Hari ini: Selasa, 05 Maret 2024
Kamis, 25 Agustus 2022, 20:00 WIB

Sebelum Terlambat, Kenali Cara Mengobati Kaki Anjing Keseleo Yang Pincang dengan Ampuh

Sebelum Terlambat, Kenali Cara Mengobati Kaki Anjing Keseleo Yang Pincang dengan Ampuh

cara mengobati anjing keseleo - doggy brace

Melihat anjing kamu berjalan pincang? Bisa jadi hal ini karena kakinya mengalami keseleo. Segera atasi dengan cara mengobati anjing keseleo berikut ini

Sobat Pintar, apakah kamu masih ingat jika PetPi sudah pernah membahas tentang beberapa penyebab pincang pada anjing? Ya, dimana salah satunya adalah karena kaki anjing yang keseleo. Umumnya, anjing yang mengalami kondisi keseleo akan kesulitan dalam berjalan dan mungkin juga akan tampak ragu-ragu ketika bergerak.

Kondisi sobeknya tendon atau jaringan otot yang ringan memang bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi bagaimana bila tidak sembuh? Nah untuk itu, berikut ini adalah beberapa langkah melakukan pertolongan pertama pada anjing yang keseleo.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Anjing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Bagaimana Cara Mengobati Anjing Keseleo Yang Pincang?

Cara Mengobati Anjing Keseleo
ilustrasi anjing keseleo - wagwalking

Sebagai pemilik anabul yang baik sudah sewajarnya jika kita memperhatikan seluruh aspek kesehatannya, seperti ketika ia keseleo. Kondisi ini terkadang sering diremehkan, karena dianggap dapat sembuh dengan sendirinya. Padahal, apabila dibiarkan saja maka akan sangat berbahaya dan bahkan bisa menimbulkan kerusakan permanen.

Untuk itu agar kondisinya tersebut tidak semakin parah, segera ikuti beberapa langkah pertolongan pertama pada anjing keseleo yang pincang di bawah ini.

1. Siapkan Tempat Yang Nyaman

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika mengetahui anjing mengalami keseleo adalah dengan menyiapkan tempat yang nyaman terlebih dahulu. Kamu dapat menyiapkan pet bed yang bersih dan empuk. Apabila memang tidak ada, menggunakan bantal dan tumpukan selimut juga diperbolehkan.

Karena anjing yang keseleo perlu istirahat penuh agar cepat pulih. Sehingga tempat tidur yang nyaman sangatlah penting agar anjing betah untuk beristirahat. Alasan harus menggunakan alas empuk agar bagian kaki yang keseleo begitu terasa sakit. Anjing pun bisa dengan tenang diam tanpa harus menggerakan terlalu banyak kakinya.

2. Bersihkan Kaki Anjing

Setelah menaruhnya pada tempat yang nyaman, kamu mulai dapat membersihkan area pada bagian kakinya. Usap kaki anjing dengan lembut dan perlahan, kemudian jika anjing kamu kesakitan pada area tertentu berarti lokasi tersebutlah tempat keseleo itu terjadi.

Selain menjaga kebersihan dengan membersihkan anjing yang keseleo, kamu juga bisa mengecek apakah ada luka terbuka pada tubuhnya. Lalu, apabila kamu menemukan luka terbuka, segera tutup dan obati dengan obat luka anjing yang bisa kamu beli di toko hewan terdekat. Tentu saja hal ini dilakukan agar tidak terjadi infeksi pada kaki anjing tersebut.

3. Batasi Aktivitas Anjing

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa anjing yang keseleo harus banyak istirahat. Sehingga kamu harus membatasi aktivitasnya. Karena kaki anjing tidak boleh terlalu banyak bergerak. Kamu dapat mengajaknya jalan–jalan seperti biasanya, tapi jangan terlalu lama atau jauh.

Jangan sampai anjing berlari supaya keseleonya tidak bertambah parah. Ketika mengajak jalan–jalan, lebih baik gunakan tali harnes pendek. Hal ini akan sangat membantu mengurangi pergerakan anjing. Perlu kamu tahu, anjing terkadang tidak akan terlalu memperdulikan rasa sakitnya bila sedang semangat. Sehingga penting sekali untuk membuatnya tetap tenang dan tidak terlalu banyak bergerak.

4. Kompres Dengan Es Batu

Mengompres kaki anjing yang keseleo dengan es batu juga akan sangat membantu pemulihan dengan sangat cepat. Kamu dapat memasukkan es batu dalam handuk, lalu kompres kaki anjing selama 10 hingga 15 menit. Cara ini akan sangat membantu mempercepat peradangan atau bengkak akibat keseleo.

Tidak hanya itu saja, cara ini bisa menstabilkan peredaran darah dan juga menghindari iritasi. Mengompres dengan es batu juga mampu mengurangi rasa sakit yang dialami oleh anjing. Sehingga mereka bisa dengan nyaman beristirahat. Sangat disarankan untuk mengompresnya dua jam sekali.

Ada alternatif lain jika tidak ingin mengompresnya dengan es batu, yaitu dengan menggunakan sayuran, seperti kacang-kacangan yang telah didinginkan terlebih dahulu. Dengan cara ini, suhu dingin akan menyebar ke area kaki anjing yang keseleo. Sehingga anjing pun akan cepat sembuh dan bisa beraktivitas kembali.

5. Kompres Dengan Air Hangat

Untuk cara yang satu ini sendiri bisa dilakukan apabila anjing keseleo karena ototnya tegang. Dengan mengompres dengan air hangat, maka otot akan lemas dan sirkulasi darah juga akan semakin lancar. Cara mengompresnya adalah dengan merendam handuk ke dalam air hangat dan pastikan suhunya tidak terlalu panas.

Kemudian, tempelkan pada bagian kaki yang keseleo dan diamkan selama 10 hingga 15 menit lamanya. Setelah itu, kamu dapat mengulangi cara ini setiap satu jam sekali. Ada satu hal penting yang harus kamu tahu adalah jangan mengompres kaki anjing dengan air hangat apabila anjing baru selesai jalan–jalan.

6. Tunggu Selama 48 Jam

Cara Mengobati Kaki Anjing Keseleo
ilustrasi kaki anjing keseleo - integricare

Pada dasarnya keseleo pada anjing tidak akan berlangsung begitu lama, yaitu selama 48 jam saja. Dalam kurun waktu tersebut biasanya bengkak sudah hilang dan anjing bisa berjalan dengan normal kembali. Meski kamu juga tetap harus waspada agar tidak terulang kejadian yang sama.

Namun, jika dalam kurun waktu tersebut ternyata masih tidak membaik, maka bawalah ke dokter. Ditakutkan terjadi masalah lain yang ternyata belum terdeteksi, contohnya adalah penyakit kanker. Sehingga selama 48 jam, kamu harus mengawasi dengan benar, apakah bengkak sudah kempes atau belum.

Menangani anjing keseleo membutuhkan perhatian lebih. Terkadang ada anjing yang merasa sakit akan kehilangan nafsu makan. Jika hal ini terjadi, maka kamu harus mengawasinya dengan ketat. Berikan makanan yang sekiranya bisa meningkatkan nafsu makan anjing. Jangan pernah memberikan anjing obat anti nyeri yang biasa digunakan pada manusia karena tindakan ini akan sangat berbahaya.

Sobat Pintar, itulah ulasan mengenai beberapa cara mengobati keseleo pada kaki anjing yang pincang. Diharapkan dengan cara ini akan membantu anabul cepat sehat kembali dan kembali aktif.

Terakhir, PetPi sangat menyarankan ketika mengetahui kondisi anjing tidak baik–baik saja, segeralah periksa ke dokter hewan. Karena anjing hanya bisa menjilati kakinya dan tidak bisa mengatakan apa yang mereka rasakan.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Anjing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://retail.water-decor.com/2011/06/tips-mengatasi-anjing-keseleo.html
  • https://id.wikihow.com/Merawat-Keseleo-pada-Anjing

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar