Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Jumat, 13 Agustus 2021, 20:30 WIB

Sering Kaget, Ternyata Ini Alasan Kenapa Kucing Takut dengan Mentimun!

Sering Kaget, Ternyata Ini Alasan Kenapa Kucing Takut dengan Mentimun!

alasan kenapa kucing takut mentimun - the conversation

Kenapa kucing takut dengan mentimun? Banyak majikan yang sering iseng menaruh mentimun di belakang kucing. Apa kucing benar-benar takut? Ini jawabannya

Kebanyakan dari kita pastinya pernah menonton video-video lucu di beberapa platform sosial media. Banyak potongan video lucu yang bisa kita lihat, mulai dari video prank sampai video hewan lucu dan menggemaskan sehingga membuat kita tertawa terbahak-bahak.

PetPi yakin, kebanyakan dari kamu juga seringkali melihat pemilik hewan peliharaan melakukan keisengan terhadap peliharaannya. Nah, salah satunya adalah dengan mengusili kucing dengan mentimun.

Dari banyaknya video yang dilihat, pasti kebanyakan kucing akan kaget ketika ditaruh mentimun di belakangnya.

Hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya, mengapa kucing takut dengan mentimun? Kali ini PetPi akan kasih tau kamu jawabannya.

Alasan Kucing Takut dengan Mentimun

Alasan Kucing Takut Mentimun
alasan kucing takut mentimun - quora

Dari sekian banyak ahli berpendapat menyatakan bahwa ketakutan kucing di banyak video tentang mentimun ini adalah nyata. Namun bukan berarti mentimun yang menjadikan objek ketakutan mereka.

Saat kamu mencoba dengan buah lain, mungkin kamu tidak akan menemukan kucing yang ketakutan seperti halnya dengan video sebelumnya. Hal ini bisa jadi menandakan bentuk dari mentimun yang mengingatkannya akan sesuatu yang mengancam seperti ular.

Menurut Jill Goldman, seorang ahli perilaku hewan yang bersertifikat di California Selatan, mentimun mungkin akan terlihat seperti ular karena bagian kulitnya yang hijau dan memanjang berbentuk lonjong.

Reaksi ini sebenarnya adalah reaksi yang sangat alami dari seekor kucing yang melompat karena takut akan sesuatu yang tidak dikenalnya. Mereka melarikan diri secepat mungkin sebelum melihat kembali situasinya yang berangsur aman baginya. 

Alamiahnya kucing hidup sebagai predator di alam liar, dan mereka sadar mereka akan menjadi mangsa bagi predator yang lebih besar. Maka dari itu naluri kucing akan memunculkan respon kaget dan was-was apabila melihat mentimun yang menyerupai ular.

Pada beberapa kesempatan Petpi juga pernah mencoba menaruh timun pada kucing yang ada di sekitar rumah. Respon setiap kucing berbeda-beda, ada yang kaget seperti di video dan ada pula yang responnya biasa saja melihat timun.

Kucing Ketakutan dengan Sesuatu yang Tidak Dikenal

Kucing Takut Dengan Sesuatu
alasan kucing takut sesuatu - shopify

Kebanyakan dari video yang menunjukan bahwa kucing takut dengan mentimun, mereka pasti menaruh mentimun tepat di belakangnya saat kucing sedang menikmati makanan terbaiknya dengan lahap. 

Banyak ahli berpendapat bahwa mentimun bukan sesuatu yang familiar yang sering dilihat oleh kucing, jadi mereka masih menganggap mentimun sebagai predator yang bisa saja mengancamnya.

Apalagi secara naluriah, kucing yang sedang menikmati makanannya sudah pasti berada di tempat yang aman menurutnya. Mereka tidak mungkin menikmati makanannya di tempat yang berbahaya karena bisa saja ada predator yang diam-diam sedang mengincarnya.

Maka dari itu, mentimun yang diberikan pada kucing yang sedang makan, bisa membuat kucing kaget serta merasa was-was karena mereka tidak terbiasa.

Sebaiknya sih jangan melakukan hal seperti itu lagi, karena kucing akan menjadi trauma dan menunjukan ciri-ciri kucing yang sedang stres.

Apa Benar Kucing Takut dengan Ular?

Kucing Takut Ular?
apakah kucing takut ular? - quora

Sebenarnya, kucing menunjukan berbagai respons ketika mereka berinteraksi langsung dengan ular. Tidak jarang kucing malah dengan sengaja melawan dan malah membunuh ular. Apakah karena kucing bisa memakan ular?

Bukan. Ini sama sekali bukan karena kucing bisa memakan ular tetapi lebih sifat alami dari kucing yang keluar ketika ada ular kecil yang mencoba melarikan diri darinya. Pastinya, ular kecil ini sudah jadi bulan-bulanan kucing kesayanganmu.

Namun bukan berarti kucing berani dengan ular  ya. Situasinya bisa berbalik jika bertemu dengan jenis ular berbisa dan besar. Mengingat di alam liar sana banyak ular yang bisa menelan kucing hidup-hidup secara utuh.

Mungkin respons inilah yang menjadi patokan kucing saat melihat mentimun. Mereka seperti sedang berhadapan dengan seekor ular besar yang berwarna hijau dan lonjong.

Nah, itulah dia beberapa alasan kenapa kucing takut dengan mentimun. Informasi ini belum dibuktikan secara penelitian yang ada, namun hasil informasi ini dirangkum dari beberapa pendapat ahli yang bisa jadi jawaban kita mengapa bisa terjadi demikian.

Jika artikel ini bermanfaat buat kamu, share artikel ini ke teman-teman komunitasmu ya!

VIDEO: Kenapa Ya Kucing Takut Sama Mentimun? Ini Penyebabnya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Jumat, 06 November 2020, 19:30 WIB
Update pada: Jumat, 13 Agustus 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://journal.fkm.ui.ac.id/files/journals/1/articles/4047/submission/original/4047-12950-2-SM.html
  • https://www.rd.com/article/why-cats-afraid-of-cucumbers/
  • https://www.scienceabc.com/nature/animals/cats-vs-cucumbers-why-are-cats-scared-of-cucumbers.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar