Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Kamis, 09 September 2021, 10:00 WIB

Jangan Kaget! Ini Dia Kisaran Biaya Perawatan Kucing Di Rumah

Jangan Kaget! Ini Dia Kisaran Biaya Perawatan Kucing Di Rumah

biaya perawatan kucing - parapuan

Biaya perawatan kucing mulai dari kebersihan, makanan, hingga pemeriksaan rutin berikut bisa dijadikan patokan sebelum memeliharanya. Berikut ulasannya

Sobat Pintar, apakah kamu tertarik memelihara kucing? Sudah tahu belum berapa harga yang harus dibayar untuk perawatannya?

Kucing adalah hewan peliharaan menggemaskan, bulunya yang lebat dan bercorak membuat para pecinta kucing tertarik untuk memeliharanya di rumah.

Selain hobi, ternyata ada juga alasan lain mengapa banyak orang suka dengan kucing, seperti alasan kesehatan.

Ya, beberapa jurnal penelitian mengatakan bahwa memelihara kucing dapat membantu kita hidup lebih sehat, mencegah kecemasan dan stres secara alami, serta membantu untuk tidur lebih nyenyak.

Hanya saja para pecinta kucing harus mengeluarkan uang untuk membeli makan hewan peliharaanya. Bahkan untuk mendapatkan ras kucing tertentu, kamu harus merogoh kocek yang dalam.

Harga jual yang tinggi itu belum termasuk biaya perawatan kucing tersebut, lho! Nah, bagi kamu yang tertarik memelihara kucing dan ingin tahu berapa sih biaya perawatan yang harus dikeluarkan untuk si kucing, kamu dapat menyimak informasi berikut.

Daftar Biaya Perawatan Kucing Berdasarkan Kebutuhannya

Biaya Perawatan Kucing
biaya perawatan kucing - blibli

Kucing masih menjadi salah satu hewan peliharaan favorit yang mempunyai harga tergolong mahal. Walaupun mahal, itu tidak membuat minat para pecinta kucing luntur untuk dapat memelihara hewan berbulu ini.

Mereka bahkan rela mengeluarkan banyak uangnya supaya kucing kesayangannya tetap mendapatkan perawatan yang layak, sehingga selalu sehat dan menggemaskan.

Terdapat 33 jenis kucing di seluruh dunia, sebut saja ras bengal, balinese, American Shorthair, Burmese, Persian, Ocicat, dan lain sebagainya. Beberapa jenis kucing punya bulu yang panjang dan tebal, bahkan mereka memiliki corak beragam.

Inilah yang membuat orang-orang suka menyisirnya atau mengelusnya. Apalagi jika kucing dirawat dengan baik, maka bulunya tidak mudah rontok.  

Merawat kucing sebenarnya cukup mudah, apalagi untuk ras kucing yang punya daya tahan tubuh lebih kuat.

Untuk itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti pemberian makanan dan kebersihan kandang yang harus dijaga. Sudah seharusnya kamu merawat mereka dengan baik supaya tidak ada penyakit yang muncul pada kucing.  

Sebagaimana hewan peliharaan lainnya, sebelum memutuskan untuk memeliharanya kamu perlu tahu berapa biaya perawatan kucing yang harus dikeluarkan.

Mulai dari perawatan bulu, gigi, makan, cakar, kandang, hingga kotak pasir (litter box) yang digunakan untuk buang kotoran. Berikut ini adalah beberapa kisaran biaya yang harus kamu keluarkan untuk perawatan rutinnya, seperti:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Biaya Perawatan Bulu dan Gigi

Salah satu hal menarik dari kucing adalah bulunya yang lebat dan panjang, meskipun ada juga ras yang tidak punya bulu sama sekali seperti ras Sphynx. Tentu sebagai pemilik kucing, kamu tidak ingin bulu mereka rontok dan kotor bukan?

Untuk itu, kamu perlu menyiapkan pos biaya perawatan kucing untuk memandikannya supaya bulu mereka bersih menggunakan shampoo dan sabun khusus kucing. Ada banyak sekali shampo kucing yang juga bisa digunakan sebagai sabun mandi.

Shampoo ini punya formula khusus untuk menangani masalah pada bulu dan kulit kucing, menjadikannya sehat, bersih, serta menjaga keharuman yang menyegarkan.

Selain itu, shampo kucing ini punya beberapa kegunaan seperti membasmi kutu dan caplak, menghilangkan jamur kulit, membasmi bakteri yang membahayakan kesehatan, hingga terapi pengobatan saat terjadi masalah pada kulit kucing.

Harganya bisa tergantung merek, paling murah kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 15 ribu di toko online.

Selain bulu, kamu juga perlu memperhatikan kesehatan gigi kucing. Ada baiknya ini dilakukan setiap hari secara rutin guna menjaga kebersihan gigi kucing kamu. Kamu bisa membeli peralatan ini di petshop atau supermarket terdekat.

Jika tidak ingin repot, kamu dapat memeriksakan gigi mereka ketika berkunjung ke klinik hewan dengan kisaran biaya Rp. 120 ribu – Rp. 300 ribuan.

2. Biaya Kebersihan Kandang dan Kotak Pasir

Setidaknya kamu perlu mempersiapkan kandang dan kotak pasir sebagai tempat tinggal dan tempat mereka buang kotoran. Menjaga kebersihan kandang dapat membantu meringankan kamu dalam biaya perawatan kucing lainnya, misalnya mandi.

Kamu tidak perlu sering-sering memandikan kucing jika bulu mereka tidak kotor. Sedangkan untuk kotak pasir, pilihlah jenis pasir yang tidak menggumpal atau menempel pada kaki dan bulunya.

Harga kandang kucing untuk yang paling murah dijual dengan harga Rp. 100 ribuan, sedangkan untuk harga kotak pasir biasanya sekitar Rp. 50 ribuan. Jika kamu ingin melakukan grooming di klinik hewan, maka biaya yang harus dikeluarkan ada sekitar Rp. 60 ribuan – ratusan ribu rupiah.

3. Biaya Makanan Bernutrisi

Supaya dapat beraktivitas dengan lincah, tentu kucing membutuhkan lebih banyak nutrisi dan vitamin. Apalagi jika kamu memelihara kucing ras tertentu, tentu saja mereka membutuhkan makanan yang berkualitas tinggi.

Banyak terjadi kasus kerontokan bulu akibat kesalahan pemilik kucing dalam pemilihan makanannya. 

Untuk itu, pastikan kamu menyediakan pos anggaran juga pada biaya perawatan kucing bulanan kamu untuk memberikan mereka makanan khusus kucing yang kaya akan protein, lemak, vitamin, karbohidrat, mineral dan asam amino.

Tentu beda usia, beda pula takaran nya. Untuk harga makanan kucing yang bagus paling murah Rp. 70 ribu per 400 gr.

4. Biaya Cek Kesehatan Kucing di Klinik Hewan

Kamu tidak boleh tidak memeriksakan kesehatan kucing secara berkala di klinik hewan. Tindakan ini adalah bentuk tanggung jawab yang semestinya dilakukan pemilik ketika memutuskan untuk memelihara hewan lucu berbulu ini dirumah.

Biaya perawatan kucing di klinik hewan memang terbilang cukup mahal, tapi itu sepadan dengan kesehatannya. Berikut ini daftar kisaran tarif pemeriksaan kesehatan kucing di dokter hewan yang bisa kamu jadikan referensi.

  • Konsultasi dan pemeriksaan dokter hewan: Rp. 120 ribuan.
  • Steril kucing: Rp. 750 ribuan.
  • Vaksin kucing: Rp. 80 ribuan - Rp. 200 ribuan.
  • Suntik rabies: Rp. 100 ribuan.
  • Grooming: Rp. 60 ribuan - Rp. 100 ribuan.

Itulah biaya perawatan kucing yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum memutuskan memelihara hewan menggemaskan ini. Ingat, jika sudah memeliharanya, kamu tidak boleh lalai dalam merawatnya, ya Sobat Pintar.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://dokter-hewan.com/?p=209
  • https://id.quora.com/Seberapa-mahalkah-biaya-perawatan-kucing
  • https://lifepal.co.id/media/pecinta-kucing-yuk-hitung-dengan-rinci-pengeluaran-kamu-buat-si-meong/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar