Hari ini: Senin, 15 April 2024
Kamis, 02 Maret 2023, 16:00 WIB

Kucing Caracal: Mulai dari Asal Mula, Habitat, Ciri-ciri, dan Harganya

Kucing Caracal: Mulai dari Asal Mula, Habitat, Ciri-ciri, dan Harganya

Mengenal kucing caracal, ras kucing galak yang berharga mahal - sandiegozoo

Penasaran dengan kucing caracal yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah? Ketahui penjelasan kucing karakal berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Sobat Pintar, sebagai pecinta kucing, apakah kamu tahu tentang kucing caracal atau kucing karakal? Jika belum, mereka adalah seekor kucing yang memiliki harga mencapai ratusan juta rupiah, loh.

Kucing karakal sendiri adalah kucing liar yang dapat kamu temukan pada sebagian besar wilayah Timur Tengah dan Afrika. Karakal memiliki bulu berwarna kuning kemerahan atau kecoklatan dengan dagu berwarna putih.

Lantas, apakah kamu ingin tahu kenapa kucing karakal memiliki harga yang sangat mahal? Apabila kamu penasaran, yuk mari kita sama-sama simak penjelasan kucing imut yang berbahaya ini berikut.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Asal Mula Kucing Caracal

Sejarah Kucing Caracal
sejarah kucing caracal - batmanszoo

Berdasarkan sebuah penelitian, Caracal adalah kucing liar dengan ukuran sedang yang hidup di sabana, gurun dan hutan. Sebenarnya, kucing Caracal berasal dari sebagian besar wilayah Timur Tengah dan Afrika.

Kucing karakal merupakan hewan karnivora yang artinya memakan daging dan akan memangsa burung dan mamalia seperti merak, rusa, dan kelinci. Sama halnya dengan kucing hutan, Caracal sudah terlatih sebagai hewan yang pandai berburu.

Selain mamalia dan unggas, ada juga makanan kucing caracal lainnya seperti hyrax, tikus, antelope muda, hingga hewan pengerat lainnya adalah hewan umum yang sering dimangsa kucing liar yang satu ini.

Tidak hanya itu saja, kucing caracal terbesar pun juga tidak akan ragu untuk menyerang mangsa yang lebih besar dari ukuran tubuhnya seperti kuda muda dan sejenisnya yang ia rasa mampu kalahkan dalam perburuan.

Habitat Kucing Caracal

Teritori Kucing Caracal
Teritori kucing caracal - natgeofe

Perlu kamu tahu bahwa kucing Caracal merupakan kucing yang lebih suka tinggal dalam area hutan dan sabana. Dengan kondisi yang lebih kering seperti dalam kawasan Afrika Sub-Sahara.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan Caracal pada area hutan hijau pegunungan yang sedang gersang. Namun, perlu kamu ingat bahwa Caracal tidak menghuni hutan hujan tropis.

Bagi yang belum tahu bahwa kebanyakan Caracal dapat dengan mudah kamu temui di area wilayah Timur Tengah. Kemudian, kamu bisa juga temukan mereka pada wilayah Afrika Barat, Afrika Selatan, Asia Barat Daya dan Afrika Tengah.

Ciri-Ciri Kucing Caracal

Keunikan Kucing Caracal
keunikan kucing caracal - britannica

Sebelum memilih hewan ini sebagai peliharaan, PetPi akan menjelaskan apa saja ciri-ciri dari jenis kucing yang satu ini. Ada banyak ciri-ciri kucing karakal yang perlu kamu tahu seperti berikut ini.

1. Bulu

Pertama, ada bagian bulu kucing yang tergolong pendek dan merata di seluruh tubuhnya. Namun, ketebalannya tetap dalam kondisi yang cukup maksimal.

2. Telinga dengan Rambut Panjang

Pada bagian ujung atas telinga, terdapat sebuah rambut terurai memanjang berukuran maksimal 4 cm. Rambut ini berfungsi untuk memaksimalkan fungsi otot telinga ketika sedang mengidentifikasi wilayah dan mangsa.

3. Kondisi Tinggi dan Berat

Berbicara soal kondisi tinggi dan berat badan, kucing jantan Caracal dewasa beratnya dapat mencapai 18 kg. Ini tentu saja lebih berat lima kali lipat dari jenis kucing domestik biasanya.

Sedangkan kucing betina Caracal, rata-rata memiliki berat badan 16 kg. Sementara tinggi badan kucing dewasa bisa mencapai 50 cm dengan panjang 99 cm.

4. Warna

Kucing Caracal sendiri memiliki tiga warna utama tubuhnya, yang pertama dominasi warna coklat terang pada berbagai bagian. Ada juga warna hitam pada bagian tertentu seperti dalam dan luar telinganya.

Terakhir, kamu juga bisa melihat ada warna putih pada bagian dagu dan sekitar perut maupun paha dalam.

Karakteristik Kucing Caracal

Sifat Kucing Caracal
sifat kucing caracal - gannett

Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri fisiknya, sebelum memeliharanya, kamu pun juga harus mengetahui karakteristik dan sifatnya.

Berikut adalah beberapa karakteristik yang sering ditemui pada kucing caracal, yaitu:

1. Sulit Jinak

Apakah kucing caracal galak dan berbahaya? Perlu kamu tahu, jika Caracal termasuk jenis kucing yang tidak mudah dijinakkan. Hal ini karena terbiasa hidup dalam habitat aslinya yaitu Savana.

Sebagian besar orang yang berhasil menjinakkan adalah orang yang memang sudah ahli. Namun, kucing Caracal dewasa tetap membutuhkan penyesuaian diri terhadap lokasi barunya dalam waktu cukup lama.

2. Bisa Lari dalam Waktu Cepat

Caracal adalah jenis kucing yang memiliki kecepatan lari mencapai 60 km/jam. Biasanya, Caracal akan melakukan hal ini saat sedang memburu mangsa apalagi ketika sudah di depan mata.

3. Suka Menyendiri

Banyak yang belum tahu bahwa Caracal termasuk kategori kucing yang suka menyendiri terutama saat musim kawin. Para betina nantinya akan lebih suka menunggu kehadiran jantan dalam kawasan yang sepi.

4. Dapat Bertahan Hidup Tanpa Minum

Satu hal yang menjadi karakteristik unik dari Caracal yaitu dapat bertahan hidup tanpa minum dalam waktu yang cukup lama. Hal ini karena habitatnya yang berada dalam kawasan Savana.

Harga Kucing Caracal

Biaya Adopsi Kucing Caracal
biaya adopsi kucing caracal - pixabay

Perlu Sobat Pintar tahu bahwa kucing caracal termasuk salah satu ras kucing paling mahal di dunia. Dari segi postur, kucing ini juga termasuk yang terbaik di dunia.

Namun, apakah kucing caracal dilindungi? Nah bila kamu tertarik untuk merawatnya, kamu juga perlu tahu bahwa Caracal merupakan hewan yang dilindungi hukum pada beberapa habitat asalnya.

Karena Caracal memiliki berbagai macam keunikan bahkan saat sudah dewasa, menjadikan harga kucing Caracal dewasa sangat mahal apalagi jika memerlukan surat pengurusan yang harganya tidak murah.

Lantas, beli kucing Caracal harganya berapa? Di Indonesia, harga Caracal dibedakan sesuai dengan keadaannya. Contohnya, Caracal yang baru lahir dan memiliki surat resmi akan berharga Rp70-80 juta.

Sedangkan, untuk Caracal anakan memiliki harga kisaran 100 jutaan rupiah. Berbeda dengan kucing dewasa, jika bisa memenangkan kontes maka harganya akan jauh lebih mahal yaitu sekitar 140-210 jutaan rupiah.

Cara Merawat Kucing Caracal

Perawatan Kucing Caracal
perawatan kucing caracal - zoonashville

Setelah mengetahui banyak hal tentang kucing afrika caracal termasuk harganya. Ini saatnya untuk kamu tahu bagaimana cara yang benar dalam merawat dan menjaga suara kucing caracal.

1. Kandang

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah dari segi kandang. Sebenarnya, merawat Caracal tidak semudah seperti merawat kucing biasa.

Apalagi kucing yang satu ini membutuhkan kandang yang cukup besar untuk menampung badan yang tidak kecil. Selain luas, kamu juga perlu membuat kandang dengan beberapa mainan khas timur tengah di dalamnya.

Biasanya, kandang kucing Caracal minimal harus bisa menampung tiga hingga empat ekor kucing. Jangan lupa untuk menaruh pasir sebagai tempat buang air besar kucing.

2. Makanan

Selanjutnya dari segi makanan, karena Caracal berada dari habitat asli dengan kemampuan berburu. Maka saat di alam liar Caracal cenderung lebih sering memakan hewan yang lebih kecil.

Jika kamu hendak memeliharanya, maka ada dua pilihan yang pertama mempertahan sifat aslinya atau membiasakan untuk bisa memakan makanan kucing biasa.

Pilihan pertama, artinya kamu harus menyediakan makanan alami berupa daging mentah agar kemampuan mencabik mangsanya masih ada.

Opsi kedua, kamu juga bisa membiasakan Caracal untuk memakan makanan dari kucing biasa meskipun membutuhkan waktu adaptasi dan perlu kesabaran.

3. Minuman

Kamu pasti sudah tahu dari penjelasan sebelumnya bahwa Caracal berasal dari kawasan gurun pasir timur tengah. Hal ini membuat Caracal bisa tidak minum selama beberapa hari.

Selain itu, kucing yang satu ini juga memiliki kemampuan untuk menahan rasa haus. Sehingga kamu tidak perlu menyediakan minum dalam jumlah banyak seperti kucing biasanya jika ingin menjaga karakteristiknya.

4. Suhu

Selanjutnya ada kondisi suhu, yang mana kucing ras Caracal termasuk hewan nokturnal yang dimana artinya mereka akan lebih banyak beraktivitas pada malam hari.

Berdasarkan penelitian, suhu efektif bagi kucing ini untuk bisa melakukan aktivitas adalah 20 derajat Celcius. Sedangkan, jika berada pada suhu di atasnya Caracal akan lebih memilih untuk beristirahat dan menghentikan beberapa aktivitas.

Sobat Pintar, itulah dia akhir dari informasi lengkap terkait ciri-ciri kucing caracal lengkap dengan asal mula, habitat, karakteristik, harga hingga cara merawatnya. Bagaimana, menarik bukan?

Semoga penjelasan di atas tidak hanya memberikan kamu informasi kucing Caracal saja, tetapi kamu juga bisa mengetahui lebih banyak fakta menarik lainnya tentang hewan berbulu tersebut.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hewanee.com/kucing-caracal/
  • https://hewania.com/kucing-caracal/11365/
  • https://sudutkebun.com/harga-kucing-caracal/
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/29/183035776/5-fakta-menarik-kucing-caracal-yang-harganya-bisa-mencapai-rp150-juta?page=all
  • https://www.merdeka.com/sumut/harga-kucing-caracal-karakter-dan-cara-merawatnya-kln.html

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom.) Binus University 2013 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, ikan dan juga hewan peliharaan lainnya.

Ingin bekerja sama dengan PintarPet? Hubungi saya disini.

Komentar