Hari ini: Minggu, 29 Mei 2022
Sabtu, 08 Januari 2022, 10:00 WIB

9 Cara Kucing Mengenali Tuannya Yang Jarang Kamu Sadari

9 Cara Kucing Mengenali Tuannya Yang Jarang Kamu Sadari

cara kucing mengenali tuannya - pixabay

Kadang kita bertanya bagaimana kucing kesayangan kita mengetahui tuannya? Nah, inilah cara bagaimana kucing bisa mengenali tuannya yang harus kamu ketahui.

Sobat Pintar, apakah kamu tahu cara kucing mengenali tuannya? Kucing merupakan hewan yang banyak disukai orang sebab tingkahnya yang lucu.

Ada banyak ras kucing yang berbeda di dunia ini. Misalnya, jenis kucing American Maine Coon memiliki bulu yang sangat bagus dan tebal. Ada banyak varietas lain,  yang paling umum yaitu persia dan anggora. 

Di Indonesia, Anggora dan Persia menjadi dua varietas yang paling banyak didomestikasi. Ini karena beberapa kucing Indonesia tidak menyukainya.

Tapi berbeda bila pecinta kucing sejati pemarah atau tidak memperlakukan mereka secara berbeda. Pecinta kucing  akan memberikan cinta yang sama. 

Tempat kerja yang sangat baik memudahkan mencari kucing. Mungkin kamu merupakan pecinta kucing yang tulus. Hal ini  menjadikan kucing merasa aman dan nyaman.

Topik kali ini kita akan membahas bagaimana kucing mengenali tuannya. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Bagaimana Cara Kucing Mengenali Tuannya?

Cara Kucing Mengenali Tuannya
cara kucing mengenali tuannya - pixabay

Untuk mengetahui apakah kucing kesayangannya mu, maka kamu harus perhatikan ulasan di bawah ini. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Mengendus

Tidak  heran apabila  kucing selalu mengendus sebab memang seperti itulah sifatnya. Tapi pertama-tama lihat apa yang diendus kucing dan siapa.

Kucing mencium bau makanan, jadi itu normal untuk menciumnya. Tapi tidak ketika kucing mengendus seseorang secara tiba-tiba dan tanpa alasan. 

Sekarang, kucing mengenali pemiliknya dengan cara mengendus. Ini merupakan bentuk kemesraan antara kucing dan pemiliknya. Hanya sebagian kucing yang bisa melakukan ini, kecuali dengan pemilik yang sudah lama dikenalnya. 

2. Bersandar di Pipi

Tidak hanya mengendus saja, masih ada lagi cara kucing mengenali tuannya yaitu dengan menyandarkan pipinya.

Mungkin kamu yang mempunyai kucing peliharaan pernah merasakan hal yang sama. Ini tidak berarti jika kucing mu kotor dan sengaja menularkan kotorannya kepada mu ya! 

Namun, kebersihan juga tetap sangat penting. Menyandarkan pipi nya merupakan bentuk komunikasi kucing dengan kamu yang biasanya mereka sudah tahu jika kamu menyayanginya. 

3. Merespon Panggilan

Biasanya kucing yang sering dilatih dan tinggal bersama dengan mu, maka ia menjadi lebih mudah untuk mengenali tuannya beserta dengan karakternya.

Hal lain yang dapat dilakukannya sebagai bentuk jika ia sangat kenal dengan tuannya yaitu mudah merespon saat dipanggil. 

Tidak seluruh kucing akan mendatangimu saat dipanggil. Tapi, untuk kucing yang sudah akrab dengan kamu, maka kucing akan sangat peka ketika kamu panggil namanya atau kamu hanya berseru “meauw” saja. 

4. Bercanda

Kucing asing atau kucing liar biasanya akan agresif kepada orang yang akan mendekatinya. Contohnya, saat kamu memanggilnya, kucing biasanya langsung melarikan diri.

Lalu, saat ada orang yang berusaha untuk mendekati atau membawanya kucing akan berontak hingga mencakar. 

Tetapi, lain halnya bila kucing sudah mengenali kamu sebagai tuannya, kucing bisa lebih mudah beradaptasi.

Bahkan ia bisa bermain dan bercanda dengan mu tanpa harus mencakar dan menggigit. Kucing akan agresif bila ia sedang merasakan tidak nyaman dan biasanya dia akan melukai seseorang. 

5. Menaiki Tubuh

Cara kucing mengenali tuannya selanjutnya yaitu kucing sering menaiki tubuh kamu kapanpun dan di mana saja, seperti naik ke atas pangkuanmu hingga termasuk ke atas perutmu saat kamu sedang tidur.

Hal tersebut mereka lakukan karena selalu ingin didekatmu dan bersama dengan kamu. Ini juga menjadi tanda jika ia sangat nyaman dengan kamu. 

6. Membangunkan Tidur

Kucing yang sudah kenal dengan tuannya biasanya akan menjadi alarm. Karena kucing ini akan selalu membangunkan tuannya saat sedang tidur. Biasanya ia akan membangunkan pada pagi hari, kucing akan sibuk mengganggu kamu sampai terbangun. 

Namun, bila ia tidak akrab atau tidak mengenali majikannya, kucing tidak akan melakukan hal seperti ini. 

7. Melakukan Kontak Mata

Kucing bisa melakukan kontak mata dengan tuannya apabila sudah mengenalinya. Hal ini tidak mungkin dilakukan jika kucing tidak mengenali tuannya.

Umumnya kucing yang sudah jinak selalu menatap mata tuannya sebab memang mereka sudah saling mengenal. Apalagi saat kamu mengatakan sesuatu, kucing akan menatap seolah-olah ia paham dengan apa yang sedang tuannya katakan. 

8. Mendengkur

Rasa nyaman kucing dengan kamu tidak semuanya bisa ia perlihatkan, kecuali bila memang kucing tersebut sudah sangat mengenal tuannya.

Terdapat salah satu tanda jika kucing mu sudah sangat mengenalmu yaitu saat kucing tertidur, ia akan mendengkur. Situasi ini juga yang biasanya kucing manfaatkan untuk di pangku oleh kamu karena ia butuh kehangatan. 

9. Meminta Makan

Cara kucing mengenali tuannya yang terakhir yaitu saat kucing kelaparan dan ia akan datang kepadamu karena merasa sudah kenal.

Terlebih lagi bila kamu menjadi tuan yang memberikan banyak kasih sayang dan perhatian. Pastinya kucing akan merasa nyaman untuk meminta sesuatu kepadamu. 

Lain halnya jika kucing belum mengenali kamu, jangankan meminta makan, ia mendekat saja sungkan.

Jadi, kesimpulannya yaitu kucing mudah sekali untuk mengenali tuannya yaitu karena kucing tersebut sudah lama dirawat. Sama seperti manusia saja, mereka yang tidak saling mengenal cenderung akan tertutup. Tetapi, jika sudah mengenal mereka akan menunjukkan keakrabannya. 

Nah, seperti itu juga cara kucing mengenali tuannya yang harus kamu ketahui mulai saat ini, apakah sekarang kucingmu sudah mengenalmu sepenuhnya atau belum. Semoga informasi di atas ini bisa bermanfaat untuk kamu ya, Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bukuipa.co.id/cara-kucing-mengenali-majikannya/
  • https://dokterhewan.co.id/detailpost/begini-cara-kucing-mengenali-majikannya
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar