Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Selasa, 27 April 2021, 16:00 WIB

Rekomendasi Merek Pasir Kucing Terbaik dan Harganya, Wangi Tidak Bikin Kotor!

Rekomendasi Merek Pasir Kucing Terbaik dan Harganya, Wangi Tidak Bikin Kotor!

pasir kucing terbaik - the spruce pets

Rekomendasi berbagai pilihan merk pasir kucing terbaik yang bisa kamu sesuaikan dengan budget-mu. Berikut daftarnya beserta harga terbaru di tahun 2021

Dalam cara merawat kucing peliharaan di rumah, bukan hanya makanan dan kesehatan mereka yang perlu Sobat Pintar selalu perhatikan, lho.

Kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal kucing juga jadi salah satu aspek penting agar pemilik dan peliharaan dapat beraktivitas dengan nyaman.

Salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan menyediakan litter box dan pasir kucing terbaik sebagai tempat kucing peliharaan membuang kotoran mereka.

Nah, kira-kira bagaimana cara menentukan pasir kucing terbaik yang pas untuk peliharaanmu? Dan apa saja merek pasir kucing yang direkomendasikan dan tersedia di pet shop?

Untuk Sobat Pintar yang penasaran, berikut ulasan selengkapnya yang sudah PetPi rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Jenis-Jenis Material Pasir Kucing Wangi

Jenis Pasir Kucing Terbaik
jenis pasir kucing terbaik - py-pet

Untuk mencegah kucing buang kotoran sembarangan di sekitar area rumah, Sobat Pintar bisa memberikan litter box dan pasir kucing di dalamnya.

Pasir kucing atau sering disebut pasir wangi tersebut saat ini tersedia dalam berbagai macam tipe, yang disesuaikan dengan kebutuhan pemilik dan kucing peliharaan.

Melansir laman PetMD, secara umum ada tiga kategori pasir kucing wangi yang tersedia di pet shop seperti di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Pasir Kucing Zeolit dan Bentonit

Jenis pasir kucing ini sangat umum ditemukan di pet shop dan harganya cenderung terjangkau. Ada dua jenis yang bisa Sobat Pintar temui, yakni pasir kucing zeolit dan pasir kucing bentonit.

Kedua jenis pasir kucing murah ini berbahan dasar pasir atau batuan yang dicacah kemudian dipadatkan. Baik pasir kucing zeolit atau bentonit, keduanya memiliki daya serap tinggi untuk urin kucing, lho.

Pasir yang sudah menyerap urin atau kotoran kucing, nantinya akan mengeras dan kamu dapat buang dengan menggunakan serokan khusus.

Material pasir kucing ini memiliki bau yang cukup netral. Namun terkadang, ada pula pasir zeolit atau bentonit yang dipadukan dengan wewangian khusus, seperti lavender, jeruk, dan sebagainya.

Perawatan pasir kucing zeolit dan bentonit tergolong mudah, di mana kamu cukup mengisi ulang litter box jika volume pasir di dalamnya dirasa sudah mulai berkurang.

Untuk menjaga kesterilannya, Sobat Pintar juga bisa membuang sisa pasir, mencuci litter box, dan mengganti pasir kucing setidaknya seminggu sekali, nih.

Kelemahan dari pasir bentonit ini adalah tidak bisa mencuci pasirnya dengan air, karena sifatnya yang menggumpal apabila terkena bahan yang cair seperti urin atau air biasa.

Untuk itu, penggunaan pasir ini agak sedikit lebih boros dibanding pasir zeolit..

2. Pasir Kucing Kristal

Jenis pasir kucing kristal ini menggunakan silica gel sebagai bahan dasarnya. Silica gel umum Sobat Pintar temui dalam bentuk kantung, misal dalam boks sepatu, makanan, obat, dan sebagainya.

Keuntungan pasir kucing kristal dibanding yang berbahan dasar zeolit dan bentonit adalah minim menghasilkan debu yang mengotori rumah.

Selain itu daya serapnya sangat tinggi dan tidak menghasilkan bau, sehingga tak heran harga pasir kucing kristal cenderung lebih mahal di pasaran.

Sayangnya saat menggunakan pasir kucing kristal, kamu perlu berhati-hati akan risiko tertelan pada kucing terlebih dalam jumlah banyak sekaligus.

3. Pasir Kucing Organik

Pasir kucing organik terkadang juga dilabeli sebagai bahan biodegradable yang artinya terbuat dari bahan-bahan organik dan mudah terurai di alam saat dibuang nantinya.

Untuk kamu yang khawatir akan risiko pasir kucing tak sengaja tertelan, pasir kucing organik cenderung lebih aman untuk sistem pencernaan mereka.

Material yang biasa digunakan sebagai komposisi dasar pasir kucing organik, di antaranya kertas daur ulang, pinus, gandung, jagung, dan kedelai.

Karakteristik dari pasir kucing organik ini tentu memiliki kemampuan menyerap urin dan kotoran, tapi aroma yang dihasilkan tidak sewangi yang ditawarkan pasir zeolit atau bentonit.

Soal harga, pasir kucing organik punya harga yang tidak terlalu mahal dan dapat dengan mudah ditemukan di pet shop terdekat.

Rekomendasi Merek Pasir Wangi Terbaik dan Harga Terbaru di Pet Shop

Baik di pet shop maupun ecommerce favoritmu, saat ini sudah tersedia berbagai macam merek pasir wangi terbaik yang harganya bisa disesuaikan dengan bujet serta kebutuhan.

Berikut beberapa rekomendasi merek pasir wangi terbaik dan harganya yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Catsan Cat Litter

Pasir Kucing Terbaik
Catsan cat litter - shopee

Catsan Cat Litter jadi salah satu merek pasir kucing yang banyak dikenal dan mudah ditemui di pasaran.

Jenis pasir kucing ini menggunakan material sodium bentonit yang bersih dan mudah menggumpal saat terkena urin atau kotoran kucing peliharaan.

Karakteristik wangi yang ditawarkan Catsan Cat Litter cenderung netral, sehingga tidak membuat kucing buang kotoran sembarangan akibat wewangian berlebihan yang kadang membuat mereka sensitif.

Catsan saat ini hanya dijual dalam satu varian saja, yang mana pasir kucing 5 liter ini punya kisaran harga Rp50 ribuan hingga Rp60 ribuan.

2. KitCat Tofu Soya Cat Litter

Merk Pasir Kucing Terbaik
KitCat Tofu Soya Litter - tokopedia

Jika mencari jenis pasir kucing organik, KitCat Tofu Soya Cat Litter bisa menjadi pilihan karena menggunakan bahan dasar ampas kedelai.

KitCat Tofu Soya Cat Litter memiliki label eco-friendly yang mudah terurai dan aman bagi lingkungan. Sisa kotoran yang dihasilkan juga bisa dibuang ke kloset dan tidak membuat tersumbat.

Jenis pasir kucing ini diklaim tidak mengandung bahan kimia tambahan sehingga aman bagi kucing peliharaan. KitCat Tofu Soya Cat Litter juga tersedia dalam delapan pilihan wangi, lho.

Harga pasir kucing organik ini berkisar antara Rp70 ribuan hingga Rp75 ribuan untuk kemasan 7 liter.

3. KittySand Cat Litter

Pasir Kucing Terbaik
KittyCat Sand litter - ruparupa

Jenis pasir kucing kristal berbahan silica gel dikenal sebagai material terbaik yang mampu menyerap urin dan kotoran kucing secara cepat dan tidak meninggalkan bau tak sedap.

Salah satu merek pasir kucing yang PetPi rekomendasikan adalah KittySand Cat Litter, yang mana tidak menghasilkan debu yang mengotori rumah.

Dibanding jenis lainnya, harga pasir kucing KittySand cenderung lebih mahal. Untuk KittySand kemasan 3.8 liter seharga Rp90 ribuan, kemasan 7.6 liter seharga Rp180 ribuan, dan kemasan 16 liter seharga Rp330 ribuan.

4. Cub n Kit Cat Litter

Pasir Kucing Paling Bagus
Cube kit cat litter - wcs store

Cub n Kit Cat Litter bisa menjadi alternatif pilihan bagi Sobat Pintar yang ingin menghemat bujet pengeluaran untuk pasir kucing.

Jenis pasir kucing ini hampir sama seperti merek lainnya yang menggunakan material zeolit atau bentonit dan mudah menggumpal saat terkena kotoran kucing.

Pasir kucing murah ini umumnya dijual dalam kemasan besar, di mana untuk harga pasir kucing 10 liter berkisar Rp35 ribuan dan pasir kucing 20 liter berkisar Rp70 ribuan saja.

5. Kawan Cat Litter

Litter Kucing Terbaik
Kawan cat litter - wcs store

Sebagai salah satu merek pasir kucing murah, Kawan Cat Litter sangat mudah untuk ditemui di pet shop terdekat atau melalui ecommerce, lho.

Kawan Cat Litter menyediakan kemasan ekonomis yang sudah dilengkapi dengan ziplock, sehingga tidak membuat pasir berantakan saat hendak digunakan dan disimpan kembali.

Merek pasir kucing ini tersedia dalam berbagai ukuran, seperti pasir kucing 5 liter dibanderol Rp30 ribuan, pasir kucing 10 liter dibanderol Rp50 ribuan, dan pasir kucing 20 liter dibanderol Rp100 ribuan.

6. Maxi Cat Sand

Pasir Kucing Terbaik
Maxi cat Sand - wcs store

Merk pasir yang selanjutnya adalah Maxi Cat Sand. Ini merupakan salah satu merk pasir kucing terbaik yang bisa kamu temui di petshop terdekat lho.

Tipe dari pasir ini adalah pasir bentonite dimana seperti yang kita ketahui tipe pasir ini mudah menggumpal jika terkena kotoran kucing.

Tipe pasir ini sebenarnya lebih memudahkan kamu untuk membersihkan sisa kotoran kucing pada wadah pasirnya.

Biasanya karakteristik dari pasir bentonite itu juga mempunyai banyak pilihan aroma yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu. Maxi cat sand mempunyai 5 varian aroma yaitu, kopi, lemon, mawar, apel dan lavender.

Aroma dari pasir ini juga mempunyai fungsi untuk meredam bau kotoran kucing yang mengganggu di area rumahmu. Pasir ini dibanderol di pasaran dengan harga sekitar Rp 135 ribu - Rp 175 ribu per 30 liter pasirnya.

7. Champion

Merk Pasir Termurah
Champion - tokopedia

Nah, merk pasir kucing terbaik yang terakhir adalah Champion. Pasir ini merupakan tipe pasir Zeolit yang mampu menyerap kotoran kucing dengan cepat.

Walaupun tipe pasir zeolit, pasir Champion juga sangat mudah menggumpal dan mudah dibersihkan oleh pemilik kucing. Pasir ini ternyata juga mempunyai 2 varian aroma yaitu, lemon dan apel.

Pemilik kucing juga sangat dimudahkan dengan adanya pasir ini karena kemasan dari pasir ini mempunyai zipper penutup yang memudahkan pemilik kucing untuk menyimpannya.

Harganya pun cenderung tidak terlalu mahal, merk pasir kucing hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 45 ribu - Rp 65 ribu per 8 liter di ecommerce kesayanganmu.

Selain merek pasir kucing terbaik yang telah PetPi ulas di atas, masih banyak merek lainnya yang menawarkan material, harga, dan kualitas sesuai dengan kebutuhanmu masing-masing.

Dan jangan lupa, pastikan kucing peliharaan nyaman saat menggunakan pasir dan litter box mereka.

Jika kurang sesuai, kamu bisa rutin mengganti dengan merek lain hingga menemukan pilihan yang tepat, ya. Selamat mencoba!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Terbit: Jumat, 26 Maret 2021, 20:30 WIB
Update pada: Selasa, 27 April 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://littlefriendspetsitting.com/types-of-cat-litter-pros-and-cons/
  • https://merkbagus.id/pasir-kucing/
  • https://www.petmd.com/cat/care/evr_ct_what_is_in_cat_litter
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar