan membuka setiap jendela di rumah serta pintu apapun yang kamu bisa buka. Nyalakan juga semua kipas angin di unit pusat rumah. Jika kamu cukup beruntung memiliki kipas yang menempel pada dinding, pastikan untuk menyalakannya.

7. Beli dan Gunakan Alat Pembersih Udara

Penjernih udara dapat membantu menarik sebagian bulu dan kotoran keluar dari udara di rumah kamu, yang akan membantu rumah kamu tetap wangi.

Ada beberapa jenis pembersih udara yang tersedia, pilihlah salah satu yang dirancang khusus untuk membantu mengatasi bau hewan peliharaan.

Ingatlah bahwa pembersih udara berkualitas tinggi tidak hanya akan menyaring partikel dari udara di rumah, tetapi juga membunuh bakteri jamur di udara.

Hal ini dapat membantu mengurangi masalah terkait bau lebih jauh dan juga membantu mencegah keluarga dan hewan peliharaan kamu terhindar dari berbagai penyakit.

8. Temukan dan Perbaiki Masalahnya

Jika kamu masih mencium bau yang tertinggal, itu mungkin disebabkan oleh masalah yang terisolasi, seperti bintik kencing yang muncul di karpet atau tempat anjing kamu muntah di lantai setelah menggali melalui tempat sampah.

Kamu perlu mencari dan mengidentifikasi salah satu dari jenis area bermasalah ini untuk membersihkannya. Dekatkan hidung kamu dan endus bagian yang kemungkinan menjadi sumber bau. Setelah menemukan area yang menjadi perhatian, cobalah untuk menghilangkan dari cara-cara diatas.

9. Gunakan Cat Penyegel Bau untuk Mengatasi Noda Membandel di Dinding

Dari waktu ke waktu, kamu mungkin menemukan bahwa noda urin di rumah kamu tidak terbatas pada lantai, bahkan dapat menghiasi bagian bawah dinding kamu.

Biasanya, kamu hanya memiliki dua opsi dalam jenis kasus berikut, yaitu mengganti bagian drywall yang terkena atau mengecat ulang area tersebut dengan cat primer penyekat noda dan bau yang dirancang untuk jenis masalah ini.

Dan meskipun yang terakhir bukanlah solusi yang cepat dan mudah. Hal ini lebih sederhana daripada pendekatan sebelumnya.

10. Ketahui Cara Merawat Anjing dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Anjing Yang Benar
cara merawat anjing yang benar - PetpIntar

Selain kamu mengetahui berbagai cara menghilangkan bau tidak sedap pada anjing, kamu juga harus tahu bagaimana cara merawat anjing dengan benar. Karena, bau tidak sedap bukan hanya muncul ketika anjing meninggalkan air liur, kencing dan kotoran.

Bau tidak sedap pada anjing bisa disebabkan karena pemiliknya tidak pernah merawat, membersihkan, dan memandikan badannya dengan menggunakan shampo khusus yang dirancang untuk anjing.

Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir bau anjing yang menempel pada rumahmu. Mandikan anjing secara rutin sehingga bau pada anjing tersebut bisa terjaga.

Nah, itu dia tadi 10 cara menghilangkan bau anjing yang tidak sedap dan menjaga mereka tetap wangi meski di rumah, atau di perjalanan. Intinya, untuk mencegah adanya bau, kamu harus merawatnya dengan baik. Rajin-rajinlah untuk memandikan anjing.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Selasa, 22 September 2020, 16:00 WIB
Update pada: Kamis, 01 April 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://fantasticcleaners.com.au/blog/eliminating-dog-smell/
  • https://www.eyeenvy.com/blog/10-ways-to-get-rid-of-dog-smell/
  • https://www.realtor.com/advice/home-improvement/how-to-remove-dog-smells-from-your-home/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar