Hari ini: Selasa, 29 November 2022
Minggu, 23 Januari 2022, 12:00 WIB

7 Penyebab Kucing Tidak Pernah Mengeong dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Kucing Tidak Pernah Mengeong dan Cara Mengatasinya

kucing tidak pernah mengeong - pixabay

Apakah kucingmu jarang sekali mengeong? Ternyata Inilah penyebab kucing tidak pernah mengeong dan cara mengatasinya dengan tepat. Yuk cari tau

Sobat Pintar, banyak pemilik kucing yang senang saat peliharaannya mengeong. Apabila kamu memiliki kucing tidak pernah mengeong sama sekali, sebenarnya hal itu dianggap normal.

Tetapi, ada baiknya kamu mencari tahu karena takut terdapat tanda-tanda jika kucing mu sedang merasakan penyakit atau yang lainnya. 

Biasanya suara kucing vokal dan tiba-tiba ia menjadi pendiam untuk waktu yang lama. Maka kamu harus mengkhawatirkannya. Khususnya bila kucing mu terlihat stres dan lesu.

Apabila suara kucing jarang atau tidak terdengar, namun ia tampak sehat dan bahagia, mungkin saja itu sifat untuk kucing dan masih dianggap normal. 

Nah, daripada kamu semakin penasaran, berikut ini ada penjelasan mengapa kucing tidak mengeong yang harus kamu pahami. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Wajarkah Jika Kucing Tidak Pernah Mengeong?

Kucing Tidak Pernah Mengeong, Apakah Wajar?
kucing tidak pernah mengeong, apakah wajar? - big and bigger

Kamu harus tahu jika kucing mempunyai sifat individu seperti manusia. Ada tipe yang cerewet dan ada yang pendiam. Pada ras tertentu suara kucing cenderung mempunyai karakteristik. 

Seperti kucing Siam yang sering mengeong dengan keras. Lalu, kucing birman yang memang pendiam. Saat kucing yang setiap harinya berisik dan tiba-tiba menjadi pendiam, tentu kamu harus segera memeriksanya.

Biasanya suara kucing tidak terlalu vokal antara satu dengan yang lainnya, kecuali betina pada anaknya. Banyak sekali ilmuwan beranggapan jika kucing yang tinggal di rumah berkomunikasi dengan pemiliknya menggunakan cara yang sama dengan yang ia lakukan pada anak-anaknya.

Mengeong yang ditujukan kepada manusia merupakan sifat domestik dan caranya untuk berinteraksi dengan pemiliknya. 

Harus kamu pahami, kucing dewasa tidak akan saling mengeong. Untuk itu, tidak jarang anak kucing yang semakin dewasa maka semakin pendiam. Hal ini tidak menjadi sesuatu hal yang harus dikhawatirkan. 

Penyebab Kucing Tidak Pernah Mengeong 

Walaupun beberapa besar masalah pada kucing yang tidak pernah mengeong merupakan masalah karena kepribadiannya, namun kadang kala bisa juga ada penyakit serius yang membuatnya menjadi pendiam. 

Kamu bisa membawanya ke dokter hewan untuk mengetahui apakah ada penyakit yang sedang diderita oleh kucing mu. Nah, di bawah ini sejumlah penyebab medis dan non medis yang mungkin saja dapat terjadi. 

1. Memiliki Kepribadian yang Pendiam

Pada dasarnya kucing memiliki beberapa kepribadian yang salah satunya adalah pemalu dan pendiam.

Hal ini bisa dilihat apabila kucing kamu tampak normal dan sehat-sehat saja namun ia tidak pernah mengeong itu tandanya ia adalah kucing yang pendiam. Nah, biasanya anabul yang pendiam juga akan sangat pasif apalagi jika kamu jarang mengajaknya berinteraksi.

2. Tidak Nyaman dengan Keadaan

Apabila kucing tidak pernah mengeong, bisa jadi itu adalah tanda bahwa ia sedang merasa tidak nyaman dengan keadaannya.

Hal ini bisa terjadi ketika kamu pindah rumah, keberadaan hewan baru, atau bisa juga karena keributan di sekitarnya akibat sedang banyak orang. Perlu kamu ketahui bahwa kucing itu sangat tidak menyukai suara keras, lho.

3. Mengeong Namun Tidak Bersuara

Kucing tidak pernah bersuara belum tentu ia tidak mengeong, karena bisa jadi ia mengeong tapi dengan frekuensi suara yang rendah.

Sebab mengeong itu tidak selalu harus keras, nah biasanya frekuensi suara rendah ini hanya dimengerti oleh sesama kucing saja. Perilaku ini terkadang juga mereka lakukan ketika mengajak bermain ataupun meminta makan kepada pemiliknya.

4. Infeksi pada Saluran Pernapasan Atas

Kucing juga terkadang mirip dengan manusia, infeksi saluran pernapasan atas atau biasa dikenal dengan ISPA ini dapat mengakibatkan radang tenggorokan dan suara serak pada kucing.

Apabila kucing kesayangan mu memiliki gejala seperti mata berair, pilek, keluar cairan dari hidung dan mata serta ia terlihat lesu. Maka perilaku tidak mengeongnya tersebut dikarenakan sakit infeksi pernapasan. 

5. Hipertiroidisme

Untuk kucing yang sudah berumur, aktifnya kelenjar tiroid yang sangat aktif dapat menimbulkan penurunan berat badan dan suara yang serak sehingga anabul akan sangat jarang sekali mengeong.

Apabila kamu melihat tanda-tanda ini pada kucing mu, maka segeralah bawa kucing kesayangan mu ke dokter hewan untuk melakukan tes darah dan terapi sebelum terlambat. 

6. Kelumpuhan pada Laring

Walaupun hal ini jarang sekali terjadi, kucing tidak pernah mengeong bisa juga disebabkan karena saraf pada laring mereka sudah rusak yang mengakibatkan perubahan suara dan gangguan pernafasan pada kucing tersebut. 

Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan penurunan berat badan, batuk, dan kucing sulit menelan makanan. Hal tersebut merupakan kondisi serius yang memerlukan perhatian medis dengan cepat. 

7. Polip atau Tumor

Apapun pertumbuhan pada tenggorokan dan pita suara dapat mengakibatkan kucing mu tidak dapat bersuara, lho! Hal tersebut dapat berasal dari polip jinak sampai pertumbuhan kanker yang sudah parah.

Apabila hewan peliharaan mu memperlihatkan suara serak dengan perubahan suara, batuk, bersin dan adanya infeksi pada telinga yang sering, bawalah ke klinik dokter hewan untuk diperiksa dan mendapatkan perawatan yang tepat. 

Biasanya dokter hewan akan mengambil sampel biopsi guna memeriksa apakah ada kanker atau tidak di dalam tubuh kucing kesayangan mu.

Dari banyaknya kasus, diam nya kucing secara tiba-tiba hanyalah salah satu dari sifat dan ekspresinya saja sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Saat suara kucing mu tidak keluar dibarengi dengan adanya gejala aneh, segeralah membawanya ke klinik dokter hewan

Cara Mengatasi Kucing Tidak Pernah Mengeong Karena Sakit

Kucing Tidak Pernah Mengeong,
kucing tidak pernah mengeong - unsplash

Setelah kamu mengetahui penyebab kucing kehilangan suaranya, berikut nya kamu juga harus mengetahui cara untuk mengatasi kucing yang tidak pernah mengeong akibat penyakit seperti di bawah ini. 

1. Pahami Gejala yang Terjadi 

Kehilangan suara dapat menjadi hal yang normal dan bisa saja tidak seperti penjelasan di atas.

Keadaan abnormal terjadi pada kucing saat suara yang tidak bisa keluar karena adanya penyakit tertentu yang ada di dalam tubuh kucing. Untuk itu, kamu harus bisa memahami gejalanya terlebih dahulu, ya! 

2. Berikan Makanan yang Tepat

Apabila keadaan kucing kamu yang tidak pernah mengeong itu diakibatkan karena pertumbuhan laring, maka kamu bisa memberikannya makanan yang sehat dan tepat untuk membantu mempercepat pertumbuhannya sehingga kucing tersebut dapat mengeong dan bersuara kembali. 

3. Segera bawa ke Dokter Hewan 

Langkah yang paling tepat untuk mengatasi masalah kucing sakit yang tidak pernah mengeong adalah dengan membawanya segera ke klinik atau dokter hewan terdekat untuk memastikan kembali penyakit yang diderita dan juga agar kucing tersebut mendapatkan perawatan medis yang dibutuhkannya dengan cepat dan tepat.

4. Memberikan Obat sesuai Penyakitnya

Penggunaan obat-obatan seperti anti inflamasi, anti bakteri dan lainnya untuk kucing wajib sesuai dengan anjuran yang dokter hewan berikan. Jangan pernah kamu asal mencoba obat-obatan untuk kucing mu karena bisa membahayakan kesehatan dan nyawanya. 

5. Melakukan Operasi Sesuai Arahan Dokter Hewan

Tentunya operasi hanya bisa dilakukan berdasarkan petunjuk dari dokter hewan khususnya bila masalah kehilangan suara ini dikarenakan oleh keadaan lumpuhnya laring. Jika sudah dalam tahap ini jangan ditunda-tunda waktu operasinya agar semakin cepat ia pulih kembali. 

Nah, itu tadi penyebab dan cara mengatasi kucing tidak pernah mengeong. Jika kucing mu seperti ini, kamu harus perhatikan terlebih dahulu baru membawa nya ke dokter hewan ya, Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bukuipa.co.id/cara-mengatasi-suara-kucing-yang-hilang/
  • https://www.halodoc.com/artikel/kucing-tidak-mengeong-ini-alasannya
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar