Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Minggu, 15 November 2020, 16:00 WIB

Ternyata Ini 5 Alasan Kenapa Kucing Buang Air Tidak Pada Bak Pasirnya

Ternyata Ini 5 Alasan Kenapa Kucing Buang Air Tidak Pada Bak Pasirnya

alasan kucing buang air di luar litterbox - pet smart

Dikasih litterbox tapi masih sering buang air sembarangan? Ketahui alasan kenapa kucing buang air di luar kotak pasirnya berikut ini

Bagi pecinta kucing, mengajarkan kucing untuk membuang air pada litter box yang sudah disediakan adalah suatu kewajiban. Kucing yang terlatih untuk membuang hajatnya di litter box membantu kita supaya rumah tetap bersih.

Memang cukup sulit untuk mengajarkannya, apalagi jika kamu memelihara kucing yang tidak familiar dengan kotak box pasir. Ini akan sedikit lebih sulit dibanding kamu melatihnya dari kecil.

Saat kucing kamu tiba-tiba pup sembarangan, berarti ada sesuatu yang aneh yang mungkin terjadi pada kucingmu atau pada bak pasirnya.

Nah, kira-kira kenapa ya alasan kucing tiba-tiba buang air diluar box pasirnya? Temukan jawabannya di pembahasan berikut ini.

Kenapa Kucing Tidak Mau Buang Air di Pasirnya?

Alasan Kucing Buang Air Diluar Litterbox
kenapa kucing buang air sembarangan? - aspca

Banyak alasan yang memungkinkan kucing buang air di sembarang tempat. Yang pasti hal ini harus kamu antisipasi sebelum dia sudah terbiasa lagi dengan pup sembarangan.

Berikut ini adalah penyebab kucing tidak mau buang air di pasirnya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Litter Box Terlalu Kecil

Ini adalah alasan paling logis yang bisa kamu temukan. Litter box terlalu kecil sangat mempengaruhi kenyamanan kucing saat buang air di sana. Kamu harus memilih kotak pasir yang lebih besar satu setengah kali daripada panjang badannya.

Jika kucing kamu mengalami lonjakan pertumbuhan atau bertambah berat badannya, kamu harus segera menyiapkan kotak pasir yang lebih besar lagi.

Selain itu juga, mungkin kotak pasir tersebut terlalu dangkal, karena saat dia menggalinya, pasirnya tidak bisa menutupi kotorannya.

Kucingmu Tidak Menyukai Lokasi Kotak Pasirnya

Terkadang menaruh kotak pasir ditempat yang terbuka akan membuat kucing tidak nyaman untuk menggunakannya. Banyak tempat tersembunyi yang bisa membuatnya nyaman saat buang air.

Kamu harus menjauhkan dari keramaian atau pun bunyi-bunyi mesin yang bisa saja membuatnya ketakutan.

Jauhkan juga kotak pasir dari pintu masuk, karena banyak orang yang akan lalu lalang di sana. Selain itu, jangan biarkan kotak makanannya ditaruh di satu tempat dengan kotak pasirnya ya. Hal itu bisa menyebabkan kucingmu tidak mau makan di tempat yang disediakan.

Untuk lebih memahami penempatan litter box yang tepat, kamu bisa cek artikel PetPi tentang penempatan litter box yang disukai kucing.

Kotak Pasir Terlalu Kotor dan Bau

Alasan yang ini sih sudah pasti membuat kucing tidak mau lagi menggunakan kotak pasirnya. Siapa sih makhluk hidup yang suka dengan kotoran? Hmm rasa-rasanya manusia juga tidak akan nyaman jika buang air di tempat yang kotor.

Memang sih tingkat kotornya box pasir tergantung dengan kucingnya juga. Terkadang hanya segumpal kotoran saja, ia langsung tidak mau menggunakannya. Berarti ini tugas kamu sebagai pemilik kucing untuk membersihkan kotorannya setiap hari ya.

Sifat Liarnya Kembali Keluar

Ketika kamu memelihara kucing liar yang sudah tinggal di rumah, sifat aslinya masih tetap ada. Walaupun sebelumnya dia sudah pernah menggunakan litter box, namun terkadang ia masih sering sembarangan untuk membuang air besar maupun kecil.

Kucing liar cenderung memiliki lebih banyak energi sehingga naluri liarnya akan kembali muncul.

Biasanya naluri liarnya akan muncul jika ia sadar bahwa rumahmu adalah tempat yang aman dan juga akan menjadi wilayah permanen dari mereka. Maka dari itu sifatnya kembali ke naluri liarnya.

Masalah Medis dan Usia

Kucing yang membuang hajat sembarangan bisa jadi karena ada masalah medis atau usia. Kucing kecil mungkin akan lebih sering melupakan litter box saat dia buang air.

Begitu Pula dengan kucing yang mempunyai penyakit seperti rematik, ia akan membutuhkan banyak ruang untuk menggunakan kotak pasir ini sehingga ia merasa nyaman.

Masalah medis lain juga sangat mempengaruhi, misal jika ia memiliki masalah di dalam tubuhnya seperti tumor usus, sembelit ataupun masalah lainnya. Pastinya dia akan merasa kesulitan untuk menjangkau litter box yang jauh dari tempat tidurnya.

Mungkin inilah beberapa alasan kucing tiba-tiba pup sembarangan di dalam rumah. Hal ini harus kamu pertimbangkan dan benar-benar perhatikan kebiasannya sehari-hari.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan kotak pasir untuk kenyamanan dia membuang air. Semoga artikel ini bermanfaat ya buat kamu pecinta kucing!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://iheartcats.com/10-reasons-cats-poop-outside-their-litter-box-how-to-resolve-the-issue/
  • https://pethelpful.com/cats/Reasons-Why-Cats-Poop-Outside-of-the-Litter-Box
  • https://www.proplan.co.id/tips-artikel/kesehatan-kucing/alasan-kucing-tidak-mau-pup-di-litter-box
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar