Hari ini: Minggu, 17 Oktober 2021
Sabtu, 02 Oktober 2021, 14:00 WIB

7 Penyebab Kucing Tidur di Kamar Mandi, Pemilik Wajib Tau!

7 Penyebab Kucing Tidur di Kamar Mandi, Pemilik Wajib Tau!

penyebab kucing tidur di kamar mandi - grid

Penyebab kucing tidur di kamar mandi ada berbagai macam, dari alasan ringan hingga berat. Berikut ini adalah beberapa penyebab ia lebih nyama di kamar mandi

Sobat pintar, bagi Kamu yang memelihara kucing pasti sering bertanya tentang perilaku mereka yang terkadang sulit dimengerti. Salah satunya adalah kucing yang suka tidur di kamar mandi.

Perilaku yang satu ini sering kali membuat pecinta kucing bertanya-tanya, kenapa kucing suka sekali tidur di kamar mandi.

Nah, Petpi disini akan menjelaskan sebenarnya apa penyebab kucing tidur di kamar mandi. Ikuti terus, ya. 

Apa Penyebab Kucing Tidur di Kamar Mandi?

Penyebab Kucing Tidur Di Kamar Mandi
penyebab kucing tidur di kamar mandi - its blossom

Banyak sekali penyebab mengapa kucing memilih tidur di kamar mandi. Walau sebagian tidaklah begitu serius, tapi sebagai pecinta kucing tetap saja kamu harus mengetahuinya.

Berikut ini adalah penyebab kucing memilih tidur di kamar mandi: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Penasaran

Perlu sobat ketahui, bahwa kucing mempunyai sifat ingin tahu yang sangat tinggi terutama ketika ada ruangan yang pintunya tertutup. Sebagian dari pemilik kucing sudah pasti akan menutup pintu kamar mandi meski tidak digunakan.

Hal inilah yang membuat kucing menjadi penasaran sehingga akan masuk ke kamar mandi lalu tidur di sana jika memang pintu terbuka. 

Apabila kamu khawatir hal ini menjadi penyebab kucing tidur di kamar mandi, lebih baik kamu selalu menutup pintunya.

Kalau hanya masuk sesekali mungkin tidak apa-apa, tapi jika terlalu sering tentu saja agak mengkhawatirkan terlebih kamar mandi adalah tempat lembab yang bisa menyebabkan masalah kulit pada tubuh kucing. 

2. Tempat Yang Aman

Alasan lain mengapa kucing suka tidur di kamar mandi adalah mereka menganggap ruangan tersebut adalah tempat paling aman.

Hal ini karena kamar mandi adalah ruangan yang terbilang tidak terlalu besar dan membuat kucing bisa melihat isi seluruh ruangan. Sehingga membuat mereka menjadi lebih aman jika beristirahat di kamar mandi. 

Jika kamu yakin bahwa alasan paling kuat mengapa kucing tidur di kamar mandi karena merasa aman, pastikan bahwa ada bagian dalam kamar mandi yang jarang terkena air atau benar-benar kering.

Walau sebagian kucing tidak takut pada air, tapi bukan berarti kamu membiarkan mereka selalu basah. 

3. Suara Air Mengalir

Penyebab kucing tidur di kamar mandi selanjutnya adalah karena adanya suara air mengalir. Walaupun kucing tidak sepenuhnya suka dengan air, tapi mereka sangat senang mendekati suara air mengalir.

Karakteristik kucing berbeda-beda, ada yang memang senang mendekati air sehingga selalu mencari sumbernya, ada juga karena mereka merasa ada sumber air untuk kebutuhan minum. 

Makanya, kamu tidak perlu heran ketika kucing selalu melihat ke arah keran yang mengalirkan air.

Bagi kamu yang tidak ingin kucing selalu tidur di kamar mandi, lebih baik sediakan air minum dalam jumlah cukup. Apabila kucing kesayangan tertarik dengan air yang mengalir, tidak ada salahnya kamu membeli dispenser air minum khusus kucing yang banyak dijual. 

4. Ada Wastafel

Apakah kamar mandi di rumahmu memiliki wastafel? Jika iya, ini bisa menjadi salah satu penyebab kenapa kucingmu sering kali tidur di kamar mandi.

Bila kamu perhatikan, bentuk wastafel sangatlah nyaman dan berada di tempat yang tinggi. Kucing memiliki insting untuk tetap berada di tempat tinggi demi keamanan mereka. Sehingga tidak heran, banyak sekali kucing yang senang tidur di wastafel. 

Jika memang kucingmu suka tidur di wastafel kamar mandi, ada baiknya selalu mengeringkan seluruh area wastafel agar kucing tetap nyaman.

Selain itu juga supaya tubuh kucing tidak selalu basah. Tapi, bila kamu merasa bahwa kebiasaan ini mengganggu, Petpi sarankan untuk menyediakan tempat tidur yang nyaman dan diletakan di lokasi yang agak tinggi. Semisalnya adalah menyediakan cat tree yang juga mudah kamu temukan di pet shop. 

5. Mencari Tempat Yang Dingin

Cuaca di Indonesia yang terkadang sangat panas juga bisa menjadi salah satu penyebab kucing tidur di kamar mandi. Kebanyakan dari mereka akan mencari tempat yang suhunya agak dingin agar tidak kepanasan.

Hal inilah yang perlu kamu khawatirkan. Jika memang panas adalah penyebab mengapa kucing memilih tidur di kamar mandi. 

Karena ini menkamukan bahwa sirkulasi pada rumahmu tidaklah begitu baik sehingga menyebabkan suhu ruangan terlalu panas.

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya kamu menyediakan kipas atau pendingin ruangan agar bisa menstabilkan suhu di dalam rumah.

Kamu juga bisa membuka jendela rumah setiap harinya. Bila kamu khawatir kucing akan main keluar, maka bisa menggunakan jaring penutup jendela.

6. Kucing Sakit

Penyebab lainnya adalah bisa jadi kucing sedang sakit. Ketika kucing merasa sakit, mereka biasanya akan lebih memilih tidur di tempat yang dingin karena suhu tubuhnya sedang naik atau mengalami demam.

Jika Kamu menemukan kucing sering tidur di kamar mandi dan terlihat lemas serta tidak mau bergerak, lebih baik waspada. 

Cek suhu tubuh mereka apakah mengalami demam atau tidak. Lalu cek juga bagian gusi, kucing yang sakit biasanya mempunyai warna gusi yang pucat atau bahkan putih.

Apabila kamu menyadari bahwa kucing lemas, segera periksakan ke dokter hewan. 

7. Memang Suka Tidur Di Kamar Mandi

Penyebab terakhir mengapa kucing suka tidur di kamar mandi karena mereka memang lebih suka di ruangan tersebut. Perlu kamu ketahui, bahwa karakteristik kucing berbeda-beda, sehingga kesukaan mereka pun pasti akan berbeda satu sama lain.

Jika segala cara tidak bisa membuat kucing tidak masuk kamar mandi lagi, maka bisa dikatakan memang anabul suka tidur di sana. Selama kamu tetap menjaga kebersihan dan memastikan lokasi tempat kucing tidur kering, sepertinya tidak perlu khawatir. 

Sobat pintar, itulah penyebab kucing tidur di kamar mandi yang perlu kamu ketahui. Walaupun ada penyebab yang serius, tapi selama kamu tahu bagaimana harus menanganinya, maka tidak perlu khawatir lagi. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/15/204300576/5-alasan-kucing-suka-tidur-di-kamar-mandi
  • https://www.wartamataram.com/gemes-banget-ternyata-ini-alasan-kucing-suka-ikut-ke-kamar-mandi-mau-bantuin-kita/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar