Hari ini: Kamis, 26 Mei 2022
Kamis, 24 Maret 2022, 10:00 WIB

Kenapa Kucing Tidak Bisa Jalan? Inilah 4 Penyebab Utamanya!

Kenapa Kucing Tidak Bisa Jalan? Inilah 4 Penyebab Utamanya!

kenapa kucing tidak bisa jalan - pixabay

Kenapa kucing tidak bisa jalan dikarenakan banyak sebab, tapi tidak dapat kamu diamkan saja, Cari tahu penyebabnya disini agar bisa ditangani dengan cepat

Sobat Pintar, kucing adalah hewan yang sangat lucu dan menggemaskan. Bagi kamu yang memelihara kucing, pasti inginnya mereka dalam keadaan sehat dan tidak kekurangan apapun. Tapi, kucing juga bisa sakit, bahkan hingga mereka tidak bisa jalan.

Jika, hal tersebut terjadi, maka pasti mencari penyebab kenapa kucing tidak bisa jalan. Ternyata ada banyak sekali alasannya, dimana Petpi akan memberikan ulasan singkat kenapa kucing sampai tidak bisa jalan.

Penyebab Kenapa Kucing Tidak Bisa Jalan

Kenapa Kucing Tidak Bisa Jalan
kenapa kucing tidak bisa jalan - integricare

Ada banyak faktor yang menyebabkan kucing tidak bisa berjalan. Hal ini sendiri perlu diketahui oleh Sobat Pintar yang mungkin memelihara kucing dan tidak bisa berjalan. Karena kucing yang mendadak lumpuh juga bisa berbahaya bagi mereka. Berikut ini adalah penyebabnya: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Tertabrak

Penyebab pertama kenapa kucing tidak bisa jalan adalah tertabrak. Hal ini sangatlah memungkinkan jika kucing yang kamu pelihara sering bermain ke luar rumah. Bisa jadi, saat ia sedang bermain, tertabrak motor atau mobil. Bisa jadi saat pulang ke rumah masih tidak ada perubahan apapun. 

Namun, ketika beberapa jam, kemungkinan kucing tidak bisa jalan sangatlah besar. Bila kamu tahu dengan jelas bahwa tertabrak adalah penyebab utamanya, maka lebih baik segera bahwa ke dokter. Takutnya ada luka tak terlihat atau luka bagian dalam yang butuh penanganan khusus. 

Terjatuh

Kucing dikenal sebagai hewan yang memiliki keseimbangan sangat tinggi. Tapi, tetap saja ada kemungkinan mereka terjatuh dari ketinggian. Mengingat bahwa kucing kerap kali melompat ke tempat tinggi. Bisa jadi saat terjatuh, kucing tidak menjaga keseimbangan sehingga kakinya menjadi sakit. 

Apabila sehabis terjatuh, kucing tidak bisa berjalan, maka lebih baik kamu memperhatikan kondisi kakinya. Apakah terlihat bengkak atau ada posisi yang sekiranya tidak wajar. Jika, tidak yakin apa yang terjadi dengan kucing kesayangan. Lebih baik, kamu langsung membawa ke dokter akan bisa ditangani dengan cepat. 

Terserang Penyakit

Penyebab Kucing Tidak Bisa Jalan
penyebab kucing tidak bisa jalan - pixabay

Kucing juga bisa mengalami berbagai macam penyakit yang menyebabkan mereka tidak bisa berjalan. Ada beberapa yang memang umum dialami, tapi meski sampai tidak bisa jalan bukan berarti mereka tidak bisa sembuh, ya. Berikut ini adalah beberapa penyakit pada kucing yang bisa bikin mereka tidak bisa berjalan, yaitu: 

  • Cerebellar Hypoplasia

Penyakit pertama yang dapat menyebabkan kucing tidak bisa berjalan adalah Cerebellar Hypoplasia. Penyakit yang satu ini sendiri adalah kondisi dimana kucing menjadi tidak dapat bergerak normal, karena memang bagian motorik terganggu. Ada tingkatan dari kondisi ini dari yang ringan hingga berat. 

Kebanyakan kasus yang ditemukan adalah pertama kali kucing tidak akan berjalan, terutama ketika masih kitten. Tapi, seiring dengan waktu dan terapi yang benar, kucing bisa berjalan. Hanya saja akan menjadi sempoyongan atau bergoyang. Kalau kasusnya parah, bisa jadi harus dibantu untuk makan hingga buang air. 

  • Dehidrasi

Sama seperti manusia, kucing juga membutuhkan cairan yang cukup agar bisa bergerak. Ketika kucing mengalami dehidrasi, maka kucing akan lemas. Jika sudah terlalu parah, kucing tidak akan sanggup berjalan. Dehidrasi pada kucing juga tidak hanya disebabkan kucing kurang air, tapi juga bisa jadi ada penyakit lain seperti distemper. 

  • Distemper

Selanjutnya ada distemper dimana penyakit ini juga bisa menjadi penyebab kenapa kucing tidak bisa jalan karena dapat mengakibatkan kelumpuhan apabila tidak segera ditangani. Distemper pada kucing disebabkan oleh virus, dimana tentu saja sangat berbahaya sekali. Karena bisa menular ke kucing lainnya. Gejala yang paling umum terjadi adalah kucing merasa lemas dan tidak aktif, serta diare atau muntah. 

Kemudian, kamu bisa melihat pada saat kucing berjalan. Kalau gejala sudah masuk ke tahap agak parah, biasanya kucing akan kesulitan berjalan. Bahkan bisa sampai lumpuh atau tidak bisa berjalan sama sekali. Satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membawa segera kucing ke dokter. 

  • Stroke

Ya, kucing juga bisa terkena stroke, Sobat Pintar. Stroke pada kucing juga sama yaitu karena suplai darah ke otak tidak berjalan dengan baik. Tapi, kucing yang mengalami stroke ini sendiri karena memang ada gangguan otak. Sama dengan manusia, stroke bisa membuat kucing menjadi lumpuh. 

Stroke pada kucing juga tidak bisa kamu diamkan saja. Karena akan sangat berbahaya sekali, dapat menyebabkan kematian. Jadi, kamu harus segera membawa kucing ke dokter. Jangan tunggu terlalu lama, karena penyakit stroke pada kucing seperti bom waktu. Semakin lama akan bertambah parah. 

  • Radang otak

Kucing juga bisa mengalami radang otak yang disebabkan oleh parasit atau memang kekebalan tubuhnya sedang menurun. Pada gejala pertama dari radang otak adalah kucing akan berjalan sempoyongan dan sering tersandung. Tidak jarang juga yang hingga tidak dapat berjalan. 

Kondisi ini bisa semakin parah apabila kucing mengalami demam dan tidak mau makan. Jika kamu diamkan, sudah pasti akan sangat berbahaya sekali. Untuk bisa menanganinya pun tidak bisa dilakukan sendiri, kamu harus membawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Keracunan

Kucing yang mengalami keracunan juga bisa menyebabkan mereka tidak bisa berjalan. Hal ini disebabkan karena kucing akan merasa lemas. Jika tidak segera ditangani, maka kucing bisa kejang-kejang dan muntah terus menerus.

Keracunan pada kucing bisa terjadi bila memang memakan sesuatu yang berbahaya, misalnya tikus yang sudah keracunan. Segera bawa kucing ke dokter agar bisa mengeluarkan racun secepatnya dan kucing bisa selamat. 

Sobat Pintar, demikianlah beberapa penyebab kenapa kucing tidak bisa jalan. Bisa ditarik kesimpulan bahwa seluruh penyebabnya sangatlah berbahaya. Apabila ingin mendapatkan penyebab yang tepat, maka kamu harus segera membawanya ke dokter hewan. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://kucing.web.id/kenapa-saya-sulit-berjalan/
  • https://bukuipa.co.id/cara-mengobati-kucing-tidak-bisa-jalan/
  • https://www.goldenmaze.net/kucing-jalan-sempoyongan/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar