Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Jumat, 11 Juni 2021, 20:30 WIB

Lucu dan Imut! Ini 7 Jenis Kucing Ras yang Mempunyai Mata Besar

Lucu dan Imut! Ini 7 Jenis Kucing Ras yang Mempunyai Mata Besar

Jenis kucing mata besar - rover

Pecinta kucing memiliki kesukaan tersendiri pada jenis kucing yang dipelihara. Kira-kira siapa nih yang suka dengan jenis kucing bermata besar berikut ini

Di seluruh dunia terdapat puluhan jenis ras kucing yang bentuknya sangat beragam. Tercatat, ada sekitar 71 jenis ras kucing yang terdaftar pada TICA atau kepanjangan dari The International Cat Association.

Masing-masing ras memiliki bentuk tubuh yang berbeda sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kucing.

Hal ini bisa kamu lihat dari bulu, ukuran tubuh, bentuk kepala, bentuk telinga dan hidung serta mata yang indah yang membuat jatuh cinta kepadanya.

Karakteristik mata membuat perbedaan antar ras sangatlah berbeda. Hal ini juga menambah keimutan kucing yang mempunyai mata indah, bulat dan besar. Kali ini PetPi akan kasih tau kamu jenis ras kucing yang mempunyai mata besar.

Yuk simak informasinya.

Jenis Kucing Bermata Besar

Dibawah ini adalah jenis ras kucing yang memiliki mata besar. Pastinya sangat lucu untuk kamu pelihara lho. Nah, buat kamu nih yang berencana memelihara kucing lucu dengan mata yang indah.

Mungkin kamu bisa memilih salah satu jenis ras kucing di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Cornish Rex

Jenis Kucing Bermata Besar
Cornish rex - shopify

Nama cornish rex sering muncul di deretan kucing yang memiliki bulu keriting namun, bulunya ramah untuk kamu pelihara. Kucing hipoalergenik ini sangat cocok untuk kamu pelihara karena tidak menyebabkan dirimu alergi terhadap bulu kucing.

Tapi kali ini kita tidak akan bahas soal bulunya, melainkan tatapan matanya yang memiliki mata besar. Cornish rex memiliki kepala berbentuk segitiga dengan mata yang berbentuk oval.

Hal ini membuat mata Cornish Rex sangat menonjol keluar dengan warna yang beragam.

Singapura Cat

Jenis Kucing Yang Matanya Besar
Singapura Cat - wide open pets

Singapura cat merupakan salah satu ras kucing dengan mata besar. Kucing dari negara tetangga Indonesia ini juga termasuk jenis kucing terkecil yang terdaftar di TICA. Ia terkenal dengan matanya yang besar, ekspresif dan sifatnya yang penuh dengan kasih sayang.

Kucing ini benar-benar sangat imut karena ukurannya yang kecil. Matanya berbentuk kacang almond dengan warna coklat tua, hijau ataupun kuning.

Mata yang besar dan lebar adalah karakteristik standar dari jenis kucing ras ini. Jadi kucing ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memeliharanya.

Di Indonesia sendiri memang belum banyak yang membudidayakannya, jadi jika ingin memeliharanya, kamu harus merogoh kocek yang lumayan dalam untuk memelihara kucing yang lucu ini.

Russian Blue

Jenis Kucing Russian Blue Yang Bermata Besar
Russian Blue - dogalize

Jenis ras kucing dengan mata besar selanjutnya adalah kucing russian blue. Kucing jenis ini termasuk ke dalam kucing yang paling lucu karena memiliki mata besar dan warna mata yang indah.

Kepalanya yang segitiga dengan mata bulat, tampaknya seperti selalu mengawasi pergerakan kemana kamu pergi.

Bukan hanya matanya yang lebar, keunikan jenis kucing ras ini adalah warna mata yang bisa berubah. Setiap kucing russian blue yang dilahirkan sudah pasti memiliki warna mata kuning, namun pada saat dewasa matanya akan berubah menjadi hijau. Lucu kan?

Abyssinian Cat

Jenis Kucing Lucu
Abyssinian cat - cat breed list

Kucing jenis ini memang tidak familiar oleh kalangan pecinta kucing di Indonesia. Abyssinian adalah kucing yang sangat eksotis karena memiliki mata yang besar dan ekspresif. Bentuk mata kucing yang berbentuk almond menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri dari kucing ini.

Mata kucing ini berbeda dari kucing yang memiliki mata besar lainnya, ada sudut siku-siku khas yang terdapat pada matanya.

Selain itu, bentuk garis gelap tipis yang mengelilingi mata akan memberikan kontras dengan warna di dalam bola matanya yang berwarna hijau atau kuning.

Ocicat

Jenis Kucing Mata Besar
Ocicat - wallpaper safari

Selain Abyssinian Cat, jenis kucing ras Ocicat juga sangat jarang terdengar di kalangan pecinta kucing di Indonesia. Ocicat memiliki penampilan yang gahar seperti macan tutul. Ia merupakan jenis kucing yang memiliki mata besar berbentuk almond.

Ocicat memiliki gen yang sangat beragam, sehingga terkadang warna mata bisa sangat bervariasi. Pada dasarnya ia memiliki warna mata kuning, namun setelah dikawinkan ia memiliki warna mata yang beragam kecuali warna biru.

British Shorthair

Jenis Kucing Mata Besar
British Short Hair - cats world

Jenis ras kucing yang bermata besar selanjutnya ada british shorthair. Hampir semua kucing ini memiliki standar bentuk mata yang bulat dan lebar.

Perpaduan antaramata dan bentuk badannya yang agak membulat akibat bulunya yang tidak panjang, membuat kucing ini sangat lucu.

Banyak yang sering menampilkan British Shorthair memiliki mata yang berwarna biru, namun pada kenyataannya bahwa jenis kucing ini memiliki beragam warna mata. Tidak hanya biru, namun kuning, oranye dan hijau bisa saja menjadi warna mata dari British shorthair.

Burmese Cat

Jenis Kucing Bermata Besar
Burmese Cat - Wallpaper flare

Kucing burma yang satu ini juga termasuk ke dalam deretan kucing dengan mata besar. Kucing burma terkenal dengan persilangannya dengan kucing tembaga asli Burma (myanmar) dengan kucing siam.

Faktanya, semua orang Burma akan menelusuri warisan mereka terkait seekor kucing burma betina yang bernama Wong Mau. Ini adalah sejarah mengenai asal muasal kucing burma.

Kucing ini memiliki warna mata yang sangat indah, dengan bentuknya yang bulat dan berwarna hijau atau emas bersinar menambahkan keindahan bagi siapapun yang melihatnya.

Nah itulah dia beberapa jenis kucing ras dengan mata besar yang bisa kamu jadikan referensi untuk memeliharanya. Memang ada beberapa kucing yang sulit ditemukan di Indonesia, namun ada kucing yang masih bisa kamu cari karena keberadaannya sudah cukup banyak.

Kira-kira kamu mau pilih jenis kucing apa ya? Sekian informasi dari PetPi, semoga bermanfaat.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Terbit: Minggu, 11 Oktober 2020, 16:00 WIB
Update pada: Jumat, 11 Juni 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_ras_kucing
  • https://www.thesprucepets.com/cat-breeds-with-big-eyes-4800645

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar