Hari ini: Kamis, 11 Agustus 2022
Kamis, 13 Januari 2022, 10:00 WIB

Awas Rontok! Begini 6 Cara Menyisir Bulu Kucing Yang Benar

Awas Rontok! Begini 6 Cara Menyisir Bulu Kucing Yang Benar

cara menyisir bulu kucing - pumpkin

Jangan asal dan sembarangan, karena bisa bikin rontok bulunya. Kamu harus tahu cara menyisir bulu kucing dengan benar beserta cara perawatannya.

Sobat Pintar, apakah cara menyisir bulu kucing sudah kamu lakukan dengan benar? Bulu kucing yang terkenal indah ini memang membutuhkan perawatan yang ekstra juga.

Menyisir rambutnya menjadi salah satu perawatan dasar untuk kucing mu, agar bulunya tidak kusut. Menyisir juga bisa untuk mengurangi bulu berserakan di dalam rumah. 

Pada umumnya, kucing akan menikmati sesi ini karena ia merasa nyaman. Nah, di bawah ini ada langkah-langkah yang perlu kamu lakukan dalam menyisir bulu kucing agar tidak rontok.

Yuk mari kita simak bersama-sama.

Cara Menyisir Bulu Kucing Agar Lembut dan Berkilau

Cara Menyisir Bulu Kucing Agar Awet
cara menyisir bulu kucing agar awet - lucky dawg salon grooming

Kucing menjadi hewan yang sangat menggemaskan, apalagi bila bulunya panjang. Tentu saja kamu yang melihatnya semakin tertarik.

Apalagi saat melihatnya sedang tertidur meringkuk, mirip sekali dengan bola bulu. Untuk itu, apabila kamu ingin memiliki kucing dengan bulu yang bagus, ikuti langkah menyisir bulu kucing berikut ini, seperti: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Menyiapkan Peralatan

Sebelum mulai untuk menyisir, kamu bisa untuk menyiapkan seluruh alat-alat perawatan yang dibutuhkan seperti sisir khusus kucing, lap chamois (microfiber) yang digunakan untuk mengelapnya setelah disisir dan bila diperlukan persiapkan juga sarung tangan untuk melindungi tanganmu.

Hal ini perlu dilakukan agar pekerjaan kamu lebih lancar dan mudah ketika menyisirnya. 

2. Membuat Kucing Tenang

Cara menyisir bulu kucing berikutnya adalah dengan memperlakukan kucing kamu secara lembut demi mencegahnya melompat untuk menghindari kamu dan juga agar ia tidak mudah stres.

Kamu bisa duduk di sofa atau lantai dan letakkan kucing di sebelah mu atau di kaki mu. Jangan mulai sesi menyisir ini apabila kucing kamu belum tenang ya, Sobat Pintar! 

3. Memulai Sisir dari Kepala

Saat kamu ingin menyisirnya, kamu bisa mulai dari kepala nya lebih dulu lalu teruskan hingga ke ekornya. Sisir secara perlahan dan lembut agar kucing mu nyaman.

Harus kamu tahu saat menyisirnya, kamu hanya boleh menyisir searah dengan pertumbuhan rambutnya. Selain itu kamu harus berhati-hati ya, jangan asal pegang saat hendak menyisir ekornya, karena bagian tersebut menjadi area yang sangat sensitif untuk si kucing. 

4. Menyisir Bagian Dada

Angkat kaki depan dari kucing mu dan mulai untuk menyisir semua daerah dada secara perlahan-lahan.

Sama seperti ekor kucing, salah satu bagian tersulit dari cara menyisir bulu kucing adalah di bagian dada. Sehingga kamu harus hati-hati karena dada adalah bagian sensitif untuk si kucing.

Jika kamu salah langkah dan membuatnya tidak nyaman, kamu bisa dicakar oleh kucing mu. 

Jika perlu, kamu bisa menggunakan sarung tangan demi melindungi tangan mu dari cakaran si kucing.

Karena dada menjadi bagian sensitif sehingga biasanya kucing akan lebih banyak bergerak. Saat menyisirnya kamu bisa memegang kulit tengkuk kucing agar mencegahnya melompat atau bahkan kabur. 

5. Mengelap Tubuh Kucing

Setelah selesai menyisir seluruh bagian tubuh dari si kucing, kini waktunya kamu untuk melakukan sesi terakhir yaitu mengelap tubuhnya.

Kenapa bulu kucing juga perlu di lap? Tindakan ini dilakukan agar bulu-bulu halus sisa yang menempel pada tubuhnya dapat terangkat dengan sempurna. 

Nah, kamu bisa mulai mengelapnya dari bagian kepala dan diakhiri pada bagian ekornya sama seperti habis dimandikan. Terpenting lakukan ini dengan perlahan ya agar ia tidak kaget dan langsung mencakar.

6. Membersihkan Bulu

Terakhir jangan lupa untuk membersihkan bulu yang ada di sisir setelah kamu menggunakannya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya penyakit kulit pada kucing ketika sisir ingin dipakai kembali.

Selain itu, kotak pasir dan kandangnya juga perlu dibersihkan agar kotoran dari bulu kucing yang rontok tidak menempel kembali. 

Nah, setelah kamu mengetahui cara menyisir bulu kucing dengan benar. Tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas bagaimana cara merawat bulu kucing agar terlihat bagus dan sehat.

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah untuk merawat bulu kucing mu. 

Cara Merawat Bulu Kucing Agar Tidak Mudah Rontok

Cara Merawat Bulu Kucing
cara merawat bulu kucing - the pets

Untuk mendapatkan bulu kucing yang bagus dan kuat, tidak cukup hanya dengan menyisirnya satu kali saja tetapi kamu juga harus konsisten dalam memperhatikan banyak hal, seperti makanan, kesehatan, kebersihan dan beberapa faktor lainnya.

Untuk itu, di bawah ini ada ulasan singkat tentang cara merawat bulu kucing yang tepat. 

1. Sering Memandikan Kucing

Hal pertama yang harus kamu perhatikan yaitu bagaimana caramu memandikan kucing. Mandi adalah perawatan bulu untuk kucing mu yang wajib dilakukan.

Kamu bisa membawa kucing kesayangan mu ke petshop. Namun, jika kamu ingin memandikannya di rumah, maka kamu bisa menyiapkan beberapa alatnya seperti: 

  • Siapkan bak berisi air hangat, shampoo, dan handuk. 
  • Basuhlah secara perlahan badan kucing mu agar ia tidak merasa kaget. 
  • Jika seluruh bagian tubuhnya sudah basah, kamu bisa memberikannya shampo khusus kucing. Gunakan secukupnya ya. Ratakan shampo ke seluruh badannya dan pijat dengan lembut agar shampo menyerap sehingga pertumbuhan rambutnya bisa bagus. 
  • Setelah itu, bilas badan kucing. 
  • Yang terakhir gunakan handuk untuk mengeringkan bulu nya. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan hair dryer agar bulu nya lebih kering lagi. 

2. Memberikan Obat untuk Bulunya

Obat menjadi alternatif untuk bisa merawat bulu kucing mu dengan mudah dan cepat. Kamu bisa membeli obat untuk perawatan bulu ini di petshop terdekat.

Mintalah saran dari dokter yang ada di petshop untuk obat yang akan digunakan oleh kucing kesayangan mu. 

3. Memberikan Bedak Khusus Kucing

Perawatan untuk kulit kucing juga harus kamu berikan. Kamu dapat memberikannya bedak kering atau bubuk secara rutin. Berikan satu minggu sekali saja.

Bedak ini bisa juga digunakan untuk penghilang kutu pada tubuh kucing. Namun, kamu harus berikan bedak khusus kucing ya. Menggunakan bedak ini juga bertujuan untuk mengangkat kotoran yang ada di permukaan kulit kucing. 

4. Rajin Menyisir Bulu Kucing

Bulu kucing yang panjang untuk ras tertentu, biasanya mempunyai masalahnya sendiri. Seperti saat merawat bulu kucing anggora atau persia.

Kamu pasti tahu jika bulu dari kedua kucing tersebut sangat panjang, bukan? Nah, kamu bisa menggunakan cara menyisir bulu kucing di atas minimal setiap satu minggu sekali. 

Mungkin untuk perawatan bulu kucing setiap orang memiliki caranya masing-masing, tetapi dengan beberapa cara di atas ini, kamu dapat merawat bulu kucing dengan benar.

Tidak hanya membuat kucing mu terlihat bersih, kamu juga bisa meminimalisir terkena penyakit yang diakibat dari bulu kucing.  

Demikianlah, ulasan mengenai cara menyisir bulu kucing dengan benar yang bisa kamu lakukan di rumah. Jangan lupa juga untuk merawat kulitnya ya, Sobat Pintar!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kucingpedia.com/cara-merawat-bulu-kucing/
  • https://www.amazine.co/10943/memelihara-kucing-persia-9-tips-menyisir-bulu-kucing-persia/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar