Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Sabtu, 19 Desember 2020, 19:30 WIB

Sehat dan Bernutrisi! Ini 4 Makanan Kucing Anggora Terbaik dari Bahan Alami

Sehat dan Bernutrisi! Ini 4 Makanan Kucing Anggora Terbaik dari Bahan Alami

makanan kucing anggora - cattime

Saat merawat kucing anggora, makanan adalah aspek yang paling diperhatikan. Ketahui pilihan makanan kucing anggora buatan sendiri yang sehat dan bernutrisi.

Siapa yang tidak suka melihat kucing Anggora? Jenis kucing yang mempunyai darah keturunan dengan harimau ini, memiliki bulu-bulu yang sangat lembut. Paling lembut diantara jenis kucing lainnya.

Dengan keunikan dari kucing ini, fisik maupun tingkah lakunya, kucing anggora menjadi kucing favorit dan pilihan oleh segala kalangan.

Nama Anggora sendiri diambil dari nama sebuah kota di negara Turki, yaitu Ankara. Walaupun dengan bentuk yang sangat elegan, para pemilik dari kucing Anggora ini terkadang menjadi kaget ketika melihat betapa pintarnya makhluk satu ini.

Karena keistimewaannya tersebut, sebelum memutuskan untuk memelihara, kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja makanan kucing anggora yang bagus untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Jenis-jenis Makanan Kucing Anggora Alami, Sehat, dan Bernutrisi Tinggi

Makanan Untuk Kucing Angora
Makanan untuk kucing anggora - nyannyancatfood

Menurut para ahli, populasi kucing Anggora adalah yang paling banyak diantara jenis jenis kucing lainnya. Selain bentuknya yang sangat elegan, kucing Anggora juga dinilai mudah untuk dirawat.

Merawat kucing anggora pun cukup lebih mudah dibandingkan dengan jenis kucing lainnya, terutama dari segi makanan kucing anggora yang harus mereka dapatkan sehari-hari.

Sebenarnya ada berbagai merek makanan kucing terbaik yang diformulasi khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing peliharaan.

Namun kamu juga bisa mempertimbangkan pilihan bahan makanan alami yang dapat kamu olah sendiri sehingga lebih aman dari zat aditif, seperti pewarna atau pengawet.

Mulai dari diet karbo hingga makanan penuh dengan nutrisi protein, inilah pilihan makanan terbaik bagi kucing anggora peliharaan kamu di rumah.

1. Olahan Daging Ayam dan Sapi

Jika kamu adalah penggemar dari daging ayam, berarti kamu akan cocok untuk menyediakan daging ayam untuk kucing anggora peliharaanmu di rumah.

Daging ayam adalah salah satu makanan yang paling banyak mengandung protein. Selain protein, daging ayam juga mengandung banyak nutrisi lain.

Mungkin bagi manusia, memakan daging ayam adalah hal yang sangat biasa. Begitu juga dengan jenis kucing Anggora. Nah daging ayam sendiri mengandung banyak protein dan mengandung kadar sodium yang rendah bagi kucing Anggora.

Menurut para ahli, nutrisi yang dikandung oleh daging ayam bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi untuk seekor kucing Anggora. Tapi, jangan memberikan daging ayam goreng yang akan kamu makan kepada kucing Anggora ya!

Walaupun daging ayam bagus untuk pertumbuhan kucing jenis Anggora ini, tidak berarti jika Anggora akan aman jika memakan daging olahan yang kita masak sendiri.

Untuk itu, kamu haruslah tahu kadar dan kandungan yang tepat untuk mengolah daging ayam khusus untuk kucing Anggora peliharaanmu. Paling tidak, untuk setiap makanan kucing yang kamu beri harus mengandung protein daging ayam sekitar 40-60% ya!

2. Olahan Ikan

Jenis Kucing Anggora yang unik ini juga sangat menyukai olahan daging ikan sama seperti manusia.

Hampir sama seperti olahan daging ayam yang memiliki nilai protein yang cukup tinggi, daging ikan juga dipercaya mengandung vitamin dan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan kucing Anggora.

Ikan yang banyak mengandung asam amino juga dibutuhkan untuk pertumbuhan kucing Anggora ini. Dengan perpaduan protein dan juga asam amino, nutrisi untuk kucing jenis ini pun akan terpenuhi.

Namun, tidak semua ikan menjadi baik bagi kucing Anggora. Menurut beberapa ahli, ada beberapa ikan yang sebaiknya dihindari.

Untuk lebih berjaga-jaga beberapa dokter hewan bahkan menyarankan untuk selalu menambah minyak ikan dalam setiap olahan makanan yang akan dikonsumsi oleh kucing Anggora.

Vitamin omega 3 dan juga sebuah senyawa bernama Docosahexaenoic Acid atau yang kerap disebut DHA mampu membantu pertumbuhan dari tiap sel otak dan juga koneksi bagi seekor kucing Anggora.

Apalagi, olahan ikan dan minyak ikan akan menambah baik bagi kucing Anggora yang baru melahirkan dan juga untuk bayinya. Selain membantu pertumbuhan dari bayi Kucing Anggora ini, vitamin-vitamin yang ada juga berperan penting dalam pembentukan sel otak yang nantinya akan melindungi kucing Anggora dari penyakit.

Ikan tongkol dan ikan tuna adalah olahan daging ikan terbaik bagi kucing anggora.

3. Telur

Untuk beberapa kesempatan, kamu juga dapat berbagi makanan dengan kucing Anggora yang ada di rumah, salah satunya adalah telur.

Selain mengandung protein yang cukup tinggi, telur juga mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan bagi manusia dan juga bagi kucing Anggora.

Para ahli mengatakan bahwa telur mengandung vitamin kompleks seperti vitamin A, B2, B12, B5 yang mampu menjaga kesehatan agar terhindar dari banyak penyakit.

Yang lebih penting lagi, telur adalah salah satu makanan yang cocok bagi kucing Anggora karena kandungan kalorinya yang dinilai sangat kecil. Kandungan kalori yang kecil ini pun dapat membuat kucing Anggora terhindar dari obesitas.

Nah walaupun begitu, kamu juga harus sangat berhati-hati jika memberikan makanan telur kepada kucing Anggora.

Sama seperti manusia, telur mentah atau yang tidak dimasak dengan benar dapat membahayakan kesehatan kucing Anggora. Untuk itu, rebuslah telur dengan benar jika ingin memberikan kepada kucing Anggora kesayanganmu.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KUCING?
Cari info Kucing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Diet Karbo bagi Kucing Anggora

Selain makanan-makanan yang mengandung protein hewani tinggi dan protein dengan nutrisi kompleks, terdapat salah satu makanan untuk kucing anggora yang harus dihindari, yaitu karbohidrat.

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi menjadi salah satu musuh yang harus dihindari oleh kamu yang memiliki kucing Anggora di rumah. Bagi manusia, karbohidrat adalah salah satu komponen dalam makanan yang perlu untuk dikonsumsi.

Namun, bagi kucing Anggora yang memiliki metabolisme yang berbeda, mengkonsumsi karbohidrat, walaupun dalam jumlah yang sedikit, dapat menyebabkan penyakit diabetes akut.

Para ahli mengatakan bahwa kucing, atau kucing Anggora, hampir tidak memiliki enzim yang dibutuhkan untuk mencerna karbohidrat yang masuk ke dalam ginjal mereka.

Berbeda dengan anjing yang memiliki cukup banyak enzim untuk mengolah karbohidrat, konsentrasi enzim yang ada di pencernaan seekor kucing Anggora tidak mampu untuk menetralisir kadar gula dalam karbohidrat. Karena itulah, karbohidrat dianggap makanan yang jahat bagi kucing Anggora.

Resep Makanan Kucing Anggora Buatan Sendiri

Makanan Kucing Anggora
resep makanan kucing anggora - uc davis

Setelah mengetahui apa saja bahan makanan yang bernutrisi untuk kucing anggora, sekarang kamu perlu mengetahui resep dan cara membuat makanan kucing anggora sendiri yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Untuk membuatnya pun tidak serepot makanan sehari-harimu, lho. Pada umumnya makanan kucing buatan sendiri (homemade) menggunakan teknik yang relatif mudah dilakukan.

Berdasarkan bahan-bahan di atas, berikut beberapa resep dan cara membuat makanan kucing anggora.

1. Resep Olahan Ikan

Bahan:

  • 1 cangkir ikan air laut rebus
  • 2 sendok makan wortel yang diparut halus dan direbus
  • 1/3 cangkir nasi dalam keadaan masak

Cara Membuat Makanan Kucing Anggora dengan Ikan:

  • Campurkan semua bahan-bahan di atas ke dalam wadah.
  • Hancurkan semua bahan-bahan hingga halus dan tercampur rata.
  • Berikan pada kucing dan jika terdapat sisa simpan dalam wadah tertutup di kulkas.

2. Resep Olahan Daging Ayam

Bahan:

  • 1 cangkir daging ayam rebus
  • 1/4 cangkir brokoli rebus
  • 1/4 cangkir wortel rebus
  • 1 cangkir kaldu ayam

Cara Membuat Makanan Kucing Anggora dari Daging Ayam:

  • Campur dan haluskan semua bahan-bahan di atas.
  • Tambahkan kaldu ayam dari air sisa rebusan daging ayam sedikit demi sedikit, hingga tekstur makanan kucing lembut.
  • Pastikan makanan kucing dari daging ayam sudah dingin sebelum diberikan.
  • Apabila terdapat sisa, simpan dalam wadah tertutup dan letakkan dalam kulkas.

3. Resep Olahan Daging Sapi

Bahan:

  • 1 cangkir daging sapi giling
  • 1/2 cangkir beras merah dalam keadaan masak
  • 3/4 cangkir keju potong dadu kecil

Cara Membuat Makanan Kucing dari Daging Sapi:

  • Panaskan daging sapi giling dengan sedikit minyak pada wajan hingga berwarna kecoklatan dan dinginkan.
  • Masukkan daging sapi, nasi merah, dan keju dalam wadah dan aduk rata.
  • Berikan pada kucing peliharaan dan jika bersisa bisa simpan dalam kulkas.

Demikianlah rekomendasi jenis makanan kucing anggora beserta resep mengolahnya yang sehat bagi pertumbuhan dan kesehatannya. Sekarang, setelah kamu sudah tahu apa saja yang harus disajikan setiap hari, kamu sudah bisa memeliharanya.

Pastikan, seluruh olahan makanan kucing anggora di atas masih segar dan terhindar dari segala jenis pengawet. Selamat bersenang-senang dengan kucing Anggora baru kamu.

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Selasa, 20 Oktober 2020, 16:00 WIB
Update pada: Sabtu, 19 Desember 2020, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://cats.lovetoknow.com/Homemade_Cat_Food_Recipe
  • https://cattime.com/cat-breeds/turkish-angora-cats#/slide/1
  • https://pets.webmd.com/feed-pets-17/slideshow-people-foods-cats-can-eat
  • https://www.diamondpet.com/blog/health/sensitive-stomach/cats-and-carbohydrates/
  • https://www.hillspet.com/cat-care/nutrition-feeding/is-fish-good-for-cats
  • https://www.rover.com/blog/can-cats-eat-chicken/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar