Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Senin, 01 November 2021, 12:00 WIB

50+ Rekomendasi Nama Kucing Jawa Yang Unik Beserta Artinya

50+ Rekomendasi Nama Kucing Jawa Yang Unik Beserta Artinya

nama kucing jawa - pixabay

Nama kucing jawa sangat beragam dan memiliki arti yang baik, tujuannya agar kucing mengenali pemiliknya dan sesuai harapan. Berikut ini adalah daftarnya

Hai, Sobat pintar. Petpi kembali lagi untuk memberikan kepada kalian rekomendasi nama kucing jawa yang tentunya unik serta menarik. Dijamin kucing peliharaan kamu bakalan suka dan akan langsung datang ketika dipanggil.

Kucing, hewan berkaki empat dengan bulu lembut ini merupakan binatang yang paling mudah kita temui di setiap sudut kota, gang, perumahan, perkampungan dan tempat-tempat umum lainnya.

Kucing juga hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia dengan berbagai macam alasan.

Kucing sendiri juga memiliki banyak jenis atau ras yang tersebar luas di seluruh dunia.

Namun, tahukah Sobat bila ternyata jumlah kucing ras itu hanya 1% saja dan sisanya adalah kucing campuran atau lebih dikenal dengan kucing kampung atau jawa.

Fakta Menarik Tentang Kucing Secara Umum

Fakta Tentang Kucing Jawa
fakta tentang kucing - pixabay

Kucing memang hewan peliharaan yang dikenal menggemaskan dan manja, tentunya karena hal tersebut membuat kucing mudah disayang oleh hampir semua orang.

Tetapi tahukah Sobat, jika banyak sekali fakta menarik seputaran kucing? Sebelum memberikannya nama, kita simak beberapa fakta berikut terlebih dahulu ya.

  1. Para arkeolog asal Perancis, pernah menemukan sebuah makam di mesir yang berisi seekor kucing. Mereka memperkirakan jika usia dari hewan tersebut adalah 9.500.
  2. Kucing bisa tidur selama 13 sampai 16 jam setiap harinya, jadi jangan heran jika melihat kucing Sobat selalu terlelap khususnya di siang hari.
  3. Di kota Talkeetna yang berada di Alaska, ada seekor kucing berwarna Stubbs. Kucing merupakan walikota di kota kecil tersebut dan menjabat selama 20 tahun.
  4. Seekor Maine Coon yang diberi nama Stewie, merupakan kucing terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 123 sentimeter.
  5. Bila kebanyakan kucing yang Sobat tahu, hanya akan bertahan hingga usia 5 hingga 10 tahun. Maka, Sobat akan terkejut jika mengetahui umur dari Crème Puff. Hewan ini merupakan kucing tertua di dunia, yaitu 38 tahun dan telah meninggal di tahun 2005 lalu.

Fakta Seputar Kucing Jawa (Kampung)

Fakta Tentang Kucing Jawa
fakta tentang kucing jawa - pixabay

Tentunya setiap kucing memiliki fakta menarik, termasuk kucing jawa atau yang biasa disebut kucing kampung, seperti berikut :

  1. Kucing kampung adalah kelompok yang tidak bisa dikenali jenisnya atau ras awalnya. Karenanya hewan ini memiliki julukan sendiri, yakni Moggy dan jika Sobat perhatikan, seluruh kucing kampung baik di Indonesia maupun di luar negeri memiliki perbedaan yang terlihat jelas bila dibandingkan kucing ras.
  2. Kucing kampung dibagi menjadi dua kategori, yakni domestic shorthair dan Biasanya untuk yang berbulu panjang, merupakan persilangan dari kucing Persia, Ragdoll, Maine Coon dan lainnya.
  3. Ada dugaan, jika sebenarnya kucing kampung ini merupakan keturunan dari African Wildcat atau kucing liar Afrika. Karena menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli, kucing kampung telah dipelihara manusia sejak dari 10000 tahun silam.
  4. Sobat, tentunya kalian pernah mendengar jika kucing kampung itu merupakan hewan yang tahan banting alias tidak mudah sakit. Ini adalah salah satu keistimewaan dari mereka, hal tersebut dikarenakan sudah tercampurnya banyak genetik berbagai macam ras.
  5. Itulah yang membuat kucing kampung tidak memiliki masalah genetik berbahaya, selain itu Moggy juga tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan, terutama untuk bulu. Sobat dapat menyikatnya sesekali. Namun, walau terkenal tidak mudah sakit bukan berarti akan selalu sehat. Sebagai pemilik tentu kalian harus menjaga kesehatan mereka.

Daftar Pilihan Nama Kucing Jawa Terbaik

Pilihan Nama Kucing Jawa
pilihan nama kucing jawa - pixabay

Setelah mengetahui fakta-fakta terkait kucing secara umum dan khususnya kucing lokal jawa (kampung), kini saatnya bagi kamu yang ingin atau telah memelihara kucing memilih nama yang tepat untuknya. 

Karena tidak mungkin kamu hanya memanggilnya “pus” maupun “meong” saja, sebab ada yang mengatakan bahwa nama panggilan untuk hewan dapat membuatnya lebih nyaman dan merasa di sayangi oleh pemiliknya.

Maka dari itu, yuk simak beberapa nama dalam bahasa jawa yang cocok diberikan untuknya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Nama Kucing Jawa Jantan (A-Y)

Terkadang sebagai pecinta kucing pasti ingin memberikan nama terbaik yang unik untuk mereka. Terlebih apabila namanya dipanggil, mereka akan merespon dan mengikuti kita.

Nah untuk itu, di bawah ini ada beberapa pilihan nama untuk kucing jantan kesayangan kamu di rumah dalam bahasa jawa, yaitu :

  1. Adiguna - Pintar
  2. Agni - Api
  3. Alit - Kecil
  4. Anggara - Selasa
  5. Arsa - Bahagia
  6. Asta - Tangan
  7. Bhadra - Rembulan, Selamat
  8. Bajra - Petir
  9. Bejo - Beruntung, Keberuntungan
  10. Buntala - Tombak Tajam
  11. Candra - Bulan, Rembulan
  12. Celung - Bunga Dadap
  13. Dipa, Liman - Gajah
  14. Giri, Meru - Gunung
  15. Janu - Kekuatan
  16. Jaler, Jalu - Lelaki
  17. Jenar - Kuning
  18. Kaleel - Sahabat
  19. Seta - Putih, Anak Panah
  20. Syam - Hitam
  21. Soma - Senin
  22. Omkar - Bunyi Awalan
  23. Urvil - Samudera
  24. Wastu - Harta
  25. Yasa - Makmur
  26. Yatha - Penurut

Nama Kucing Jawa Betina (A-Y)

Tidak hanya untuk pejantan, kucing berjenis kelamin betina pun perlu diberikan nama. Namun, masih banyak pemilik yang kesulitan dalam menentukan nama yang tepat untuknya. 

Nah, jika kamu ingin memberikan panggilan yang anti mainstream, berikan saja nama dalam bahasa jawa. 

Berikut ini adalah pilihan nama-nama jawa populer untuk kucing betina, yang diantaranya :

  1. Ainur - Cahaya
  2. Aruna - Matahari, Merah
  3. Asti - Gajah
  4. Anwa - Keinginan Kuat
  5. Bina - Tenang
  6. Bora - Pintar, Salju, Cerdas
  7. Gya - Baru
  8. Gala - Raungan
  9. Glara - Hati
  10. Geeta - Lantunan
  11. Hara - Mutiara
  12. Kayun - Keinginan
  13. Kingkin - Sedih
  14. Kara - Sinar
  15. Loka - Dunia
  16. Nawa - Sembilan
  17. Nalin - Teratai
  18. Oni - Naungan
  19. Pita - Kuning
  20. Rapha - Ranting
  21. Tadya - Tertib
  22. Tara - Penyelamat
  23. Tibra - Kuat, Keras
  24. Uttam - Terbaik
  25. Urdha - Mulia
  26. Yuri - Bunga Lili

Nah, Itulah dia 52 nama kucing jawa untuk jantan dan betina yang Petpi rekomendasikan untuk kalian. Berikanlah kucing Sobat Pintar dengan nama yang baik serta memiliki arti yang bagus.

Sama seperti ketika memberikan pada anak, sebuah nama adalah doa. Maka tidak ada salahnya memberikan sebuah doa atau pengharapan terbaik untuk hewan peliharaan Sobat.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://fanicat.com/nama-kucing-jawa/
  • https://id.berita.yahoo.com/37-nama-kucing-jantan-bahasa-142000258.html
  • https://www.bola.com/ragam/read/4566667/37-nama-kucing-jantan-bahasa-jawa-beserta-artinya-unik-dan-berkarakter
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar