Hari ini: Sabtu, 27 Februari 2021
Selasa, 29 September 2020, 10:00 WIB

100% Dijamin Bersih, Ikuti 7 Cara Membersihkan Telinga Anjing Berikut

100% Dijamin Bersih, Ikuti 7 Cara Membersihkan Telinga Anjing Berikut

Menjaga kebersihan dan kesehatan anjing adalah suatu hal yang penting, salah satunya adalah telinga. Ketahui 7 cara membersihkan telinga anjing berikut ini.

Salah satu cara yang sangat penting untuk memantau kesehatan anjing kesayanganmu adalah dengan mengetahui cara membersihkan telinga anjing dan memeriksanya setiap minggu.

Kami mungkin tidak berpikir untuk melakukan ini sendiri, tetapi apakah ini sangat penting untuk anjing yang memiliki telinga terkulai atau anjing dengan alergi.

Seringkali, ketika memeriksa telinga anjing kamu akan menemukan bahwa mereka perlu dibersihkan. Membersihkan telinga anjing di rumah cukup sederhana selama telinganya tidak terinfeksi atau rusak.

Pastikan perawatan telinga yang tepat untuk rekan setia Anda dengan secara teratur memeriksa dan membersihkan telinganya, terkulai atau lainnya.

7 Cara Ampuh Membersihkan Telinga Anjing Peliharaanmu

Cara Membersihkan Telinga Anjing

Cara membersihkan telinga anjing kerap belum diketahui oleh kebanyakan pemilik anjing, terutama bagi yang masih pemula. Hal ini tidak boleh terjadi pada diri kamu, segera ketahui apa saja yang perlu disiapkan dan dilakukan untuk menjaga kesehatan anjing kesayangan kamu tetap terjaga.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membersihkan telinga anjing dengan baik dan benar.

1. Siapkan alat pembersih telinga anjing

Internet penuh dengan solusi pembersih telinga buatan sendiri untuk anjing. Namun, larutan pembersih telinga yang disetujui dokter hewan adalah pilihan teraman.

Beberapa larutan pembersih telinga buatan sendiri mengandung bahan berbahaya atau mengiritasi. Yang lainnya tidak melakukan pekerjaan dengan baik.

Kebanyakan dokter hewan menyediakan pembersih telinga untuk anjing. Kamu juga dapat bertanya kepada dokter hewan tentang produk yang mereka rekomendasikan untuk anjing Anda, karena beberapa solusi mungkin lebih bermanfaat untuk kebutuhan spesifik anak anjing Anda daripada yang lain.

Baca Juga: Lucu Banget! Ini 8 Jenis Anjing Kecil nan Imut yang Cocok Kamu Pelihara Di Rumah

2. Beli pembersih telinga anjing komersial atau buat sendiri dengan produk rumah tangga biasa.

Salah satu bahan pembersih yang dapat digunakan di bagian luar bagian dalam penutup telinga. Prosedur untuk membersihkan telinga sama dengan pembersih telinga komersial seperti versi buatannya.

Caranya pun sangat mudah. Pertama, campurkan beberapa sendok makan cuka dan alkohol, gosok dalam jumlah yang sama bersama-sama dalam mangkuk yang bersih.

Pastikan pada suhu kamar sebelum digunakan, karena tidak ada hewan termasuk anjing, yang menyukai cairan dingin di telinganya.

Campuran ini akan aman digunakan pada bagian dalam telinga anjing milikmu yang terlihat.

Namun kamu perlu ingat untuk tidak menggunakan campuran ini jika kamu mencurigai anjing milikmu mengalami infeksi telinga dan jangan tuangkan ke dalam liang telinga itu sendiri.

3. Celupkan bola kapas ke dalam cairan.

Peras kelebihan air pada kapas agar kapas basah tetapi tidak menetes. Jika kamu memiliki anjing yang sangat kecil, kamu mungkin bisa menggunakan setengah bola kapas.

Sebagai alternatif, kamu bisa membungkus sepotong kain kasa dengan longgar di sekitar jari telunjukmu dan celupkan ke dalam cairan. Kain kasa tidak boleh basah kuyup.

Jika kamu secara tidak sengaja mengoleskannya terlalu banyak, peras sedikit dan lanjutkan. Ini adalah alternatif yang lebih lembut dari Q-Tip, yang bisa membuat anjing peliharaanmu sedikit tidak nyaman.

Pegang saja kain kasa di tempatnya dengan ibu jari dan jari telunjukmu.

Cara Membersihkan Telinga Anjing Selanjutnya...

INGIN LEBIH TAHU TENTANG ANJING?
Cari info Anjing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Usap lembut bagian dalam penutup telinga anjing

Cara Membersihkan Telinga Pada Anjing

Singkirkan semua kotoran-kotoran yang terlihat. Jika anjing peliharaanmu memiliki telinga yang sangat kotor, prosesnya mungkin membutuhkan beberapa bola kapas.

Selama kamu bersikap lembut dan tetap berada di depan saluran pendengaran, anjing kamu dapat mentolerir prosedur ini dengan sangat baik.

Kamu pun harus memperhatikan beberapa hal. Pertama, bersihkan dengan lembut karena kulit mudah rusak. Cuka dan alkohol bisa menyengat kulit yang rusak.

Kedua, pastikan untuk membersihkan celah-celah dengan lembut karena kotoran dan lilin dapat menumpuk di area ini. Dan yang terakhir, bersihkan bagian dalam kedua telinga.

Terus pegang penutup telinga secara vertikal dan pijat dengan lembut bagian dasar telinga di bawah lubang telinga selama sekitar 30 detik. Ini memungkinkan obat untuk melapisi seluruh saluran telinga.

Kamu mungkin akan mendengar lagi suara 'squishing' di telinga saat obat melapisi bagian horizontal liang telinga.

5. Tuangkan cairan pada telinga anjing (hanya disarankan oleh dokter hewan)

Biasanya dokter hewan akan menyarankan hal ini jika telinga milik anjingmu penuh dengan kotoran. Kamu dapat menggunakan pembersih telinga untuk mengairi ataupun membasahi telinga. Ini akan menghilangkan banyak bahan tebal lengket dari liang telinga milik anjingmu.

Untuk melakukannya, posisikan ujung botol pembersih telinga tepat di bukaan liang telinga di dalam penutup telinga. Peras botol untuk membasahi liang telinga dengan cairan. Gosok pangkal telinga dengan lembut dan pijat telinga milik anjingmu secara lembut selama 60 detik.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Anjing yang Wajib Kamu Kenali Biar Makin Akrab!

6. Biarkan anjing peliharaanmu menjernihkan telinganya setelah dibersihkan.

Wajar jika anjing milikmu ingin menggelengkan kepalanya setelah dibersihkan. Biarkan saja, tetapi putar wajahmu untuk menjauhi anjing agar tidak ada cairan atau kotoran di mata milikmu. Ini akan membantu membersihkan sisa cairan pembersih yang keluar dari liang telinga.

Setelah anjing peliharaanmu mengeluarkan cairan berlebih, lap telinganya lagi dengan kain kasa atau bola kapas. Ini akan menghilangkan bahan yang keluar dari saluran telinga selama kepala bergetar.

7. Bersihkan telinga anjing Anda secara teratur.

Pemeriksaan dan pembersihan telinga mingguan akan menjadi jadwal yang bagus untuk dipatuhi dan akan membantumu mengetahui potensi masalah kesehatan telinga.

Kotoran menumpuk lebih cepat dan dapat menyebabkan infeksi, terutama pada gigi taring bertelinga terkulai. Untuk itu, kamu harus secara rutin melihat dan juga membersihkan telinga anjing milikmu agar terhindari dari kotoran dan penyakit yang akan menyerang.

Demikianlah 7 cara membersihkan telinga anjing dengan baik dan benar tanpa harus melukai, berkelahi terlebih dahulu ataupun menggunakan bahan kimia yang cukup berbahaya. Semua tahapan di atas benar-benar aman dan mudah dilakukan.

Setelah membaca artikel ini, diharapkan semua pemilik anjing se-Indonesia dapat menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan miliknya.

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://vcahospitals.com/know-your-pet/instructions-for-ear-cleaning-in-dogs
  • https://www.akc.org/expert-advice/health/how-to-clean-dogs-ears/
  • https://www.purina.co.uk/dogs/health-and-nutrition/grooming-and-daily-care/how-to-clean-a-dogs-ears
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar