Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Selasa, 16 Maret 2021, 16:00 WIB

Cara Membuat Kandang Kucing Sederhana | Kardus, Kayu, Besi, Pipa

Cara Membuat Kandang Kucing Sederhana | Kardus, Kayu, Besi, Pipa

Cara Membuat Kandang Kucing - jacks on galaxy

Belum memiliki kandang kucing yang sesuai? Gak usah khawatir, kamu bisa ikutin cara membuat kandang kucing sederhana berikut ini untuk kucing kesayanganmu

Berencana untuk membeli kandang untuk kucing kesayangan, tapi waktu dicek harganya mahal? Mending Sobat Pintar bikin sendiri, biayanya lebih murah!

Kalau memelihara kucing kampung, kita jarang membutuhkan kandang. Tapi kalau Sobat Pintar memelihara kucing ras yang harganya mahal, kandang dibutuhkan agar kucing tidak keluar rumah.

Tidak hanya itu, kandang juga digunakan sebagai tempat mereka beristirahat dan beraktivitas. Oleh karena itu, kandang kucing harus dibuat senyaman mungkin.

Daripada beli kandang jadi yang harganya lumayan mahal, lebih baik bikin sendiri! Enggak pake susah, ini cara membuat kandang kucing sederhana yang bisa dilakukan di rumah!

Cara Membuat Kandang Kucing Kesayanganmu

Dalam membuat sebuah kandang untuk kucing, kita harus memperhatikan beberapa hal. Yang pertama adalah ukuran kandang. Ada beberapa jenis kucing besar yang jelas akan merasa tidak nyaman jika kamu membuatkan kandang yang terlalu kecil.

Selain itu, kandang yang terlalu sempit juga akan membatasi pergerakan mereka. Kucing bisa mengalami stres karena hal ini yang ujung-ujungnya akan mempengaruhi kesehatannya.

Alas kucing juga patut diperhatikan karena bagian ini akan sering menjadi tempat kucing membuat kotorannya. Meskipun kita sudah menyiapkan litter box di dalam kandang, bukan tidak mungkin kotorannya tercecer ke sana kemari.

Di pasaran ada alas yang mampu menyerap bau. Jika tidak punya budget, kamu bisa menggunakan alas seadanya seperti kardus selama kamu rutin menggantinya. Kalau tidak dilakukan, kucingmu bisa rentan terkena penyakit.

Untuk bahannya sendiri, ada beberapa yang bisa kamu gunakan sesuai selera dan budget. PetPi akan jelaskan satu per satu!

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Cara Membuat Kandang Kucing dari Kardus

Cara Membuat Kandang Kucing Dari Kardus
cara membuat kandang kucing dari kardus - alicdn

Kalau budgetmu benar-benar tipis, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kardus sebagai bahan utama membuat kandang.

Kamu bisa mencari kardus bekas yang ada di sekitarmu. Kalau ingin membuat kandang yang cukup besar, sediakan beberapa kardus. Untuk desainnya, ada banyak sekali referensi di internet yang bisa kamu pilih.

Setelah itu, kamu bisa menyatukan beberapa kardus dengan menggunakan selotip bening yang memiliki daya rekat kuat. Sebagai alas, kamu bisa memanfaatkan kain bekas yang sudah tidak terpakai.

Biasanya, kandang kardus digunakan untuk tempat berlindung anak kucing yang baru lahir. Karena kardus mudah rusak, tidak disarankan menggunakan bahan ini untuk jangka panjang.

2. Cara Membuat Kandang Kucing dari Kayu

Cara Membuat Kandang Kucing Dari Kayu
cara membuat kandang kucing dari kayu - alicdn

Selanjutnya kamu bisa membuat kandang kucing terbuat dari kayu. Material yang satu ini aman bagi kucing dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu bisa membeli kayu baru maupun kayu bekas yang ada di rumahmu.

Pertama, potong kayu-kayu tersebut sesuai dengan kebutuhan. Bedakan kayu yang akan digunakan untuk panjang, lebar, dan tinggi kandang. Ukuran ideal untuk panjang kandang adalah 120 cm, sedangkan untuk lebar dan tinggi sekitar 90 cm.

Setelah itu, kamu bisa menyatukan potongan-potongan kayu tersebut dengan menggunakan paku maupun lem kayu. Buat pintu yang dilengkapi dengan engsel sebagai arena keluar masuk si kucing.

Jika kandang sudah jadi, jangan lupa untuk memberi tempat tidur, makan, dan buang kotoroan. Perhatikan juga alas kandangnya agar kamu mudah membersihkannya.

Kekurangan dari kandang kayu adalah serangan dari rayap yang membuatnya dapat mudah keropos. Untuk mengatasi kekurangan ini, sebaiknya lapisi kayu dengan pelitur atau cat yang tidak membahayakan kesehatan kucing.

Jamur juga dapat menyerang kayu tanpa ampun. Oleh karena itu, sebaiknya kandang diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari.

3. Cara Membuat Kandang Kucing dari Besi

Cara Membuat Kandang Kucing Dari Besi
cara membuat kandang kucing dari besi - rimba kita

Kalau mau membuat kandang yang kokoh dan tahan lama, material yang bisa kamu pilih adalah besi. Hanya saja, bisa dipastikan kalau biaya pembuatannya akan menjadi lebih mahal dibandingkan material lain.

Sama seperti kayu, kamu harus memotong terlebih dahulu besi-besi sebelum menyatukannya. Lalu, susun besi-besi tersebut menjadi persegi panjang.

Kamu bisa menyambungkan besi-besi tersebut dengan menggunakan kawat strimin atau membawanya ke tukang las. Jangan lupa untuk membuatkan pintu dengan menggunakan engsel.

Kamu juga harus rutin melapisi kandang yang terbuat dari besi agar tidak mudah berkarat. Untuk alas, kamu bisa memberikan keramik yang mudah dibersihkan.

4. Cara Membuat Kandang Kucing dari Pipa

Cara Membuat Kandang Kucing Dari Pipa
cara membuat kandang kucing dari pipa - pinterest

Pipa adalah bahan lain yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kandang kucing. Pembuatannya cukup mudah dan kamu tidak membutuhkan palu dan paku.

Kamu cukup memotong pipa sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, kamu bisa menyambungkan pipa-pipa tersebut menggunakan knee L dan T.

Sebagai dinding, kamu bisa memanfaatkan kawat jaring. Jangan lupa untuk membuat pintunya yang bisa dibuat dengan memanfaatkan engsel T. Kamu juga bisa menggunakan triplek sebagai atap dan alasnya.

Agar lebih tertata, tentukan posisi tidur, tempat makan, dan tempat membuat kotoran di dalam kandang. Beri semacam keset atau karpet sebagai alas tidur kucing agar mereka merasa hangat.

Keunggulan dari pipa adalah harganya terjangkau dan cukup awet. Hanya saja, pipa dapat mudah hancur apabila kamu tidak membuatnya dengan benar.

Itulah tadi beberapa cara membuat kandang kucing sederhana yang bisa Sobat Pintar buat dengan memanfaatkan berbagai bahan dan material yang mudah ditemukan.

Membuat kandang kucing bisa menjadi seni tersendiri. Kamu bisa membuat desain yang unik dan menarik. Kalau terlalu malas, kamu bisa membuat kandang dengan tampilan yang biasa selama fungsinya sebagai kandang terlaksana dengan baik.

Ada hewan lain yang kamu ingin tahu bagaimana cara membuat kandangnya? Tulis di kolom komentar, ya!

VIDEO: Tutorial Cara Membuat Kandang Kucing Dengan Modal 200ribuan!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kakibu.com/cara-membuat-kandang-kucing/
  • https://lifepal.co.id/media/pecinta-kucing-nih-tips-hemat-bikin-rumah-kucing-sendiri/
  • https://rimbakita.com/cara-membuat-kandang-kucing/
  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-membuat-rumah-kucing/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar