Hari ini: Kamis, 08 Desember 2022
Selasa, 19 Juli 2022, 16:00 WIB

Mengenal Kucing Kaki Pendek, dari Jenis, Gambar, dan Harga Terbarunya

Mengenal Kucing Kaki Pendek, dari Jenis, Gambar, dan Harga Terbarunya

jenis kucing kaki pendek - pixabay

Kucing kaki pendek memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pencintanya. Berikut ini adalah daftar lengkap jenis kucing yang memiliki kaki pendek

Sobat Pintar, sejak dahulu jenis kucing kaki pendek telah menjadi salah satu jenis kucing yang banyak dipelihara sebab mereka mempunyai postur tubuh yang imut dan menggemaskan.

Kucing yang satu ini memiliki ciri khasnya tersendiri yaitu kaki nya yang cenderung lebih pendek dibandingkan dengan kucing jenis pada umumnya.

Tidak hanya itu saja, biasanya kucing kaki pendek itu bertubuh kecil, memiliki leher yang pendek, serta ada sebagian yang bertelinga kecil sehingga siapapun yang melihatnya pasti akan merasa gemas.

Pada umumnya kucing jenis ini memiliki rentang umur 9 tahun sampai 15 tahun. Selain itu, ia juga dikenal mempunyai sifat yang lembut dan penurut, serta suka sekali berlarian kesana kemari.

Lantas, apa saja jenis kucing yang berkaki pendek yang harus kamu ketahui? Untuk itu, mari simak penjelasannya berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Deretan Ras Kucing Kaki Pendek Beserta Harga Terbarunya

Jenis Kucing Berkaki Pendek
jenis kucing berkaki pendek - Audra Mitchell

Kucing yang memiliki kaki pendek itu mempunyai banyak jenis yang berbeda-beda. Hal ini bisa disebabkan oleh hasil perkawinan silang yang dilakukan oleh manusia ataupun terjadi secara alamiah.

Di dunia ini terdapat delapan jenis kucing kaki pendek yang banyak dipelihara oleh para pecinta anabul, yaitu:

1. Kucing Munchkin

Munchkin Kaki Pendek
munchkin kaki pendek - ZooPlus

Munchkin menjadi jenis kucing ras pertama dari kucing kaki pendek. Dapat dikatakan bahwa ia merupakan nenek moyang dari seluruh jenis ras kucing kaki pendek di dunia ini.

Hal ini dikarenakan ras Munchkin itu terbentuk dari mutasi genetik yang alami sehingga bukan hasil dari persilangan seperti kucing berkaki pendek lainnya dan ia sendiri sudah ada sejak tahun 1980.

Karena memiliki kaki yang pendek, ia menjadi salah satu kucing paling kecil di dunia. Munchkin mempunyai bulu putih yang pendek dengan bercak hitam dan kuning dan setelahnya banyak bermunculan campuran warna lainnya seperti terdapat abu-abu.

Nah, sebetulnya untuk harganya sendiri terbilang cukup mahal, mengingat mereka juga berasal dari luar negri. Saat ini harga kucing munchkin di tahun 2022 berada di kisaran Rp. 2,5 juta hingga Rp. 8 jutaan tergantung umur, jenis kelamin dan warnanya.

2. Kucing Napoleon (Minuet)

Napoleon (minuet)
napoleon (minuet) - MinuetNap

Minuet yang dulunya dikenal sebagai Napoleon ini juga menjadi kucing yang lucu nan imut untuk dipandang. Kucing kaki pendek ini merupakan salah satu jenis ras baru dari hasil perkawinan silang antara ras Munchkin dengan Persia dan mulai ada sejak tahun 1995 di Amerika Serikat.

Pada awalnya, ras kucing kerdil ini diciptakan untuk melengkapi Munchkin agar terlahir kucing baru yang berbentuk seperti Munchkin tetapi bulu serta wajah yang mirip dengan kucing ras Persia sehingga terjadilah kawin silang tersebut.

Selanjutnya, kucing Napoleon juga memiliki kepala dan mata yang bulat, hidungnya yang panjang serta telinga kecil yang menggemaskan. Kucing yang satu ini memiliki sifat yang selalu penasaran sehingga sangat aktif dan selalu ingin menjelajah.

Tidak hanya itu, ia juga dikenal sebagai kucing yang ramah, lembut dan senang sekali dengan orang baru. Kemudian, untuk harga kucing Napoleon sendiri tidak jauh berbeda dengan saudaranya yang berada di rentang harga Rp. 8 jutaan.

3. Kucing Skookum

Skookum
Skookum - MunchkinCatGuide

Berikutnya ada jenis kucing kerdil Skookum yang bisa menarik perhatian kamu sebagai peliharaan di rumah. Ras skookum merupakan kucing berkaki pendek dari hasil kawin silang antara ras Laperm dengan Munchkin.

Berasal dari Amerika Serikat, kucing Skookum pertama kali muncul pada tahun 1990. Untuk tampilannya sendiri, ia mempunyai perpaduan antar dua ras tersebut yaitu bulu ikal dari ras Laperm dan kaki yang pendek dari ras munchkin.

Kucing Skookum mempunyai dua jenis yang berbeda yaitu yang berbulu pendek dan berbulu panjang. Berbicara tentang perilakunya, ras Skookum cenderung jarang sekali mengeong namun ia sangat lincah serta senang melompat dan memanjat.

Mungkin kamu bertanya-tanya, berapa sih harga kucing Skookum? Ternyata jawabannya bisa membuat kamu kaget. Menurut laman KucingMania, ras kucing Skookum berada di kisaran Rp. 20 juta hingga Rp. 28 jutaan, lho!

4. Kucing Lambkin

Lambkin
Lambkin - TheDiscerningCat

Jenis kucing yang satu ini menjadi kucing kaki pendek yang sangat langka di dunia, karena kucing ini tergolong baru dan sedikit sekali yang mengembangbiakkan-nya. Ras Lambkin berasal dari perkawinan silang antara kucing Selkirk rex dengan Munchkin.

Kucing Lambkin mempunyai bulu yang tebal sehingga memerlukan perawatan khusus agar bulunya tidak saling menempel. Selain itu, kucing ini mempunyai sifat yang kalem sebab ia senang bermalas-malasan.

Banyak pemilik kucing Lambkin menyebutkan bahwa kucing mereka akan secara aktif mencari kehangatan dari seseorang yang duduk diam sehingga ia dapat melompat ke pangkuan mereka untuk bersantai.

Apabila kamu tertarik untuk memeliharanya, harga kucing Lambkin saat ini dibanderol mulai dari Rp 7 juta sampai belasan juta rupiah tergantung dari kualitas bulu dan usianya, ya.

5. Kucing Minskin

Minskin
Minskin - CatsVill

Kucing Minskin memiliki perbedaan paling menonjol dibandingkan dengan kucing berkaki pendek lainnya yaitu kucing ini tidak mempunyai bulu sehingga menjadi kucing yang paling langka ditemukan.

Bagi kamu yang belum tahu, ras Minskin itu berasal dari Amerika Serikat dan merupakan hasil dari persilangan antara beberapa jenis kucing ras seperti Sfinks, Munchkin, Burmese, dan Devon rex.

Kucing ini mulai hadir pada tahun 2000 dan di tahun 2005 mulai populer di kalangan masyarakat untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Meskipun demikian, pada waktu itu jumlahnya hanya 50 ekor di dunia.

Karena perawakannya yang unik dan langka, harga kucing Minskin sendiri tergolong mahal dimana berada pada rentang Rp. 21,5 juta hingga Rp. 35 juta.

6. Kucing Kinkalow

Kinkalow
Kinkalow - Pinterest

Ras Kinkalow merupakan kucing kaki pendek bertelinga kecil dari hasil perkawinan silang dari American curl dengan Munchkin. Ia memiliki ciri khas sendiri yaitu daun telinga yang melengkung kecil sehingga membentuk layaknya corong.

Kucing kerdil yang satu ini juga mempunyai bulu yang lebat sehingga diperlukan perawatan ekstra untuk menjaga bulu indahnya tersebut. Tak hanya itu, Kinkalow juga tergolong kucing mahal karena sulit untuk didapatkan.

Jika kamu tertarik untuk merawatnya, di pasaran saat ini harga kucing Kinkalow di tahun 2022 berkisar mulai dari Rp. 13 jutaan tergantung warna dan usianya, ya.

7. Kucing Bambino

Bambino
Bambino - Hepper

Jenis kucing pendek berikutnya adalah Bambino. Ia merupakan hasil perkawinan silang murni dari ras kucing Sfinks dan Munchkin. Kucing ini memiliki kepala berbentuk baji dan matanya yang imut seperti lemon.

Bambino juga sangat senang memanjat dan berlari-lari sehingga apabila kamu memperhatikannya lebih jelas maka kaki-kaki mungilnya akan terlihat lebih berotot.

Kucing ini juga memiliki kulit yang sedikit keriput namun tidak seperti kucing Minskin. Oleh sebab itu, kucing Bambino ini tidak boleh terlalu sering terkena paparan sinar matahari sama seperti Sfinks.

Jenis kucing ini menjadi ras yang langka dan sangat mahal, harga kucing Bambino berkisar antara Rp. 15 juta hingga Rp. 40 jutaan, lho.

8. Kucing Genetta 

Genetta
Genetta - CatsVill

Genetta adalah ras kucing kerdil yang menyerupai kucing Afrika dengan bulu berbintik atau marmer. Ia memiliki tampilan yang sangar namun terlihat lucu, sehingga ia sangat populer di seluruh Amerika Serikat.

Perlu kamu ketahui bahwa trah kucing berkaki pendek yang ramah dan energik ini merupakan campuran dari ras Bengal, Savanna, dan Munchkin. Tak heran, ia memiliki perawakan yang menyerupai ketiga ras kucing tersebut.

Umumnya kucing Genetta memiliki rentang usia sekitar 9-12 tahun dan biasanya akan mempunyai perpaduan corak warna perak, hitam, coklat, hingga berbintik salju.

Untuk perilakunya sendiri, mereka sering mengejar bola di sekitar rumah selama beberapa jam dan sangat menyukai pena laser. Meskipun penampilannya terlihat liar, kucing ini sangat ramah terhadap manusia.

Berbicara mengenai harga kucing genetta di tahun 2022, saat ini ras ini dibanderol mulai dari Rp. 3 jutaan - Rp. 170 jutaan kembali lagi harga tersebut tergantung variasi yang kamu pilih, ya.

Sobat Pintar, demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis kucing kaki pendek yang harus kamu ketahui jika ingin memeliharanya. Tentu saja jika kamu ingin memeliharanya kamu harus menyiapkan budget yang tidak sedikit, ya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://petkeen.com/cat-breeds-with-short-legs/
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/izza-namira-1/daftar-ras-kucing-dengan-kaki-pendek
  • https://www.orami.co.id/magazine/kucing-kaki-pendek/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar