Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Minggu, 14 Maret 2021, 21:30 WIB

Gak Usah Bingung, Begini Tips Lengkap Cara Merawat Kucing Kampung Agar Gemuk dan Bersih

Gak Usah Bingung, Begini Tips Lengkap Cara Merawat Kucing Kampung Agar Gemuk dan Bersih

cara merawat kucing kampung agar gemuk - icat care

Banyak yang belum memahami cara merawat kucing kampung, Di sini PetPi akan kasih tau semua tipsnya agar kucing kampung jadi makin gemuk dan bersih

Kucing kampung merupakan salah satu kucing yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Dinamakan kucing kampung, karena memang dia merupakan jenis kucing ras lokal yang bisa kamu temukan di sudut-sudut jalan di seluruh wilayah Indonesia.

Meskipun banyak kucing ras yang lebih bagus lagi, jenis kucing lokal ini ternyata banyak sekali peminatnya untuk dipelihara.

Kamu bisa mendapatkan kucing kampung di mana saja, bahkan kamu bisa mengadopsi kucing-kucing yang memang sudah terlantar di jalanan. Namun kamu harus tetap mengetahui cara menjinakan kucing liar terlebih dahulu supaya bisa membawanya ke rumah.

Karena banyak sekali peminatnya, PetPi akan berikan kamu tips lengkap cara merawat kucing kampung dengan mudah.

Secara sepintas memang jenis kucing ini bisa mandiri dalam merawat dirinya, namun tetap saja sejatinya kucing tetap membutuhkan perawatan yang baik agar bisa hidup lebih layak lagi.

Berikut ini adalah tips lengkap cara merawat kucing kampung di rumah agar lebih gemuk dan tampak lebih sehat!

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Gemuk

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Gemuk
cara merawat kucing kampung agar gemuk - aloha pest solutions

Sebenarnya cara merawat kucing kampung hampir mirip dengan cara merawat kucing persia atau kucing ras lain. Namun perawatan kucing kampung akan lebih efisien karena pada dasarnya mereka sudah bisa merawat dirinya sendiri.

Dengan merawat kucing kampung dengan baik akan membuat kucing gemuk dan buunya lebih lebat. Yuk ikuti terus caranya berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Memberikan Makanan yang Tepat

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk merawat kucing kampung adalah memberikan makanan yang tepat baginya.

Kamu harus mengetahui dulu kondisi kucing saat kamu adopsi pertama kali, apakah dia sedang mengalami sakit, menyusui atau sedang mengandung anaknya? Setelah kamu memahami kondisinya, kamu baru bisa menentukan untuk memberikan makanan yang tepat.

Kucing yang sedang hamil atau menyusui membutuhkan makanan kucing dengan protein yang tinggi untuk menunjang pertumbuhannya. Selain itu dengan kamu memberikan makanan dengan protein tinggi, maka kamu akan membuatnya lebih sehat dari sebelumnya.

Perhatikan juga saat kamu memberikan makanan kucing kampung, kamu harus menyesuaikan dengan berat badannya dan usia dari kucing tersebut. Semakin berusia tua, porsi yang diberikan harus lebih semakin sedikit.

Pilih Makanan yang Mempunyai Protein Tinggi

Bersinggungan dengan topik sebelumnya, makanan dengan protein tinggi adalah nutrisi terbaik untuk si kucing. Dengan memberikan nutrisi yang baik, diharapkan kucing kamu akan semakin lebih gemuk dari sebelumnya. Kamu bisa memberikan jenis protein hewani atau protein nabati dengan cara dimasak terlebih dahulu.

Kucing merupakan hewan karnivora dimana ia sangat menyukai ikan dan daging. Kedua makanan ini juga mempunyai protein yang tinggi yang bagus untuk pertumbuhannya. Kucing kampung biasanya sering diberikan makanan yang dicampur dengan nasi untuk membuatnya lebih kenyang.

Hal itu tidak dibenarkan. Karena kucing tidak memerlukan kadar karbohidrat terlalu banyak, sehingga jika kamu memberikannya berlebihan, maka kandungan gula di dalam tubuh kucing akan berlebih.

Memandikan Kucing Kampung

Setelah kucing kampung yang kamu adopsi mulai merasa nyaman dengan lingkungan tempat tinggal barunya, sekarang kamu harus mulai mencoba membersihkan badannya supaya tidak ada bakteri atau kutu yang menempel. Hal ini sangat baik untuk kesehatan kucing kampung yang kamu rawat.

Walaupun sejatinya kucing sudah bisa membersihkan dirinya lewat self grooming, namun biasanya masih ada bagian yang tidak bisa dijangkau sehingga kita sebagai pemilik harus rutin untuk memandikannya.

Sebelum memandikannya, kamu bisa membaca cara memandikan kucing terlebih dahulu agar dia tidak berontak.

Memberikan Vaksinasi untuk Kucing Kampung

Memberikannya vaksinasi merupakan salah satu cara merawat kucing kampung agar lebih gemuk dan sehat. Dengan memberikan vaksinasi, akan meningkatkan daya tahan tubuhnya serta bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Biasanya vaksinasi dilakukan sejak kucing berusia 6 minggu. Di usia itu, daya tahan tubuh kucing masih rentan, sehingga membutuhkan proteksi khusus agar kucing kampung kamu lebih sehat.

Vaksinasi pada kucing tergantung dengan kebutuhan. Seperti pada manusia, jenis vaksinasi pada kucing cukup banyak. Vaksinasi yang diberikan juga bergantung pada usia kucing apakah sudah bisa diberikan jenis vaksin ini.

Kamu bisa memberikan beberapa jenis vaksin seperti, distemper, parainfluenza, hepatitis, rabies dan corona.

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat & Bersih

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Bersih
cara merawat kucing kampung agar bulunya bersih - feral cat

Banyak yang menanyakan hal ini di beberapa forum pecinta kucing kampung. Bagaimana caranya membuat bulu yang lebat untuk kucing kampung kesayanganmu? Hal ini sebenarnya cukup simpel, hanya ada 3 langkah membuat bulunya terlihat lebih lebat dari sebelumnya.

Berikan Makanan Olahan untuk Melebatkan Bulunya

Cara yang pertama adalah dengan memberikan makanan olahan yang mengandung zat yang bisa mempercepat pertumbuhan bulunya. Dengan kamu rutin memberikan makanan ini, bulu kucing kampung akan semakin sehat dan terlihat lebih lebat.

Hal ini akan merangsang pertumbuhan bulunya dari dalam tubuh kucing kampung. Kamu bisa menemukan makanan olahan ini di petshop-petshop terdekat.

Biasanya banyak pet shop yang menawarkan makanan yang bisa mempercantik bulu-bulu kucing, bahkan kucing kampung sekalipun.

Jangan ragu untuk kamu bertanya kepada penjaga toko makanan mana yang cocok untuk kucing kampung yang ingin memperlebat bulunya.

Memandikan Kucing Kampung Secara Teratur

Memandikan secara teratur bisa menghilangkan kotoran yang menempel pada tubuh kucing. Kotoran yang tidak dibersihkan dan sudah lama menempel di bulunya akan menjadi jamur yang bisa menyebabkan bulu kucing mengalami kerontokan.

Oleh karena itu kamu harus rutin memandikan kucing kampung dengan shampo khusus kucing yang bisa menghilangkan jamur tersebut. Lakukanlah setiap seminggu sekali dengan rutin, maka kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Menyisir Bulu Kucing dengan Benar

Menyisir bulu kucing sangat berguna agar bulu-bulu kucing yang sudah mati bisa hilang dan tidak tertelan dengannya saat ia melakukan self grooming.

Perawatan ini juga akan membuang beberapa bulu yang kusut di bagian-bagian tertentu sehingga bisa membuatnya tampak lebih cantik. Lakukanlah penyisiran bulu kucing setelah kamu mandikan secara menyeluruh di setiap sudut bagian tubuhnya.

Bagaimana menurut kamu? Mudahkan cara merawat kucing kampung yang sudah PetPi berikan? Selain cara-cara di atas, kamu juga harus konsisten merawatnya agar kucing kesayanganmu ini bisa hidup lebih sehat dan berumur panjang.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu yang ingin merawat kucing kampung ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Jumat, 20 November 2020, 16:00 WIB
Update pada: Minggu, 14 Maret 2021, 21:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.kucingklik.com/cara-merawat-kucing-kampung/
  • https://www.petmd.com/cat/care/evr_ct_tips_for_new_cat_owners
  • https://www.petsafe.net/learn/cats-101-basic-health-care-tips-to-keep-your-cat-healthy
  • https://www.proplan.co.id/tips-artikel/artikel-kucing/5-cara-merawat-kucing-tanpa-kandang-bagi-pemula

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar