Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Minggu, 04 April 2021, 21:00 WIB

Mengenal Kucing Munchkin, dari Ciri-Ciri, Jenis, Sejarah, & Fakta Uniknya

Mengenal Kucing Munchkin, dari Ciri-Ciri, Jenis, Sejarah, & Fakta Uniknya

kucing munchkin - cat vills

Munchkin adalah kucing lucu dan menggemaskan. Tertarik memeliharanya? Simak dulu profil kucing Munchkin, ciri-ciri, sejarah, dan fakta uniknya berikut ini.

Beberapa ras kucing di dunia memiliki karakteristik fisik yang unik, salah satunya adalah kucing Munchkin yang mudah dikenali dengan bentuk kakinya yang pendek.

Bentuk kaki ras kucing Munchkin lebih pendek dari kebanyakan kucing pada umumnya. Hal ini mereka dapatkan melalui mutasi genetik alami yang membuat keempat kaki depan dan belakang memiliki ukuran tak biasa.

Walaupun begitu, banyak kalangan malah ingin mengadopsi ras kucing lucu dan imut ini. Munchkin memang dikenal juga tingkah laku yang aktif, suka digendong, dan memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Nah, apakah Sobat Pintar juga memiliki rencana untuk mengadopsi ras kucing ini? Sebelum itu, yuk simak dulu profil lengkap kucing Munchkin berikut ini.

Mengenal Kucing Munchkin, Ras Kucing Lucu Berkaki Pendek

Kucing Munchkin
Mengenal kucing munchkin - pinterest

Beberapa Sobat Pintar mungkin ragu untuk memelihara kucing Munchkin di rumah. Ciri dan karakteristik fisiknya yang tidak biasa, bisa saja membuat mereka kesulitan beraktivitas.

Namun menurut beberapa pemelihara, cara perawatan kucing ini tidak berbeda jauh dibanding ras kucing kebanyakan, seperti Persia atau Anggora.

Sebelum membahas mengenai hal ini, ada baiknya Sobat Pintar mengetahui beberapa ciri-ciri dan fakta penting ras kucing Munchkin seperti di bawah ini.

1. Tubuh Kecil dan Gempal

Bentuk tubuh kucing Munchkin tidak benar-benar seperti anak kucing hingga mereka dewasa. Rata-rata ukuran tubuh kucing ini sama seperti kucing dewasa pada umumnya, tetapi hanya ukuran kakinya yang kecil dan lebih pendek.

Kucing Munchkin sering digambarkan seperti musang, yang mana memiliki tubuh yang tebal dan dada yang bulat. Bobot kucing betina dewasa berkisar antara 2,2-3,1 kg dan jantan dewasa 3,1-4,5 kg.

Sobat Pintar bisa menemukan variasi kucing Munchkin berbulu panjang (longhair) atau pendek (shorthair). Untuk urusan warna dan corak, ras kucing ini cenderung bervariasi.

2. Bentuk Wajah Bulat

Secara umum kucing Munchkin memiliki bentuk kepala yang agak membulat, menyesuaikan dengan proporsi tubuh mereka yang cenderung pendek dan gempal.

Tulang pipi tampak tinggi dan tegas, namun tetap memberikan kesan chubby dan menggemaskan. Bagian telinga juga tampak proporsional dengan kepala.

Kucing Munchkin juga memiliki mata berbentuk kenari dengan jarak agar lebar antara keduanya. Karakteristik mata ini memberikannya ekspresi terbuka dan tetap waspada.

3. Kaki Berukuran Pendek

Karakteristik khusus yang hanya terdapat pada ras kucing Munchkin adalah bentuk kakinya yang berukuran pendek akibat mutasi genetik yang terjadi secara alami.

Kedua pangkal kakinya terpisah secara merata, baik depan maupun belakang. Namun, proporsi antara kaki dan tubuhnya yang tidak seimbang menurut beberapa kalangan menjadi hal yang sangat menggemaskan.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KUCING?
Cari info Kucing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Usia Relatif Panjang

Walaupun mengalami mutasi genetik, usia kucing Munchkin relatif panjang, yakni bisa hidup hingga mencapai usia 15-18 tahun tergantung dari perawatan dan kondisi kesehatannya.

Untuk menjaga agar kucing tidak cepat mati, Sobat Pintar juga bisa melakukan vaksinasi, pengendalian parasit, dan pemeriksaan kesehatan tahun selain perawatan yang benar.

5. Tingkah Laku Manis

Kucing Munchkin memiliki kepribadian manis, rasa ingin tahu tinggi, dan mudah bergaul dengan orang asing. Mereka juga bisa diajari cara bermain lempar-tangkap dan mematuhi perintah suara dari pemiliknya.

Biarpun memiliki ukuran kaki pendek dan kecil, kucing Munchkin tidak memiliki masalah untuk naik ke tempat tidur atau sofa. Berkat kecerdasannya, mereka bisa menemukan cara lebih mudah untuk naik ke tempat tinggi.

Mereka sangat suka berlari, mengejar, dan bermain dengan mainan kucing. Melalui pengenal lingkungan yang tepat, kucing Munchkin juga bisa hidup bersama anak-anak.

Sejarah Kucing Munchkin

Sejarah Kucing Munchkin
sejarah kucing munchkin - ctf

Munchkin mengalami mutasi genetik secara alami, bukan hasil campur tangan manusia.

Dikutip dari laman TheSprucePets.com, beberapa penelitian menunjukkan gen yang bertanggung jawab pada ras kucing ini, sama seperti yang ditemukan pada ras anjing bertubuh kecil dan pendek, seperti Dachshund dan Welsh Corgis.

Kucing berkaki pendek pun bukanlah sebuah mutasi baru, hal ini tercatat sudah selama bertahun-tahun di seluruh dunia.

Sejarah kucing Munchkin pertama kali tercatat pada laporan Dr. H.E. Williams-Jones, seorang dokter hewan di Inggris yang menemukan empat generasi kucing berkaki pendek yang memiliki hidup sehat pada tahun 1944. Sayangnya, ras kucing ini menghilang pada era Perang Dunia II.

Selanjutnya, kucing dengan ciri fisik yang sama baru terlihat di beberapa lokasi di seluruh dunia, seperti Stalingrad pada tahun 1956, New England pada tahun 1970, dan Louisiana pada tahun 1980-an.

Hingga akhirnya pada tahun 1983, Sandra Hockenedel menemukan seekor kucing betina berkaki pendek dan melahirkan keturunan kucing berkaki pendek juga yang menjadi dasar ras Munchkin hingga saat ini.

The International Cat Association (TICA) menjadi satu-satunya organisasi yang mengakui ras kucing Munchkin pada 1994.

Organisasi lain, seperti Fédération Internationale Féline (FIFe) dan Cat Fancier's Association (CFA) tidak mengakuinya dan menganggap ras kucing Munchkin adalah hasil dari penyakit genetik.

Cara Memelihara Kucing Munchkin

Cara Memelihara Kucing Munchkin
cara memelihara kucing munchkin - the spruce pets

Perawatan Munchkin tidak ada bedanya dengan kucing peliharaan kebanyakan, karena pada dasarnya mereka adalah kucing domestik namun berkaki pendek saja.

Makanan kucing Munchkin tidak memerlukan asupan nutrisi tertentu, sehingga Sobat Pintar bisa memberikan mereka makanan kering (dry food) atau makanan basah (wet food) sesuai dengan preferensi masing-masing kucing.

Bulu kucing Munchkin mungkin membutuhkan sedikit bantuan perawatan, karena kakinya yang pendek membuat mereka kesulitan untuk menjangkau area tertentu saat grooming.

Untuk kucing berbulu pendek idealnya disikat seminggu sekali, sementara kucing berbulu panjang harus disikat beberapa kali dalam seminggu. Menyikat bulu kucing Munchkin secara teratur bisa membantu mencegah bola rambut (hairballs).

Biarpun mengalami mutasi genetik, secara umum Munchkin adalah kucing yang sehat. Kondisi ini tidak menimbulkan gangguan tulang belakang yang sering ditemui pada ras anjing kerdil, seperti Dachshund.

Namun jika Sobat Pintar menginginkan peliharaan berumur panjang, penting untuk mendapatkan imunisasi dan pemeriksaan berkala ke dokter hewan.

Hal ini untuk mencegah beberapa penyakit yang umum pada kucing domestik, seperti hipertiroidisme, pankreatitis, dan gangguan ginjal.

Harga kucing Munchkin berkisar antara Rp900 ribuan hingga Rp10 jutaan tergantung dari karakteristik fisik, usia, dan ras campuran yang dimilikinya.

Itulah dia profil lengkap dari ras kucing Munchkin, mulai dari ciri-ciri fisik, tingkah laku, fakta, sejarah, hingga cara memeliharanya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan sampai jumpa pada kesempatan berikutnya.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.petfinder.com/cat-breeds/munchkin/
  • https://www.purina.co.uk/find-a-pet/cat-breeds/munchkin
  • https://www.thesprucepets.com/munchkin-cat-profile-551883
  • https://www.tica.org/breeds/browse-all-breeds?view=article&id=1166:the-munchkin-breed&catid=48
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar