Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Minggu, 25 April 2021, 16:00 WIB

Penyebab dan Cara Menidurkan Kucing yang Hiperaktif di Malam Hari

Penyebab dan Cara Menidurkan Kucing yang Hiperaktif di Malam Hari

cara menidurkan kucing - katzenworld

Apakah kucing peliharaan suka mengganggu kamu saat tidur di malam hari? Yuk, ketahui penyebab dan cara mudah menidurkan kucing yang hiperaktif berikut ini.

Memiliki kucing peliharaan di rumah itu berarti Sobat Pintar harus siap dengan tingkah laku mereka selama 24 jam. Nah, pernahkah melihat perilaku kucing tidur seharian, namun malah sangat aktif pada malam hari.

Pada waktu di mana semua orang terlelap dan beristirahat setelah beraktivitas seharian, kadang tingkah laku kucing yang disebut sebagai hiperaktif ini membuat beberapa majikan resah. Mungkin juga pernah dialami sendiri Sobat Pintar, nih!

Lantas, bagaimana cara mengatasi kucing hiperaktif? Salah satunya tentu bisa dengan membuatnya tidur sehingga tidak mengganggu waktu istirahatmu.

Berikut adalah alasan kenapa kucing hiperaktif dan bagaimana cara cepat menidurkan kucing yang bisa Sobat Pintar praktikkan pada peliharaan di rumah.

Kenapa Kucing Jadi Hiperaktif di Malam Hari?

Penyebab Kucing Tidak Mau Tidur
penyebab kucing hiperaktif di malam hari - why cat why

Dilansir dari Pets WebMD, kucing peliharaan memiliki pola tidur yang berbeda dengan manusia. Kucing tergolong ke dalam hewan krepuskular (crepuscular) yang aktivitasnya cenderung lebih aktif menjelang waktu senja dan fajar.

Walaupun hal ini tergolong normal, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kucing hiperaktif pada malam hari, misalnya:

  • Ditinggal sendirian di rumah. Kebanyakan majikan meninggalkan kucing mereka di rumah selama bekerja atau beraktivitas ke luar rumah. Akibatnya, kucing cenderung lebih banyak tidur untuk menyimpan energinya pada malam hari.
  • Kucing yang sering ditinggal sendirian mungkin akan mengalami kebosanan, akibatnya mereka akan lebih berinteraksi dan mencari perhatian saat majikannya pulang ke rumah.
  • Di alam liar, kucing mencari mangsa pada waktu senja. Hal ini mungkin mengakibatkan kucing merasa kelaparan pada malam hari, terlebih apabila majikan tidak memberikan cukup asupan makanan kucing sebelumnya.
  • Usia kucing. Hal ini juga memengaruhi pola tidur dan aktivitas kucing. Umumnya, anak kucing atau kucing remaja paling rentan mengalami hiperaktif pada malam hari.
  • Masalah kesehatan tertentu. Sejumlah kondisi tertentu bisa membuat kucing hiperaktif, merasa tidak nyaman, atau bersuara vokal pada malam hari. Beberapa di antaranya, seperti penyakit kronis, gangguan kecemasan, dan hipertiroidisme.

Kucing peliharaan yang hiperaktif pada malam hari mungkin akan menunjukkan tanda, seperti mengajak bermain, menggigit jari-jari kaki atau telinga, dan bersuara vokal. 

Apabila Sobat Pintar menemukan tingkah laku hiperaktif yang diikuti gejala kucing sakit, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan untuk mengetahui masalah kesehatannya.

Bagaimana Cara Menidurkan Kucing yang Hiperaktif?

Cara Menidurkan Kucing
cara menidurkan kucing - we heart

Menurut Dr. Nicholas Dodman, ahli perilaku hewan di Westborough, Massachusetts seperti dilansir dari PetMD, perilaku kucing yang sangat aktif pada malam hari merupakan hal yang alami. Naluri alami kucing ini untuk berburu dan mengejar mangsanya.

Apabila Sobat Pintar merasa terganggu dengan aktivitasnya, berikut ini adalah beberapa cara menidurkan kucing yang bisa dipraktikkan untuk membuatnya jadi lebih tenang.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Menjaga kucing tetap aktif di siang hari

Kucing membutuhkan pelepasan energi pada siang hari, agar Sobat Pintar dapat dengan mudah menidurkan kucing saat pulang kerja. Nah, untuk membuat mereka tetap aktif salah satunya adalah dengan menyediakan mainan kucing sebagai aktivitasnya.

Saat meninggalkan rumah, pilihlah jenis mainan yang bisa kucing mainkan sendiri, seperti tikus mainan atau boneka. Kedua jenis mainan ini umumnya dilengkapi dengan catnip untuk menarik minat kucing peliharaan.

Setelah Sobat Pintar kembali ke rumah, jangan lupa untuk menghabiskan waktu luang bersama kucing. Ajak kucing melakukan permainan, seperti bermain sinar laser, lempar-tangkap, atau menggunakan pancingan bulu (cat teaser).

Di samping membuat kucing bergerak dan melepaskan energi, aktivitas ini juga mencegah kebosanan yang bisa jadi penyebab kucing hiperaktif dan susah tidur di malam hari.

2. Mengajak kucing bermain ke luar rumah

Sebagian dari Sobat Pintar mungkin hanya memelihara peliharaan mereka di dalam ruangan, tanpa pernah membiarkannya ke luar rumah. Hal ini wajar karena faktor keamanan mungkin jadi alasan utamanya.

Walaupun begitu, kucing tetap memiliki naluri alamiah untuk mengenal dunia luar. Kucing akan mudah terangsang untuk mendekati pintu atau jendela saat mendengar suara lalu lalang kendaraan atau melihat hewan liar di luar rumah.

Salah satu cara untuk menghabiskan energi kucing adalah dengan menyediakan aktivitas luar ruangan yang aman. Jika memiliki halaman rumah, kucing bisa bermain di sana dengan aman. Kalau tidak, Sobat Pintar juga bisa menggunakan tali kekang khusus kucing dan mengajak peliharaan jalan-jalan ke sekitar rumah atau taman.

3. Mengubah jadwal makan kucing

Kucing sering kali tertidur setelah diberi makan. Mengubah jumlah makanan dan waktu pemberiannya bisa jadi salah satu cara cepat menidurkan kucing. 

Jika tidak sempat memberikan makan pada siang hari, Sobat Pintar bisa pertimbangkan pengumpan otomatis dengan jumlah makanan yang bisa diatur sepanjang hari. Setelah kembali ke rumah, segera hentikan pemberian makan dengan bantuan alat ini.

Sobat Pintar selanjutnya bisa memindahkan waktu makan ke larut malam untuk membuat kucing mengantuk dan akhirnya tertidur. Jangan izinkan kucing makan pada tengah malam, karena hal ini malah akan mengajarkan mereka tetap terjaga untuk makan.

4. Memisahkan kucing dari kamar tidur

Jika berbagai cara menidurkan kucing di atas belum ampuh untuk mengubah tingkah lakunya, pilihan terakhir Sobat Pintar adalah dengan menutup pintu kamar dan menjauhkan kucing selama beristirahat di malam hari.

Siapkan tempat tidur yang nyaman dengan kotak kotoran (litter box) sejauh mungkin dari kamar tidur. Letakkan juga handuk atau keset yang tidak disukai kucing di bagian bawah pintu agar mereka tidak menggaruk-garuk bagian tersebut.

Biarpun hal ini mungkin akan membatasi interaksi dengan peliharaan, tetapi lama-kelamaan kucing bisa mengetahui batas kapan majikannya bisa diganggu ataupun tidak.

5. Memberikan pengobatan tertentu

Jangan ragu untuk konsultasi ke dokter hewan untuk membantu mengatasi kucing yang susah tidur. Dokter hewan mungkin meresepkan obat tidur alami, seperti melatonin atan valerian yang dosisnya sudah disesuaikan dengan hewan peliharaan.

Mengobati masalah kesehatan, seperti hipertiroidisme yang menyebabkan hiperaktif dan gangguan tidur juga bisa membantu Sobat Pintar menidurkan kucing di malam hari.

Hal yang perlu selalu diingat adalah hal ini merupakan perilaku wajar bagi kucing. Hindari untuk menghukum kucing karena malah bisa membuatnya bertambah stres. 

Jika Sobat Pintar memiliki tips dan cara ampuh menidurkan kucing lainnya, jangan ragu untuk sampaikan pada kolom komentar di bawah, ya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pets.webmd.com/cats/guide/nighttime-activity-cats#1
  • https://www.petfinder.com/cats/cat-problems/cat-calm-at-night/
  • https://www.petmd.com/cat/behavior/5-ways-calm-down-crazy-cat
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar