Hari ini: Senin, 17 Januari 2022
Selasa, 04 Januari 2022, 10:00 WIB

Kucing Diabetes: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

Kucing Diabetes: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

kucing diabetes - cole and marmalade

Hati-hati kucing kesayanganmu bisa terkena diabetes lho. Kenali penyebab, gejala, cara penyembuhan dan pencegahan untuk kucing yang terkena diabetes.

Sobat Pintar, mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa kucing itu bisa terkena penyakit diabetes sama seperti manusia.

Perlu kamu tahu, penyebab kucing diabetes itu adalah dikarenakan ada gangguan pada tubuh si kucing sehingga tidak mampu memproduksi insulin atau hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. 

Sesudah kucing makan, sistem pencernaan di dalam tubuhnya akan memecah makanan menjadi komponen-komponen lainnya, termasuk glukosa yang akan dibawa masuk oleh insulin ke dalam sel. 

Saat ia tidak bisa menggunakan atau memproduksi insulin seperti biasanya, maka kadar gula darah dalam tubuhnya meningkat sehingga menyebabkan hiperglikemia (kadar gula yang terlalu tinggi).

Lalu apabila hal ini dibiarkan saja maka bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya yang berbahaya bagi tubuh si kucing. 

Oleh karena itu sebelum terlambat, kamu harus mengetahui dulu penyebab, gejala dan cara mengobatinya. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab Kucing Diabetes

Penyebab Kucing Diabetes
penyebab kucing diabetes - hillspet

Penting sekali untuk kamu memahami jika diabetes pada kucing menjadi salah satu bentuk dari kelainan metabolisme tubuh yang masih bisa ditangani, sehingga kamu tidak perlu khawatir karena banyak sekali kucing yang menderita diabetes bisa hidup sehat dan bahagia.

Beberapa mungkin saja mengalami pengurangan kadar diabetes atau mengalami remisi.  

Diabetes mempunyai dua kategori yang berbeda, yaitu: 

  • Diabetes tipe 1 = kekurangan produksi insulin 
  • Diabetes tipe 2 = gangguan produksi insulin dibarengi dengan respon yang tidak cukup pada hormonnya. 

Kucing yang memiliki diabetes tipe 2 bisa berkembang ke diabetes tipe 1. Faktanya, ketika beberapa kucing terdiagnosa menderita diabetes, mereka teridentifikasi mempunyai kelainan tipe 1.

Kucing ini memerlukan terapi insulin agar bisa bertahan hidup. Kucing yang terdiagnosa diabetes tipe 2 bisa merespons bentuk perawatan lain. 

Penyebab pasti untuk diabetes pada kucing ini tidak dapat diketahui. Obat-obatan tertentu, penyakit pankreas, genetika, protein abnormal pada pankreas bisa menjadi penyebab penyakit yang satu ini.

Faktor paling penting untuk perkembangan diabetes ini sepertinya yaitu obesitas, usia dan jenis kelamin (kucing betina jarang sekali terkena penyakit ini dibandingkan dengan kucing jantan). 

Cara Mengetahui Kucing Diabetes

Untuk mengetahui apakah kucing terkena penyakit diabetes, kamu dapat memperhatikan dari gejala yang mereka tunjukkan. Di bawah ini merupakan tanda-tanda jika kucing kamu sedang mengalami diabetes, yaitu: 

  1. Infeksi saluran kemih
  2. Bulu-bulu yang mulai tidak terawat
  3. Dehidrasi atau kekurangan cairan
  4. Lesu atau tidak bergairah
  5. Nafasnya berbau tidak biasa
  6. Tidak buang air pada kotak pasir
  7. Buang air kecil berlebihan (keadaan ini terjadi sebab adanya peningkatan pada glukosa dalam darah sehingga kucing mu akan lebih sering untuk buang air kecil)
  8. Minum berlebihan karena merasa selalu haus
  9. Berat badan menurun secara signifikan
  10. Nafsu makan berubah (menurun atau meningkat)
  11. Saat kondisinya tertekan kucing bisa mengalami diare, muntah hingga pingsan

Nah, jika kamu melihat ada tanda-tanda atau gejala tersebut pada kucing peliharaanmu, maka kamu bisa membawanya ke dokter hewan agar kucingmu bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Jangan pernah dibiarkan, sebab jika hal itu terjadi bisa mengakibatkan penyakit yang lebih parah pada kucing. 

Cara Mengobati Kucing Diabetes

Bagi kucing yang menderita diabetes dengan sifat unik maka perawatan yang diperlukan pun berbeda-beda.

Perawatan diabetes ini berdasarkan pada seberapa parah gejala-gejala penyakit ini dan apa terdapat masalah kesehatan lainnya yang bisa mempersulit perawatan.

Penting kamu ketahui bahwa kamu tidak bisa mendiagnosisnya penyakit ini sendiri, butuh dokter hewan sebagai ahlinya.

Untuk mendiagnosis diabetes pada kucing dengan tepat, umumnya dokter hewan akan membutuhkan banyak informasi mengenai gejala-gejala klinis, dokter hewan juga akan melakukan pemeriksaan darah, pemeriksaan fisik dan urinalisis. 

Setelah dokter hewan mendapatkan hasil diagnosis, biasanya sebagian kucing yang menderita diabetes parah untuk pertama kalinya akan memerlukan perawatan intensif di rumah sakit hewan untuk mengatur kadar gula darahnya selama beberapa hari.

Merawat kucing yang pertama kali menderita diabetes bisa dengan cara melakukan diet tinggi serat dan pengobatan melalui oral. Untuk kebanyakan kucing yang menderita diabetes, bisa disuntikan insulin karena dibutuhkan untuk mengatur kecukupan glukosa dalam darah.

Tentu saja dokter hewan mu akan memberikan petunjuk untuk memberikan suntikan insulin di rumah. Dosis yang dipakai umumnya berdasarkan dari berat badan si kucing). 

Dokter hewan kamu mungkin saja akan menunjukkan cara untuk melakukan tes glukosa di rumah untuk kucing mu yang menderita diabetes dan kemungkinan besar pemeriksaan lab darah cara rutin lainnya juga akan dibutuhkan.

Jangan lupa pula, kamu harus menghindari memberi makanan dengan glukosa yang tinggi pada kucing mu yang terkena diabetes. 

Cara Mencegah Kucing Diabetes

Olahraga yang teratur dan menjaga pola makan yang tepat ini dapat membantu kucing mu untuk menghindari perkembangan diabetesnya.

Tidak hanya memiliki efek negatif, diketahui juga jika diabetes ini berkontribusi untuk penyakit lainnya seperti resistensi insulin. 

Maka dari itu, kamu harus sering mengajaknya bermain agar ia berolahraga, dengan begitu tubuh nya akan membakar glukosa dan kalori dalam darahnya sehingga menghindari kucing mu dari penyakit diabetes.

Selain itu, selalu berikan makanan sehat dan bergizi cukup untuknya dan jangan memberikan makanan secara berlebihan yang dapat membuatnya obesitas.

Apakah Kucing Kamu Terkena Diabetes?

Apabila kucing kamu menunjukkan gejala-gejala klinis yang dirasa tidak normal seperti yang sudah dibahas sebelumnya, maka langsung saja membawanya ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Sama dengan manusia, kucing yang menderita diabetes yang tak dirawat dapat menimbulkan penyakit parah lainnya seperti gangguan syaraf, penyakit ginjal bahkan penyakit metabolik yang lain.

Kucing yang menderita diabetes tipe 1 ini memerlukan perawatan insulin agar ia tetap bisa bertahan hidup. 

Itulah ulasan tentang penyebab, gejala dan cara mengobati kucing diabetes yang harus kamu pahami untuk berjaga-jaga bila kucing mu mengalami diabetes, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya Sobat Pintar!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hot.liputan6.com/read/4563112/kenali-ciri-diabetes-yang-diderita-kucing
  • https://kucinggaul.com/art/62/diabetes-pada-kucing-gejala-penyebab-diagnosa-pengobatan-dan-pencegahannya

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar