Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Sabtu, 12 Desember 2020, 19:30 WIB

Bingung Kenapa Kucing Tidak Mau Makan? Yuk, Ketahui 6 Penyebabnya!

Bingung Kenapa Kucing Tidak Mau Makan? Yuk, Ketahui 6 Penyebabnya!

Kenapa kucing tidak mau makan - tuexedo cat

Kira-kira kenapa kucing tidak mau makan, lemas, dan tidur terus? Jangan panik! Yuk, ketahui penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya di sini.

Ada beberapa alasan kenapa kucing tidak mau makan, tidur terus, dan terlihat lebih pasif dari hari-hari biasanya. Hal ini terbilang umum dan banyak ditemukan pada hewan peliharaan di rumah.

Ada beberapa penyebab kucing tidak nafsu makan yang mungkin dikarenakan adanya masalah kesehatan, kebersihan lingkungan, bahkan hal sepele seperti mood dari si kucing itu sendiri. Nah, apakah kucing peliharaanmu sedang mogok makan juga?

Pada umumnya, kucing juga memiliki perasaan layaknya manusia. Suatu ketika, mereka merasa susah makan, sakit kalau makan, atau nafsu makannya berkurang. 

Kalau kucing kamu seperti itu juga, yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan yang sudah PetPi ulas selengkapnya di artikel ini.

Beberapa Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Sebelum kamu mencari tahu apa solusinya, alangkah baiknya untuk cari tahu terlebih dahulu, apa sih penyebab kucing tidak mau makan? Meski awalnya kucing kamu gemuk, aktif, dan pintar makan.

Mari cek satu per satu penyebab tersebut serta apa saja solusi yang harus dilakukan untuk mengembalikan nafsu makan si kucing manis peliharaan kamu.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Terserang Penyakit Pernapasan atau Sistem Pencernaan

Alasan Kenapa Kucing Tidak Mau Makan
Terserang penyakit pernapasan - bestin-vet

Pada list pertama dalam artikel alasan kucing tidak mau makan dan tidur terus adalah adanya penyakit yang menyerah tubuh kucing.

Indra penciuman memiliki fungsi untuk memberi sinyal kepada kucing tentang apa makanan yang ada di hadapannya. Kalau indra penciuman si kucing rusak, sudah pasti mereka tidak bisa mendeteksi bagaimana bau dari makananya. Alhasil, apapun makanan yang kamu berikan tidak akan dimakan.

Sedangkan, sistem pencernaan berkaitan dengan bagaimana perasaan perut si kucing. Bagian sistem pencernaan tersebut antara lain usus, pankreas, dan yang lainnya. Kucing mencret adalah penyakit yang paling sering ditemukan. Jika tidak diberi obat dengan tepat secepatnya, penyakit ini bisa berkembang menjadi tumor, parasit, iritasi usus, dan refluk asam.

Apa Solusi untuk Pernapasan dan Pencernaan Kucing yang Terganggu?

Pernapasan dan pencernaan yang terganggu pada kucing bisa disebabkan oleh cara perawatan kucing yang kurang baik, seperti tidak pernahnya kucing dimandiin, hidung tidak pernah dibersihkan, dan pola makan yang tidak teratur.

Kalau kucing kamu sudah mengalami gejala seperti ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan hidung si kucing menggunakan cotton bud untuk memastikan tidak ada kotoran yang menumpuk.

Kalau hidung sudah dibersihkan, tapi kucing belum mau makan, sangat disarankan untuk membawa kucing kamu ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan vaksin dan obat terbaiknya.

Mulut atau Gigi Kucing Sakit

Mulut dan gigi kucing sakit - fdno

Pada dasarnya, kucing bisa terserang penyakit mulut layaknya seorang manusia. Beberapa penyakit mulut yang bisa menyerang kucing adalah sakit tenggorokan, sakit gigi, dan sariawan.

Tapi, untuk memastikan mulut atau gigi si kucing sakit memang cukup sulit. Hanya dokter saja yang bisa memastikan hal tersebut. Satu-satunya gejala yang bisa menandakan bahwa penyakit ini sudah menyerang kucing kamu adalah bau mulut yang sangat menyengat, lebih dari biasanya.

Apa Solusi untuk Mulut dan Gigi Kucing yang Sakit?

Lewat bau mulut kucing yang sangat menyengat tersebut, kamu bisa sedikit mendiagnosa penyakit mulut dan gigi kucing. Sebelum membawa kucing kamu ke dokter hewan, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengobatinya:

  • Stop pemberian susu, dan berikan air matang yang lebih banyak daripada biasanya.
  • Stop memberi makanan kering, dan daging. Sebagai gantinya, berilah makanan basah.
  • Beri obat sariawan, sakit gigi dan sakit tenggorokan yang kini sudah banyak dijual di internet.

Kalau kucing tetap tidak mau makan, sebaiknya bawalah ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Terdapat Benda Asing di Dalam Mulut

Kenapa Kucing Tidak Mau Makan
kenapa kucing tidak mau makan - vetmed

Kucing merupakan hewan yang penasaran dengan benda-benda yang ada di sekitar lingkungannya. Maka tak heran, kalau kucing bisa saja menelan benda asing yang akhirnya tersangkut di dalam mulut dan membuatnya tidak nafsu makan.

Sementara itu hal ini juga bisa disebabkan oleh masalah hairball yang umumnya ditemukan pada ras kucing berbulu panjang dan kurang mendapat perawatan yang semestinya.

Selain membuat kucing tidak nafsu makan, benda asing tersebut juga dapat memblokir makanan sehingga tidak dapat masuk ke sistem pencernaan. Terkadang hal ini juga bisa membuat kucing muntah dan berhenti makan.

Apa Solusi untuk Kucing yang Menelan Benda Asing?

Kebanyakan benda asing yang masuk ke dalam sistem pencernaan kucing akan keluar sendirinya melalui muntahan atau kotoran kucing. Sehingga kamu tidak perlu terlalu khawatir dan mungkin kucing akan kembali normal seperti semula.

Namun tidak semua benda asing dapat keluar dengan sendirinya. Beberapa di antaranya mungkin akan menumpuk dalam sistem pencernaan, seperti lambung atau usus kucing.

Di sini sebaiknya kucing perlu dibawa ke dokter hewan untuk melakukan diagnosis, misalnya melalui proses rontgen untuk melihat benda asing dalam tubuhnya.

Selanjutnya dokter hewan mungkin akan merekomendasikan untuk melakukan proses pembedahan segera mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Dapat Suntik Vaksin Baru

Alasan Kenapa Kucing Jarang Makan
Dapat suntik vaksin baru - new qq

Vaksin merupakan penyelamat bagi jutaan hewan di dunia, terutama kucing. Akan tetapi, vaksin memiliki efek samping yang tidak bisa ditebak pada si kucing, salah satunya adalah kurangnya nafsu makan.

Coba kamu ingat kembali, kenapa kucing kamu tidak mau makan. Apakah baru-baru ini kamu membawa ke dokter hewan dan mendapatkan vaksin baru yang tidak pernah dipakai sebelumnya?

Apa Solusi Kucing Tidak Mau Makan karena Vaksin?

Tidak ada pengobatan alternatif cepat yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan nafsu makan kucing yang disebabkan oleh vaksin. Kamu harus mengubah-ubah variasi makanan sampai menemukan sebenarnya makanan seperti apa yang kucing kamu mau.

Namun, kalau kamu sudah mencoba merubah makanan berulang-ulang tapi si kucing tetap tidak mau makan. Sebaiknya, bawalah kembali ke dokter hewan dimana terakhir kali kamu memberikan vaksin tersebut. Konsultasikan dengannya, apa sebenarnya efek vaksin tersebut, dan apa yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan nafsu makan kucing.

Makanan Tidak Sesuai Keinginan Kucing

Kucing Tidak Mau Makan
Makanan tidak disukai - pati uzmani

Kucing adalah hewan lucu dan istimewa. Seringkali tingkahnya membuat geleng kepala siapapun yang melihatnya. Sama halnya seperti tingkahnya kepada makanan yang ingin mereka makan.

Beberapa kucing akan bertahan memilih makanan satu jenis, tekstur dan bau hingga berbulan-bulan, atau bertahun-tahun. Sekalinya bosan, atau ada yang salah dengan makanannya, mereka tidak akan memakannya.

Berikut ini beberapa masalah makanan yang menyebabkan kucing tidak mau makan:

  • Makanan basi (kadaluarsa) atau busuk. Sebaiknya buang saja makanan kucingmu yang sudah basi atau busuk.
  • Bentuknya berbeda dari biasanya. Memang lucu. Tapi, kenyataanya memang ada kucing yang hanya mau makan dari makanan yang berbentuk kotak saja, bulat saja, atau bentuk lainnya.
  • Ada perubahan komposisi makanan dari produsen tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Inilah pentingnya mencatat seperti apa komposisi makanan kucing yang kamu berikan.
  • Bau makanan bercampur dengan bau benda lainnya. Oleh sebab itu, cobalah untuk tidak mencampur makanan kucing dengan benda berbau tajam lainnya.
  • Bosan dengan makanan yang selama ini kamu berikan.

Apa Solusi untuk Makanan Kucing yang Tidak Sesuai?

Cobalah untuk mengganti terlebih dahulu jenis makanan yang selama ini kamu berikan. Kalau sebelumnya kamu selalu memberikan daging, cobalah untuk ganti ke jenis makanan kering yang dijual di toko.

Makan di Tempat yang Berbeda

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan
Makan ditempat lain - petpintar

Merawat kucing layaknya merawat anak manusia, mereka akan merasa aneh, malu, atau takut berada di tempat asing. Nafsu makan berkurang adalah efek samping yang dirasakan oleh mereka.

Bahkan, beberapa kucing bisa merasakan mabuk perjalanan setelah menaiki mobil, pesawat, kereta ataupun transportasi lainnya. Mereka bisa mual, sampai muntah kalau ini benar-benar kamu lakukan.

Apa Solusi untuk Kucing yang Tidak Mau Makan di Tempat Berbeda?

Satu-satunya solusi yang bisa kamu lakukan adalah membiasakan si kucing berada di tempat itu dengan mengajak bermain, dan memperkenalkan dengan lingkungan baru tersebut. Selalu perhatikan bagaimana tingkah kucing kamu, apakah dia takut? Berilah kasih sayang dan bersabarlah.

Memelihara kucing memang tidak mudah. Kamu harus sabar dan mengerti apa perasaan yang sedang mereka alami. Semoga, dari 5 alasan kucing tidak mau makan dan lemas di atas, kamu bisa segera mengembalikan nafsu makan si kucing seperti biasanya.

Jangan lupa share artikel ini di sosial media kamu agar banyak orang lain di luar sana paham dengan pengobatan pada kucing yang tidak mau makan.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Senin, 31 Agustus 2020, 10:00 WIB
Update pada: Sabtu, 12 Desember 2020, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kucingpedia.com/kucing-tidak-mau-makan/
  • https://pets.webmd.com/cats/guide/my-cat-wont-eat#1
  • https://www.merdeka.com/jatim/8-penyebab-kucing-tidak-mau-makan-dan-cara-cepat-mengatasinya-kln.htm
  • https://www.preventivevet.com/cats/my-cat-wont-eat-how-to-stimulate-your-cats-appetite
  • https://www.thesprucepets.com/cat-is-not-eating-4579814
  • https://www.vets-now.com/pet-care-advice/my-cat-wont-eat/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar