Hari ini: Senin, 17 Januari 2022
Rabu, 12 Januari 2022, 18:00 WIB

Kucing Tidak Mau Di Kandang? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kucing Tidak Mau Di Kandang? Ternyata Ini Penyebabnya!

kucing tidak mau di kandang - pixabay

Kucingmu selalu berontak saat dimasukan ke dalam kandang? Inilah penyebab kucing tidak suka di dalam kandang dan tips nya agar betah di dalam kandang.

Sobat Pintar, apakah kamu tahu apa penyebab kucing tidak mau di kandang? Memang pada dasarnya hewan yang satu ini adalah hewan liar yang memiliki sifat bebas untuk mencari makan dimana saja ia suka.

Namun, karena sejumlah alasan masih banyak pemilik yang secara sengaja memasukan kucing nya ke dalam kandang. 

Nah, di bawah ini ada sejumlah penyebab kenapa kucing tidak suka di dalam kandang yang harus kamu ketahui sebagai pemiliknya. 

Penyebab Kucing Tidak Suka di Dalam Kandang

Kucing Tidak Mau Dikandang
kucing tidak mau dikandang - i stock photo

Salah satu penyebab kucing tidak mau di kandang yang utama pastinya adalah karena kandang tersebut tidak memberinya kenyamanan.

Bisa jadi kandang tersebut terlalu panas, sangat kecil dan lainnya sehingga ia tidak tertarik untuk masuk ke kandangnya sendiri. Selain itu, ada juga penyebab lain yang harus kamu ketahui, antara lain: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Kandang Sangat Panas

Tentu saja apabila kucing mu diberikan tempat yang panas pasti akan membuatnya tidak nyaman berlama-lama di dalam kandang dan ia akan mengeong terus menerus yang artinya ia ingin segera dikeluarkan dari kandang tersebut.

Harus kamu pahami juga meletakkan kucing dan kandangnya di bawah paparan sinar matahari seharian bisa membuatnya mati kepanasan. 

Nah, hal ini juga berlaku bagi kamu yang sering menjemur nya di bawah terik matahari dan lupa untuk mengembalikannya ke dalam ruangan yang teduh.

Manusia saja di bawah terik matahari tidak merasa nyaman, begitu juga kucing. Untuk itu, coba kamu simpan kandangnya di dalam ruangan yang sejuk dan yang memiliki aliran udara bagus sehingga kucing kesayangan mu dapat bertahan lama di dalam kandang nya. 

2. Merasa Bosan

Sama dengan poin sebelumnya jika kucing memang tidak semestinya di masukan ke dalam kandang, ia perlu juga bermain di luar kandang bersama dengan teman-temannya agar kucing mu tidak mudah stres.

Karena kucing yang selalu dikandangkan akan memiliki tingkat stres yang tinggi. Bebaskan saja kucing mu dari pagi hingga sore hari, biarkan dia mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. 

Setelah itu, pada saat malam hari kamu bisa memasukkannya ke dalam kandang agar ia tidak hilang. Selain itu, agar kucing mu tidak mudah bosan di dalam kandang, kamu bisa memberikannya mainan kesukaannya untuk ia bermain sendiri. 

3. Kandang yang Kotor

Kandang yang jarang dibersihkan akan menjadikan kandang kucing tersebut sangat kotor dan juga menimbulkan bau yang tidak enak apalagi untuk kucing yang memiliki indera penciuman sangat tajam daripada manusia.

Pastinya bau tersebut membuatnya tidak merasa nyaman dan akhirnya membuat kucing tidak mau di kandang. 

Tidak hanya itu saja, kandang kucing yang kotor juga bisa menjadi sarang penyakit untuk si kucing yang bisa berakibat pada kembang biaknya.

Kamu harus membersihkan kandang kucing dengan rutin agar kucing mu merasa nyaman di dalam kandang dan juga tidak mudah terkena penyakit. 

4. Kandang Kucing Sangat Kecil

Tidak hanya kucing saja, manusia juga pasti tidak suka masuk ke dalam ruangan yang sangat kecil. Pastinya sangat sesak dan menyebalkan, bukan?

Begitu juga kucing jika di masukan ke dalam kandang yang sangat kecil, ia akan merasa sesak dan tidak senang berada terlalu lama di dalam kandang tersebut. 

Nah, jika kamu memang berniat untuk memelihara kucing, maka jangan sembarangan memilih kandangnya. Pilihlah kandang sesuai dengan ukuran tubuh kucing mu, jangan sampai membeli kandang yang terlalu kecil yang membuat kucing kamu tidak nyaman berada di dalam  kandangnya. 

Tips Agar Kucing Senang di Dalam Kandang

Kucing Tidak Mau Dikandang
Tips agar kucing mau di kandang - istock photo

Setelah mengetahui penyebabnya, selanjutnya kamu harus tahu jika kucing yang tidak mau di kandang itu harus dibuat nyaman terlebih dulu dengan kandangnya.

Mengapa demikian? Karena hal ini sangat berpengaruh pada kondisi kesehatannya. Kandang kucing dapat menjadi terlalu keras dan lembab sehingga ia tidak nyaman berada di dalam kandangnya. 

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan jika ingin kucing mu betah di dalam kandang. 

1. Buat Kandang Hangat dan Lembut

Kucing suka sekali meringkuk pada tempat yang nyaman, lembut dan hangat. Dengan demikian, kamu bisa meletakkan handuk kucing di dalam kandangnya dan jangan lupa menggantinya setiap seminggu sekali ya supaya kucing mu selalu merasa nyaman tanpa ada bau yang mengganggu nya. 

2. Atur Kelembaban dan Ukuran Kandang

Sangat penting sekali untuk menjaga kelembaban kandang kucing mu. Hindari meletakkan di luar ruangan yang secara langsung terpapar dengan sinar matahari. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembaban dari kandang kucing mu. 

Selain itu, ukuran kandang kucing juga sangat berpengaruh, lho! Jangan sampai kamu membeli kandang kucing yang terlalu kecil untuk nya karena ia akan merasa tidak nyaman.

Beli lah kandang kucing dengan ukuran yang besar, sehingga ia juga bisa tetap bermain dengan leluasa di dalam kandangnya. 

3. Berikan Mainan di Dalam Kandang

Kamu bisa memberikan beberapa mainan kesukaannya di dalam kandang kucing mu. Sama dengan manusia, kucing juga sangat butuh hiburan agar ia tidak mudah bosan. Kamu juga harus berperilaku baik kepada kucing mu. 

4. Berikan Makan dan Minum yang Cukup

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan agar kucing mu betah di dalam kandang yaitu berikan makanan dan minuman yang cukup di dalam kandangnya.

Sehingga jika kucing mu kelaparan, ia bisa langsung ke tempat makan nya tanpa harus mengeong dahulu kepada mu. 

5. Bersihkan Kandang Secara Rutin

Merawat kucing juga harus merawat kandangnya agar kucing kamu terhindar dari penyakit yang diakibatkan dari kandang yang kotor. Bersihkan kandang dan ganti pasirnya setiap seminggu sekali ya! 

Demikianlah, pembahasan mengenai penyebab kucing tidak mau di kandang yang harus kamu tahu sebagai pemiliknya ya, Sobat Pintar!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/cara-membuat-kucing-nyaman-di-kandang
  • https://tipskucing.com/kenapa-kucing-tidak-mau-dikandangkan.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar