Hari ini: Senin, 17 Januari 2022
Kamis, 06 Januari 2022, 10:00 WIB

6 Alasan Kenapa Kucing Takut Air Disertai Cara Memandikannya

6 Alasan Kenapa Kucing Takut Air Disertai Cara Memandikannya

kenapa kucing takut air - science abc

Pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa kucing takut dengan air? Nah, inilah alasan dibalik kucing takut air dan cara memandikannya yang tepat dan aman.

Sobat Pintar, kamu pasti pernah bertanya-tanya kenapa kucing takut air, bukan? Hewan yang satu ini memang sudah dikenal tidak menyukai air bahkan takut.

Ketika badannya terkena percikan air saja ia langsung berlari dan buru-buru mengibaskan badannya. 

Lalu, apa alasan sebenarnya kucing takut dengan air? Dan kalau begitu bagaimana cara memandikannya? Yuk, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Mengapa Kucing Takut Air? 

Kenapa Kucing Takut Air
kenapa kucing takut air - grunge

Sebetulnya alasan kenapa air ditakuti kucing umumnya adalah ketika badan kucing basah, kucing akan merasa terbebani sehingga ia tidak dapat bergerak dengan lincah seperti biasanya.

Untuknya, hal ini benar-benar tidak membuatnya merasa nyaman dan bahkan bisa berujung stres. Selain itu, terdapat beberapa alasan lain yang harus kamu ketahui seperti di bawah ini. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Tidak Suka Bau Air

Seperti yang kamu tahu, kucing mempunyai penciuman yang kuat sekali, kemampuan ini berguna untuk ia tetap bertahan hidup. Hal ini menjadikannya mudah sekali untuk membedakan aroma apa saja yang diciumnya. 

Alasan kenapa kucing takut air yang pertama adalah karena mereka tidak suka pada bau air keran. Sebab air keran itu memiliki kandungan bahan kimia yang dapat menghasilkan bau tertentu.

Selain itu, air yang disimpan dalam wadah dengan waktu yang lama juga bisa menghasilkan aroma lain. 

Karena memiliki aroma yang asing maka kucing akan menganggap air tersebut merupakan benda dengan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, kucing tidak ingin terkena bau tersebut dan melekat pada tubuhnya. 

2. Takut Bulunya Rusak

Seperti yang sudah dibahas pada poin pertama, kucing tidak ingin jika tubuhnya menjadi bau karena terkena air. Selain itu, ia juga akan merasa sangat tidak nyaman ketika tubuhnya basah kuyup terkena air. 

Menurut Eve Electra Cohen seorang dokter hewan di Bideawee, saat tubuh kucing basah kuyup, maka bulu kucing akan rusak dan menjadi berat, sehingga mereka merasa tidak nyaman dan juga kedinginan.  

“Bulu kucing membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kering dengan sendirinya”, ungkap Cohen dikutip dari Reader’s Digest. 

Oleh karena itu, apabila kamu melihat bulu kucing peliharaanmu basah kuyup, segera keringkan agar mereka tidak kedinginan dan tubuhnya kembali nyaman.

3. Hilang Kendali

Alasan selanjutnya kenapa kucing takut air yaitu ia merasa kehilangan kendali atas dirinya. Kamu pasti tahu jika kucing merupakan hewan yang aktif dan lincah, handal dalam melompat, mempunyai kaki yang ringan dan bisa menyeimbangkan tubuh dengan mudah. 

Ketika ia di dalam air, maka ia merasa tidak dapat bahkan kesulitan untuk melakukan semua hal tersebut. Kucing yang basah akan membawa beban dua kali lipat tubuhnya sebab bulunya menjadi berat akibat terkena air. 

4. Genetika

Faktor genetika bisa menjadi salah satu alasan juga mengapa kucing takut dengan air. Mungkin saja nenek moyang dari kucingmu adalah hewan liar yang biasa hidup pada habitat kering, contohnya sabana. 

Lalu, berendam atau mandi di perairan yang terbuka tidaklah menjadi sebuah aktivitas yang aman, karena ada banyak hewan buas atau pemangsa yang setiap saat bisa memburunya. 

Faktor itulah yang bisa menjadikan kucing merasa lebih nyaman tidak kena air, berjemur, dan juga tidur di tempat yang kering. 

5. Trauma Akan Pengalaman Buruk

Sama seperti manusia, pengalaman negatif atau buruk dapat menyebabkan kucing menjadi trauma akan suatu hal. 

Beberapa kucing mungkin saja pernah disiram semua tubuhnya hingga basah kuyup oleh orang lain akibat melakukan kesalahan, dipaksa mandi di dalam bak mandi atau wadah air serta bisa saja kucing tersebut pernah tenggelam saat masa awal pertumbuhannya. 

Hal inilah yang menimbulkan rasa traumatis mendalam pada kucing peliharaanmu yang menyebabkan mereka sangat takut ketika bertemu dengan benda yang bernama air.

6. Jenis Ras

Alasan terakhir kenapa air ditakuti oleh kucing adalah jenis ras dari kucing itu sendiri. Kamu tau gak bahwa kucing kampung adalah salah satu ras kucing yang sangat anti air, lho. 

Kenapa demikian? karena kucing domestik atau yang biasa disebut kampung ini ternyata telah mengalami evolusi secara besar-besaran pada bulu mereka.

Nah hasil dari evolusi tersebutlah yang menyebabkan kucing kampung takut air karena apabila bulu mereka terkena air, bulunya malah menahan kelembaban air bukan menyerapnya sehingga akan lebih sulit untuk kering.

Cara Memandikan Kucing yang Takut Air

Cara Memandikan Kucing Takut Air
cara memandikan kucing takut air - purina

Tentu saja kamu yang memiliki kucing ingin memandikannya supaya peliharaan mu terlihat lebih bersih dan terawat, karena kucing rumahan umumnya dibiarkan begitu saja untuk bermain di seluruh ruangan rumah bahkan sampai ke tempat tidurmu. 

Namun, memandikan kucing bukanlah sebuah aktivitas yang mudah untuk dilakukan bagi para pemiliknya. Masih banyak juga kucing yang memberontak bahkan sampai mencakar pemiliknya supaya ia dapat kabur dan jangan sampai air mengenai tubuhnya. 

Lalu, bagaimanakah cara yang tepat untuk memandikan kucing yang takut dengan air? Yuk, simak tipsnya di bawah ini. 

1. Berikan Mainan Kesukaannya

Tips pertama yang harus kamu ketahui yaitu ketika ingin memandikan kucing mu yaitu jangan pernah untuk memaksanya masuk ke dalam wadah air atau bak mandinya.

Cobalah untuk memberikan mainan kucing dan letakkan di dalam wadah tersebut. Apabila kucing mu tertarik, maka perlahan-lahan kamu bisa membasuhnya. 

2. Berikan Camilan Favoritnya

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan ketika ingin memandikan kucing kesayangan mu yaitu dengan memberikannya makan atau camilan favoritnya.

Cara ini dilakukan untuk memancing kucing mu agar ia mau mendekati bak mandinya. Apabila ia mulai tertarik untuk mendekat, kamu bisa mulai untuk memandikannya perlahan-lahan sambil memberinya camilan agar ia tenang. 

3. Lap Menggunakan Kain Basah

Apabila sulit saat ingin memandikannya dengan air, kamu bisa coba untuk memakai kain yang dibasahkan, lalu usap secara perlahan-lahan pada tubuh kucing.

Jangan sampai ia merasa tidak nyaman ya! Sebab kalau ia sampai merasa tidak nyaman, kucing akan memberontak untuk kabur dengan berbagai cara. 

4. Sabar dan Ajak Berinteraksi

Sabar merupakan kucing yang sangat penting ketika kamu ingin memandikan kucing. Dalam keadaan tersebut, kucing sedang merasa panik.

Untuk itu, kamu sebagai pemiliknya harus tetap tenang agar tidak menambah panik si kucing. Jangan pula kamu memarahinya saat kucing mu sedang merasa panik. 

Ajak kucing mu berbicara dengan lembut, buat kucing mu menjadi lebih tenang dan nyaman sehingga ia mulai terbiasa terhadap air. Apabila hal ini dapat dilakukan, memandikannya dapat kamu lakukan dengan mudah dan tidak ada lagi cakaran kucing. 

Itulah alasan kenapa kucing takut air beserta tips cara memandikannya dengan benar dan aman yang bisa kamu coba di rumah. Semoga informasi di atas bisa membantu kalian semua ya, Sobat Pintar!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://tekno.tempo.co/read/1508611/5-sebab-mengapa-kucing-takut-air
  • https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/25/070200265/4-alasan-kucing-takut-air-dan-cara-memandikannya-secara-aman?page=all
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar