Hari ini: Kamis, 08 Desember 2022
Jumat, 29 Juli 2022, 10:00 WIB

Waspada! Segera Jauhi 13 Tanaman Beracun Untuk Kucing Peliharaan Berikut Ini

Waspada! Segera Jauhi 13 Tanaman Beracun Untuk Kucing Peliharaan Berikut Ini

tanaman beracun untuk kucing - unsplash

Jangan sembarangan menaruh tanaman ketika memelihara kucing, karena ternyata ada beberapa tanaman yang beracun untuk kucing. Berikut ini adalah 13 daftarnya

Sobat Pintar, memang betul kucing senang melakukan banyak hal aneh yang sering kali membuat kita terheran-heran. Salah satunya adalah ketika ia secara spontan memakan tanaman atau rumput liar yang ada di sekitar rumah.

Beberapa dari kucing tersebut benar-benar ada yang menelannya dan sebagian lain akan memuntahkannya setelah beberapa saat. Faktanya, terdapat sejumlah penjelasan mengapa kucing melakukan hal yang tidak wajar tersebut.

Dikutip dari Sciencemag, mungkin saja kucing memakan tanaman guna merangsang dirinya agar dapat memuntahkan parasit beserta gumpalan bulu yang ada di dalam perutnya. Sedangkan temuan lain mengungkapkan jika kucing melakukannya hanya karena ia bosan.

Meskipun demikian, kebiasaan makan yang satu ini tidaklah selalu baik untuk anabul kesayanganmu. Hal ini karena adanya beberapa tumbuhan beracun atau tanaman yang berbahaya untuk kucing dan bahkan hingga bisa membunuhnya.

Lantas, apa sajakah tumbuhan atau tanaman tersebut? Jika kamu penasaran, yuk mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Daftar Jenis Tanaman Beracun Yang Berbahaya Untuk Kucing

Ilustrasi Kucing Memakan Tanaman Hias
ilustrasi kucing memakan tanaman hias - Unsplash

Zaman sekarang banyak sekali orang yang senang merawat tanaman di rumah. Selain untuk mempercantik ruangan, tanaman juga dapat bermanfaat agar sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Namun, kamu juga harus tahu nih bahwa meskipun ada tanaman yang aman untuk kucing, tetapi ada juga sejumlah tanaman yang sangat berbahaya untuk kucing, seperti:

1. Bunga Tulip

Tanaman Beracun Kucing
Bunga Tulip - Pixabay

Bunga tulip (Tulipa) memang sangat indah jika dilihat, apalagi dijadikan sebagai hiasan di dalam rumah. Tetapi, kedua kelopak dari bunga ini ternyata mengandung zat toksin yang beracun bagi kucing.

Apabila kucing makan tanaman hias ini maka dapat mengakibatkan beberapa penyakit, seperti kucingmu kehilangan nafsu makan, iritasi perut, depresi, ngiler, kejang-kejang dan kelainan jantung.

2. Bunga Daffodil (Narsis)

Tanaman Berbahaya Kucing
Bunga Narsis - Pixabay

Tanaman beracun untuk kucing selanjutnya adalah bunga daffodil (Narcissus). Sama seperti tulip, keindahan bunga narsis ini memang sangat nikmat untuk dipandang oleh mata.

Namun dibalik keindahannya, zat toksin pada kelopaknya sangatlah berbahaya jika dikonsumsi oleh kucing karena bisa menyebabkan muntah, gangguan pencernaan dan jantung.

3. Pakis haji

Tumbuhan Yang Berbahaya Untuk Kucing
Pakis Haji - Ilmu Budidaya

Dikutip dari HowStuffWorks, seluruh bagian dari tumbuhan pakis haji (Cycas) memiliki racun yang berbahaya buat kucing, khususnya terletak pada bijinya.

Jenis pohon palem ini bisa menimbulkan efek yang sangat berbahaya pada anabul kesayanganmu, seperti kejang, diare, muntah dan hingga penyakit yang sangat fatal seperti gagal hati.

4. Bunga Lili

Bunga Lily Beracun Untuk Kucing
Bunga Lily - Pixabay

Jangan sampai kamu tertipu oleh keindahan dari bunga lili atau bakung ini. Seluruh jenis bunga lili (Lilium), mulai dari Asian lily, Tiger lily, sampai Casablanca masuk dalam tanaman hias yang memiliki racun tinggi untuk kucing.

Meskipun hanya menggigit satu kali saja, lili dapat menyebabkan gagal ginjal pada kucing kesayanganmu. Seperti yang kita tahu jika penyakit ini perlahan-lahan dapat membunuh kucing kamu, lho.

5. Aglaonema (Sri Rezeki)

Tanaman Yang Tidak Aman Untuk Kucing
Sri Rezeki - TheGorbalsla

Aglaonema (Aglaonema commutatum) atau dikenal dengan nama sri rezeki menjadi salah satu tanaman dalam ruangan yang banyak disenangi sebab mudah dirawat dan memiliki daun lebar yang cantik. Tetapi, sebaiknya kamu menyingkirkannya bila memiliki kucing peliharaan di rumah.

Dikutip dari Tips Plants, di dalam tanaman Aglaonema terdapat kandungan calcium oxalates yang dapat menyebabkan radang tenggorokan, lidah, perut sampai ginjal pada kucing yang memakannya.

6. Lidah Buaya

Lidah Buaya Bahaya Untuk Kucing
Lidah Buaya - Pixabay

Meskipun lidah buaya (Aloe vera) mempunyai banyak manfaat untuk manusia, namun ternyata tumbuhan yang satu ini merupakan tanaman beracun untuk kucing, lho. Walau begitu, racun di dalam lidah buaya ini tergolong ringan bila dibandingkan dengan tanaman sebelumnya.

Dikutip dari ABC, apabila kucing tidak sengaja memakan tanaman ini, maka ia bisa terkena diare, muntah-muntah, perubahan warna kulit sampai kejang-kejang.

7. Lidah Mertua

Lidah Mertua Beracun Untuk Kucing
Lidah Mertua - Pixabay

Sansevieria atau lidah mertua ini memang dikenal sangat indah untuk diletakkan pada area sekitar rumah yang memiliki pencahayaan redup. Namun, apakah lidah mertua aman untuk kucing?

Sayangnya tidak, karena ia termasuk dalam tanaman hias ini yang berbahaya bagi kucing. Sekali tanaman ini tertelan, maka anabul kesayanganmu akan mengalami muntah, mual, hingga diare parah.

8. Pakis Asparagus

Tumbuhan Beracun Untuk Kucing
Pakis Asparagus - TheGorbalsla

Tanaman hias yang menjadi musuh kucing selanjutnya adalah pakis asparagus (Asparagus setaceus). Menurut American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), daun dan buah tanaman ini mempunyai kandungan zat yang beracun bagi kucing.

Apabila tertelan, maka gejalanya akan meliputi diare, muntah, dan sakit perut. Untuk itu, lebih baik kamu segera menjauhi tanaman ini dari kucing kesayanganmu agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

9. Bunga Krisan

Bunga Yang Berbahaya Untuk Kucing
Bunga Krisan - Pixabay

Tidak hanya dipakai menjadi hiasan rumah saja, krisan atau krisantemum (Chrysanthemum) juga biasanya digunakan untuk ekstrak teh. Meskipun demikian, tanaman ini memiliki kandungan zat pyrethrins yang bisa menyebabkan kucing muntah, sakit perut, dan diare.

Tidak hanya itu, ASPCA juga menambahkan bahaya dari bunga krisan yaitu pada sebagian kasus, kucing dapat mengalami depresi sampai kehilangan koordinasi selepas ia memakannya, lho.

10. Bunga Peace lily

Bunga Peace Lily Beracun Bagi Kucing
Bunga Peace Lily - Pixabay

Tanaman yang biasa dikenal dengan lili perdamaian ini memiliki banyak manfaat bila dipelihara di dalam rumah. Diantaranya yaitu bisa membersihkan udara, mengurangi perkembangan jamur, dan juga dapat meningkatkan kualitas tidur kamu.

Tetapi Peace lily (Spathiphyllum) itu hanya bermanfaat untuk manusia dan tidak bagi kucing. Faktanya, Peace lily bisa menyebabkan iritasi pada mulut kucing, muntah, sulit menelan, dan rasa terbakar di dalam tenggorokan ketika ia memakannya.

11. Bunga Amarilis

Bunga Beracun Untuk Kucing
Bunga Amarilis - Pixabay

Selanjutnya ada bunga yang sangat indah ketika ditanam di rumah tetapi sangat berbahaya bagi kucing yaitu bunga Amarilis (Amaryllis belladonna).

Dikutip dari Vets Now, seluruh bagian dari tanaman ini mengandung toksin phenanthrene alkaloids, Zat ini bisa mempengaruhi tekanan darah pada kucing sehingga menimbulkan kejang-kejang.

12. Bunga Lantana

Bunga Lantana Tidak Aman Untuk Kucing
Bunga Lantana - Pixabay

Merupakan tanaman yang mempunyai bunga kecil dengan berbagai warna, bunga Lantana camara ini masuk ke dalam golongan tumbuhan gulma yang beracun buat kucing.

Jadi, apabila kucing tidak sengaja menggigit dan menelannya, ia bisa mengalami pembengkakan perut, diare, depresi sampai gagal jantung dan bahkan di beberapa kasus keracunan tumbuhan ini juga dapat menyebabkan kelumpuhan pada kucing.

13. Kaktus pensil

Kaktus Pensil Bahaya Untuk Kucing
Kaktus Pensil - Ciber Cactus

Kaktus pensil (Euphorbia tirucalli) merupakan tanaman yang bisa di rawat di dalam rumah dan sering menjadi penghias ruangan supaya terlihat estetik. Tetapi, kamu sebaiknya segera singkirkan tanaman ini dari kucingmu.

Hal ini dikarenakan batang dari kaktus ini memiliki kandungan lateks beracun yang dapat menyebabkan kucing mengalami kebutaan sementara dan yang paling parah hingga terkena kanker.

Sobat Pintar, demikianlah ulasan mengenai tanaman beracun untuk kucing yang harus kamu ketahui. Tentu saja kamu tidak ingin kucing kesayanganmu mengalami keracunan, bukan?

Maka dari itu, segera singkirkan beberapa tanaman di atas ke tempat-tempat yang tak bisa dicapai atau dijangkau oleh kucingmu, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • ​https://www.idntimes.com/science/experiment/izza-namira-1/tanaman-hias-rumahan-yang-berbahaya-untuk-kucing/12
  • https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/25/154300776/hati-hati-10-tanaman-ini-beracun-untuk-kucing?page=all

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom.) Binus University 2013 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, ikan dan juga hewan peliharaan lainnya.

Ingin bekerja sama dengan PintarPet? Hubungi saya disini.

Komentar