Hari ini: Jumat, 27 Januari 2023
Senin, 19 September 2022, 19:30 WIB

Bolehkah Kucing Memakan Sayur? Ini Penjelasan Lengkapnya

Bolehkah Kucing Memakan Sayur? Ini Penjelasan Lengkapnya

sayur untuk kucing - excited cats

Banyak yang berpendapat bahwa kucing tidak boleh memakan sayur? Apa benar? Temukan jawaban dan informasi seputar sayur untuk kucing di artikel berikut ini

Sobat Pintar, kalian sudah tahu belum kalau kucing sebenarnya boleh makan sayur? Sebab, walaupun tergolong karnivora, tapi bukan berarti kucing tidak bisa makan sayur-sayuran, ya.

Biasanya, si “pus” doyan sekali makan daging dan ikan yang mengandung protein. Terlepas dari itu, hewan menggemaskan ini membutuhkan makanan yang kaya serat juga.

Nah, salah satu makanan berserat untuk kucing yang paling baik adalah sayur. Meski demikian, ada juga sebagian pendapat yang mengatakan bahwa mereka tidak boleh memakan sayur, lho.

Lantas, bolehkah kucing memakan sayur? Temukan jawaban selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apakah Kucing Boleh Memakan Sayur?

Sayur Boleh Dimakan Oleh Kucing
sayur boleh dimakan oleh kucing - bella and duke

Ya, tentu saja kucing boleh memakan sayuran, namun hanya berlaku sebagai camilan alias bukan menu wajib dari si hewan lucu tersebut.

Mengutip dari Gerava, komposisi dari makanan kucing sebaiknya mengandung 15% sayuran atau rempah-rempah dan sisanya 85% berasal dari daging, tulang, lemak hingga jeroan.

Sayuran juga mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin, serat, magnesium, potasium, antioksidan, yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu masalah pencernaan kucing.

Walaupun begitu, tidak semua sayuran hijau diperbolehkan untuk dimakan kucing, ya. Sebab, ada beberapa sayuran yang akan menimbulkan racun pada tubuh kucing tersebut.

Oleh karena itu, penting sekali untuk kamu mengetahui apa saja jenis sayur yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh si kucing.

Setelah mengetahui bahwa kucing itu boleh makan sayur, maka akan timbul pertanyaan selanjutnya yaitu apa saja jenis sayuran yang aman untuk diberikan pada kucing?

Daripada bingung, Sobat Pintar bisa cek informasi seputar sayur untuk kucing dibawah ini, yuk!

Jenis Sayur yang Diperbolehkan untuk Kucing

Sayur Yang Aman Untuk Kucing
sayur yang aman untuk kucing - hepper

Sebagai pemilik hewan peliharaan yang baik, tentu kamu perlu untuk memperhatikan apa saja yang akan diberikan padanya. Sebab, memang ada sebagian makanan yang terlarang untuk kucing peliharaan di rumah.

Nah agar kamu tidak salah ketika memberikannya, di bawah ini ada beberapa jenis sayur yang boleh dimakan kucing, yaitu:

1. Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran yang memiliki rasa enak dan aman untuk dimakan kucing. Selain itu, sayuran ini memiliki kandungan antioksidan serta mudah untuk disiapkan oleh kamu sendiri.

Brokoli pun terkenal sebagai sumber serat baik yang mana bisa membantu pencernaan si kucing tetap sehat.

2. Wortel

Wortel untuk kucing aman dikonsumsi karena menjadi sumber vitamin serta mineral yang baik. Wortel merupakan sumber vitamin A yang akan membantu tubuh kucing selalu dalam keadaan sehat.

Wortel bisa kamu berikan pada kucing sebagai camilan yang enak, namun tetap hanya berikan pakan ini dalam jumlah sedang ya.

Kamu dapat memberikan wortel yang telah dimasak supaya matang dan menghindari bahaya kucing mengalami tersedak, ya.

3. Kacang Hijau

Kacang hijau maupun kacang polong termasuk ke dalam sayuran yang boleh dimakan kucing, terutama jika kucing peliharaanmu sedang dalam masa diet sehat.

Kacang hijau segar atau beku (saat dimasak) bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan pada tubuh kucing, lho.

Mengutip dari Kompas, kalau kamu memilih kacang hijau kalengan, usahakan bahwa produk tersebut rendah sodium serta garam. Sebab, jika terlalu banyak bahan itu, maka akan berbahaya bagi kesehatan si kucing.

Manfaat dari kacang hijau untuk kucing adalah sebagai sumber serat yang akan membantu sistem pencernaan serta mengontrol penurunan berat badan si kucing. Jadi, cocok banget untuk kucing kamu yang sedang dalam program diet sehat.

4. Bayam

Tak hanya memberikan vitamin dan mineral yang cukup, nyatanya bayam memiliki efek anti inflamasi pada kucing.

Namun ingat, kamu hanya boleh memberikan bayam dengan jumlah rendah saja, ya. Soalnya, bayam mengandung kalsium oksalat yang mana kalau dikonsumsi dalam jumlah besar akan menyebabkan masalah saluran kemih serius pada kucing.

Jadi, kalau sebatas diberikan dalam jumlah rendah masih terbilang aman, ya.

5. Kangkung

Banyak yang bertanya, apakah kucing makan kangkung itu boleh? Jawabannya, tentu saja boleh. Bahkan, banyak kucing-kucing yang doyan ngemil kangkung, lho.

Kangkung tidak berbahaya bagi kucing, namun harus diberikan dalam porsi sedang dan perhatikan cara makannya supaya kucing tidak tersedak.

6. Kubis

Kubis termasuk ke dalam sayuran yang memiliki kandungan vitamin A dan zat besi. Tentunya, sayuran ini tak hanya cocok untuk kamu saja, melainkan kucing pun bisa memakannya dengan aman.

Kamu bisa mencampurkan kubis pada daging yang menjadi makanan utama kucing. Jadi, kucing pun tidak akan ragu-ragu untuk memakannya.

7. Labu

Labu yang memiliki kandungan serat dan vitamin, jenis pakan ini ternyata sangat cocok untuk mengatasi masalah pada pencernaannya, lho.

Namun, perlu kamu ingat, hanya labu murni tanpa tambahan bumbu yang bisa kamu berikan pada kucing. Jadi, jangan sampai kamu lupa dan malah memberikan labu yang sudah dimasak dengan bumbu, ya.

Jika diberikan bumbu, hal ini bukan meredakan masalah pencernaannya, malah hanya akan semakin membuat sakit pencernaan si kucing. Kamu pasti gak mau seperti itu, ‘kan?

8. Jagung

Kalau kamu ingin memberikan jagung untuk kucing, maka diharuskan untuk mengolah atau menggilingnya terlebih dahulu, ya.

Tenang saja, jagung aman untuk kucing karena banyak para pemilik kucing yang selalu memberikan jagung sebagai bahan campuran makanan kucingnya.

Daftar Sayur-sayuran yang Tidak Boleh Diberikan untuk Kucing

Sayur Yang Berbahaya Untuk Kucing
sayur yang berbahaya untuk kucing - ministry earth

Walaupun sayur boleh diberikan kepada kucing, tapi ada juga beberapa sayuran yang dilarang untuk dimakan oleh kucing, diantaranya:

1. Bawang Bombay, Bawang Putih dan Daun Bawang

Bawang-bawangan seperti bawang bombay, bawang putih, daun bawang dan lainnya tidak boleh diberikan kepada kucing peliharaanmu, ya.

Pasalnya, bawang-bawangan itu memiliki berbagai oksidan yang mengandung belerang, sehingga sulit untuk diuraikan oleh kucing.

Senyawa itu bisa membuat kerusakan sel darah merah, sehingga kucing akan mudah anemia. Bahkan, kalau tak sengaja kemakan sedikit pun, maka efeknya tetap akan terasa oleh tubuh kucing.

Adapun jenis bawang yang paling kuat menimbulkan resiko buruk pada kucing adalah bawang putih. Gejala kucing keracunan saat mengonsumsi bawang-bawangan ini, yaitu muntah, diare, sesak nafas, kelelahan, urine berwarna merah atau coklat dan lainnya.

2. Tomat

Sebenarnya, tomat matang tidak berbahaya kalau dimakan kucing. Namun, bagian lainnya seperti daun tomat, batang serta bagian lain yang ada pada tanaman tomat memiliki efek racun.

Kalau kucing kamu mengonsumsi tomat yang belum matang, maka akan menyebabkan masalah pencernaan pada si kucing.

Jadi, kamu harus berhati-hati terhadap sayur-sayur yang dilarang ini, ya. Kamu tentu tidak ingin ‘kan, si pus yang selalu ceria, tiba-tiba diam tak berdaya karena sakit?

Pertanyaan Lain Terkait Sayuran untuk Kucing

Sayur Untuk Makanan Kucing
sayur untuk makanan kucing - Serbia Post English

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin masih banyak pemilik hewan yang masih memiliki pertanyaan-pertanyaan seputar sayur untuk kucing.

Untuk itu, PetPi sudah menyiapkan beberapa informasi mengenai pertanyaan-pertanyaan umum yang mungkin sering ditanyakan berikut ini.

Bisakah Kucing Makan Sayur Setiap Hari?

Kamu tidak perlu memberikan kucing sayur setiap hari, ya. Cukup beberapa kali dalam seminggu saja sebagai penambah nutrisi bagi tubuh kucing.

Sebab, kalau kamu memberikan sayuran lebih dari 15% komposisi pakan mereka setiap harinya, maka akan memberikan dampak buruk pada kucing peliharaanmu.

Apakah Sayur Baik Untuk Kucing Peliharaan?

Dalam dosis kecil, sayur dapat memberikan manfaat baik bagi kucing peliharaan. Namun, sayuran tidak bisa menjadi makanan utama dari si kucing sendiri. Oleh karena itu, kamu dapat mencampurkan sedikit saja sayuran pada makanannya.

Kalau kamu memberikannya secara berlebihan tanpa menambahkan protein hewani, maka tentu saja sayur akan memberikan dampak buruk bagi hewan peliharaanmu tersebut.

Agar lebih hemat dan anabul juga mendapatkan asupan nutrisi yang tepat, maka kamu bisa membuat makanan kucing sendiri dengan menggunakan sayur sebagai campurannya.

Sobat Pintar, itulah dia ulasan lengkap seputar sayur untuk kucing mulai dari penjelasan, hingga daftar sayur yang boleh dan tidak boleh dimakan kucing.

Kemudian, apabila kamu ingin mencoba untuk memberikan sayuran dalam makanan kucing sehari-hari, maka disarankan untuk tidak hanya memberikan satu jenis sayuran saja, ya.

Tujuannya tentu saja agar anabul kesayanganmu tidak mudah bosan dan tetap menikmati makanannya dengan baik.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bobo.grid.id/read/082768141/walaupun-karnivora-ternyata-kucing-juga-bisa-makan-buah-dan-sayur-ini-daftar-sayur-yang-boleh-dimakan-kucing
  • https://gerava.com/makanan-sayuran-kucing/
  • https://hewanpedia.com/?p=17722
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/24/165500476/catat-ini-4-sayuran-yang-boleh-dimakan-kucing-

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, serangga, dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar